in

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba!

Sumatera Selatan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya dikenal dengan wisatanya saja, namun Sumatera Selatan memiliki makanan khas yang lezat. Apa saja makanan khas Sumatera Selatan yang wajib kamu coba? Berikut adalah daftarnya.

1. Pempek

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Pempek (https://www.nativeindonesia.com/pempek-palembang/)

Mendengar kata Pempek, pasti pikiran kamu langsung tertuju dengan Sumatera Selatan. Ya, Pempek bisa dikatakan sebagai makanan khas Sumatera Selatan yang paling terkenal. 

Jika kamu berlibur ke Sumatera Selatan, Pempek adalah makanan yang wajib untuk kamu coba. Banyak rumah makan yang menyajikan Pempek dengan harga yang terjangkau, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipinya. Kamu bisa jadikan Pempek oleh oleh, untuk keluarga kamu.

2. Lenggang

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Lenggang (https://cookpad.com/id/resep/3027755-pempek-lenggang-panggang)

Selain Pempek, Lenggang merupakan makanan dari Sumatera Selatan yang terkenal. Terbuat dari daging ikan dan telur, Lenggang juga ditambah dengan kuah cuko. Lenggang bisa ditambah dengan toping bihun, dan juga timun.

Ada perbedaan mendasar dari Pempek dan Lenggang. Pempek diolah dengan cara digoreng, sedangkan Lenggang diolah dengan cara dipanggang. Agar aroma lebih nikmat saat dipanggang, Lenggang biasanya dialasi dengan daun pisang.

Untuk mencicipi makanan khas satu ini, kamu bisa berkunjung ke rumah makan di Sumatera Selatan . Rasanya lezat, dan membuat kamu ingin terus mencicipinya. Padukan Lenggang dan cuko, agar rasa makanan ini menjadi lezat.

3. Mie Celor

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Mie Celor (https://manaberita.com/2020/01/resep-mie-celor-khas-palembang-enak-banget/)

Mie Celor merupakan makanan yang wajib kamu coba saat berlibur ke Sumatera Selatan. Berbahan dasar mie, Mie Celor dapat ditambah dengan ragam toping. Toping tersebut adalah tauge, telur, kucai, dan udang.

Ada beberapa cara , agar Mie Celor menjadi nikmat. Pertama, mie direbus terlebih dahulu. Setelah direbus, baru mie ditambah kuah ebi. Agar tambah nikmat, Mie Celor bisa ditambah toping sesuai keinginan.

Makanan khas ini wajib kamu coba, karena makanan ini tidak ada ditempat lain. Kamu dapat berkunjung ke rumah makan yang menyedian Mie Celor, dan kamu akan merasakan olahan Mie yang berbeda.

5. Tekwan

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Tekwan (https://makananoleholeh.com/makanan-khas-palembang/)

Siapa yang tidak kenal Tekwan? Tekwan adalah makanan yang berkuah, dan kuahnya membuat tenggorokan kamu segar. Bahan utama dari Tekwan adalah ikan yang dicampur tepung tapioka, dan makanan ini ditambah ragam toping.

Untuk membuat Tekwan yang nikmat, pertama ikan harus diolah terlebih dahulu. Setelah diolah,Tekwan bisa ditambah soun atau toping lainnya . Tambahkan kuah , agar Tekwan menjadi segar.

Kamu jangan sampai lupa, untuk mencicipi Tekwan. Rasanya yang lezat, membuat kamu tertarik mencoba makanan khas ini. Tambahkan nasi yang hangat, agar perut kamu menjadi kenyang.

7. Martabak HAR

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Foto: Martabak HAR (https://blog.tiket.com/makanan-khas-palembang-selain-pempek/)

Martabak adalah makanan favorit masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Sumatera Selatan. Di Sumatera Selatan, ada Martabak yang khas bernama Martabak HAR (Haji Abdul Rozak). Martabak ini berbeda dengan martabak lainnya , karena ditambah dengan kuah kari.

Untuk membuat Martabak HAR, pertama buat adonan martabaknya dahulu. Setelah dibuat adonannya, adonan digoreng dalam sebuah penggorengan. Telur yang dibalut pada kulit martabak, membuat martabak ini menjadi nikmat.

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan ini, kamu bisa berkunjung ke Kota Palembang. Martabak ditambah dengan kuah kari, akan membuat kamu ketagihan mencobanya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan ini, bersama teman atau keluarga kamu.

8. Sate Sapi Cucuk Manis

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Sate Sapi Cucuk Manis (https://medium.com/@adiah3475/berikut-cara-membuat-sate-sapi-manis-yang-sedap-dan-istimewa-23da540f46a7)

Biasanya , sate menggunakan daging ayam atau kambing. Lain halnya dengan daerah lain, Sumatera Selatan mengolah sate dengan daging sapi. Sate ini berbeda dengan sate lainnya, karena tidak menggunakan bumbu kacang.

Untuk membuat Sate Sapi Cucuk Manis, daging yang dipilih adalah kualitas yang bagus. Setelah dipilih , sate diolah dengan kecap manis. Tidak menggunakan saus kacang, membuat sate ini dikenal dengan Sate Sapi Cucuk Manis.

Jika ke berlibur Sumatera Selatan, kamu tiak boleh ketinggalan mencicipi makanan ini. Rasanya yang nikmat , membuat kamu merasakan olahan Sate yang berbeda. Jika ingin tambah kenyang, kamu bisa tambahkan lontong atau nasi.

9. Godo Godo

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Godo Godo (https://cookpad.com/id/resep/11346295-pempek-godo-godo-nasi)

Godo Godo adalah makanan yang mirip dengan Pempek. Yang membedakan dengan Pempek adalah , Godo Godo menggunakan daging udang. Daging udang dibuat sedemikian rupa, agar menghasilkan rasa yang gurih.

Hal yang dilakukan untuk membuat Godo Godo adalah , pilih udang yang berkualitas. Setelah udang dipilih, baru udang diolah dengan menggunakan tepung. Tepung tersebut digunakan , untuk membuat Godo Godo lebih renyah.

Jika kamu ingin mencoba Godo Godo, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makan ini. Rasanya yang gurih dan nikmat, kamu akan merasakan olahan yang mirip Pempek. Jangan lupa gunakan kuah cuko, agar Godo Godo tambah nikmat.

10. Pindang Tulang

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba! Kuliner

Gambar: Pindang Tulang (https://www.masakapahariini.com/resep/resep-pindang-iga-sapi-khas-palembang/)

Pindang biasanya menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan yang lainnya, masyarakat di Sumatera Selatan menggunakan tulang sapi untuk bahan dasarnya. Untuk rasanya, Pindang Tulang tidak kalah enaknya.

Bahan yang digunakan untuk pindang tulang adalah tulang sapi. Tulang Sapi tersebut diolah sedemikian rupa , supaya menjadi Pindang. Setelah semuanya sudah menjadi matang, baru tambahkan sayur dan juga tomat.

Makanan khas Sumatera Selatan ini wajib untuk kamu coba. Banyak yang menjual makanan ini, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan mencobanya. Jika kamu suka rasa pedas, kamu bisa tambahkan sambal supaya nikmat.

Sekian informasi mengenai kuliner yang ada di Sumatera Selatan , yang wajib untuk kamu coba. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas tersebut, dan kamu bisa kenalkan makanan khas tersebut lewat media sosial kamu.

Untuk rekomendasi makanan lezat lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ini 7 Destinasi Wisata Menarik di Yogyakarta!

Genshin Impact Lag Android

Cara Bermain Genshin Impact di Android Tanpa Lag