in

11 Lagu Grup Kpop Dinilai Terbaik Karena Sukses Raih First Win

Mendapatkan kemenangan pertama alias first win bagi sebuah grup Kpop adalah sebuah kesyukuran sekaligus kebahagiaan. Memang ada beberapa grup yang sangat mudah langsung menerima first win mereka di acara musik Korea Selatan. Apalagi para monster rookie seperti TXT dan ITZY yang berhasil meraih piala first win kurang dari 10 hari sejak debut. Namun, ada juga grup Kpop yang membutuhkan waktu lama untuk meraihnya bahkan sampai harus menunggu sekitar 10 tahun setelah debut. Selain itu, ada juga grup yang sama sekali belum pernah mendapatkan kemenangan pertama mereka sejak debut. Kendati begitu, semangat tanpa kenal menyerah semua grup Kpop tersebut sangat layak untuk diapresiasi. Pasalnya kerja keras mereka cepat atau lambat akan terbayarkan dengan air mata bahagia lewat lagu grup Kpop yang dinilai terbaik.

First win biadidapat setelah berada memuncaki posisi teratas dalam acara musik seperti Music Bank, M Countdown, The Show, Show Champion, Inkigayo, dan Music Core. Alasan mengapa meraih first win dianggap penting karena kemenangan tersebut memperlihatkan bahwa grup tersebut sukses di semua bidang penjualan. Seperti album fisik, digital, jumlah views video musik, dan lain sebagainya. Sehingga, para grup Kpop dan penggemarnya akan sangat senang apabila telah berhasil mendapatkannya. Namun, ternyata masih banyak grup yang belum pernah mendapatkan first win meskipun mereka sebenarnya menarik perhatian publik dan cukup populer.

11 Lagu Grup Kpop Dinilai Terbaik Karena Sukses Raih First Win K-Pop

Gambar: ASTRO akhirnya berhasil mendapatkan first win setelah 3 tahun debut karena lagu All Night membawa piala kemenangan pada 29 Januari 2019 dari acara musik The Show

Pertama adalah Dreamcatcher yang sebenarnya cukup sering masuk dalam nominasi peringkat pertama tetapi selalu gagal. Grup yang beranggotakan Jiu, SuA, Siyeon, Yoohyeon, Dami, Gahyeon, dan Handong ini debut pada 2017. Mereka terkenal dengan konsep musik yang lebih gelap sehingga berbeda dibandingkan grup Kpop lainnya. Kedua adalah KARD yang merupakan grup asuhan DSP Media. Grup yanng beranggotakan BM, J.Seph, Somin, dan Jiwoo ini debut pada 2017. KARD sudah cukup populer bahkan sejak predebut pada 2016 karena grup ini merilis lagu Don’t Recall yang mudah diingat. Apalagi grup ini juga menarik perhatian publik karena yang mendebutkan idola pria dan wanita dalam satu grup. Sayangnya, mereka belum pernah mendapatkan first win hingga saat ini.

Ketiga adalah Up10tion yang debut pada 2015. Grup yang berada dalam naungan Top Media ini memiliki 10 anggota. Mereka adalah Bitto, Gyujin, Hwanhee, Jinhoo, Jinhyuk, Kun, Kogyeol, Sunyeol, Xiao, dan Wooseok. Sebenarnya Jinhyuk dan Wooseok sempat menerima popularitas yang luar biasa karena mengikuti program survival bernama Produce X 101. Namun, kenyataan tersebut belum mampu membawa Up10tion meraih first win. Terakhir adalah Weki Meki yang debut pada tahun 2017. Grup asuhan Fantagio ini beranggotakan Doyeon, Elly, Lua, Lucy, Sei, Suyeon, Rina, dan Yoojung. Padahal Doyeon dan Yoojung merupakan mantan peserta Produce 101. Sayangnya Weki Meki belum pernah mendapatkan first win hingga saat ini. Kendati begitu, sebenarnya grup ini memiliki lagu-lagu yang mudah diingat oleh banyak orang. Itulah beberapa grup yang belum pernah mendapatkan first win yang sebenarnya masih banyak lagi.

Berikut ini adalah 11 lagu grup Kpop dinilai terbaik karena sukses raih first win setelah menanti cukup lama :

11 Lagu Grup Kpop Dinilai Terbaik Karena Sukses Raih First Win K-Pop

Gambar: BTS yang debut pada 2013 akhirnya berhasil mendapatkan first win mereka pada 2015 lewat lagu I Need U hingga sekarang BTS selalu mendapatkan kemenangan setiap merilis lagu baru mereka

1. Lagu I Need U milik BTS

BTS mengalami banyak kesulitan di awal kariernya pada 2013. RM dkk kemudian berhasil mendapatkan first win pada 2015 lewat lagu I Need U.

2. Lagu Daisy milik PENTAGON

PENTAGON yang debut pada 2016 harus menunggu sekitar empat tahun untuk mendapatkan kemenangan pertamanya. Grup ini pun berhasi meraih first win lewat lagu Daisy pada 20 Oktober 2020.

3. Lagu Good Guy milik SF9

SF9 yang juga debut pada 2016 mengalami hal yang sama dengan PENTAGON. Lantaran grup ini berhasil memperoleh first win lewat lagu Good Guy setelah berkarir selama empat tahun di industri musik Kpop.

4. Lagu Time of Our Life milik DAY6

DAY6 dengan lagu Time of Our Life juga sukses mendapatkan first win setelah menanti empat tahun lamanya. Grup band ini debut pada 2015.

5. Lagu Secret Garden milik Oh My Girl

Oh My Girl yang debut pada 21 April 2015 akhirnya berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya setelah 1.009 hari setelah debut. Lantaran lagu Secret Garden berhasil memuncaki tangga musik pada awal 2018.

11 Lagu Grup Kpop Dinilai Terbaik Karena Sukses Raih First Win K-Pop

Gambar: Lagu Rollin milik Brave Girls rajai berbagai tanggal lagu Korea Selatan

6. Lagu Rollin milik Brave Girls

Lagu grup Kpop yang dinilai terbaik karena sukses raih first win setelah menanti cukup lama adalah lagu Rollin milik Brave Girls. Pasalnya Brave Girls telah menunggu 10 tahun untuk meraih kemenangan pertamany. Para anggota juga sempat memutuskan akan berhenti berkarir di industri musik Kpop. Sebab grup mereka tidak berkembang sejak debut pada 2011.

7. Lagu Playground milik U-KISS

U-KISS juga membutuhkan waktu sangat lama untuk meraih first win sejak debut pada 2008. Hingga sekitar setelah 6 tahun lagu Playground sukses membawa mereka untuk meraih kemenangan pertama mereka di acara musik Korea Selatan.

8. Lagu agu All Night milik ASTRO

ASTRO akhirnya berhasil mendapatkan first win setelah 3 tahun debut. Lantaran lagu All Night membawa piala kemenangan pada 29 Januari 2019 dari acara musik The Show.

9. Lagu No milik CLC

CLC melakukan debut di industri hiburan Korea Selatan pada 2015. Grup ini pun akhirnya sukses meraih kemenangan pertama lewat lagu No setelah 1.426 hari sejak debut.

10. Lagu Now, We milik Lovelyz

Lovelyz yang debut pada 2014 akhirnya mendapatkan first win setelah 2,5 tahun kemudian. Grup ini membawa piala kemenangan dari acara musik lewat lagu Now, We.

11. Lagu Talk & Talk milik fromis_9

fromis_9 yang debut pada 2017 juga menunggu selama hampir 4 tahun untuk menerima kemenangan pertamanya. Grup ini meraih first win dengan lagu Talk & Talk pada 7 September 2021. Itu adalah 11 lagu grup Kpop dinilai terbaik karena sukses raih first win setelah menanti cukup lama.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Dituduh Curang, 'The Show' dan Gaon Beri Klarifikasi Soal Kemenangan Kang Daniel | Kpop Chart

Acara Musik Mingguan Jadi Tempat Favorit Idol Comeback di Korea

Rekomendasi Anime Horor Yang Akan Membuat Bulu Kuduk Berdiri