in

10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Kuliah

Multi-ethnic group of students bored during class

Kuliah adalah impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang mempunyai semangat tinggi untuk menimba ilmu, tetapi tidak mempunyai dana yang cukup. Sebelum memasuki perkuliahan, banyak orang yang berekspektasi tinggi seperti pembelajaran yang menyenangkan, mempunyai banyak teman, semangat bangun pagi setiap hari, dan hal-hal seru lainnya. Namun kenyataannya, bagi kalian yang telah memasuki tingkat 3 ke atas, rintangan dan tantangan dalam perkuliahan semakin berat. Dunia perkuliahan akan memberikan banyak pelajaran kehidupan dan pengalaman yang tak terlupakan. Banyak orang yang menemukan jodohnya ketika kuliah, tetapi tidak sedikit juga orang yang merasakan patah hati pertama atau beberapa kali ketika kuliah. Bahkan, dunia perkuliahan juga sering membuat frustasi karena banyak hal seperti tugas yang terus bertambah, masalah dengan teman atau pacar, sidang skripsi yang menyulitkan, dan masih banyak lagi. Bosan, lelah, lesu, dan rasa tidak mengenakkan lainnya. Yuk simak cara mengatasi bosan kuliah berikut ini.

10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Kuliah Pendidikan

1. Keluarga, Khususnya Orangtua Harus Menjadi Motivasi

Siapa yang tidak sayang dengan keluarga, terutama orangtua? Rasanya hampir tidak ada, kecuali orang yang tidak waras. Kita pasti tidak ingin melihat mereka sedih dan kecewa karena kita tidak berhasil dalam kuliah. Coba bandingkan dengan pengorbanan orangtua, perjuanganmu untuk kuliah tidak akan pernah sebanding. Jadi, kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Ingatlah, biaya kuliah itu tidak murah dan orangtuamu bersusah payah mengumpulkan uang untuk membayar biaya pendidikanmu. Kamu adalah harapan mereka supaya memiliki kehidupan yang lebih baik. Oleh sebab itu, kamu harus terus semangat dan fokus belajar agar bisa meraih gelar sarjana yang membanggakan orangtuamu. Cara mengatasi bosan kuliah pasti sangat efektif.

2. Jalin Pertemanan dengan Orang-Orang yang Bersemangat Kuliah

Berteman itu harus memilih karena teman bisa memengaruhi kebiasaan dan kepribadianmu. Jika berteman dengan orang yang malas, kamu akan malas juga. Sebaliknya, jika berteman dengan orang yang rajin tentu kamu menjadi rajin, terutama rajin kuliah. Oleh sebab itu, pilihlah teman-teman yang semangat kuliah dan selalu memberikan pengaruh positif kepadamu. Sadar atau tidak, kamu akan ikut tertular semangat dan sifat rajinnya. Ingat, perjuanganmu masih panjang. Terus menjadi orang yang positif supaya kehidupan menjadi lebih baik.

3. Pekerjaan Impian Harus Menjadi Motivasi

Setelah lulus SMA, kamu memilih untuk kuliah dengan tujuan mendapatkan pekerjaan impian. Pekerjaan impian itu menjadi incaran banyak orang. Mereka juga tidak bersantai, tetapi berjuang keras untuk meraih impian mereka. Buktikan kepada dunia bahwa kamu layak mendapatkan pekerjaan impianmu. Hal ini harus menjadi salah satu cara mengatasi bosan kuliah yang kamu terapkan dalam hidupmu.

4. Cari dan Dapatkan Beasiswa

Jika ingin mendaftar beasiswa, kamu harus memenuhi persyaratan yang tidak mudah. Salah satu syaratnya adalah IPK harus tinggi. Cara mengatasi bosan kuliah yang harus dilakukan adalah belajar dengan giat supaya kamu mampu meraih beasiswa. Bahkan, jika kemampuan bahasa asingmu, terutama bahasa Inggris baik, kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Jadikan hal ini sebagai pembakar semangat ketika kamu sedang jenuh.

10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Kuliah Pendidikan

5. Ukir Banyak Kenangan Indah

Kata banyak orang, masa-masa SMA adalah masa yang paling indah, padahal masa kuliah juga indah asalkan kamu bisa mengisinya dengan berbagai hal indah. Ukir kenangan indah sebanyak mungkin supaya kamu bisa mengingatnya ketika rindu dengan masa itu. Habiskan waktu bersama teman-teman dengan melakukan hal-hal menyenangkan sesekali, terutama ketika libur panjang akhir semester. Ingat, masa perkuliahan ini tidak akan terulang kembali. Kamu akan membuat masa perkuliahanmu tidak jenuh lagi sehingga kamu semakin bersemangat.

6. Lakukan Me Time

Sediakan waktu untuk menyendiri sambil melakukan hal-hal menyenangkan (me time). Setidaknya satu minggu satu kali untuk melakukan me time. Kamu bisa merefleksi dan memotivasi diri untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya. Jiwa dan pikiranmu akan menjadi lebih tenang sehingga kamu bisa berfokus pada target yang ingin kamu capai. Kamu akan mendapatkan energi dan semangat baru untuk menjalani hari-harimu.

10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Kuliah Pendidikan

Sumber: https://riliv.co/rilivstory/cara-mengatasi-kebosanan-mahasiswa/

7. Baca Buku Fiksi atau Nonfiksi

Membaca buku adalah salah satu cara mengatasi bosan kuliah yang ampuh. Kegiatan yang menyenangkan ini bisa dilakukan ketika kamu bosan, tetapi bukan ketika kuliah online berlangsung. Jika kamu punya target buku bacaan yang harus diselesaikan, segera lakukan hal tersebut asalkan tidak mengganggu kuliah. Waktu yang tepat untuk membaca buku adalah pada pagi hari sebelum kuliah dimulai.

Mulailah baca bukumu setidaknya beberapa lembar per hari. Misalnya, 10-20 lembar saja. jenis buku yang bisa dibaca adalah buku fiksi seperti novel atau komik dan nonfiksi seperti buku-buku motivasi atau buku pengalaman pribadi penulis. Coba terapkan kegiatan ini selama 30 hari berturut-turut maka kegiatan ini akan menjadi kebiasaan (good habit).

8. Membaca Bahan atau Materi Kuliah

Pelajari atau baca bahan kuliah sebelum kelas dimulai. Hal ini akan memudahkanmu untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Bahkan, ketika ada ujian dadakan pasti kamu siap untuk mengerjakannya.

9. Rajin Berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin agar tubuhmu bugar dan sehat. Pasalnya, para mahasiswa yang mengerjakan tugas pada malam hari sering merasa lapar sehingga mereka sering makan pada tengah malam. Padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan. Atasi masalah ini dengan berolahraga pada pagi hari setidaknya 10-15 menit saja.

10. Mengasah Soft Skill

Soft Skill adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus dan bertahan dalam segala rintangan. Adapun beberapa jenis soft skill yang harus dimiliki sebagai berikut.

a. Kemampuan Story Telling

Story telling adalah kemampuan untuk berbicara di depan orang lain dengan gaya bahasa yang menarik. Kemampuan ini sangat diperlukan supaya kamu bisa menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan cara yang baik supaya lawan bicaramu memahami hal yang disampaikan.

Kemampuan ini juga memudahkanmu dalam interviewer pekerjaan. Kamu mungkin bisa diterima kerja karena kemampuan ini.

b.  Kemampuan Problem Solving

Problem solving adalah kemampuan ini dibutuhkan oleh semua orang dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan ini akan membuat masalah yang rumit menjadi lebih sederhana. Setiap orang membutuhkan kemampuan ini dalam karir profesional.

c. Kemampuan Design Thinking

Design thinking adalah gabungan dari cara berpikir rasional dan intuitif. Dengan menguasai kemampuan dasar ini, kamu akan mampu menjelaskan masalah secara sederhana, tanpa membuang banyak waktu. Dalam dunia kerja, kita dituntut untuk menghasilkan ide-ide baru yang kreatif. Oleh sebab itu, kemampuan ini harus dimiliki agar bisa diterima kerja di tempat impian.

Rutinitas-rutinitas setiap hari akan melatihmu untuk lebih disiplin dan siap dalam segala kondisi kehidupan. Terapkan cara mengatasi bosan kuliah ini supaya kuliahmu lebih menyenangkan. Fokus dan semangat adalah kunci kesuksesan dalam kuliah. Selamat mencoba!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sudah Pecahkan Rekor Padahal Baru Debut, 5 Faktor Ini Tentukan Kepopuleran STAYC - Qeluarga

Biodata Lengkap Stayc Grup Rookie Besutan Black Eyed Pilseung

Ini Inspirasi Outfit untuk Kamu dengan Bentuk Tubuh Jam Pasir