in ,

10 Perilaku Positif yang Mendukung Perkembangan Karakter Anak

Lingkungan adalah salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan karakter anak dan kecerdasan emosionalnya. Lingkungan yang baik akan membuat seseorang menjadi antusias dan ceria sehingga kecerdasan secara umum bisa terbentuk. Aspek-aspek kecerdasan yang harus dikembangkan dalam kehidupan antara lain spiritual, sosial dan emosional, kognitif, bahasa, fisik dan motorik, dan seni.

10 Perilaku Positif yang Mendukung Perkembangan Karakter Anak Parenting Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-cantik-melukis-labu-untuk-perayaan-halloween-5859222/

Lingkungan yang baik akan membentuk perilaku positif pada anak. Oleh sebab itu, orangtua harus mencontohkan perilaku positif kepada anak. Perilaku positif terdiri dari tindakan, respon, aksi, dan reaksi dari seseorang yang baik dan tidak merugikan orang lain. Perilaku positif akan muncul dari stimulus yang datang dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Namun, keadaan lingkungan sekitar yang tidak selalu positif akan menyebabkan perilaku yang tidak diharapkan (negatif) pada anak.

Membangun Perilaku Positif untuk Perkembangan Karakter Anak

Perilaku itu bisa diamati dan ditiru. Jika anak melakukan sesuatu yang janggal (negatif), si kecil mungkin meniru perilaku atau kejadian yang dilihat atau didengarnya. Oleh sebab itu, orangtua harus memerhatikan perkembangan karakter anak sehingga kita bisa mengetahui alasan dan penyebab si kecil berlaku demikian. Setelah itu, orangtua sebaiknya menasehati dan memberi tahu si kecil bahwa perilakunya tidak baik sehingga tidak boleh diulangi lagi.

Perilaku positif pada anak harus dibangun mulai dari lingkungan terkecilnya, yaitu keluarga. Si kecil akan selalu memerhatikan kegiatan orang-orang dewasa di sekitarnya sehingga mereka mungkin akan meniru beberapa atau justru semua perilaku mereka. Oleh sebab itu, orang-orang dewasa terutama orangtuanya harus selalu memperlihatkan perilaku positif supaya si kecil menirunya. Selain itu, berikan anak kegiatan yang positif untuk melatih kemampuannya.

Perilaku Positif yang Bisa Diajarkan

Simak 10 perilaku positif yang mendukung perkembangan karakter anak.

10 Perilaku Positif yang Mendukung Perkembangan Karakter Anak Parenting Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/berbagai-macam-sticker-lot-998067/

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Anak cenderung lebih suka bermain dan tidak suka belajar. Oleh sebab itu, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menyelipkan kegiatan bermaisn. Selain itu, ruangan atau tempat belajar sebaiknya didesain dengan menarik sehingga anak senang berada di tempat tersebut. Misalnya, tempelkan wallpaper atau gambar-gambar tokoh superhero kesukaan si kecil atau membuat kata-kata penyemangat yang didesain dengan artistik. Cara belajar yang menyenangkan adalah belajar tentang angka memakai lagu atau bermain puzzle.

2. Ajarkan Anak Kedisiplinan

Anak harus diajarkan displin sejak dini supaya tidak berperilaku sesuka hatinya saja seperti bermain sepanjang hari. Ajari anak untuk mengenal waktu untuk makan, bermain, belaajar, tidur dan kegiatan lainny. Pengenalan pola waktu untuk berbagai kegiatan yang telah diajarkan sejak dini akan membuat anak bisa membagi waktu secara mandiri hingga dewasa nanti.

3. Tumbuhkan Rasa Simpati dan Empati

Setiap anak sebaiknya diajari untuk memiliki rasa simpati dan empati sehingga dia mau menghargai orang lain. Hal ini mampu meningkatkan kecerdasan emosional anak. Perlu untuk diketahui, kecerdasan emosional itu jauh lebih penting dari kecerdasan intelektual. Perilaku baik harus ditanamkan sejak kecil, sedangkan intelektual bisa didapatkan di sekolah pada jenjang umur tertentu. Anak yang cerdas secara emosi akan mudah menjadi orang yang sukses dan memberikan manfaat kepada orang lain ketika dewasa.

10 Perilaku Positif yang Mendukung Perkembangan Karakter Anak Parenting Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-anak-anak-bahagia-1815257/

4. Biasakan Anak untuk Membantu Orangtua

Anak bisa diajak untuk ikut serta dalam kegiatan rumah tangga sesuai tahapan usianya seperti

Menyapu atau mengepel lantai. Ketika ayahnya mencuci kendaraan, anak juga bisa diikutsertakan, walaupun dia lebih banyak bermain air. Perilaku positif ini akan membuatnya terbiasa hingga dewasa nanti untuk membantu orangtua dan orang lain. Kegiatan seperti ini mampu melatih kecerdasan motorik anak.

5. Ajari Anak untuk Berperilaku Bersih dan Rapi

Setiap anak harus diajari untuk hidup bersih dan rapi sejak dini, apalagi pada masa pandemi Covid 19 yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga kebersihan. Kebiasaan baik ini mampu mencegah berbagai penyakit dan virus. Jika anak terbiasa hidup rapi, dia akan mampu mengatur hidupnya dengan baik. Hidup yang teratur akan memengaruhi perkembangan karakter anak dan menjadikan seseorang sukses pada masa yang akan datang.

6. Latih Anak untuk Mandiri dalam Banyak Hal

Kemandirian sangat penting untuk dimiliki oleh setiap anak. Oleh sebab itu, orangtua harus mendidik anaknya untuk mandiri dalam banyak hal. Salah satu caranya adalah biasakan anak untuk makan sendiri mulai dari usianya 3 tahun karena si kecil sudah lepas dari ASI dan mulai bisa diajak berkompromi. Pada awalnya, sediakan makanan di depan si anak, lalu beri instruksi untuk makan sendiri. Biarkan si anak mencoba untuk makan, keadaan yang berantakan ketika dia makan menandakan adanya usaha untuk mandiri.

7. Biasakan Anak Mengucapkan Magic Words

Magic words adalah kata-kata istimewa yang membuat orang lain senang dan merasa dihargai. Kata-kata yang dimaksud adalah terima kasih, maaf, permisi, dan tolong. Ajari si kecil untuk mengucapkan kata “tolong” ketika meminta sesuatu, “terima kasih” setelah diberi sesuatu atau dibantu oleh orang lain, “permisi” ketika akan melewati sekumpulan orang, dan “maaf” ketika melakukan kesalahan. 4 kata istimewa tersebut akan membuat orang lain kagum dan senang karena merasa dihargai.

8. Ajarkan Sopan Santun

Katanya anak zaman sekarang tidak memiliki sopan santun. Oleh karena itu, orangtua yang baik harus mengubah image kurang baik tersebut. Mulailah dari anak sendiri terlebih dahulu. Ajari si kecil untuk berkata dan berperilaku sopan terhadap orang lain, terutama orang-orang yang lebih tua. Ajarkan juga untuk tidak menyela atau menginterupsi orang lain yang sedang berbicara. Selain itu, si kecil juga sebaiknya diajari cara berpakaian yang sopan dan santun. Cara berpakaian mencerminkan nilai kepribadian seseorang sehingga hal ini harus dibiasakan dari kecil.

9. Ajarkan Anak untuk Selalu Meminta Izin

Orangtua sebaiknya tidak berperilaku galak dan otoriter sehingga anak tidak takut. Hubungan yang baik antara anak dan orangtua akan membuat anak terbuka dalam segala hal, termasuk meminta izin untuk apapun. Pastika tidak ada jarak antara anak dan orangtua sehingga si anak tidak sungkan untuk bercerita dan meminta izin. Ketika anak tidak yakin dengan suatu hal yang akan dilakukan, dia pasti meminta persetujuan atau pendapat dari orangtuanya.

10. Ajari untuk Menjadi Sportif

Ajari mereka untuk menjadi pribadi yang sportif, yaitu jujur dan mau menerima kekalahan. Berikan pemahaman kepada anak bahwa tidak semua hal yang diinginkan bisa didapatkan sehingga dia tidak akan stress atau depresi karena keinginannya tidak terwujud.

Mendidik anak sama dengan mendidik diri sendiri yang artinya para orangtua harus berperilaku baik terlebih dahulu supaya anak-anaknya mengikuti. Baik atau buruknya perkembangan karakter anak ketika besar dibentuk oleh orangtuanya. Setiap anak terlahir bersih tanpa noda dan dosa, tetapi orangtua dan lingkungan sekitarnya yang mampu mengubah kondisi tersebut karena dia dapat merasa, melihat, dan mendengar semua sikap, lisan, serta perilaku orang dewasa di sekitarnya. Anak yang berkarakter positif terbentuk oleh perilaku orangtuanya yang positif juga. Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
What Is Shea Butter? 22 Benefits, Uses, and Products to Try

Manfaat Shea Butter yang Menakjubkan Untuk Wajah Dan Rambut

Sony Xperia 1 II review: Sony's best smartphone is a Dr. Jekyll and Mr. Hyde | NextPit

Spesifikasi Handphone Sony Xperia 1 II Yang Sudah Didukung Sinyal 5G