in

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok!

Kini merawat kulit tidak hanya menjadi kebutuhan cewek saja. Hapus mitos bahwa cowok yang merawat kulit adalah bukan cowok sejati! Justru dengan merawat kulit, cewek dan cowok menghargai dan menjaga apa yang telah dimilikinya, sejalan dengan konsep self love yang banyak digaungkan di banyak media belakangan ini.

Tentunya perawatan kulit cowok dan cewek berbeda karena perbedaan jenis kulit dan kebutuhan masing-masing. Buat kamu para cowok yang ingin memulai merawat kulit namun masih bingung memulai dari mana, berikut tips dasar merawat kulit:

1.Perbanyak minum air putih

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok! Modis

Sebelum memulai untuk merawat kulit dengan aneka produk, sebaiknya kamu para cowok mulai memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bertahun-tahun telah kamu lakukan. Salah satunya kebiasaan minum air putih.

Telah kita pahami bersama bahwa sebaiknya minum air putih minimal dua liter dalam satu hari. Konsumsi air putih yang cukup akan melancarkan peredaran darah dan membantu membuang racun di dalam tubuh. Kalau kulitmu selalu bermasalah dengan jerawat, coba perhatikan lagi konsumsi air putihnya. Apakah kamu sudah mengerjakannya?

2.Cukup tidur

Selain cukup minum air putih, tips lain untuk merawat kulit para cowok adalah dengan tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas akan mempengaruhi kesehatan kulitmu. Biasakan tidur 6-8 jam sehari.

Ketika tidur kulitmu beregenerasi dengan memproduksi kolagen untuk mencegah timbulnya keriput. Selain itu saat tidur peredaran darah dilancarkan ke bagian wajah sehingga ketika bangun wajahmu akan terlihat lebih glowing. Yang jelas ketika kurang tidur, mata panda akan muncul dan itu nggak banget buat ketampanan wajahmu!

3.Jangan malas berolahraga

Selain untuk menjaga berat badan atau membentuk otot, olahraga juga sangat bermanfaat lho untuk rangkaian kegiatan merawat kulit bagi cowok. Ketika berolahraga, keringat akan membawa keluar racun-racun dari dalam tubuh. Asalkan jangan lupa ya untuk selalu membersihkan wajah setelahnya, agar kotoran dan keringat tidak sempat meninggalkan jejaknya di kulit kamu.

4.Perbanyak makan sayur dan buah

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok! Modis

Gambar: Aneka buah dan sayur untuk kesehatan kulit

Hai para cowok, merawat kulit tidak melulu cuma membersihkan wajah pakai produk skincare semahal mungkin. Asupan makanan juga perlu diperhatikan karena apa yang kita makan akan berakibat baik atau buruk pada tubuh kita, termasuk wajah.

Kulit yang sehat adalah kulit yang ternutrisi dengan baik. Dengan menambah asuran sayur dan buah, secara otomatis kamu menambah asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh kulitmu, secara alami.

Memperbanyak makan sayur dan buah juga solusi buat kamu yang ingin mengurangi konsumsi gula buatan. Asupan gula dapat diganti dengan madu atau buah-buahan ya.

5.Kenali jenis kulitmu

Agar rangkaian kegiatan merawat kulit yang akan kamu lakukan bermanfaat secara optimal, penting untuk mengetahui jenis kulit wajah yang kamu miliki. Ada empat jenis kulit wajah: berminyak, kering, normal, dan kombinasi.

Jenis kulit wajah berminyak biasanya memiliki ciri berpori-pori besar dan secara umum tampak mengkilat. Biasanya kulit berminyak akan lebih mudah jerawatan jika tidak rajin membersihkan wajah.

Jenis kulit wajah kering memiliki ciri kulit yang kusam dan kesat ketika disentuh. Kulit normal berada di tengahnya, tidak berminyak dan tidak kering, layaknya dulu ketika masa puber belum melanda. Sedangkan kulit kombinasi adalah gabungan keduanya, misalnya di daerah T (dahi, hidung, dagu) berminyak, namun di bagian pipi kering.

6.Rajin membersihkan wajah

Jangan malas membersihkan wajah, terutama setelah bepergian. Debu, keringat, atau bakteri yang menempel di wajahmu akan segera hilang ketika kamu membersihkan wajah. Selain berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran, juga mencegah timbulnya jerawat dan membersihan kulit mati sehingga wajahmu glowing secara instan.

Tips penting dalam merawat kulit adalah pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Dan, please, jangan pakai sabun mandi untuk membersihkan wajah!

7.Selalu pakai sunscreen

Sunscreen bukan hanya dipakai untuk beraktivitas di luar ruangan lho. Bahkan sinar ultraviolet bisa menembus kaca dan kamu yang sedang dalam ruangan dapat terpapar.

Untuk merawat kulit secara optimal, pakai sunscreen setiap hari, 30 menit sebelum beraktivitas. Pilih sunscreen minimal 30 SPF untuk melindungi kulit secara optimal.

8.Jangan malas pakai pelembab

Memakai pelembab sering dilewatkan dalam rangkaian kegiatan merawat kulit, karena para cowok menganggap hal ini kurang penting. Padahal pelembab penting untuk melindungi kulit dari dehidrasi dan memberi lapisan tambahan agar kotoran tidak mudah masuk ke pori-pori.

Untuk kepraktisan, kamu bisa memilih pelembab yang mengandung sunscreen. Selain untuk melembabkan, kamu juga sekaligus memberi perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Two in one!

9.Sesekali pakai masker juga perlu lho

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok! Modis

Gambar: Cowok juga pakai sheet mask untuk merawat kulit, Sumber: https://asset.kompas.com/crops/bsR4KCaS7-uD2hhNKnnbwWk7Pk4=/0x0:1000×667/750×500/data/photo/2018/08/01/483415571.jpg

Kenapa sih kulit wajah membutuhkan masker? Karena masker merawat kulit dengan cara menghidrasi kulit, sekaligus mengangkat kulit mati dengan instan. Buat para cowok yang malas berlama-lama, pakai saja sheet mask untuk solusi instan kulit yang tampak kusam.

Tapi kalau kamu sedang punya banyak waktu, cobalah pakai clay mask selama 10-15 menit. Clay mask akan menarik kotoran dan debu yang ada di dalam pori-pori, sehingga kulitmu bersih hingga ke pori-pori. Setelahnya clay mask akan menutup kembali pori-pori sehingga kulitmu tetap bersih dan terjaga.

10.Jangan suka menyentuh wajah, apalagi kalau sedang jerawatan

Bahkan sebelum musim corona, menyentuh wajah sangat tidak disarankan, apalagi kalau tanganmu belum dibersihkan. Sepanjang hari beraktivitas, tentu tangan ini menyentuh banyak barang dan sangat diragukan kebersihannya! Jika ingin menyentuh wajah, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih.

Lebih jauh lagi, jauhi kegiatan memencet jerawat. Jerawat yang dikeluarkan meninggalkan luka yang terbuka di wajah. Jika tidak tepat dalam penanganannya, bisa mengakibatkan infeksi, bukan sesuatu hal yang kamu inginkan, bukan?!

Penanganan yang tepat merawat kulit yang sedang berjerawat adalah diobati dengan tea tree oil. Pakai di bagian wajah yang ada jerawatnya. Pastikan sebelum mengoleskan, tanganmu sudah bersih ya! Memang butuh waktu yang agak lama, namun jerawat akan sembuh secara alami tanpa harus melukai pori-porimu.

Kalau memang terpaksa sekali harus dipencet (misalnya sangat mengganggu penampilan karena jerawat di hidung), selalu bersihkan tanganmu terlebih dahulu. Pencet jerawat setelah mencuci muka, ketika pori-porimu sedang terbuka. Gunakan tisu agar jerawatmu tidak bersentuhan langsung dengan kulit, atau tersenggol kuku. Setelahnya bersihkan kembali wajah dan cuci tanganmu.

11.Pakai minyak di wajah? Solusi praktis dalam semalam

Pakai minyak khusus wajah tidak akan membuatmu jerawatan! Minyak khusus wajah menyerap dengan cepat di wajah dan menutrisi kulitmu hinggal ke pori-pori bagian terdalam. Pilih minyak yang mengandung antioksidan, agar mencegah penuaan dini.

Gunakan minyak khusus wajah sebelum tidur, tentunya setelah wajah dibersihkan ya. Sepanjang malam minyak akan bekerja dengan optimal merawat kulitmu dengan menyerap ke pro-pori terdalam, dan kamu akan terbangun dengan kulit yang lebih kenyal dan glowing

Untuk rekomendasi dan tips mengenai fashion lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Modis.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Modis

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Serba Serbi Kehidupan Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru

Kendala Yang Dapat Dihadapi Saat Mulai Menabung