in ,

14 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Mudah Diatur

Banyak yang bilang merawat rambut keriting itu susah-susah gampang. Masalah umumnya adalah terlalu kering dan mengembang sehingga sulit diatur. Ditambah lagi dengan debu dan polusi, serta produk-produk pewarna rambut atau styling yang sering menambah masalah pada rambut. Apalagi bagi yang memakai hijab, kadang muncul juga masalah lepek dan mudah rontok.

Jangan khawatir, meluruskan rambut bukan satu-satunya solusi. Beikut 14 tips bagaimana merawat rambut keriting biar rambutmu mudah diatur:

1.Lindungi rambut dari panas dan hujan

Terutama buat merawat rambut keriting, hindari berpanas-panasan di bawah matahari tanpa perlindungan apapun. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, kenakan topi atau payung untuk melindungi rambut. Musuh rambut tidak hanya sinar matahari, tapi juga debu, angin dan hujan, lho.

2.Jangan keramas setiap hari

Sebaiknya hindari mengeramas rambut setiap hari. Untuk merawat rambut keriting, sebaiknya rambut dikeramas minimal dua hari sekali, karena sampo akan mengurangi minyak alami rambut, dan membuatnya semakin kering.

3.Selalu pakai kondisioner setelah sampo

14 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Mudah Diatur Kecantikan Modis

Gambar: Pakai kondisioner setelah sampo

Cara mudah merawat rambut keriting adalah selalu memakai kondisioner setiap setelah memakai sampo. Kondisioner adalah produk perawatan untuk rambut kering. Memakai kondisioner akan membantu melembabkan dan menjadikan rambut lebih mudah diatur. Melewatkan langkah ini akan membuat rambut keritingmu kusut dan sulit disisir sehingga mengakibatkan rontok dan patah.

Gunakan kondisioner hanya di batang rambut, bukan diakarnya. Pakai kondisioner mulai dari 2 cm dari akar, hingga ke ujung rambut. Pemakaian kondisioner di akar rambut akan meninggalkan noda minyak di kulit kepala, yang nantinya bisa menjadi ketombe ketika bertemu dengan keringat.

Sebaiknya pakai kondisioner yang satu merek dengan samponya, karena formulanya sudah disesuaikan. Kedua produk pasti dibuat dengan tujuan khusus dan bisa saling mendukung, sehingga perawatan rambut keriting lebih optimal.

4.Keringkan rambut dengan sempurna

Rambut yang basah membuat rambut lebih rapuh, mudah patah dan rontok. Untuk merawat rambut keriting, usap sampo di rambut dengan lembut lalu bilas hingga bersih.

Pastikan mengeringkan rambutmu dengan sempurna setelah keramas. Rambut yang tidak kering dengan sempurna juga menjadi tempat menumpuknya kotoran dan debu, yang nantinya bisa menyebabkan munculnya ketombe.

5.Pakai sisir kayu dengan gigi yang jarang

Banyak jenis sisir plastik yang dijual di pasaran, namun yang terbaik untuk merawat rambut keriting adalah sisir kayu yang bergigi jarang. Sisir plastik menghasilkan listrik statis saat menyisir, yang akan membuat rambutmu lebih kering dan kusut. Sisir kayu menghasilkan listrik statis sehingga akan lebih aman. Pilih yang ujungnya lembut karena bisa memberi pijatan lembut dan menyamankan kulit kepala. Menyisir rambut juga akan menebarkan minyak alami rambut ke seluruh bagian rambut.

Setelah keramas, rambut keriting harus disisir dengan lembut. Pilih sisir rambut yang bergigi jarang agar rambut mudah disisir dan tidak patah. Pastikan sisirnya bersih agar rambutmu yang sudah bersih tidak kotor lagi dan meninggalkan noda di kulit kepala. Dan jangan berbagi sisir ya, karena bisa memindahkan kotoran atau penyakit infeksi lainnya.

6.Kurangi penggunaan alat pemanas rambur

Bagi kamu yang sering menggunakan alat pemanas rambut, seperti alat pengering rambut atau pelurus rambut, tanpa disadari kamu telah mengurangi kelembaban rambutmu.

Untuk kamu yang sedang berkomitmen merawat rambut keriting, sebaiknya tinggalkan dulu alat-alat itu. Alat pemanas rambut akan semakin membuat rambutmu kering dan kusut, bahkan rambut bisa terbakar jika terlalu kepanasan. Beri mereka sedikit ruang untuk bernapas dengan lega. Apabila memang harus dipakai, beri perlindungan ekstra pada rambut seperti produk-produk hair protectant yang banyak dijual dipasaran.

7.Pilih handuk yang berbahan lembut

14 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Mudah Diatur Kecantikan Modis

Gambar: Pakai handuk yang lembut, Sumber: https://www.pexels.com/photo/stack-of-light-beige-towels-on-white-stool-4210372/

Handuk yang digunakan untuk mengeringkan harus yang berbahan lembut agar bisa merawat rambut keriting menjadi tidak mudah kusut. Ketika memakai handuk, hindari kebiasaan menggosok-gosok rambut. Rambut bisa patah dan lebih mudah rontok jadinya. Cara yang benar adalah dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk lembut dengan handuk.

8.Ikat rambut dengan longgar

Sebaiknya biarkan rambut keriting bebas digerai, atau paling tidak ikat dengan longgar. Sering mengikat rambut dengan terlalu ketat akan meningkatkan risiko rambut rontok. Pilih ikat rambut kain yang lembut, bukan karet gelang yang seringnya membuat rambut terpilin dan akhirnya rontok karena tertarik.

Tips lain, lepaskan ikatan rambut ketika tidur agar rambut bebas bergerak dan tidak kusut ketika bangun. Kalau terlalu kusut kamu akan kesulitan saat menyisirnya dan akhirnya rambut bisa rontok.

9.Jangan malas pakai masker rambut

Banyak produk masker rambut di pasaran yang diperuntukkan untuk merawat rambut keriting. Pilih yang mengandung minyak nabati untuk mengobati keluhan rambut yang kering. Memakai produk yang tepat akan memberikan perawatan yang optimal buat rambutmu.

10.Gunakan clarifying shampoo sebulan sekali

Clarifying shampoo penting untuk dipakai sebulan sekali untuk menetralkan kembali rambut agar produk perawatan yang digunakan bisa bekerja dengan lebih optimal. Lalu, Clarifying shampoo akan mengangkat minyak dan sisa produk yang pernah dipakai sehingga rambutmu akan super bersih. Clarifying shampoo juga penting untuk merawat rambut keriting agar produk pelembabnya bisa lebih menyerap dengan baik.

11.Pakai air dingin lebih baik untuk merawat rambut keriting

Air dingin disini maksudnya bukan air es ya, melainkan air dalam suhu ruangan bukan air hangat atau panas. Dan air yang hangat akan membuka pori-pori dan kutikula rambut. Air hangat boleh dipakai ketika memakai sampo dan kondisioner. Tapi ketika pembilasan akhir, sebaiknya gunakan air dingin yang akan menutup kembali pori-pori dan kutikula rambut.

12.Pilih sarung bantal dari bahan satin

Aktivitas tidur di malam hari yang bisa sampai 8 jam membuat pemilihan sarung bantal yang tepat akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Khusus untuk rambut keriting, disarankan memilih sarung bantal yang terbuat dari bahan satin yang lembut, sehingga mengurangi rambut yang kusut dan akhirnya patah dan rontok ketika disisir. Apabila perlu pakai hair cap untuk melindungi rambut selama tidur.

13.Aplikasikan minyak ke kulit kepala

14 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Mudah Diatur Kecantikan Modis

Gambar: Pakai minyak di kulit kepala, Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-holding-bottle-3892675/

Pakai minyak di kulit kepala secara berkala agar tidak kering dan minyak alami rambut selalu terjaga. Namun untuk merawat rambut keriting tetap jangan berlebihan ya, karena kamu akan lebih sering memakai sampo untuk membersihkan kulit kepala yang berminyak.

Pakai minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almon. Pakai satu jam sebelum keramas akan melembutkan rambut setelah rambut dikeringkan. Atau gunakan semalaman saat tidur dan bangun dengan rambut yang lebih lembut dan tidak kusut. Tapi berhati-hati, karena akan meninggalkan noda minyak di sarung bantal.

14.Makan makanan yang sehat

Apapun makanan yang kita makan akan memberikan efek ke tubuh, termasuk rambut. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti sayuran dan buah, agar rambut yang baru tumbuh dengan sehat.

Untuk rekomendasi dan tips mengenai fashion lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Modis.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Modis

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

8 Penyebab Mahasiswa Menyandang Gelar D.O

Cara – Cara Mudah Yang Dapat Membuat Cepat Kaya