in ,

10 Aplikasi Digital yang Ramah untuk Anak

Teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu mata pelajaran yang kini dihadirkan untuk anak-anak usia dini. Pada masa sebelumnya, mata pelajaran ini hanya ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penyebabnya adalah hampir semua materi pembelajaran harus diakses secara online pada masa pandemi Covid 19 termasuk melalui aplikasi digital yang ramah anak. Bahkan, para murid diminta untuk membawa laptop mereka ke dalam kelas. Para orangtua tidak perlu khawatir karena pemakaian teknologi di sekolah tentu saja diawasi ketat oleh para guru untuk memastikan para murid mendapatkan manfaat dan tujuan pembelajaran tercapai.

Sebuah program digital terkemuka yang digunakan oleh para guru saat ini adalah Managebac. Sistem manajemen belajar ini memungkinkan setiap guru untuk mengelola pembelajaran secara menyeluruh, bahkan dimulai dari perencanaan. Berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kehadiran, penilaian, dan berkomunikasi dengan setiap murid dan orangtuanya bisa dilakukan dengan mudah. Setiap murid bisa menerima dan mengirim pesan, tugas dan file dari gurunya secara online. Para orangtua juga bisa memantau kemajuan belajar anak mereka serta berkomunikasi dengan guru dan pihak sekolah pada waktu yang tepat.

Adapun 10 aplikasi digital yang ramah anak sehingga bisa digunakan oleh anak-anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Early Childhood Education/ECE) dan Sekolah Dasar (Primary School/PS) sebagai berikut.

1. Pendidikan Usia Dini (Early Childhood Education/ECE)

Pada masa pandemi Covid 19, semua sekolah dirumahkan termasuk sekolah untuk anak usia dini supaya penyebaran virus tidak semakin meluas. Oleh sebab itu, para orangtua murid membutuhkan aplikasi digital yang ramah anak karena mereka harus membimbing anak-anak mereka yang masih berusia dini belajar di rumah. Beberapa aplikasi digital yang ramah anak usia dini sebagai berikut.

10 Aplikasi Digital yang Ramah untuk Anak Parenting Pendidikan

Sumber: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/15-rekomendasi-game-anak-edukatif-di-smartphone
  • Kamera (Smartphone atau Tablet)

Kamera ini diperlukan untuk memotret atau menghasilkan gambar dan merekam video kegiatan belajar di rumah. Gambar dan video tersebut bisa mendokumentasikan atau menunjukkan pemahaman dan proses belajar mereka.

  • Aplikasi Kolase Foto

Aplikasi kolase foto seperti Canva, Pic Collage, dan PicsArt dipakai untuk menunjukkan daftar benda-benda, perbandingan gambar objek yang sedang diteliti, urutan proses suatu eksperimen atau materi pembelajaran lainnya, dan masih banyak lagi.

  • Sock Puppets

Sock Puppets adalah aplikasi digital yang ramah anak untuk latihan membuat cerita atau bermain peran. Pemakaian aplikasi ini mungkin bisa membantu murid-murid yang pemalu sehingga enggan untuk berbicara di depan banyak orang. Aplikasi ini benar-benar melatih kreativitas anak.

  • Popplet

Aplikasi ini kerap dipakai untuk membuat diagram sederhana yang menunjukkan pemahaman setiap siswa terhadap berbagai proses kegiatan seperti proses tanaman tumbuh, cara memasak makanan sederhana yang dibimbing oleh guru dan orangtua, dan masih banyak lagi.

  • Book Creator

Aplikasi digital yang ramah anak ini digunakan untuk membuat menu atau katalog, menyusuna kumpulan kata-kata baru dalam bentuk digital , atau menulis cerita menjadi sebuah buku.

  • ABCYa.com

Aplikasi ini menyediakan permainan untuk membantu para murid ketika mengenal huruf , angka, dan keterampilan lainnya.

2. Sekolah Dasar (Primary School)

Pada masa pandemi, setiap murid sekolah dasar harus belajar di rumah secara online. Untuk memudahkan proses belajar anak, orangtua bisa memakai beberapa aplikasi digital yang ramah anak berikut ini.

  • KooBits

10 Aplikasi Digital yang Ramah untuk Anak Parenting Pendidikan

Sumber: https://ourlittlesmarties.com/2015/03/koobits-math-portal/

Aplikasi ini memudahkan pembelajaran Matematika yang terdiri dari beberapa fasilitas sebagai berikut.

  • Pembelajaran secara mandiri dan penilaian diri sendiri.
  • Penerapan Flipped Classrooom.
  • Pembiasaan berpikir kritis seperti membuat pertanyaan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  • Lembar kerja berisi soal-soal yang sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
  • Media interaktif antara pengajar dan murid serta arena kompetisi secara langsung.
  • Orangtua murid bisa terlibat dalam model pembelajaran.
  • Seesaw

Seesaw adalah aplikasi digital yang ramah anak untuk merekam semua proses belajar berupa portofolio. Guru bisa membagikan hasil pekerjaan para murid dan masukan (feedback) dari guru. Para orangtua diberikan akses sekilas tentang proses belajar anak-anak mereka.

  • BrainPOP

Para murid bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pemahaman dan keterampilan bahasa dengan cara yang interaktif dan menarik.

  • Class Dojo

Aplikasi digital yang ramah anak ini menyediakan sistem reward untuk memperkuat sifat-sifat positif pada anak-anak. Tidak hanya orangtua, guru juga bisa memakai Class Dojo untuk memberitahukan perkembangan anak dan berbagai kegiatan di kelas kepada orangtua.

  • Sock Puppets

Aplikasi bercerita ini juga cocok untuk anak-anak sekolah dasar berlatih membuat cerita atau memainkan sebuah peran.

  • Book Creator

Aplikasi ini bisa memfasilitasi para murid untuk menulis berbagai hal seperti jurnal gaya hidup, komik, laporan kunjungan, hingga buku cerita. Tersedia platform unik yang bisa menampung teks, gambar-gambar, video, dan suara yang memungkinkan setiap murid untuk berkreasi secara imajinatif dan kreatif melalui ebook buatannya.

  • Aplikasi Presentasi

Aplikasi presentasi seperti Power Point, Haiku, dan Google Slide ini dibutuhkan oleh murid-murid sekolah dasar untuk menyajikan pikiran dan ide mereka. Faktanya, ada lebih banyak pilihan di luar sana sehingga nantinya mereka bisa memilih aplikasi presentasi yang paling sesuai dengan minat mereka.

  • Aplikasi Editing Video

10 Aplikasi Digital yang Ramah untuk Anak Parenting Pendidikan
Sumber: https://www.garutselatan.info/2020/06/aplikasi-edit-video-android-terbaik.html

Aplikasi editing video seperti iMovie, Clips, Movie Maker, Animoto sudah diperkenalkan kepada para murid sejak kelas 1 SD. Mereka bisa membuat video sederhana dengan menggunakan aplikasi ini untuk mengungkapkan pikiran mereka, merekam hasil kreasi mereka, atau melaporkan proses belajar mereka.

Daftar aplikasi digital yang ramah anak akan selalu bertambah. Dengan memakai aplikasi ini, para siswa didorong untuk mengeksplorasi dan melatih pemahaman mereka. Hanya perlu kesabaran untuk mendampingi anak-anak belajar supaya mereka menjadi orang sukses pada masa mendatang. Selamat berlatih!

Untuk tips tentang pendidikan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
f29f411bdfc4373694b7bc2aaa082e80_750x500.jpg

Kenali Perbedaan Cinta Yang Tulus dengan Cinta Sekedarnya

K-pop fans using videos called fancams to silence hate, a history - Insider

3 Best Fancam Kpop Idol Yang Dianggap Selamatkan Karir Grup