in

10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri yang Bisa Dicoba

Setiap mahasiswa pasti mengharapkan beasiswa, terutama jika mereka berprestasi. Ada beasiswa dalam negeri dan ada juga beasiswa luar negeri. Beasiswa adalah bantuan berupa dana yang digunakan untuk membayar kuliah pada setiap semester, dana untuk kebutuhan hidup (living cost), hingga dana untuk membeli perlengkapan kuliah. Hal ini tentunya menjadi dambaan dari semua mahasiswa, terutama bagi para mahasiswa yang kurang mampu dan merantau dari tempat yang jauh untuk mendapatkan gelar sarjana.

10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri yang Bisa Dicoba Pendidikan

Sumber: http://www.scholarsofficial.com/daftar-beasiswa/daftar-beasiswa-deadline-bulan-juli-2020-untuk-kuliah-dalam-negeri/

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa menjadi salah satu bentuk Corporat Social Responsibility (CSR) dari korporasi atau organsisasi besar demi kemajuan Indonesia. Sudahkah kamu mengetahui tentang beasiswa dalam negeri yang diberikan oleh korporasi atau organisasi besar? Jika belum, simak ulasan berikut dengan seksama.

1. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa Karya Salemba Empat  (Beasiswa KSE) adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Salemba Empat untuk mahasiswa S1 yang sudah menempuh pendidikan setidaknya 2 semester. Beasiswa ini berupa tunjangan sebesar Rp 750.000,- yang diberikan setiap bulan selama 1 tahun yang bisa diperpanjang pada tahun berikutnya. Selain itu, para penerima beasiswa juga bisa mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE seperti Tatap Muka, Leadership Programme, Seminar, Workshop, dan Coaching.

KSE juga mempunyai program beasiswa lain, yaitu beasiswa unggul untuk para penerima beasiswa KSE minimal 1 tahun yang memiliki perkembangan prestasi sangat baik dan aktif di berbagai kegiatan sosial. Beasiswa yang diberikan berupa tunjangan senilai Rp 750.000,- per bulan selama satu tahun dan bisa diperpanjang, tunjangan SPP/BOP senilai Rp 1.500.000 per semester selama 1 tahun akademik, beserta tunjangan untuk pembuatan skripsi/tugas akhir dengan nominal sesuai kebutuhan.

2. Beasiswa Djarum

Tidak hanya beasiswa bulu tangkis untuk para atlet badminton sejak usia dini, tetapi Djarum juga memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di atas semester 4 yang bernama Djarum Beasiswa Plus yang diberikan oleh Djarum Foundation. Dana beasiswa yang diberikan setiap bulan sebesar Rp1.000.000 selama 1 tahun dan berbagai kegiatan pelatihan soft skills seperti character building, leadership development, dan international exposure. Djarum Foundation telah memberikan beasiswa ini kepada para mahasiswa di lebih dari 80 perguruan tinggi di Indonesia. Namun, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi yang tidak menjadi mitra Djarum bisa mengajukan beasiswa dengan mendaftar ke Djarum Foundation.

3. Beasiswa Tokopedia

10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri yang Bisa Dicoba Pendidikan

Sumber: https://www.portalbeasiswa.com/beasiswa-tokopedia-scholarship-tahun-2020/

Beasiswa dalam negeri selanjutnya adalah Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia ternyata menyediakan program beasiswa untuk para mahasiswa di 25 universitas yang menjadi mitranya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa jurusan yang berhubungan dengan teknologi dan data asalkan sudah berada di semester 5 ke atas. Beasiswa ini terdiri dari biaya kuliah selama 2 semester, uang buku selama 2 semester sebesar Rp 1.000.000 per semester, uang saku selama 1 tahun senilai Rp 3.000.000 per bulan, biaya wisuda, dan peluang untuk magang di Tokopedia.

4. Beasiswa Bukalapak

Tidak hanya Tokopedia, Bukalapak juga menyediakan program beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bernama BukaBeasiswa dan BukaFigur. Beasiswa ini terdiri dari bantuan pembayaran kuliah selama 2 semester, uang saku sebesar Rp 2.000.000 per bulan, dan lainnya sesuai kebutuhan mahasiswa.

5. Beasiswa Bank Indonesia

Bank sentral Indonesia tentu saja memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di berbagai perguruan tinggi. Ada dua jenis beasiswa dari Bank Indonesia. Pertama, beasiswa reguler berupa dana pendidikan sebesar Rp1.000.000 per bulan selama 12 bulan. Kedua, program berprestasi berupa dana sebesar Rp1.500.000 per bulan selama 12 bulan.

10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri yang Bisa Dicoba Pendidikan

Sumber: https://www.beasiswapascasarjana.com/2015/10/beasiswa-s1.html

Para penerima beasiswa dari Bank Indonesia akan menjadi anggota dari GenBI, yaitu mahasiswa sebagai agent of change akan menjadi informan yang memberikan informasi tentang kebijakan-kebijakan BI kepada publik. Selain itu, para penerima beasiswa juga dibentuk supaya menjadi pemimpin pada masa yang depan melalui berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat di setiap wilayah para penerima beasiswa. Contoh kegiatannya antara lain mengajar di daerah terpencil, mengumpulkan dana untuk korban bencana alam, mengadakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, serta berbagai kegiatan lainnya.

6. Beasiswa YBM BRI

Beasiswa dalam negeri selanjutnya yaitu Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) yang merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang mengumpulkan dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Program sosial yang diadakan oleh YBM BRI antara lain pendidikan, sosial, kesehatan, dan ekonomi. Dalam bidang pendidikan, program unggulan YBM BRI adalah SMART Scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi berprestasi. Beasiswa ini terdiri dari tunjangan prestasi sebesar Rp 500.000 per bulan selama 1 tahun, pengembangan soft skill, networking, dan masih banyak lagi. Persyaratan utama dari beasiswa ini, yaitu mahasiswa semester 2 dari perguruan tinggi yang bermitra dengan YBM BRI Smart.

7. Beasiswa Mizan

Penerbit buku Mizan memberikan Beasiswa Mizan kepada para mahasiswa semester akhir berupa pendanaan tugas akhir studi (skripsi, tesis atau disertasi) yang kuliah di Indonesia. Beasiswa ini diberikan secara rutin setiap tahun. Program ini diharapkan bisa mendorong semangat dan kreativitas untuk berkarya kepada para calon cendekia Indonesia. Syarat untuk menerima beasiswa Mizan adalah penelitian tugas akhir harus bertema studi keislaman yang ditinjau dari berbagai aspek seperti ajaran, teks filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains dan lain-lain.

8. Beasiswa BCA Finance

10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri yang Bisa Dicoba Pendidikan

Sumber: https://www.bcafinance.co.id/FAQBeasiswa2019

Beasiswa BCA Finance diberikan kepada para mahasiswa berada di semester dua dan kuliah di Indonesia. Beasiswa ini berlaku untuk semua mahasiswa, baik mahasiswa D4 dan S1 dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia. Beasiswa ini berupa dana perkuliahan senilai Rp 3.000.000 per semester. Pendaftaran beasiswa ini biasanya dimulai pada Mei hingga Juni setiap tahunnya.

9. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie adalah beasiswa yang diadakan oleh Yayasan Amal Abadi sebagai salah satu bentuk komitmen nyata dari Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan Indonesia. Pasalnya, sumber daya manusia memiliki potensi yang sangat besar dan menjadi modal utama bagi kemajuan suatu negara. Beasiswa ini diberikana kepada para mahasiswa S1 yang sedang menjalani semester 1 hingga 8 dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa kurang mampu sehingga mereka bisa tetap melanjutkan pendidikan. Uniknya, beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa sesuai dengan keperluan penunjang seperti biaya transportasi, kos, buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, kursus, dan lain-lain.

10. Beasiswa Juara dari Kompas dan Avian

Beasiswa Juara diberikan oleh Harian Kompas dan Avian Brands kepada para mahasiswa S1 dari PTN maupun PTS yang berprestasi di Indonesia. Beasiswa ini berupa pembiayaan kuliah selama 2 (dua) semester sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Fantastis bukan? Selain itu, program ini memberikan program pelatihan soft skills dan hard skills untuk mengembangkan potensi para penerima beasiswa.

Itulah 10 jenis beasiswa dalam negeri yang bisa kamu coba asalkan kamu memenuhi persyaratan. Ukirlah prestasi agar kamu layak mendapatkan beasiswa. Terus semangat dan buktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju! Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Beberapa Padang Savana di Indonesia Yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi

Kesalahan Keuangan Yang Sering Dilakukan Anak Muda