in

10 Kebiasaan Unik Masyarakat KorSel Yang Ditampilkan Dalam Kdrama

Korea Selatan punya begitu banyak hal menarik yang sering kali ditampilkan dalam film ataupun dramanya. Tidak hanya kisah dramatis yang mampu menghipnotis penonton hingga membuat banyak masyarakat dunia yang jatuh cinta pada negeri gingseng ini. Namun, Korea Selatan juga memiliki banyak kebiasaan unik di kehidupan sehari-hari mereka yang kerap kali ditampilkan dalam Kdrama. Mungkin saja bagi sebagian masyarakat di negara lain akan menganggap kebiasaan tersebut tidak wajar. Kendati begitu, kita tetap perlu menghormati perbedaan setiap negara yang tidak jarang justru menjadi nilai plus bagi negara tersebut. Salah satu kebiasaan unik tersebut adalah cara memanggil kakak dalam Bahasa Korea yang bermacam-macam.

Apabila kamu sering menonton Kdrama, pasti kamu sering mendengar kata-kata seperti oppa, hyeong, eonni, dan nuna. Korea Selatan memiliki cara pemanggilan yang berbeda untuk kakak tergantung siapa yang memanggil dan siapa yang dipanggil. Pertama adalah oppa yang rasanya cukup populer akhir-akhir ini. Panggilan ini ditujukan dari adik perempuan untuk kakak laki-laki. Sebenarnya oppa biasanya juga digunakan bagi yang merasa memiliki hubungan yang cukup dekat sehingga tidak hanya berlaku untuk saudara kandung. Biasanya, para penggemar perempuan Kpop atau Kdrama memanggil idolanya yang laki-laki dengan sebutan ini. Kendati begitu, panggilan oppa tidak dapat sembarangan digunakan karena masyarakat Korea Selatan sebenarnya cukup sensitif dengan panggilan ini.

Kedua adalah hyeong yang dibaca hyung. Panggilan ini ditujukan dari adik laki-laki untuk kakak laki-laki. Panggilan hyeong dapat digunakan oleh saudara kandung ataupun sesama teman yang cukup akrab. Selain itu, ada juga panggilan hyeongnim yang merupakan panggilan formal dari hyeong. Biasanya penduduk laki-laki Korea Selatan memakainya untuk rekannya yang memiliki hubungan formal. Contohnya seperti adik kelas memanggil kakak kelas agar terdengar lebih sopan.

10 Kebiasaan Unik Masyarakat KorSel Yang Ditampilkan Dalam Kdrama Drama Korea

Gambar: penggunaan sumpit sebagai peralatan yang tidak pernah ketinggalan di berbagai momen makan dalam drakor

Ketiga adalah eonni yang merupakan sapaan untuk kakak perempuan dari adik perempuan. Tidak berbeda dengan panggilan oppa, panggilan eonni juga banyak digunakan saat ini oleh mereka yang berteman dekat tetapi berbeda usia. Keempat adalah nuna yang merupakan sapaan untuk kakak perempuan dari adik laki-laki. Panggilan ini juga dapat digunakan oleh dua orang yang memiliki hubungan dekat meskipun bukan saudara kandung.

Terakhir adalah seonbae yang selalu terdengar dalam adegan di drakor. Panggilan seonbae biasanya digunakan oleh junior untuk kepada seniornya. Selain itu, ada juga yang menggunakan panggilan seonbaenim, penambahan -nim agar lebih formal dan terkesan sopan. Memang cara memanggil kakak dalam Bahasa Korea yang bermacam-macam ini menjadi ciri khas yang sering ditampilkan dalam Kdrama. Semoga mudah untuk dipahami ya. Sebenarnya masih banyak kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan. Silahkan simak daftar berikut ini ya!

Berikut ini adalah 10 kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan yang ditampilkan dalam Kdrama :

1. Memakai barang yang sama dengan pasangan

Kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan selanjutnya yang ditampilkan dalam Kdrama adalah pertama adalah memakai barang yang sama dengan pasangan. Kebiasaan memakai barang yang sama dengan pasangan seperti pakaian atau gelang dianggap norak di Indonesia. Padahal kebiasaan tersebut merupakan hal yang wajar di Korea Selatan karena ini menjadi cara mereka untuk mengekspresikan cinta.

2. Mengkonsumsi minuman keras

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol merupakan hal yang wajar di negara ini bahkan telah menjadi budaya yang tidak dapat terpisahkan. Minuman keras tidak hanya dikonsumsi saat seseorang sedang merasa tertekan, tetapi menjadi hidangan yang wajib disajikan pada berbagai perayaan. Pasalnya masyarakat Korea Selatan menganggap bahwa menolak untuk minum adalah perilaku yang tidak sopan karena tidak menghormati orang lain.

3. Bersuara saat makan mie.

Penonton drakor pasti sering kali melihat adegan saat tokoh dalam drama mengeluarkan suara slruuuup saat sedang menyantap ramen ataupun sejenisnya. Ternyata adegan tersebut ada maknanya. Mengeluarkan suara saat makan menandakan bahwa makanan yang dimakan dianggap enak. Ekspresi tersebut menjadi sebuah bentuk antusias saat menyantap hidangan.

4. Kencan buta atau blind date

Kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan selanjutnya yang ditampilkan dalam Kdrama adalah kencan buta atau blind date. Mungkin kebiasaan ini tidak lumrah bagi masyarakat Indonesia karena kebanyakan orang memilih untuk menjalin hubungan dengan orang yang mereka kenal. Namun, kencan buta adalah hal yang sangat lumrah bagi masyarakat Korea Selatan. Bahkan ada sekitar 2.500 perusahaan yang menyediakan layanan pencari jodoh karena saking tingginya minat masyarakat untuk melakukan kencan buta.

10 Kebiasaan Unik Masyarakat KorSel Yang Ditampilkan Dalam Kdrama Drama Korea

Gambar: Alasan banyak orang Korea Selatan yang melakukan operasi plastik karena penampilan merupakan penilaian yang utama di negeri gingseng tersebut

5. Sangat peduli pada kecantikan kulit

Tidak hanya wanita, tetapi laki-laki di Korea Selatan memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap kesehatan dan kecantikan kulit mereka. Sehingga, tidak perlu heran apabila melihat para selebritis dalam drama melakukan perawatan kulit seperti maskeran. Mereka bahkan tidak segan menemui dokter kulit.

6. Operasi plastik

Kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan selanjutnya yang ditampilkan dalam Kdrama adalah operasi plastik. Alasan mengapa ada banyak orang Korea Selatan yang melakukan operasi plastik karena penampilan adalah penilaian yang utama di sana. Selain itu, memiliki wajah dan tubuh yang indah memperbesar peluang untuk menduduki posisi yang lebih tinggi dalam pekerjaan.

7. Makan dengan berbagai menu di meja

Menyediakan berbagai menu di meja makan merupakan situasi yang sering muncul dalam drakor. Ternyata masyarakat Korea Selatan memang senang menyajikan makanan di banyak wadah sehingga menjadi sebuah kebiasaan di sana.

8. Sumpit stainless steel

Ternyata ada perbedaan pada bentuk sumpit yang berasal dari Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan. Pasalnya sumpit asli Korea menggunakan bahan dasar logam atau metal dengan bentuknya yang lebih rata. Ternyata penggunaan sumpit sebagai peralatan yang tidak pernah ketinggalan di berbagai momen makan dalam drakor memiliki alasan. Lantaran sumpit tersebut sudah digunakan oleh masyarakat Korea Selatan sejak zaman kerajaan. Fungsinya tidak hanya untuk makan, tetapi juga menjadi media untuk mendeteksi ada atau tidaknya racun dalam makanan. Sebab saat makanan mengandung racun, maka sumpit yang awalnya berwarna perak akan berubah warna.

9. Skinship antar sesama pria

Kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan selanjutnya yang ditampilkan dalam Kdrama adalah skinship antar sesama pria. Melakukan skinship atau bersentuhan fisik antar sesama pria di Indonesia terkadang diangap menyimpang. Namun, hal ini diwajarkan di Korea Selatan.

10. Cara menghitung usia

Perhitungan usia di Korea Selatan berbeda dengan perhitungan usia pada umumnya. Pasalnya mereka menghitung usia seseorang sejak dalam kandungan. Sehingga dia sudah berusia setahun saat lahir, sedangkan secara umum kelahiran menjadi awal kehidupan. Itu adalah 10 kebiasaan unik masyarakat Korea Selatan yang ditampilkan dalam Kdrama.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Mentor

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Gowes Jakarta-Denpasar, Bali : 15 Hari untuk Selamanya!

Tips Aman Berkendaraan Berbagai Jenis Pada Situasi Apapun

Produsen Mobil Tawon Mau Bikin Bus Listrik - Review dan Berita Mobil

Daftar Mobil Buatan Asli Anak Indonesia Yang Wajib Diketahui