in

11 Istilah Ini Hanya Dipahami Oleh Anak Motor Yang Sering Touring

Ada banyak istilah yang kerap kali diucapkan oleh para anak/ anggota dalam sebuah komunitas motor. Tujuan penggunaan istilah unik tersebut secara umum agar membuat semakin mempererat hubungan antar sesama bikers. Tentu saja istilah tersebut perlu diketahui oleh siapapun yang menyebut dirinya sebagai anak motor karena digunakan dalam lingkungan otomotifnya. Apalagi kata-kata tersebut sangat sering diucapkan saat sedang kumpul dengan sesama anggota komunitas untuk mencairkan suasana menjadi lebih asyik.

Sebenarnya anak motor tidak hanya memiliki istilah yang wajib diketahui tetapi juga bahasa gaul yang digunakan untuk keseharian. Pertama adalah Amsyong yang dapat digunakan untuk berbagai situasi buruk seperti menyebutkan benda yang terlihat jelek atau rusak. Selain itu, bisa juga dilontarkan saat melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan atau siapapun yang dianggap sedang tidak beruntung. Kedua adalah 4646 sebuah kode yang beredar di media sosial dengan sebutan patnam patnam memiliki arti mantap mantap apabila dibalik. Ketiga adalah 4EAE yang merupakan singkatan dari Forever and Ever ini memiliki arti selama-lamanya. Keempat adalah AFK yang merukan singkatan dari AFK Away From Keyboard sering digunakan para pemain mobile gaming. Kelima adalah candid yang merupakan kondisi seseorang tidak sadar sedang difoto ataupun pura-pura tidak tahu kamera.

11 Istilah Ini Hanya Dipahami Oleh Anak Motor Yang Sering Touring Otomotif

Gambar: kegiatan Sunmori yang dilakukan anak motor

Keenam adalah ASAP yang merupakan singkatan dari As Soon As Possible memiliki arti akan segera melakukan secepat mungkin. Ketujuh adalah Ngab yang merupakan kebalikan dari bang untuk paggilan kepada teman laki-laki yang lebih tua. Biasanya yang menggunakan istilah ini adalah perempuan secara khusus kepada orang dewasa dari dirinya yang belum dikenal. Kedelapan adalah AFAIK yang merupakan singkatan dari As Far As I Know memiliki arti sejauh yang aku tahu. Kesembilan adalah AKA yang merupakan singkatan dari As Known As memiliki arti dikenal juga sebagai. Kesepuluh adalah Sans yang merupakan plesetan dari kata santai. Bahasa gaul anak motor ini digunakan ketika seseorang merasa malas mengerjakan sesuatu kepada teman-temannya. Terakhir adalah Hyung yang merupakan kosa kata dari Korea Selatan. Kata tersebut adalah panggilan laki-laki kepada laki-laki yang lebih tua darinya.

Berikut ini adalah 11 istilah ini hanya dipahami oleh anak motor yang sering touring :

1. Kopdar

Kopdar yang merupakan akronim dari kopi darat adalah kegiatan berkumpul sesama anggota dari sebuah klub, komunitas, ataupun forum otomotif. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali ataupun tergantung kesepakatan bersama. Hari yang dipilih juga bervariasi tetapi secara umum pada akhir pekan. Tujuan acara kopdar tidak hanya membahas kegiatan yang akan dilakukan ke depan tetapi juga sekedar mengobrol santai saja.

2. Kopgab

Istilah lain dari Kopdar dengan kegiatan yang tidak jauh berbeda adalah Kopgab yang merupakan akronim dari kopi darat gabungan. Kopgab memiliki skala yang lebih besar karena melibatkan lebih dari satu komunitas dengan tujuan utama untuk memperkuat hubungan antar komunitas. Selain itu, kegiatan ini sebagai tempat bertemu anggota komunitas satu dengan anggota komunitas lainnya di satu titik tertentu.

11 Istilah Ini Hanya Dipahami Oleh Anak Motor Yang Sering Touring Otomotif

Gambar: Kegiatan touring anak motor

3. Jamnas

Ada juga istilah Jamnas yang merupakan akronim dari jambore nasional. Kegiatan ini berfokus pada pertemuan, pesta, atau perayaan yang dilakukan sebuah komunitas dengan skala nasional. Maksudnya adalah sebuah komunitas yang memiliki cabang di beberapa daerah yang ada di Indonesia akan berkumpul menjadi satu. Sebenarnya kata jambore sering digunakan dalam acara kepramukaan tetapi sekarang sudah lazim digunakan untuk mewakili acara yang digelar secara besar-besaran.

4. Rolling

Istilah selanjutnya hanya dipahami oleh anak motor yang sering touring adalah rolling yang masih memiliki kaitan dengan tiga istilah sebelumnya. Pasalnya aktivitas ini biasanya dilakukan setelah Kopdar, Kopgab, atau Jamnas. Rolling merupakan kegiatan berkeliling suatu wilayah tertentu dengan jarak yang tidak terlalu jauh, biasanya sekitar kota.

5. Sunmori

Istilah Sunmori mulai populer setelah digunakan oleh banyak blogger dan vlogger. Sunmori yang merupakan akronim dari Sunday Morning Ride adalah kegiatan yang dilakukan setiap hari Minggu pagi sebagaimana namanya.

6. Tourjib dan Tourgab

Tourjib yang merupakan akronim dari Touring Wajib memiliki destinasi perjalanan yang bervariasi mulai dari dekat, jauh, sampai sangat jauh. Sedangkan, Tourgab yang merupakan akronim dari Touring Gabungan biasanya hanya dilaksanakan oleh beberapa komunitas yang berpartisipasi dalam suatu acara tertentu. Sehingga anggota komunitas anak motor harus mengusahakan untuk ikut dalam Tourjib sedangkan Tourgab tidak semua anggota komunitas harus menghadiri acara.

7. Road Captain (RC)

RC yang merupakan akronim dari Road Captain sebenarnya istilah ini yang tidak asing bagi anak motor yang sering melakukan touring. Pasalnya RC adalah orang yang bertanggung jawab secara penuh atas kelancaran kegiatan dan keselamatan rombongan touring. RC juga bertanggung jawab sebagai petunjuk arah menuju lokasi. Selain itu, terkadang dia juga yang mengurus surat izin jalan dari kepolisian sebagai administrasi keamanan. Orang yang ditunjuk menjadi RC biasanya dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving yang cepat dalam pengambilan keputusan selama perjalanan.

11 Istilah Ini Hanya Dipahami Oleh Anak Motor Yang Sering Touring Otomotif

Gambar: Tanda-tanda yang harus dipahami saat melakukan touring

8. Safety Officer (SO)

Safety officer adalah orang yang benar-benar memahami dinamika perjalanan dan hafal jalan hingga seluk beluknya. Selain itu, SO bertugas sebagai penunjuk arah yang benar sekaligus pengaman jalan yang akan dilalui peserta touring. SO yang posisinya paling depan setelah RC selalu berkomunikasi secara intensif dengan Voorijder untuk mengatur kecepatan motor anggota-anggota touring.

9. Voorijder (VO)

Sebenarnya Voorijder (VO) memiliki tugas sama seperti SO tetapi mempunyai tanggung jawab yang lebih krusial. Pemimpin perjalanan ini harus berkomunikasi dengan SO, SW dan RC dalam mengatur ritme kecepatan rombongan. Caranya memberi tanda-tanda menggunakan tangan dan kaki yang disampaikan secara berantai dari seluruh anggota yang ada di belakang. Selain itu, tugas VO adalah menyesuaikan kecepatan, mengatur formasi, dan memberitahu kondisi jalan menggunakan isyarat gestur tubuh.

10. Sweeper (SW)

Sweeper memiliki tugas untuk mengawal barisan touring untuk memastikan barisan rombongan rapi dan tidak ada anggota yang tercecer. Ada dua kategori sweeper dalam touring sweeper tengah dan Sweeper belakang yang biasanya berada di sebelah kanan. Tujuannya untuk memperjelas perintah dari foreder sekaligus mengingatkan anggota. Sebenarnya perlu memilih beberapa anggota untuk mengemban tugas ini agar dapat semakin aman.

11. Technical Officer

Techinal officer sangat berperan penting saat melakukan touring. Pasalnya ada banyak risiko yang harus dihadapi saat menempuh perjalanan jauh yang salah satunya adalah kondisi mesin. Sehingga apabilan terjadi kerusakan mesin motor di suatu tempat yang jauh dari bengkel maka kehadiran technical officer sangat dibutuhkan. Itu istilah ini hanya dipahami oleh anak motor yang sering touring.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mengenal 8 Jenis Pembagian SIM Kendaraan di Indonesia

PERBEDAAN KLUB MOTOR, KOMUNITAS MOTOR, SINGLE FIGHTER DAN GENG MOTOR – Dedicate Your Passion

Bahasa Gaul Anak Motor Yang Digunakan Dalam Keseharian