in

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat

Sumatera Utara merupakan provinsi yang wajib kamu kunjungi, karena banyak tempat wisatanya yang sanagat indah. Selain banyak tempat wisatanya, Sumatera Utara memiliki makanan khas yang wajib kamu coba. Nah, berikut ini adalah daftar makanan khas Sumatera Utara yang wajib kamu coba.

1. Arsik

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar : Arsik (https://www.alpermata.com/kuliner-medan/arsik-ikan-mas-khas-medan/)

Arsik merupakan makanan khas Sumatera Utara yang wajib kamu untuk coba. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia, dan terbuat dari ikan emas. Ikan emas tersebut tidak dibuang sisiknya, sehingga dikenal dengan Arsik. Rempah rempah yang digunakan arsik adalah andaliman, sehingga membuat ikannya menjadi berwarna kuning.

Setelah diberi rempah rempah, ikan bisa digoreng dengan api yang kecil. Kemudian, tunggu sampai ikannya menjadi kering. Jika sudah matang dan kering, ikan dapat disantap dengan menggunakan nasi.

Jangan lupa, saat berlibur ke Sumatera Utara kamu coba makanan khas yang satu ini. Kamu tidak akan rugi mencoba makanan yang satu ini, karena makanan ini sangat lezat. Selain lezat, banyak rumah makan yang menyediakan makanan khas Sumatera Utara ini.

2. Saksang

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Saksang (https://www.genpi.co/travel/26555/saksang-kuliner-legendaris-dari-sumatra-utara-intip-resepnya)

Saksang merupakan olahan makan yang menggunakan daging babi atau daging kerbau. Makanan ini biasanya ada saat acara adat, namun kini banyak rumah makan yang menyediakan saksang.

Makanan ini biasanya ditambah darah hewan agar lebih nikmat. Namun seiring perkembangan zaman , kini darah hewan jarang digunakan untuk saksang. Darah hewan tersebut diganti dengan bumbu sambal yang bernama Na So Margota.

Kamu harus mencoba saksang , makanan khas ini. Tidak perlu khawatir akan ke halalannya, karena ada Saksang yang diolah dengan cara halal. Rasanya pun lezat, dan kamu akan ketagihan dengan makanan yang satu ini.

3. Daun Singkong Tumbuk

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar : Daun Singkong Tumbuk (https://selerasa.com/resep-masak-sajian-sedap-daun-singkong-tumbuk-santan-yang-paling-enak-dan-mantap)

Berikutnya ada Daun Singkong Tumbuk, makanan khas yang wajib kamu coba. Daun Singkong Tumbuk berbahan dasar daun singkong muda. Kemudian, daun singkong diolah dengan menggunakan santan.

Setelah selesai dimasak, kamu dapat menyantapnya dengan menggunakan nasi yang hangat. Karena kandungan seratnya cukup tinggi, membuat makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang sehat.

Jika kamu ingin mencoba makanan olahan daun singkong ini, kamu dapat berkunjung ke rumah makan yang ada di Sumatera Utara. Selain itu, kamu juga harus mencoba makanan ini bersama teman atau keluarga kamu.

4. Natinombur

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Natinombur (https://correcto.id/beranda/read/24139/resep-natinombur-makanan-khas-batak-yang-nikmat-dan-sangat-menggigit-di-lidah)

Natinombur merupaka salah satu makanan olahan ikan yang wajib untuk kamu coba. Ikan yang digunakan adalah ikan mujair, dan dimasak dengan cara ditumis. Ditambah dengan rempah rempah khas Sumatera Utara, membuat Natinombur menjadi tambah lezat.

Pada zaman dahulu, nelayan ingin menyantap ikan dengan cara sederhana. Dengan cara memasak ikan dengan sederhana, para nelayan dapat menyantap ikan tersebut. Sejak saat itulah, ikan ini dinamakan Natinombur.

Makanan khas ini dapat kamu temui di rumah makan yang ada di Sumatera Utara. Rasanya yang lezat, membuat kamu ketagihan dengan Natinombur. Ditambah dengan nasi, rasa dari makanan ini menjadi tambah lezat.

5. Sayur Gurih Tauco

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar : Sayur Gurih Tauco (https://lancangkuning.com/post/6745/lauk-pauk-khas-medan.html)

Sayur Gurih Tauco merupakan sayuran yang menggunakan tauco untuk kuahnya. Bahan dasar makanan ini adalah udang atau daging sapi, kemudian ditambah dengan kuah tauco agar lebih nikmat. Selain membuat makanan jadi nikmat, kuah tauco ini memberi aroma yang khas terhadap makanan ini.

Agar dapat mengganjal perut, Sayur Gurih Tauco dapat ditambah dengan ketupat. Lauk lain juga bisa ditambah dengan lauk yang lain. Lauk itu adalah telur rebus, buncis, nangka , dan juga rendang.

Lezatnya makanan khas ini , tidak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Banyak rumah makan di Sumatera Utara yang menyediakan makanan ini, dan kamu akan menjadi ketagihan mencoba makanan khas ini.

6. Sate Kerang

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Sate Kerang (https://www.tokomesin.com/peluang-usaha-sate-kerang-pedas-dan-analisa-usahanya.html)

Sate merupakan makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Sate biasanya menggunakan daging ayam atau kambing , namun di Sumatera Utara sate menggunakan kerang. Walaupun menggunakan kerang, sate ini tidak kalah lezatnya dengan sate yang lain.

Kerang yang digunakan adalah kerang bulu, sehingga aman untuk dikonsumsi. Kemudian kerang tersebut diolah dengan sambal yang khas. Selain menggunakan sambal, kamu juga bisa menikmati rasa Sate Kerang dengan rasa original

Rasa Sate Kerang yang nikmat, wajib kamu coba saat berlibur ke Sumatera Utara. Dibanderol dengan harga Rp11.000, kamu tidak akan rugi mencoba olahan kerang yang satu ini. Selain itu, kamu juga dapat merasakan olahan sate yang berbeda dari lainnya.

7. Mie Gomak

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Mie Gomak (https://travelingyuk.com/mie-gombak/72869/)

Mie adalah makanan yang sering kita jumpai. Banyak olahan mie di Indonesia, namun di Sumatera Utara ada olahan mie yang mirip dengan spagethi. Mie Gomak merupakan makanan khas Tapanuli, dan banyak dijual di rumah makan.

Cara mengolah makanan khas ini adalah , pedangang mengambil mienya terlebih dahulu . Mie tersebut diambil , dan dipegang oleh penjualnya untuk diolah. Setelah itu, mie direbus selama beberapa menit. Jika sudah matang , mie ditambah dengan toping lainnya seperti bakso atau sosis.

Saat berlibur di Sumatera Utara, cobalah makanan khas yang satu ini. Dengan mencoba Mie Gomak, kamu akan merasakan varian mie yang berbeda dari yang lainnya. Rasanya yang nikmat , membuat kamu ingin terus menambah porsinya.

8. Bika Ambon

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Bika Ambon (https://www.ngobrolin.id/alasan-penamaan-bika-ambon-dari-medan/)

Banyak yang mengira bahwa kue Bika Ambon ini berasal dari Kota Ambon , Maluku. Bika Ambon dahulu berasal dari Jalan Ambon Kota Medan, dan kini menjadi makanan yang sangat terkenal di Indonesia.

Bahan dasar dari kue ini adalah santan, gula, dan kuning telur. Semua bahan tersebut dicampur, lalu Bika Ambon difermentasi dengan air nira supaya lebih nikmat. Ada berbagai varian Bika Ambon yang wajib kamu coba. Ada keju, durian, dan juga coklat.

Kini banyak toko oleh oleh yang menyediakan Bika Ambon. Karena rasanya yang lezat, kamu bisa jadikan Bika Ambon sebagai oleh oleh untuk keluarga kamu. Ditemani dengan teh yang hangat, membuat makanan ini menjadi tambah lezat.

9. Pancake Durian

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner
Gambar: Pancake Durian (https://store.durianmedanpaten.com/shop/produk/pancake-durian/)

Durian marupakan buah favorit masyarakat Indonesia. Banyak sekali varian olahan dari durian, salah satunya adalah Pancake Durian. Pancake ini sebenarnya pancake biasa, namun diisi dengan kuah durian yang sangat lezat.

Makanan satu ini bisa kamu temui di toko oleh oleh yang ada di Sumatera Utara. Selain itu, olahan durian ini bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga atau teman kamu. Ditambah dengan minuman yang segar, Pancake Durian ini akan menjadi tambah lezat.

10. Kue Putu Bambu

10 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Lezat Kuliner

Gambar: Kue Putu Bambu (https://www.resepmasakterbaru.com/resep-kue-putu-bambu-209)

Terakhir, ada kue Putu Bambu yang wajib kamu coba. Kue Putu ini sama seperti kue putu yang lainnya. Yang membedakan kue putu bambu dengan yang lainnya adalah , kue putu ini menggunakan bambu sebagai bahan cetakannya.

Makanan khas Sumatera Utara ini banyak dijumpai di berbagai tempat. Harganya pun juga terjangkau, yakni Rp1.000,00. Dengan harganya yang terjangkau , kamu dapat merasakan kue putu yang rasanya lezat ini.

Itulah informasi mengenai makanan khas dari Sumatera Utara. Jangan hanya mengunjungi tempat wisatanya saja, namun kamu juga harus mencoba makanan khas Sumatera Utara yang lezat lezat ini. Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Dikenal Ambidextrous, Ini Fakta Unik Lee Know Stray Kids Lainnya

Tips move on dari mantan

14 Tips Move On dari Mantan Pacar Yang Efektif