in

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa

Orang-orang tentu sudah tidak asing dengan anime. Apalagi di Indonesia, tontonan asal Jepang ini sudah berkembang luas menjadi bagian hidup dari orang-orang. Anime bisa dibilang cukup populer di Indonesia, tercatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara di luar Jepang dengan jumlah penonton anime terbesar di dunia. Seri-seri anime populer pun sering tayang di stasiun TV swasta Indonesia. Tidak hanya melalui serial televisi, animasi asal Jepang ini juga telah berkembang sampai layar lebar. Bahkan film-film anime tersebut tidak jarang memasuki ranah internasional dan meraih kesuksesan dengan mendapatkan pendapatan terbesar secara internasional.

Anime-anime tersebut tentu sudah tidak asing lagi dengan layar lebar, bahkan beberapa dari film-film tersebut seringkali masuk ke bioskop negara-negara lain, termasuk Indonesia. Banyak dari anime yang memasuki layar lebar merupakan karya original yang memang dibuat khusus untuk memasuki bioskop, tetapi ada pula anime serial televisi yang mendapatkan adaptasi menjadi film layar lebar. Dari sekian banyak film anime yang memasuki teater, ada beberapa anime yang memiliki pendapatan yang lebih besar dari lainnya. Selain sukses secara finansial, film-film ini juga sukses menjadi tontonan yang populer bagi para penonton. Jadi apa saja film-film anime yang memiliki pendapatan terbesar sepanjang sejarah? Mari kita simak.

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa Otaku
https://unsplash.com/photos/COWf-5ZtZ6w

10. The Secret World Of Arrietty

The Secret World of Arrietty atau di Jepang lebih sering disebut sebagai Arrietty merupakan film garapan Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mungkin tidak sepopuler film-film animasi keluaran Ghibli yang lain, tetapi film ini memiliki pencapaian yang luar biasa. Selain mendapatkan pendapatan yang besar, film ini juga menjadi film animasi dengan rating yang tinggi baik dari kritikus film dan penonton biasa. Total film ini mencapai pendapatan sebesar $146 Miliar Dolar atau jika disamakan dengan mata uang Rupiah pada tahun 2020 mencapai angka Rp. 2 Triliun dan menjadikan film anime ini sebagai film anime yang memiliki pendapatan terbesar sepanjang masa di posisi ke-10.

9. Princes Mononoke

Princess Mononoke adalah film garapan studio Ghibli dan menjadi salah satu film ikonik hasil dari studio buatan Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, Isao Takahata, dan Yasuyoshi Tokuma. Film anime keluaran 1997 ini menjadi film layar lebar Jepang dengan jumlah pendapatan terbesar pada tahun 1997 dan juga berhasil mendapatkan berbagai nominasi penghargaan dari dalam Jepang dan internasional, serta berhasil memenangkan beberapa penghargaan-penghargaan tersebut. Dengan pendapatan $169 Miliar Dolar atau setara dengan Rp. 2,3 Triliun, menjadikan film ini berada di posisi sembilan sebagai film anime dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah.

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa Otaku
Sumber: https://www.ghibli.jp/works/mononoke/#frame

8. Pokemon The First Movie

Pokemon! Gotta Catch ‘em All! Siapa yang tidak dengan Pokemon, berawal dari sebuah Video game keluaran Nintendo, Pokemon berkembang menjadi sebuah ikon yang populer bahkan di seluruh dunia. Saking populernya, negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bernama Niue, menggunakan gambar pokemon pada mata uang mereka, tepatnya pada koin mereka dihiasi dengan Pikachu dan kawan-kawannya. Film ini keluar pada tahun 1998 dan sampai sekarang masih bertahan dalam sepuluh besar film animasi Jepang dengan pendapatan terbesar di dunia. Hebatnya lagi film ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $172, 7 Miliar Dolar atau setara dengan Rp. 2,4 Triliun dengan total budget yang hanya sebesar $5 Miliar Dolar atau setara dengan Rp. 70 juta.

7. Weathering With You

Nama Makoto Shinkai mungkin tidak seterkenal animator kenamaan seperti Hayao Miyazaki, tetapi hasil karyanya mampu mencapai titik popularitas yang tinggi melalui karya-karyanya. Weathering with You merupakan salah satu film karya Makoto Shinkai yang populer serta sukses secara finansial. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini berhasil menjadi salah satu film anime dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Bercerita tentang seorang remaja laki yang kabur ke Tokyo dan bertemu dengan seorang perempuan yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi cuaca, film ini tayang di 140 negara serta mendapatkan beberapa penghargaan bahkan penghargaan internasional. Total film ini meraih keuntungan sebesar $193,1 atau mencapai angka Rp. 2,6 Triliar.

6. Stand By Me Doraemon

Stand By Me menjadi franchise Doraemon dengan pendapatan terbesar sampai saat ini. Tentunya cerita tentang robot kucing berwarna biru yang datang datang dari masa depan ini sudah tidak asing ditelinga orang-orang Indonesia. Doraemon telah berubah dari sebuah serial manga dan animasi, menjadi sebuah ikon yang familiar di berbagai tempat, termasuk di Indonesia. Film tersebut meraup kesuksesan yang besar dan menjadi film Jepang dengan pendapatan terbesar pada tahun 2014 dengan menghasilkan $196,4 Miliar Dolar atau mencapai angka sekitar Rp. 2,7 Triliun dengan rupiah di tahun 2020. Film ini juga memenangkan penghargaan Japan Academy Prize for Animation of The Year pada Japan Academy Prize yang ke-38.

5. Ponyo

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa Otaku
Sumber: https://www.ghibli.jp/works/ponyo/#frame&gid=1&pid=5

Film yang satu ini berasal dari salah satu studio animasi paling populer dan terkenal di Jepang. Benar sekali, film ini merupakan hasil dari Studio Ghibli. Animasi ini juga merupakan karya kesepuluh animator Hayao Miyazaki. Film ini berkisah tentang Ponyo, seekor ikan yang terdampar di pinggiran laut dan diselamatkan oleh seorang anak laki-laki berusia 5 tahun. Setelah mereka lebih mengenal satu sama lain, Ponyo memiliki tekad untuk menjadi manusia. Rilis pada tahun 2008, film ini tayang di 481 bioskop di Jepang, serta 927 bioskop di Amerika. Selain menjadi salah satu film ikonik karya Studio Ghibli, film ini juga memasuki jajaran film animasi Jepang dengan pendapatan terbesar dengan total pendapatan $201,7 Miliar Dolar atau jika disamakan dengan rupiah pada tahun 2020 mencapai angka hingga Rp. 2,8 Triliun.

4. Howl Moving Castle

Masih dengan karya film animasi garapan Studio Ghibli, Howl Moving Castle adalah film keluaran tahun 2004 karya animator legendaris Jepang hayao Miyazaki. Film ini merupakan sebuah adaptasi lepas dari Novel karya Diana Wynne Jones dengan nama yang sama. Hayao Miyazaki sendiri mengaku dalam wawancara tahun 2013 bahwa film ini adalah karya favoritnya. Film ini menjadi salah satu film Ghibli yang sangat populer di kalangan penonton dan juga menjadi salah satu film anime dengan pendapatan terbesar sampai sekarang ini. Lewat pendapatan $236 Miliar Dolar atau setara dengan Rp. 3,3 Triliun membuat film ini menduduki posisi keempat.

3. Kimetsu No Yaiba: Mugen Train

Serial animasi Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayers dalam bahasa Inggris, mendapatkan adaptasi layar lebar pada tahun 2020 dan akan segera tayang di Indonesia pada bulan Januari 2021. Mungkin saja film ini akan menduduki peringkat satu ketika mereka rilis secara internasional. Film ini merupakan adaptasi dari serial animasi karya Studio Ufotable yang mengadaptasi serial komik Weekly Shonen Jump dengan nama yang sama karya Koyoharu Gotoge. Adaptasi layar lebar ini merupakan kelanjutan langsung dari serial animasinya yang selesai ditayangkan tahun 2019 dan akan mendapatkan season kedua kemungkinan di tahun 2021. Dengan jadwal film yang masih dalam status penayangan, film ini sudah meraup keuntungan sebesar $340 Miliar Dolar atau jika disetarakan dengan Rupiah menjadi sebesar Rp. 4,8 Triliun. Tentunya angka ini masih dapat naik lagi mengingat film ini akan segera diputar secara internasional.

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa Otaku

Sumber: AniplexUS via YouTube

2. Spirited Away

Menjadi satu-satunya film animasi Jepang yang berhasil menyabet penghargaan Academy Award Best Animated Feature pada ajang bergengsi piala Oscar yang ke-75. Film garapan Studio Ghibli ini menjadi film animasi terfavorit orang-orang Jepang yang dapat dinikmati oleh anak-anak sampai orang tua. Film yang bergenre fantasi mistis ini, menjadi film yang mendapatkan kesuksesan finansial yang besar serta sangat populer dikalangan orang-orang. Dengan total Box Office mencapai $355,5 Miliar Dolar atau Rp. 5 Triliun menjadikan film ini sebagai legenda perfilman Jepang sebagai film anime dengan pendapatan terbesar selama lebih dari 10 tahun dan baru dikalahkan pada tahun 2016.

1. Your Name

Biasa disebut Kimi no Nawa di Jepang, film ini menjadi film anime dengan pendapatan terbesar di dunia saat ini. Film karya Makoto Shinkai ini membawa angin segar pada film animasi bergenre romansa. Film ini juga terkenal dengan animasinya yang sangat menawan, musik yang populer, serta akting dari Seiyuu (pengisi suara) yang sangat baik. Hingga saat ini film ini masih menduduki posisi satu dengan jumlah pendapatan $358,3 Miliar Dolar atau meraup keuntungan sebesar Rp.5,04 Triliun.

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa Otaku

Sumber: https://www.rottentomatoes.com/m/your_name_2017

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://designschool.ru/gallery/albums/dou22jan2017/20170122-IMG_9399.jpg

Apa Itu Internship Program dan Manfaatnya bagi Karir?

Hasil gambar untuk program musik di Korea

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea