in

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah

Meskipun sebagian besar game baru mengharuskan kalian memiliki PC yang sangat kuat yang akhirnya menjadi mahal, ada juga sejumlah game PC ringan hebat yang setara bahkan dengan gim triple-A terbaik, tetapi yang tidak memerlukan superkomputer untuk menjalankannya, jadi kalian bahkan dapat menggunakan laptop kalian untuk memainkannya!

Dan, untuk membantu kalian menemukan alternatif permainan baru jika komputer kalian memiliki spesifikasi rendah, kami memutuskan untuk memilih beberapa game yang kami anggap sebagai permainan terbaik yang dapat dijalankan oleh komputer mana pun, memastikan kalian untuk tetap bisa bersenang-senang.

Inilah daftar Game PC Ringan terbaik yang dapat dimainkan di semua laptop atau komputer anda, termasuk yang paling kentang sekalipun:

1. The Elder Scrolls V: Skyrim

Dirilis pada tahun 2011, The Elder Scrolls V: Skyrim dengan mudah mengambil tempat di daftar mana pun untuk game PC terbaik sepanjang masa, dan ini terlebih lagi game ini sangat ringan. Ini adalah game RPG yang sangat terkenal yang merupakan asal mula banyak meme dan telah menerima banyak penghargaan, menjadi pilihan yang luar biasa untuk dicoba.

Dan, karena dirilis sembilan tahun yang lalu, sebagian besar komputer dan laptop saat ini dapat menjalankannya dengan baik, tanpa masalah apa pun untuk kalian, serta memiliki harga yang cukup menarik.

Di PC, game ini memiliki sejumlah besar mod yang dapat Anda gunakan, tetapi tidak disarankan untuk menggunakannya jika Anda memiliki mesin dengan spesifikasi rendah. Perlu disebutkan bahwa, jika Anda mencari Skyrim di toko Steam, Anda hanya akan menemukan versi remaster (jauh lebih berat), tetapi kalian dapat membuka halaman toko melalui link download dibawah untuk mendapatkan versi ringannya.

Minimum requirements:

CPU: 2GHz dual-core;
RAM: 2GB;
Grafis: DirectX 9.0 compatible video card with 512MB RAM;
Ukuran: 6GB;
Harga: Rp135,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

2. The Sims 4

Salah satu game franchise yang paling banyak dimainkan sepanjang masa, series game terakhir dari life simulator yaitu The Sims 4 ini dikembangkan secara khusus untuk dijalankan di semua jenis komputer yang mungkin kalian miliki. Dirilis pada tahun 2014, bahkan saat itu game ini bisa berjalan di laptop apa pun!

Game ini menawarkan pengaturan khusus yang disebut mode laptop, di mana saat diaktifkan, kalian akan dapat memainkannya dengan lancar, tanpa masalah, di mesin dengan spesifikasi terendah.

Minimum requirements:

CPU: Intel Core 2 Duo 1.8GHz;
RAM: 4GB;
Grafis: Video card with at least 128MB RAM;
Ukuran: 17 GB;
Harga: Rp562,000

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

3. Far Cry 2

Dari kategori game FPS ada Far Cry 2. Latar belakang permainan ini sedikit berbeda dengan seri pertamanya. Kali ini pemain akan ditempatkan di tengah-tengah konflik persenjataan di salah satu wilayah di Afrika. Alur cerita seri kedua ini tidak kalah menarik dibandingkan seri pertamanya.

Disini kamu akan bermain di tengah konflik persenjatan antara dua grup besar. Meskipun demikian, tujuan akhir permainan ini adalah menaklukan The Jackal. Setiap stage akan memiliki misi yang berbeda dan kamu harus menyelesaikannya untuk membuka misi selanjutnya.

Minimum requirements:

CPU: 3.2GHz Intel Pentium 4;
RAM: 2GB;
Grafis: DirectX 9.0 compatible video card with 256MB RAM;
Ukuran: 3.5GB;
Harga: Rp99,000.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

4. Sid Meier’s Civilization V

Salah satu game strategi yang paling disukai dan dimainkan di dunia, Sid Meier’s Civilization V juga sangat ringan dan dapat dimainkan di hampir semua PC, dan bahkan jika Anda tidak dapat menjalankannya pada PC anda entah bagaimana, maka kalian bisa memainkan series game sebelumnya.

Dalam game ini, Anda akan bermain sebagai pemimpin dunia, dengan ekspansi yang membuka kemampuan untuk bermain di mana pun di dunia, dan menulis ulang sejarahnya, dari zaman leluhur hingga perjalanan luar angkasa pertama. Berhati-hatilah, bagaimanapun, karena sangat mudah untuk kehilangan jejak waktu saat memainkannya!

CPU: Intel Core 2 Duo 1.8GHz;
RAM: 2GB;
Grafis: Intel HD with 256MB dedicated RAM;
Ukuran: 8GB;
Harga: Rp199.999 (versi lengkapnya, yang mencakup kemampuan bermain di mana saja, biaya Rp376,860).

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

5. Bully: Scholarship Edition

Bully: Scholarship Edition adalah versi dari game Bully yang diperbarui dan ditingkatkan secara grafis, dirilis di Xbox 360, Nintendo Wii, dan Windows pada tahun 2008. Game ini menambahkan beberapa fitur baru, dan memperbaiki banyak bug yang ditemukan di versi PS2.

Seperti umum-nya game yang berada pada daftar ini, Bully: Scholarship Edition menjadi game ringan untuk PC karena tahun rilis nya yang sudah cukup lama. Sama seperti versi PS2, Bully menceritakan seorang anak berusia 15 tahun bernama Jimmy yang memulai kehidupan barunya di sekolah terburuk di US yang penuh dengan anak berandalan serta kelompok didalamnya.

Minimum requirements:

CPU: 3GHz Intel Pentium 4;
RAM: 1GB;
Grafis: DirectX 9.0 compatible video card with 256MB RAM;
Ukuran: 4.7GB;
Harga: Rp115,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

6. Dragon Age: Origins

RPG klasik yang merupakan pesaing langsung The Elder Scrolls V: Skyrim, Dragon Age: Origins juga menghadirkan dunia fantasi abad pertengahan kepada para pemainnya. Tidak seperti di Skyrim, permainan ini menekankan pada sistem pilihan dalam game yang menentukan jalan ceritanya, menawarkan banyak keputusan kompleks dan konsekuensi yang lebih efektif daripada pesaingnya, membuatnya lebih unggul dalam hal ini, meskipun lebih berusia tua.

Sama seperti di Skyrim, usia game adalah faktor utama mengapa game ini sangat mudah dijalankan di hampir semua komputer. Perbedaan penting lainnya adalah kalian dapat mengontrol tim pemain kita, bukan hanya protagonis.

CPU: Intel Core 2 1.6GHz;
RAM: 1GB;
Grafis: 256MB;
Ukuran: 20GB;
Price: Rp282,000

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

7. Portal 2

Jika kalian tidak suka game tembak-tembakan dan monster mutan, mungkin kalian lebih suka teka-teki Portal 2, game yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Half-Life 2.

Dengan hanya menggunakan senjata yang menciptakan portal teleportasi, kalian harus melewati banyak level yang berbeda, dengan memperhatikan mekanisme dan pola rintangan untuk setiap level. Ini adalah permainan puzzle PC yang sangat terkenal yang memiliki mode challange multiplayer, jadi kalian dapat memainkannya dengan teman-teman kalian!.

CPU: 3GHz dual-core;
RAM: 2GB;
Grafis: Video card that supports Pixel Shader 2.0b and has 128MB RAM;
Ukuran: 8GB;
Price: Rp69,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

8. Half-Life 2

Salah satu game PC paling revolusioner dalam sejarah industri, Half-Life 2 melanjutkan kisah ilmuwan Gordon Freeman dan merupakan alternatif yang sangat ringan untuk kalian mainkan. Hingga hari ini, para penggemar franchise shooter bertanya-tanya apakah akan ada seri ketiga sejak yang kedua dirilis lebih dari 15 tahun yang lalu!

Dan karena dirilis lama sekali, saat ini Half-Life 2 dapat berjalan bahkan di komputer paling lambat tanpa masalah apa pun. Tidak hanya game yang dapat diakses, Half-Life 2 juga merupakan bagian dari sejarah videogame yang layak untuk dinikmati.

Minimum requirements:

CPU: 1.7GHz dual-core;
RAM: 512MB;
Grafis: Any video card compatible with DirectX 8.1;
Ukuran: 4,5GB;
Price: Rp69,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

9. Minecraft

Kalian mungkin pernah mendengar tentang game yang sangat populer ini, tetapi apa yang mungkin tidak kalian sadari adalah bahwa game ini bisa berjalan di hampir semua komputer, dapat menyesuaikan sendiri dengan pengaturan dan kondisi pengguna. Minecraft tentu saja merupakan salah satu game simulasi terbaik yang pernah ada, di mana kalian dapat melakukan hampir semua hal yang kalian inginkan.

Dari membuat ulang wilayah negara kalian hingga membangun benteng besar atau bahkan melakukan pertempuran online berskala besar melawan pemain lain, kalian dapat melakukan semua yang kalian inginkan di Minecraft. Dan, untuk hal yang tidak kalian ketahui cara melakukannya, hampir bisa dipastikan bahwa ada tutorial YouTube yang mengajari kalian.

Meski memiliki tampilan yang lebih kekanak-kanakan, game ini adalah salah satu game PC ringan terbaik yang akan membuat kalian menghabiskan banyak waktu. Untuk download game ini, silahkan kunjungi halaman official Minecraft.

CPU: Intel Celeron J4105;
RAM: 4GB;
Grafis: Intel HD ou AMD/ATI Radeon HD;
Ukuran: 200MB;
Harga: Kurang Lebih Rp380,000. Download

10. GTA: San Andreas

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu seri game GTA yang legendaris, yaitu GTA San Andreas. Sama seperti game Bully yang mendapatkan versi terbaru untuk PC dari versi PS2 nya, GTA: San Andreas juga mendapatkan versi untuk PC dari versi PS2 nya.

Cerita game ini adalah kurang lebih mengenai Carl Johnson/ CJ, sang karakter utama yang pulang ke Los Santos setelah dan perlu membangun kembali dirinya di lingkungan itu. Ada banyak wilayah yang dapat dijelajahi, dan banyak misi untuk diselesaikan pada game ini.

Minimum requirements:

CPU: 1GHz Intel Pentium 3;
RAM: 256MB;
Grafis: 64MB;
Ukuran: 8GB;
Harga: Rp115,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

11. Broken Age

Salah satu game paling sukses di platform crowdfunding Kickstarter, Broken Age adalah penggambaran ulang game petualangan yang dirilis pada 1990-an.

Mengikuti kisah dua karakter (kalian dapat mengubah dengan siapa kalian bermain selama bermain game), kalian harus menggunakan tidak lebih dari kecerdasan kalian untuk memecahkan teka-teki kecil yang ditemukan di seluruh bab.

Minimum requirements:

CPU: 1.7GHz dual-core;
RAM: 2GB;
Grafis: Intel HD 3000;
Ukuran: 2,5GB;
Price: Rp95,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

12. FTL: Faster than Light

Game PC ringan berikutnya adalah FTL: Faster Than Light. Hanya menggunakan gambar sebagai dasar untuk tidak memainkan FTL: Faster Than Light akan merugikan kalian karena kamu akan meninggalkan potensi grafis dengan mekanik yang luar biasa yang di miliki game tersebut. Permainan ini pada dasarnya bekerja sebagai simulator pesawat ruang angkasa di mana kalian dapat membangun kapal kalian sendiri untuk melakukan perjalanan melalui bintang-bintang dan berhasil menyelamatkan alam semesta.

Bagian yang sangat menarik adalah bahwa rintangan dan peta permainan dibuat secara prosedural setiap kali kalian memulai sesi baru sehingga meskipun Anda memiliki misi yang sama, kalian akan selalu memiliki cara baru dan keren untuk mengatasi kesulitan!

Minimum requirements:

CPU: 2GHz;
RAM: 1GB;
Grafis: Dedicated video card with 128MB of RAM;
Ukuran: 175MB;
Harga: Rp89,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

13. Dead Space

Sebuah pilihan khusus untuk penggemar horor, game Dead Space menceritakan tentang anggota kru stasiun luar angkasa yang selamat dari kecelakaan mengerikan dan perlu menemukan cara untuk melindungi kru yang tersisa di tengah reruntuhan.

Tentu saja, dia tidak sendiri, karena alien bermusuhan yang disebut necromorph mencari orang yang selamat dan mungkin melompat keluar dari mana saja. Game ini awalnya dirilis pada tahun 2008 dan memiliki tiga sekuel.

CPU: 2,8GHz;
RAM: 1GB;
Grafis: 256MB with support to Shader Model 3.0 and DirectX 9.0c;
Ukuran: 8GB;
Price: Rp282,000.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

14. Arkham City

Kami tetap memasukkan Arkham City dalam daftar ini, daripada beralih ke salah satu judul yang lebih baru. Arkham Asylum, pastinya, masih merupakan game yang luar biasa, dan itu berjalan pada sistem PC dengan spesifikasi yang lebih rendah dan ringan daripada Arkham City. Namun di antara keduanya, Arkham City adalah game Batman yang lebih baik secara keseluruhan. Game Batman ini menawarkan waktu bermain sebagai karakter seperti Catwoman, dengan gerakan dan gaya animasinya sendiri yang berbeda.

Arkham City merasa seolah-olah benar-benar membuat kita merasa bagaimana rasanya menjadi “menjadi” Batman, dengan sentuhan cerdas tentang mengapa Anda menghadapi pasukan preman yang tidak pernah berakhir. Jika kalian ingin mengetahui apakah kalian akan menyukai seri game Arkham, menurut kami inilah yang terbaik untuk dicoba. Jika kami membutuhkan sesuatu yang lebih ringan pada spesifikasi sistem, cobalah Arkham Asylum yang asli.

CPU: Intel core 2 duo;
RAM: 2GB;
Grafis: 256MB with support to Shader Model 3.0 and DirectX 9.0c;
Ukuran: 17GB;
Harga: Rp135,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

15. Disco Elysium

Dalam cerita Disco Elysium, kalian adalah detektif amnesia yang menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan yang telah dipekerjakan untuk memecahkan misteri pembunuhan. Hal semacam ini sering terjadi dalam game, kalian pasti mengira akan ada semacam lembaga yang bertanggung jawab untuk memastikan calon detektif masih mengetahui nama mereka sendiri.

Saat kalian bekerja untuk memecahkan pembunuhan, kalian akan mengingat hal-hal tentang diri kalian juga dan memiliki akses ke sistem sifat yang dapat digunakan untuk menyempurnakan karakter kalian. Ada 24 skill dalam game, dan semuanya berdampak pada bagaimana game berkembang. Pilih yang salah (atau benar), dan kalian mungkin akan berdebat dengan diri sendiri tentang tindakan yang benar. Game ini memenangkan Game of the Year dari beberapa publikasi, dan game ini akan berjalan pada PC yang berusia bahkan 14 tahun.

CPU: 2,4GHz dual core;
RAM: 2GB;
Grafis: DirectX 11.0 compatible video card with 512MB RAM;
Ukuran: 20GB;
Harga: Rp169,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

16. Don’t Starve

Game PC ringan terbaik berikutnya adalah Don’t Starve. Game Don’t Starve hadir dengan sesuatu yang jauh berbeda, dan mewakili tren saat ini dalam hal konsol dan game PC: game bertahan hidup. Bermain sebagai ilmuwan Wilson, kalian menemukan diri kalian terjebak dalam dunia fantasi yang tidak dapat kalian hindari.

Namun, sebelum berhasil kabur dari sana, kalian perlu menjelajahi lingkungan sekitar dan memperoleh persediaan untuk memungkinkan kelangsungan hidup kalian, seperti kayu untuk api unggun, serta tumbuhan dan hewan untuk menyiapkan makanan kalian.

Pada malam hari, kalian perlu menyalakan api unggun untuk melindungi diri dari monster yang bersembunyi di balik bayang-bayang.

CPU: 2GHz;
RAM: 1GB;
Grafis: NVidia HD 4450;
Ukuran: 500MB;
Harga: Rp69,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

17. Rogue Legacy

Game yang sangat sempurna untuk penggemar video game yang dirilis pada tahun 1990-an, dimana Rogue Legacy mengambil yang terbaik dari game platformer dan membuat game yang unik dan menakjubkan, di mana kalian akan bermain sebagai seorang ksatria.

Di sana, kalian harus menjelajah ke sebuah kastil, tetapi ada perbedaan dalam bagaimana kalian akhirnya menjelajahinya: jika karakter kalian mati, itu akan digantikan oleh keturunan mereka, dengan fitur yang berbeda dari yang sebelumnya.

Banyak bonus disimpan setelah setiap kematian, tetapi kalian harus mulai masuk ke kastil lagi. Dan di sini kita memiliki perubahan lain: peta berubah setiap kali kalian mati sehingga selalu menjadi pengalaman baru dan menarik bagi kalian.

CPU: 1,6GHz;
RAM: 1GB;
Grafis: x1950 Pro, 7900GT, or newer;
Ukuran: 400MB;
Harga: Rp95,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

18. Poly Bridge

Game PC ringan terbaik selanjutnya adalah Poly Bridge. Poly Bridge adalah game teka-teki yang bagus, yang bisa dibilang tradisi game yang sekarang sudah mulai kuno seperti The Incredible Machine. Dalam hal ini, kalian harus merancang jembatan yang dapat membawa sejumlah kendaraan dengan anggaran yang rendah. Dua tujuan sederhana ini bisa sulit dicapai di level selanjutnya (ada lebih dari 60), karena game menambahkan berbagai bahaya dan kebutuhan untuk menerapkan teknik konstruksi yang saya yakin sangat tidak masuk akal bagi para insinyur.

Game ini baru-baru ini mendapat sekuel (yang belum saya mainkan). Review tentang itu tampaknya sedikit kurang diminati daripada untuk Poly Bridge, dengan satu catatan itu terasa lebih seperti paket ekspansi ke aslinya. Namun, itu dinilai sangat baik di Steam.

Minimum requirements:

CPU: 1GHz;
RAM: 2GB;
Grafis: Dedicated video card with 512MB of RAM;
Ukuran: 150MB;
Harga: Rp69,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

19. Hearthstone

Game kartu Blizzard adalah salah satu game ringan terbaik untuk PC, yang sangat fleksibel di mana ia dapat dimainkan: di komputer mana pun, serta di Android dan di iPhone, dan merupakan salah satu game multipemain seluler terbaik!

Mengambil inspirasinya dari dunia World of Warcraft, Hearthstone memiliki formula yang memungkinkan kalian memainkannya apakah kalian hanya ingin bersenang-senang atau jika kalian sedang mencari opsi untuk bermain secara profesional, ikut serta dalam kejuaraan dunia langsung dan bahkan saluran olahraga.

Lebih baik lagi, meskipun memiliki beberapa item berbayar, kalian dapat memainkannya sepenuhnya secara gratis dengan cheat (Hehe).

CPU: Intel Core 2 Duo;
RAM: 2GB;
Grafis: Intel HD 1000;
Ukuran: 3GB;
Harga: Gratis. Download

20. Stardew Valley

Game ringan terbaik PC terakhir adalah Stardew Valley. Stardew Valley sangat terinspirasi oleh seri video game Harvest Moon tetapi menambahkan konsepnya sendiri. Jelajahi Pelican Town, berteman, jatuh cinta, dan memulihkan pertanian kakek karakter menjadi perkebunan yang lebih baik.

Stardew Valley menerima pembaruan endgame besar musim gugur lalu di Patch 1.4, dengan monster baru, kolam ikan, misteri baru untuk dipecahkan, berbagai perbaikan bug, peningkatan kualitas hidup, dan pembaruan serupa. Dukungan multipemain juga sekarang tersedia.

Minimum requirements:

CPU: 2GHz;
RAM: 2GB;
Grafis: 256MB with support to Shader Model 3.0 and DirectX 9.0c;
Ukuran: 500MB;
Harga: Rp115,999.

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah Games

Itulah artikel mengenai “20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah”. Untuk artikel lainnya seputar dunia game, silahkan kunjung Tulizan Game.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Game

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Inspirasi Kamar Mandi Untuk Rumah Anda

5 Barang Murah Member Aespa, Ada yang Harganya Cuma Rp38 Ribu

3 Grup Rookie Yang Terpopuler Sejak Debut Pertama Mereka