in

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia

Tidak usah sedih jika tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri karena ada banyak universitas swasta yang bagus. Oleh karena itu, kamu harus mencari informasi tentang universitas swasta terbaik di Indonesia sehingga bisa masuk ke salah satu universitas tersebut. Peringkat universitas yang bisa dipercaya biasanya dibuat oleh 4 International Colleges and Universities (4ICU), yaitu sebuah mesin pencarian dan direktori yang menilai universitas berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi yang sudah terakreditasi di semua negara. Selain itu, artikel ini juga membahas peringkat universitas swasta di Indonesia berdasarkan data yang diterbitkan oleh Webometrics pada Juli 2020.

4ICU menetapkan tiga kriteria utama dalam aspek penilaian untuk membuat daftar peringkat universitas. Pertama, perguruan tinggi harus sudah mendapatkan akreditasi dari badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, akreditasi di Indonesia dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kedua, perguruan tinggi menyediakan jenjang pendidikan secara lengkap, yaitu Strata 1 (S1/Sarjana), Magister (S2), dan Doktoral (S3). Ketiga, perguruan tinggi melakukan program pembelajaran secara langsung dengan bertatap muka yang mempertemukan dosen dan para mahasiswanya di kelas (sistem tradisional).

Webometrics adalah suatu sistem online yang menentukan peringkat semua universitas di dunia. Penentuan peringkat didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan volume dan isi situs dari setiap universitas beserta visibilitas dan dampak dari publikasi situs sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui pada Januari dan Juli setiap tahunnya. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics, yaitu kehadiran (presence), dampak (impact), keterbukaan (openness), dan keunggulan (excellence).

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Inilah daftar universitas swasta terbaik di Indonesia pada tahun 2020 yang bisa menjadi referensi bagi kalian yang tidak diterima di universitas negeri.

1. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia Pendidikan

Universitas Bina Nusantara (Binus) tidak hanya merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia, juga merupakan 7 besar universitas terbaik di seluruh Indonesia berdasarkan QS World University Rankings (WUR) yang rilis pada tahun 2020 yang lalu. Universitas ini terbentuk dari lembaga pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, kemudian berkembang menjadi universitas pada 8 Agustus 1996. Binus terdiri dari tiga fakultas dan empat sekolah antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Desain, Sekolah Sistem Informasi, dan Sekolah Bisnis dan Manajemen. Binus terkenal dengan lulusannya yang sangat diincar oleh startup teknologi di Indonesia, dimana mereka bersaing dengan UI sebagai dua universitas penyumbang lulusan terbanyak yang berkerja di startup unicorn Indonesia.

2. Telkom University (Tel-U)

Telkom University adalah pengembangan dari kampus STT Telkom yang telah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 Maret 1994 dan berada di kawasan Bandung Technoplex, Dayeuhkolot, Bandung. Fakultas-fakultas yang dimiliki oleh Tel-U antara lain Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia Pendidikan

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/01/163200365/10-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-di-indonesia-2020-versi-webometrics?page=all

Tel-U ditetapkan sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia yang menempati peringkat ke-5 pada tahun 2020. Peringkat ini menjadi sebuah pencapaian tertinggi selama kampus ini berdiri. Pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2019, kampus yang berbasis telekomunikasi ini telah berhasil juga menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Universitas swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom ini adalah universitas swasta terbaik ke-5 di Indonesia. Dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, Universitas Telkom berada di peringkat ke-24.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Sebagai informasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berdiri pada tahun 1981 berdasarkan hasil musyawarah Muhammadiyah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Universitas ini terletak di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Salah satu kampus swasta terbesar di Yogyakarta ini tentunya masih berada dalam lingkungan pendidikan Muhammadiyah.

Universitas ini menjadi universitas swasta terbaik ke-4 pada tahun 2020 berdasarkan Webometrics. Sedangkan menurut pemeringkatan versi 4ICU, UMY berada di peringkat ke-17. Fakultas yang dimiliki oleh UMY antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pendidikan Bahasa.

4. Universitas Narotama Surabaya

Universitas Narotama (Unnar) yang terletak di Surabaya menempati posisi ke-4 sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia menurut peringkat yang ditetapkan oleh Webometrics. Unnar berhasil menorehkan prestasi dalam pemanfaatan informasi dan teknologi berbasis internet di tingkat Internasional. Webometrics melakukan penilaian dengan memakai indikator tersebut sehingga universitas ini tidak hanya ternama di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Pada tahun 2020, Unnar menempati peringkat ke-18 secara nasional sehingga universitas ini menjadi lebih diperhitungkan secara nasional. Posisi ini mengalami peningkatan dari peringkat sebelumnya pada tahun 2019, Unnar masih berada di urutan ke-45. Universitas yang terletak di kota pahlawan ini memiliki empat fakultas antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer.

5. Universitas Mercu Buana

Pada awalnya, perkuliahan Universitas Mercu Buana dilakukan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI), Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Sejak tahun 1984, Yayasan Menara Bhakti sebagai pemilik Universitas Mercu Buana telah membangun kampus yang diberi nama Kampus Menara Bhakti di Jalan Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia Pendidikan
Sumber: https://rencanamu.id/cari-kampus/universitas-mercu-buana-jakarta

Faktanya, Universitas Mercu Buana mendapat akreditasi “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Desember 2016. Salah satu universitas swasta terbaik ini menduduki posisi ke-20 secara nasional. Universitas Mercu Buana mempunyai enam fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Desain dan Seni kreatif, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer.

6. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (UG yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat ini terdiri dari banyak kampus yang tersebar di 8 lokasi yang berbeda. Salah satu universitas swasta terbaik ini berawal dari Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) pada 7 Agustus 1981 yang berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Setelah itu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) berdiri pada tahun 1990.

Kedua sekolah tinggi yang berbeda jurusan tersebut bergabung menjadi satu sehingga terbentuk Universitas Gunadarma pada tahun 1996. Universitas yang telah menghasilkan banyak lulusan selama lebih dari 20 tahun ini cukup diperhitungkan di Indonesia. Universitas Gunadarma terdiri dari tujuh fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Komputer dan teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri, serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

7. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terletak di dataran tinggi Ciumbuleuit, Bandung. Dengan semboyan “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang artinya “Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat” ternyata benar-benar diimplementasikan sehingga universitas ini berhasil menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Unpar mempunyai enam fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Industri. Faktanya, sebagian besar jurusan di fakultas-fakultas tersebut sudah terakreditasi A.

8. Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak hanya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga berhasil menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Bahkan, UMM juga menjadi universitas swasta terbaik ke-2 di Jawa Timur setelah Unnar. Kemajuannya yang pesat dan cepat membuat universitas ini diberi amanat oleh PP Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) di wilayah Indonesia Timur. Sedangkan dalam menurut peringkat versi 4ICU pada tahun 2020, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati posisi ke-14.

UMM terdiri dari 10 fakultas dengan program studi terlengkap di Indonesia. Adapun fakultas-fakultas di UMM antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Itulah 8 universitas swasta terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi referensi bagimu untuk kuliah. Tidak diterima di universitas negeri bukan akhir dari segalanya. Jika kamu masuk di salah satu universitas swasta ini pasti kamu bisa sukses. Selamat berjuang! Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Objek Wisata Taman Nasional Komodo Pulau Indah Tujuh Keajaiban Dunia - | Twisata

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan

Cara-Cara Unik Menabung Yang Dapat Kamu Coba