in

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel

Banyak film yang diadaptasi dari novel dan menjadi box office sepanjang masa. Banyak pro dan kontra yang biasanya datang dari penggemar novelnya, yang mengatakan bahwa versi novelnya lebih bagus. Tapi banyak juga yang berpendapat bahwa tugas studio filmlah untuk menghidupkan imajinasi para pembaca novel.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa baik novel maupun filmnya segera diburu oleh para penggemar. Buat para pecinta film, adaptasi novel akan menjadi sebuah jaminan bahwa film itu akan bagus kualitasnya.

Berikut adalah daftar film terbaik yang juga menjadi box office, yang diadaptasi dari novel. Adakah yang kamu baru ketahui?

1.Gone with the Wind (1939)

Margaret Mitchell, menulis hanya satu novel di sepanjang karirnya dengan judul Gone with the Wind. Tidak sia-sia, novel ini menjadi novel fiksi terlaris di tahun 1936 dan 1937. Bahkan di tahun 1937, Mitchell juga menerima Pulitzer Prize untuk kategori fiksi.

Di tahun 1939, sebuah film dibuat dari adaptasi novel dengan judul yang sama. Sama seperti novelnya, filmnya juga berjaya dengan memenangkan Best Picture di Academy Award, dan ditahbiskan menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa.

2.The Wizard of Oz (1939)

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel Film

Gambar: poster film The Wizard of Oz Sumber: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/51GYW80GAJL._SY445_.jpg

Film legendaris yang dibintangi oleh Judy Garland ini diadaptasi dari novel berjudul The Wonderful Wizard of Oz karya dari L. Frank Baum. Ditulis pada bulan Mei 1900, novel ini telah diadaptasi ke berbagai media seperti panggung musikal Broadway di tahun 1902, beberapa film bisu, hingga ke media komik.

Filmnya berkisah tentang seorang gadis bernama Dorothy yang bertualang di dunia magis, Land of Oz. Film ini menjadi box office dan dikenal sepanjang masa karena dikemas secara musikal.

3.Psycho (1960)

Bagi penggemar genre fllm horor, film-film besutan Alfred Hitchcock pasti tidak asing lagi. Karyanya selalu sukses membuat merinding penontonnya. Tidak berbeda dengan film ini, yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Robert Bloch di tahun 1959.

Berkisah tentang Norman Bates, seorang pengelola motel yang merupakan seorang pembunuh dengan mempersonifikasi mendiang ibunya. Genrenya yang psychology thriller membuat novel ini masuk ke jajarana wajib-baca. Tidak heran akhirnya novel ini diangkat ke layar lebar dan menjadi box office.

4.To Kill a Mockingbird (1962)

Novel karya Harper Lee ini berkisah banyak tentang rasisme, yang membuatnya menjadi salah satu bacaan wajib di sekolah menengah di Amerika karena mengajarkan tentang toleransi. Plot dan karakternya terinspirasi oleh observasi Lee di lingkungannya sendiri semasa dia tumbuh dewasa. Oleh pustakawan di Inggris, novel ini bahkan disematkan menjadi “salah satu buku yang harus dibaca sebelum mati”.

Di tahun 1962 novelnya diadaptasi menjadi film dan sukses menjadi box office serta memenangkan tiga kategori di Academy Award. Di tahun 1995, film ini dinobatkan menjadi Film Nasional di Amerika, dan di 2007 masuk menjadi salah satu film terbaik di daftar film terbaik sepanjang masa. Buat kamu yang belum menonton film ini, bersegeralah!

5.The Godfather (1972)

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel Film

Gambar: poster film The Godfather Sumber: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/41O5T55rKqL._AC_.jpg

Di tahun 1972, novel yang berjudul sama, diadaptasi menjadi film dengan menggandeng bintang Marlon Brando dan Al Pacino. Film ini menjadi box office dan dibuatkan sekual dan prekuelnya berdasarkan novel lanjutannya. Mario Puzo, sang penulis novel, mengawal pembuatan naskah skenario hingga proses syuting film.

Selain menjadi box office, film ini juga memenangkan beberapa penghargaan. Bahkan film sekuelnya memenangkan kategori Best Picture di Academy Award.

6.Die Hard (1988)

Film box office yang dibintangi Bruce Willis ini ternyata diadaptasi dari novel lho. Novelnya berjudul Nothing Lasts Forever yang dipublikasikan di tahun 1979.

Sebelum Bruce Willis terpilih menjadi aktor utamanya, beberapa nama besar seperti Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone sempat ditawari. Ternyata pilihan yang jatuh ke Bruce Willis tidak salah, karena Die Hard menjadi salah satu film aksi legendaris hingga kini.

7.The Silence of the Lambs (1991)

Siapa yang tidak kenal Dr.Hannibal Lecter?

Bagi penyuka film dengan genre psychological horror, seharusnya kamu sudah pernah menonton film yang satu ini. Novelnya dengan judul yang sama dipublikasikan pertama kali di tahun 1988 dan langsung diadaptasi menjadi film dan tentu saja sukses menjadi box office.

8.Jurrasic Park (1993)

Steven Spielberg, sutradara kawakan Hollywood membuat film berdasarkan adaptasi novel karya Michael Crichton. Film ini meledak di pasaran hingga novel sekuel dan prekuelnya juga dibuatkan film, dan menjadi box office juga.

Michael Crichton memulai menulis novel ini di tahun 1983 sebagai naskah skenario. Karena satu dan lain hal, dia mengubah haluannya menjadi sebuah novel. Sepertinya keputusan yang tepat ya, meski akhirnya menjadi film juga.

9.Schindler’s List (1993)

Novel berjudul sama yang ditulis oleh Thomas Keneally diangkat ke layar lebar dengan mengusung kisah Oskar Schindler yang hidup di kekejaman rezim Nazi. Banyak pro dan kontra saat pemutaran film ini, termasuk di Indonesia yang melarang diputarnya film ini.

10.Forrest Gump (1994)

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel Film
Gambar: poster film Forrest Gump Sumber: https://m.media-amazon.com/images/I/41Al9falobL._AC_SS350_.jpg

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang terbit di tahun 1986 karya dari Winston Groom. Diperankan oleh Tom Hanks, yang bukan merupakan aktor pilihan pertama, film ini berhasil memenangkan kategori Best Picture dan 5 kategori lainnya di Academy Award.

Untuk memvisualisasikan berbagai pengalaman Gump di novel, banyak adegan di fim yang dibantu oleh special effect. Mulai dari adegan bersama NASA, hingga adegan bersama kera dan kanibal.

11.The Green Mile (1999)

Novel The Green Mile dipublikasikan di tahun 1996 secara serial sebanyak 6 seri, sebelumnya akhirnya diterbitkan dalam satu buku. Novel ini berkisah tentang Paul Edgecombe, seorang supervisor di penjara yang bersahabat dengan salah satu tahanannya.

Di tahun 1999, novel ini diadaptasi menjadi film dengan menggandeng Tom Hanks dan Michael Clarke Duncan. Film ini berhasil mendapat nominasi dalam kategori Best Picture dan Best Supporting Actor di Academy Award.

12.Catch Me If You Can (2002)

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel Film
Gambar: poster film Catch Me If You Can Sumber: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/416ivHDsDrL._AC_.jpg

Salah satu film ikonik dari pasangan Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks ini ternyata juga diadaptasi dari novel lho. Novel ini berkisah tentang perjalanan hidup seorang penipu ulung di abad 20, Frank Abagnale, Jr, selama dikejar-kejar oleh agen FBI.

Di tahun 2002, film berjudul sama diadaptasi dari novel, yang disutradarai oleh sutradara kawakan Steven Spielberg. Tentu saja beberapa detil dalam novel diubah sebagai dramatisasi narasi dalam film.

13.Charlie and the Chocolate Factory (2005)

Novel ini ditulis oleh penulis cerita anak-anak dari Inggris, Roald Dahl. Terinspirasi dari kisah masa kecilnya ketika mengunjungi sebuah pabrik coklat ketika masa libur sekolah, novel ini menghidupkan semua imajinasi anak-anak pada sebuah pabrik coklat.

Novel ini diadaptasi menjadi film dua kali yaitu di tahun 1971 dengan judul Willy Wonka and the Chocolate Factory, kemudian di tahun 2005 dengan judul Charlie and the Chocolate Factory yang dibintangi oleh Johnny Depp.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat rekomendasi film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka!

Menghindari 'Hack', 5 Tips ini Bisa Bantu Amankan Akun Media Sosial - MerahPutih

Tips Agar Handphone Tidak Kena Hack dan Aman Untuk Digunakan