in

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC

Ada cerita lucu terkait dengan penulisan karya ini. Beberapa waktu lalu, kami mengadakan pemungutan suara di antara staf editorial kami untuk Game Strategi Klasik Terbaik. Kami tidak menetapkan detail apa pun pada saat itu, semua orang cukup menyebutkan judul favorit mereka.

Setelah menghitung suara, ternyata 75% dari 20 teratas kami adalah game yang dirilis pada 1990-an, dan yang termuda dirilis pada 2010. Ini mungkin, tentu saja, berarti kami sangat sentimental, tetapi sangat mungkin bahwa kita baru saja melewati masa keemasan game strategi dan hari ini, mereka tidak lagi membuat video game seperti dulu.

20. Warcraft: Orcs & Humans

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Blizzard Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 1994

Game Strategi Klasik Terbaik pertama kita mulai dengan gebrakan yang memulai salah satu waralaba paling dikenal dalam sejarah video game, dan merupakan hit besar pertama Blizzard Entertainment, studio yang hari ini … ok, kita semua tahu apa itu Blizzard hari ini.

Warcraft pertama menghidupkan Azeroth, dunia fantasi tempat perang besar antara ras manusia dan orc berkulit hijau baru saja dimulai. Meskipun itu bukan game yang memulai sejarah semua real-time strategy, itu adalah judul yang sangat inovatif pada masanya.

Mari kita ingat bahwa pada tahun 1994 RTS adalah genre yang baru saja lahir dan dibentuk, jadi sesuatu yang jelas hari ini seperti kemungkinan memilih beberapa unit sekaligus (sebanyak empat!) Tampak seperti sebuah revolusi kecil. Ini bukan satu-satunya solusi yang menambah kedalaman gameplay Warcraft, yang tidak dimiliki kompetitor.

MINI-TIMELINE PENGEMBANGAN GAME RTS KLASIK
1989 – Herzog Zwei (Prototipe konsol, dengan banyak fitur penting pada game RTS selanjutnya. Pencipta Dune II, Brett W. Sperry, mengaku terinspirasi oleh produksi ini.)
1992 – Dune II
1994 – Warcraft: Orcs & Humans
1995 – Command & Conquer
1995 – Warcraft II: Tides Of Darkness

Game Blizzard juga terkenal karena kampanyenya yang kaya dan beragam, di mana para pengembang tidak takut dengan eksperimen yang berani. Contoh dari ini adalah misi di mana kita tidak dapat membangun pangkalan dan oleh karena itu unit yang dimiliki menjadi terbatas. Keseluruhannya dilengkapi dengan suasana fantasi yang gelap, yang benar-benar dicurahkan dari Warcraft berkat audiovisual yang fantastis. Atmosfir inilah yang secara permanen memasuki kesadaran ratusan gamer, banyak di antaranya tetap setia selamanya pada seri dan genre itu sendiri.

Merek yang dibuat oleh Blizzard sekarang sama menguntungkannya dengan ladang minyak di Kuwait. Universe yang diciptakan untuk gim tersebut tumbuh ke ukuran yang sebanding dengan Universe dari Star Wars. Sebaliknya, Warcraft pertama telah menua dengan mengerikan dan agak sulit untuk menikmati bermain hari ini. Namun demikian, itu akan selamanya menjadi awal dari salah satu cerita terpenting dalam dunia video game.

19. Heroes of Might and Magic II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Turn-based Strategy
  • Developer: New World Computing
  • Platform: PC
  • Released: 1996

Pada tahun 1990-an, game strategi dibagi menjadi dua jenis utama: game real-time action atau game dengan turn-based. Salah satu yang berada di puncak untuk genre game ini adalah seri Heroes of Might and Magic, yang berhasil mentransfer universe dari dunia game “sihir dan pedang”, yang sebelumnya dikenal dari genre RPG, ke dunia yang penuh dengan manajemen, perencanaan, dan penuh siasat.

Bagian kedua dari series game Heroes yang populer menceritakan kisah perang saudara yang berkecamuk di dunia bernama Enroth setelah kematian penguasa sebelumnya, raja Morglin Ironfist (kita akan bertemu karakter ini pada series pertamanya).

Dalam hal gameplay, merupakan evolusi dari series game pertama yang sama suksesnya. Kita mendapat formula klasik, menggunakan sistem turn-based, di mana kita bergerak di sekitar peta yang penuh dengan harta dan bahaya. Dan yang paling penting adalah kombinasi elemen RPG yang fantastis, yaitu perkembangan karakter pahlawan kita, dengan aspek strategis.

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games

Pada series game Heroes, kita bisa memperoleh skill baru, mengembangkan atribut, dan mengumpulkan peralatan sihir, pada saat yang sama adalah komandan pasukan kita.

Dibandingkan dengan bagian satu, para developer menawarkan lebih banyak kelas karakter dan kota, sistem cast mantra baru, dan kemampuan untuk meningkatkan beberapa monster di pasukan kita, yang semuanya bekerja dengan sempurna.

Pada dasarnya, seri Heroes menggunakan mekanisme gameplay yang tak lekang oleh waktu sehingga bagian keduanya bisa, dan dengan sungguh – sungguh, juga masih direkomendasikan hari ini. Namun walau begitu, saya tidak akan melakukannya, karena akan ada judul lain dari jenis ini di daftar kami, yang menurut saya lebih baik.

18. Master of Orion II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Space 4X
  • Developer: SimTex
  • Platform: PC
  • Released: 1996

Genre 4X mengalami masa remaja keduanya akhir-akhir ini, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa Stellaris adalah pemenang dalam kompilasi terbaru kami tentang game strategi modern, dan perwakilan lain dari genre ini memiliki peringkat yang cukup tinggi. Namun, kemungkinan besar tidak ada dari game ini yang akan dikembangkan jika bukan karena Master Of Orion II.

Pada tahun 1996, bagian kedua dari saga luar angkasa ini mendefinisikan ulang apa yang sekarang dianggap sebagai standar permainan strategi 4X. Tugas pemain adalah menciptakan kerajaan yang akan menjadi kekuatan dominan di galaksi yang luas. Dalam melakukan itu, kita harus mengelola secara harfiah setiap aspek bangsa kita – dari ekonomi, penelitian dan politik, hingga konflik militer.

Kita tidak hanya dapat memutuskan sistem politik seperti apa yang akan kita adopsi, atau dengan siapa kita akan membentuk aliansi, tetapi bahkan seperti apa bentuk kapal-kapal di armada bintang kita. Game ini juga terkenal tanpa kompromi, sulit dan tak kenal ampun. Tidak ada ruang bagi para amatir di sana, setiap keputusan harus dipertimbangkan beberapa kali dan sangat bagus apakah kita harus menaikkan pajak sekarang atau memutuskan hubungan diplomatik dengan tetangga kita yang bermasalah.

Selain itu, game ini berisi banyak angka dan statistik yang menjelaskan konsekuensi dari keputusan kita. Semua ini telah membuat Master Of Orion II menjadi generator opera ruang angkasa sejati yang sangat sulit, namun sangat adiktif.

Judul ini dibuktikan oleh fakta bahwa bahkan hari ini adalah tolok ukur saat menilai game-game berikutnya dari genre-nya.

17. Shogun: Total War

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Kombinasi Real-time strategy dan turn-based
  • Developer: Creative Assembly
  • Platform: PC
  • Released: 2000

Pada tahun pergantian milenium, revolusi lain terjadi di dunia game strategi digital. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, di tahun 1990-an ada pembagian yang cukup jelas antara game strategi berbasis giliran dan real-time (dengan beberapa pengecualian, seperti seri Lords of the Realm). Pada tahun 2000, Creative Assembly merobohkan tembok yang membagi dua gebres untuk selamanya dan memberi dunia Total War pertama.

Shogun: Total War terjadi di Jepang selama periode sengoku, ketika klan samurai besar menjerumuskan negara ke dalam perebutan kekuasaan yang berdarah-darah. Namun, bukanlah era yang dipilih digame inilah yang menjadi elemen terpenting di sini. Karya studio Inggris ini menonjol karena kombinasi permainan yang brilian di peta strategi, di mana klan kita akan bertempur melawan lawan yang dikendalikan oleh AI untuk menguasai negara secara bergantian, dengan pertempuran mendebarkan dan sulit yang dimainkan secara real time.

Game ini juga memenuhi hasrat banyak penggemar strategi komputer, yang selalu bermimpi dapat mengelola seluruh negara dalam satu permainan dan pada saat yang sama memimpin unit individu selama pertempuran taktis. Ternyata, visi ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin, dan kombinasi dari game turn-based dan real time membawa banyak opsi baru. Di peta campaign, kita tidak hanya merekrut pasukan baru, tetapi juga menjalankan kebijakan yang matang, dengan kontak diplomatik, pengkhianatan, dan pembunuhan jenderal musuh.

Pertarungan, di sisi lain, tidak memiliki elemen ekonomi yang terlalu lengkap, sehingga kita tidak perlu khawatir tentang mengumpulkan sumber daya dan dapat fokus pada aspek taktis dari gameplay. Yang terakhir dieksekusi dengan cemerlang, berkat beberapa pertempuran kecil dari hampir dua puluh tahun yang lalu tetap ada dalam ingatan saya hingga hari ini.

Total War pertama juga merupakan permulaan dari genre baru dari game strategi hybrid, serangkaian game hebat yang terus menduduki puncak tangga popularitas bahkan hingga hari ini. Selama bertahun-tahun, formula gameplay ini telah mendapatkan banyak peniru, seperti serial King Arthur dan Imperial Glory.

16. Age of Empires II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Ensemble Studios
  • Platform: PC, PS2
  • Released: 1999

Fakta bahwa sebuah game muncul dalam bentuk yang hampir tidak berubah baik di peringkat teratas klasik maupun modern dari genre ini sudah menggambarkan kesuksesan game ini.

Namun, jika saya harus menjelaskan mengapa Age of Empires layak mendapatkan gelar salah satu game terbaik untuk genre klasik, saya hanya akan mengatakan bahwa game ini adalah inti dari apa yang kita harapkan dari sebuah game RTS. Jumlah faksi yang besar dan keseimbangan gameplay yang luar biasa, ditambah dengan rekreasi fantastis dari atmosfer pada zaman tersebut membuat game ini menjadi pengalaman yang menarik selama berjam-jam. Selain itu, sejumlah besar kampanye pemain single dan multipemain yang dijalankan dengan baik untuk mendapatkan resep sukses instan.

Banyak dari kita menyukai judul ini. Banyak pemain menghabiskan waktu berjam-jam membangun benteng desa mereka dan mempersiapkan unit untuk menyerang pemukiman lawan. Bagi mereka yang mengingat hari-hari kejayaan seri ini, bagian kedua dari Age of Empires di atas segalanya adalah sebuah truk berisi kenangan dari era hiburan digital dulu. Dan sudah sangat jarang ada produksi game yang memproduksi game strategi seperti itu lagi.

15.The Settlers (1993)

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Economic Strategy
  • Developer: Blue Byte GmbH
  • Platform: PC, Commodore Amiga
  • Released: 1993

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya berasal dari genre yang agak langka di daftar ini, yaitu genre Economic Strategy dari The Settlers (1993). Sebagian besar game yang disebutkan sejauh ini berfokus terutama pada aspek militer. Meskipun militer dan perang juga hadir di The Settlers, kecuali dalam konvensi yang sedikit lebih lucu, aspek ekonomi adalah inti dari game ini.

Tujuan pemain di sini terutama untuk mengembangkan pemukiman abad pertengahan mereka sendiri, yang ternyata bukan tugas yang sepele. Pengembang di Blue Byte GmbH telah berupaya keras membangun mesin hubungan ekonomi yang kompleks dan memiliki makna sesungguhnya, di mana bahkan akuisisi sumber daya yang sederhana pun cukup rumit dan membutuhkan pemikiran.

Hanya mengirim pemukim ke tambang tidak lagi cukup untuk memastikan perdamaian. Kali ini, setiap sumber daya yang dikumpulkan harus diangkut ke pengrajin yang sesuai, sehingga mereka dapat membuat produk yang diperlukan. Rantai produksi semacam itu memerlukan dukungan logistik yang memadai, karena sumber daya yang diekstraksi tidak akan dipindahkan sendiri ke gudang atau dipalsukan. Setiap barang dipindahkan dari satu bendera ke bendera lain oleh porter yang sibuk, dan jika kita salah mendesain tata letak jalan dan bangunan, pengangkutan sumber daya akan menghentikan seluruh perekonomian kita.

Misalnya, untuk merekrut prajurit sederhana, kita perlu membuat pedang dan perisai. Untuk melakukan ini, kita perlu memberi makan para penambang (pertanian, pabrik, toko roti), mengirimkan bijih dan batu bara ke peleburan, kemudian besi dan batu bara ke pandai besi. Inilah inti dari The Settlers. Perlu diingat bahwa kita memiliki jumlah pemukim yang terbatas, jadi tugas yang tampaknya sederhana pun bisa menjadi cukup menantang dalam game ini.

14. Age of Empires III

  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Ensemble Studios
  • Platform: PC
  • Released: 2005

Game Strategi Klasik Terbaikselanjutnya adalah game yang berasal dari tahun 2005 yaitu Age of Empires III. Pada tahun 2005, game RTS klasik sudah langka, dan beberapa bahkan menubuatkan akhir dari genre tersebut. Sementara itu, setelah beberapa tahun absen, raja kembali naik tahta, mengingatkan semua orang yang ragu bahwa formula gameplay ini masih bisa memberikan banyak kesenangan yang fantastis.

Bagian ketiga Age of Empires menandai transisi seri ke 3D penuh. Tindakan seperti itu memiliki risiko yang signifikan. Perubahan yang begitu luas berarti bahwa banyak aspek dari permainan itu harus dipelajari dari awal. Meski begitu, tim dari Ensemble Studios tampil dengan baik, dan pekerjaan mereka menggabungkan semua yang telah bagus di series sebelumnya dengan audiovisual yang benar-benar mengesankan.

Kali ini kita beralih ke masa penjajahan Amerika dan berdirinya Amerika Serikat. Game ini terus menawarkan banyak konten, meskipun dengan lebih sedikit kampanye dan faksi yang dapat dimainkan. Tapi itu adalah harga untuk variasi yang jauh lebih banyak. Kampanye lebih lama dan menampilkan skenario yang lebih rumit. Namun, negara yang tersedia jauh lebih berbeda satu sama lain daripada di game sebelumnya. Hal ini juga disebabkan oleh fakta bahwa kali ini penekanan yang sedikit lebih besar diberikan pada multipemain, tetapi permainan tersebut tidak menjadi hal biasa di liga e-sports global.

Age of Empires III, di atas segalanya, adalah bagian terpenting dari saga ini. Game ini memiliki elemen terbaik dari pendahulunya, ditingkatkan dan diberi visual yang jauh lebih menarik. Dengan demikian, ini adalah judul yang layak direkomendasikan kepada pemain yang tidak terbiasa dengan seri ini dan tidak menyukai era lama game RTS dua dimensi.

13. Command & Conquer: Red Alert

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Westwood
  • Platform: PC
  • Released: 1996

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya berasal memiliki sedikit keunikan nih. Sejauh ini kita memiliki dua developer berbeda yang bersinar di bidang RTS, Ensemble Studios dan Blizzard, yang tak terbantahkan di tahun 1990-an. Sekarang saatnya memperkenalkan pesaing kelas berat berikutnya – saya berikan Westwood dan Red Alert-nya.

Mari kita lakukan eksperimen pemikiran: bayangkan sejenak bahwa, pada tahun 1946, Albert Einstein menemukan cara untuk melakukan perjalanan melintasi waktu, kemudian bergerak sekitar 20 tahun ke masa lalu dan membunuh Adolf Hitler … Pergantian peristiwa seperti itu, sangat menguntungkan Joseph Stalin , yang sebagai pemimpin Uni Soviet, bertekad untuk menaklukkan Eropa, menantang pasukan Sekutu dan memulai konflik global baru.

Meskipun ceritanya terdengar seperti skenario film C yang sangat buruk, sebenarnya itu adalah latar belakang cerita dari salah satu game strategi paling ikonik dalam sejarah game. Red Alert memiliki tempat yang layak untuk mengenang seluruh generasi gamer yang, pada tahun 1996, memutuskan bagaimana visi gila sejarah alternatif ini akan berubah.

Permainan ini hanya menawarkan dua sisi konflik, yang sangat berbeda satu sama lain, dan masing-masing memiliki kampanye substansial dan penuh cerita. Yang penting, bertentangan dengan pendapat populer, Red Alert bukanlah permainan yang sederhana. Memang benar bahwa banyak pemain mengandalkan taktik untuk memproduksi unit sebanyak mungkin dan membanjiri markas musuh dengan mereka. Namun, jika seseorang menjelaskan secara mendetail, dengan cepat menjadi jelas bahwa berbagai jenis bawahan kita saling membalas, dan untuk bermain secara efektif melawan lawan yang hidup, kita membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekadar umpan meriam.

12. Company of Heroes

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Tactical Real-time Strategy
  • Developer: Relic Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 2006

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya berasal dari tahun 2000-an, yaitu Company of Heroes. Seperti yang bisa Anda lihat dengan mudah, tahun 1990-an banyak sekali game RTS klasik. Namun, dengan pergantian abad, pasar menjadi jenuh, pengembang cenderung tidak menggunakan rumus ini, dan jumlah klon Warcraft dan Age of Empires yang diproduksi secara massal turun drastis. Masih ada beberapa permata di bagian ketiga Age of Empires, tetapi genre ini pasti membutuhkan perbaikan besar-besaran. Itu punya satu dalam bentuk Company of Heroes.

Sampai hari ini, saya ingat pertama kali saya menonton Saving Private Ryan and a Company of Brothers. Karya-karya ini merevolusi, di mata saya, visi televisi dan sinema Perang Dunia II, menambahkan sentuhan realisme yang menakutkan. Fenomena serupa terjadi di video game, di mana Medal of Honor: Allied Assault dan Call of Duty yang asli membayangkan kembali konflik dari perspektif orang pertama.

Dalam genre strategi real-time, pekerjaan serupa dilakukan oleh Relic Entertainment, yang dengan membuat versi Company of Brothers-nya, membalikkan formula. Tidak ada kumpulan sumber daya literal sekarang. Alih-alih, kita menangkap poin-poin strategis, yang perintahnya memberi kita poin-poin yang dapat digunakan untuk memperoleh unit-unit berikutnya.

Dengan menghindari solusi klasik, pencipta menawarkan kedalaman nyata dalam pertempuran taktis. Para prajurit di bawah komando kita bisa bersembunyi di balik perlindungan, mengapit musuh atau panik di bawah tembakan gencar. Selain itu, kita dapat memanggil dukungan udara atau tembakan artileri dari luar peta. Fisika juga mengesankan. Tank bisa merobohkan pagar dan penyapu bisa meledakkan jembatan. Meski skala pertempuran relatif kecil, tidak mungkin untuk menyangkal dinamika mereka, sehingga setiap kemunculan alat berat (tank, artileri) di atas panggung menyebabkan kedinginan.

Company of Heroes adalah permainan berani yang tidak takut menghancurkan pola yang sudah mapan dan memperkenalkan solusi inovatif. Itu adalah salah satu eksperimen yang merevolusi bidang ini selama bertahun-tahun yang akan datang. Sayangnya, industri saat ini tidak begitu tertarik dengan game RTS seperti dulu, dan tidak banyak developer yang mengikuti jejak game tersebut.

11. Dungeon Keeper (1997)

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Kombinasi economy game dan tower defense
  • Developer: Relic Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 1997

Dengan mengesampingkan sejenak taruhan besar dari konflik bersenjata global, marilah kita memberikan penghormatan yang pantas kepada Peter Molyneux. Harus dikatakan bahwa meskipun saat ini pria tersebut, seperti seorang politikus garis keras, membuat banyak janji tanpa pamrih, selama waktunya di Bullfrog Productions dia telah memberikan banyak hal baik kepada dunia permainan strategi.

Di atas segalanya, Penjaga Dungeon adalah ide yang fantastis dan contoh sempurna tentang bagaimana terkadang bertindak sesuai dengan aturan subversi dapat memberikan hasil yang mengejutkan. Kali ini, kita telah menerima simulator dari penguasa penjara bawah tanah yang jahat, yang mencoba mempertahankan kerajaan gelapnya dari gelombang pahlawan yang sah secara berturut-turut.

Yang terpenting, setelah game diluncurkan, dengan cepat menjadi jelas bahwa peran orang jahat adalah disukai oleh seluruh pemain. Konvensi ini tentu saja bersifat satir, namun harus diakui bahwa permainan tersebut dijalankan dengan cara yang benar-benar mengesankan. Mengikuti aturan bahwa iblis ada dalam detailnya, tim Peter Molyneux telah berfokus untuk memastikan jumlah mereka sebanyak mungkin dalam pekerjaan mereka.

Jadi kita diberi kombinasi permainan ekonomi dan pertahanan menara – kita dapat mendirikan ruang penyiksaan kita sendiri atau menumbuhkan benih neraka yang akan melawan pahlawan sombong yang mencoba mencapai jantung penjara bawah tanah. Penekanan pada detail dan informasi kecil terwujud dalam berbagai aspek seperti kemampuan untuk mengalihkan pandangan dari perspektif isometrik ke gambar yang dilihat melalui mata pasukan neraka kita. Berkat grafik 3D sepenuhnya, kita hampir secara pribadi dapat memeriksa kamar-kamar berikutnya yang kita bangun dan secara pribadi merasakan suasana penjara bawah tanah yang gelap.

Di Penjaga Dungeon, bakat Peter Molyneux yang tidak perlu dipertanyakan untuk inovasi dan menunjukkan sesuatu dari perspektif yang sama sekali berbeda terungkap. Sungguh memalukan bahwa saat ini jarang sekali pengembang yang berani melakukan eksperimen seperti itu, dan visi Peter sendiri telah berlayar jauh melampaui batas akal sehat.

10. The Settlers II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Economic Strategy
  • Developer: Blue Byte GmbH
  • Platform: PC
  • Released: 1996

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya adalah bagian kedua dari The Settlers, yang merupakan sukses komersial yang besar dan, bagi banyak orang, series terbaik dari seri game ini. Settlers II juga merupakan pengembangan dari konsep yang telah terbukti dan serangkaian solusi aman yang menampilkan visual yang penuh warna.

Namun, ini sama sekali bukan hal yang buruk, karena pembuatnya tidak mengambil jalan pintas saat mengembangkan game. Sebaliknya – elemen game yang terbukti berhasil di bagian pertama, disempurnakan dan dikemas menjadi grafik yang sangat mengesankan untuk masanya, dan developer menambahkan banyak konten baru, yang memperluas kemampuan pemain tanpa mengubah formula gameplay menjadi terbalik. turun.

Game ini menerima bangunan baru, rantai produksi, empat faksi yang dapat dimainkan (Romawi, Viking, Afrika, dan Jepang), dan kampanye solo yang ekstensif. Settlers II tetap merupakan permainan ekonomi yang melakukan pekerjaan luar biasa dalam mensimulasikan ekonomi komunitas kecil. Mengganggu ekonomi ini mirip seperti operasi atau lebih tepatnya eksperimen pada organisme hidup yang merespons tindakan kita secara dinamis. Itu adalah sistem yang sangat menarik dan – yang terpenting – yang mempertahankan karakter logisnya. Lagi pula, untuk memiliki tentara yang sehat, seseorang harus mendirikan tempat pembuatan bir dan menyediakan produknya bagi mereka.

Sayangnya, dimulai dengan bagian ketiga dari The Settlers (game itu sendiri masih dianggap hebat oleh banyak orang) series ini mengalami penurunan dari segi kualitas, yang kehilangan karakternya dari satu series ke series lainnya. Di sisi lain, warisan dari game ini tetap hidup hingga sekarang dan dapat dilihat di seluruh segmen permainan dengan konsep ekonomi seperti sekarang.

9. Black & White

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: God Game
  • Developer: Lionhead Studios
  • Platform: PC
  • Released: 2001

Game Peter Molyneux berikutnya dalam daftar kami adalah karya yang layak untuk disebut sebagai sebuah seni. Dalam Black & White, pengembang legendaris ini mendorong batas-batas tentang seperti apa game strategi itu.

Premis dasar dari judul tersebut adalah untuk menempatkan pemain pada posisi pengambil keputusan yang tugasnya adalah mengelola unit dan bawahannya dalam skala besar atau kecil. Genre ini mencakup produksi yang membuat kita memimpin unit militer kecil atau unit ekonomi, serta produksi di mana kita mengendalikan nasib seluruh bangsa.

Karya Lionhead Studios melangkah lebih jauh dan menjadikan kita sebagai dewa yang memperjuangkan jiwa semua orang yang menghuni dunianya. Karena avatar kita tidak memiliki manifestasi fisik di dunia game, model gameplaynya juga berubah drastis. Kita tidak bisa begitu saja memberi perintah dengan menandai unit berikutnya dan mengklik lokasi untuk menyerang atau menemukan. Kita harus mempengaruhi penduduk lokal secara tidak langsung, melalui mukjizat yang meyakinkan semakin banyak orang yang meragukan tujuan kita.

Gangguan yang lebih langsung, bagaimanapun, dimungkinkan melalui makhluk kita, makhluk kuat yang berkembang dan beradaptasi dengan tindakan kita selama permainan. Itu bukan unit biasa, bagaimanapun, hanya dibedakan oleh ukuran dan kekuatannya yang besar. Setiap makhluk dikendalikan oleh modul kecerdasan buatan yang sangat canggih, yang melampaui apa pun yang ditemukan dalam game bahkan hingga hari ini. Selama permainan, kita melatih makhluk itu untuk berperilaku dengan benar, seperti anjing – memberi hadiah dan menghukumnya.

Black & White adalah karya terobosan, tetapi juga salah satu proyek terakhir Peter Molyneux yang benar-benar sukses. Namun, itu tetap merupakan permainan yang sangat unik dan tidak konvensional sehingga layak untuk dicoba meskipun berjalannya waktu yang tak terhindarkan.

8. Command & Conquer (1995)

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Westwood
  • Platform: PC
  • Released: 1995

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya adalah series pertama dari seri Command & Conquer sekarang menjadi permainan ikonik, dan itu berisi semua elemen yang menentukan seri di bagian selanjutnya. Ini juga merupakan judul yang mewakili langkah lain dalam evolusi game real time strategy.

Aspek game dalam Command & Conquer pada dasarnya dapat diringkas menjadi pola klasik seperti memperluas pangkalan dan merekrut unit dengan tugas mereka adalah menghancurkan benteng musuh. Tentunya untuk melakukan hal tersebut, kita membutuhkan sumber daya, khususnya tiberium, yang juga menjadi penyebab dari seluruh pertarungan antara kedua faksi dalam game tersebut.

Meskipun formulanya tampak luar biasa sederhana, formula itu menciptakan banyak ruang untuk kreativitas. Kita mampu membangun ekonomi yang kuat dan posisi defensif untuk membanjiri musuh dengan sejumlah besar pasukan kami pada akhirnya, serta menggunakan taktik pengalihan dan menghancurkan pemanen musuh yang tidak berdaya, sehingga menghilangkan kesempatan mereka untuk berkembang. Dua kampanye dalam game berisi sekitar satu jam gabungan adegan potongan sinematik yang menampilkan aktor sungguhan dan menyediakan game dengan getaran tertentu.

Pada tahun 1995, kemungkinan yang ditawarkan oleh seri pertama Command & Conquer sangat mengesankan. Yang penting, game ini menciptakan kualitas baru yang kemudian mengamankan tempat seri dalam sejarah video game.

7. Sid Meier’s Civilization (1991)

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Turn-Based Strategy, 4x
  • Developer: Microprose
  • Platform: PC
  • Released: 1991

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya adalah game dari era tahun 1990-an, dimana tahun tersebut adalah masa perubahan teknologi yang sangat dinamis untuk seluruh industri video game dan menghasilkan sebuah visi baru dalam pengembangan game yang fantastis. Kekuatan komputasi perangkat keras, meningkat hampir dalam semalam, dan – yang lebih penting – ketersediaannya yang meningkat tentu saja merangsang imajinasi pemrogram. Pada satu titik, salah satu dari mereka muncul dengan ide untuk membuat simulasi dari seluruh sejarah manusia.

Game series Civilization pertama dari Sid Meier tidak diragukan lagi adalah proyek ambisius. Game berbasis giliran 4X ini memungkinkan kita untuk memandu nasib seluruh peradaban selama lebih dari enam ribu tahun. Harus diakui bahwa ide di balik judul tersebut tidak hanya menginspirasi pencipta itu sendiri, tetapi juga para gamer, yang dikombinasikan dengan eksekusi yang luar biasa, menjadi faktor keberhasilan dari game yang inovatif ini.

Tidak perlu menipu diri sendiri, semua orang yang meraih Civilization pada saat itu bertanya-tanya seperti apa jadinya jika dialah yang mempengaruhi nasib umat manusia. Keinginan untuk menulis sejarah alternatif mereka sendiri mendorong ratusan pemain untuk memainkan permainan ini, dan mereka kemudian terjebak di dalamnya selama berjam-jam, karena sindrom “satu putaran lagi” yang sangat menular. Game ini tersedot seperti rawa dan, pada masanya, menawarkan kedalaman game yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mengelola orang sendiri diperlukan untuk beroperasi di banyak bidang, seperti politik, ekonomi, dan perkembangan teknologi. Masing-masing aspek ini membutuhkan perhatian dan perencanaan yang cermat, pada skala yang lebih besar daripada game lain yang tersedia saat itu.

Hari ini kita memiliki akses ke game strategi yang jauh lebih maju yang terkadang mencerminkan realitas zaman sejarah di tingkat publikasi ilmiah. Meski begitu, visi yang ditampilkan di Sid Meier’s Civilization masih tetap hidup dan menjadi penggerak salah satu seri game strategi terpenting selama hampir tiga puluh tahun.

6. Dune II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Westwood
  • Platform: PC
  • Released: 1993

Dengan perlahan-lahan naik ke peringkat teratas kami, kami akan mundur melalui sejarah Westwood Studios. Kami telah memperkenalkan dua bagian dari seri Command & Conquer, tetapi sekarang saatnya untuk membuat tonggak sejarah nyata dalam sejarah hiburan digital.

Lagipula, sulit untuk membuat peringkat dengan kredibilitas tinggi dari daftar game strategi klasik terbaik tanpa menyertakan judul yang telah melahirkan genre penting seperti RTS. Studio Westwood tidak hanya menentukan standar strategi real-time selama bertahun-tahun kedepannya, tetapi juga menciptakan jenis permainan ini ketika merilis adaptasi dari novel fiksi ilmiah klasik pada tahun 1992. Menurut standar sekarang, Dune 2: The Building of a Dynasty memiliki model gameplay yang cukup sederhana, tetapi pada masanya itu adalah revolusi yang nyata.

Ada tiga faksi yang sedikit berbeda, dan permainan masing-masing didasarkan pada tindakan yang sama: mengumpulkan rempah-rempah (“melange”), yang merupakan sumber daya utama, membangun basis, merekrut unit, dan menyerang musuh. Namun demikian, Dune 2-lah yang membentuk konsep yang kemudian dikembangkan dalam seri Warcraft dan Command & Conquer.

Anda akan mengakui bahwa sangat jarang melihat judul yang secara permanen mengubah wajah industri kita. Jadi tidak masalah hari ini bagaimana penampilan Dune 2 atau seberapa kasar gameplay-nya, karena kita telah bersenang-senang selama bertahun-tahun dengan game yang mungkin tidak akan pernah dibuat tanpa judul ini.

5. StarCraft II

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Blizzard Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 2010

Lima judul klasik terpenting dalam sejarah video game strategi dari daftar Game Strategi Klasik Terbaik dibuka dengan produksi profil tinggi lainnya dari Blizzard. Penggemar harus menunggu sangat lama untuk series kedua dari StarCraft, tetapi pada akhirnya, meskipun mendapat banyak kritik, studio California membuktikan bahwa ia dapat memberikan beberapa strategi terbaik di pasar.

Menciptakan kelanjutan karya besar dari tahun lalu adalah tugas yang hampir selalu gagal. Apalagi jika harus menunggu sekuelnya selama 12 tahun. Dalam jangka waktu yang begitu lama, ekspektasi penggemar dapat tumbuh hingga proporsi yang tak terbayangkan, dan memuaskan semua orang menjadi mustahil, bahkan bagi para veteran seperti tim di Blizzard. Meskipun demikian, para pengembang berhasil dalam seni yang sulit ini, karena Wings of Liberty, terlepas dari kritiknya, sukses besar.

StarCraft II menjadi salah satu game strategi dengan penjualan tercepat sepanjang masa, dan kemenangannya tidak dihentikan bahkan oleh keputusan kontroversial seperti membagi judul menjadi tiga bagian terpisah. Saat ini, game ini terutama merupakan judul esports. Bahkan jika ini bukan judul paling populer di turnamen esports, ia selalu ada di dalamnya, dan server multipemain dikunjungi oleh sejumlah besar pemain yang konstan dan signifikan.

Merekalah yang menciptakan komunitas yang tetap setia pada game ini, yang merupakan tolok ukur terpenting popularitas dalam jenis produksi ini. Yang juga patut diperhatikan adalah fakta bahwa StarCraft II memasuki kanon esports hampir secara instan, meskipun pada hari peluncurannya tidak ada kepastian bahwa itu akan berhasil (walaupun sangat mungkin). Semua ini menunjukkan kekuatan merek dan studio di belakangnya.

Pada 2010, Blizzard membuktikan formula RTS klasiknya masih mampu bersaing di level dunia. Tetapi untuk sepenuhnya memahami fenomena studio dan merek StarCraft itu sendiri, Anda harus mundur satu dekade …

4. StarCraft

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Blizzard Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 1998

Game Strategi Klasik Terbaik selanjutnya jatuh kepada Starcraft dari tahun 1998! Ya benar, anda tidak salah dengar, TAHUN 1998!. Saat itu tahun 1998, bagian pertama dari Baldur’s Gate baru saja muncul di pasaran, dan Microsoft merilis Windows 98. Pada saat yang sama, bagian pertama dari Starcraft diluncurkan, langsung menjadi hit global.

Blizzard sekali lagi merevolusi genre strategi real-time. Permainan ini menawarkan tiga kampanye pemain tunggal, satu untuk setiap balapan yang dapat dimainkan. Kisah yang disajikan dalam game bukan hanya dalih untuk kehancuran yang membahagiakan, tetapi kisah yang layak disajikan dengan ruang lingkup yang layak untuk karya fiksi terbesar.

Gameplay menampilkan tingkat kualitas yang serupa. Setiap faksi bermain secara berbeda, namun aspek gimnya tetap seimbang. Oleh karena itu, kunci kemenangan, terutama melawan pemain hidup lainnya, adalah pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan lawan serta strategi yang dipikirkan dengan matang. Server perusahaan dipenuhi dengan pemain dalam sekejap, bersemangat untuk menghadapi lawan terbaik dari ujung dunia lainnya.

StarCraft pertama adalah pengalaman unik bagi pemain tunggal yang menerima tiga kampanye spektakuler, dan pada saat yang sama terbukti menjadi penyebab revolusi multipemain sejati, pada saat koneksi internet broadband belum begitu murah dan mudah tersedia.

Dimulai sebagai hit internasional, permainan dengan cepat menjadi legenda sejati. Berbicara tentang “sukses komersial” biasa dalam hal ini tidaklah cukup. StarCraft adalah salah satu seri game terlaris dalam sejarah hiburan digital, dan Blizzard juga menghasilkan uang dari action figure, game papan, dan novel. Itu juga salah satu judul yang memulai fenomena yang sekarang dikenal sebagai esports. Fenomena ini hampir menjadi disiplin nasional di Korea Selatan, yang tidak sering terjadi pada video game.

Alasan mengapa StarCraft muncul di daftar ini bisa dihitung berjam-jam, tetapi itu tidak masuk akal, karena sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahuinya, yang saja sudah cukup untuk menjelaskan kehadiran game ini di daftar kami.

3. UFO: Enemy Unknown

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Tactical Turn-based Strategy
  • Developer: Micropose
  • Platform: PC
  • Released: 1994

Tiga teratas dari daftar Game Strategi Klasik Terbaik dari kami adalah game yang mewakili pencapaian gamedev terbesar dalam genre mereka. Ini adalah judul yang sulit untuk dibandingkan, karena masing-masing menawarkan model permainan yang sangat berbeda. Yang pertama adalah mahakarya video game taktis.

UFO: Enemy Unknown menggunakan mekanik berbasis giliran, dan keseluruhan game dibagi menjadi dua segmen utama. Yang pertama agak mengingatkan pada permainan taipan klasik dan berfokus pada manajemen organisasi bernama X-COM, yang didirikan untuk memerangi ancaman alien.

Tujuan pemain adalah untuk mengatur keuangan dan sumber daya manusia organisasi mereka agar tidak jatuh ke dalam kehancuran dan dapat menyelesaikan tujuan selanjutnya, yaitu memenangkan pertempuran taktis di mana kita memimpin tentara yang telah kita rekrut sebelumnya.

Apakah kita berhasil menyelesaikan misi ini bergantung pada bagaimana kita memandu operasi taktis kita dan bagaimana organisasi kita berkembang. Investasi yang buruk atau kurangnya perkembangan ilmiah dapat menggigit kita secepat keputusan yang salah di medan perang. Tambahkan ke elemen RPG yang signifikan ini, karena masing-masing prajurit kita memperoleh pengalaman dan mengembangkan keterampilan unik. Jadi mereka bukan mesin pembunuh alien yang dibuat secara acak, tetapi karakter yang melekat pada kita dan yang kematiannya di medan perang benar-benar menyakitkan.

Solusi yang diusulkan oleh bagian pertama UFO mendefinisikan genre permainan taktis berbasis giliran untuk tahun-tahun mendatang. Bahkan saat ini, seri yang dihidupkan kembali mendapat pujian, sebagaimana dibuktikan dengan kehadiran angsuran terbarunya dalam daftar game strategi terbaik kita dalam beberapa tahun terakhir.

2. Heroes of Might and Magic III

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Campuran Turn-based Strategy dan RPG
  • Developer: Micropose
  • Platform: PC
  • Released: 1994

Game Strategi Klasik Terbaik kedua jatuh kepada Heroes of Might and Magic III. Sebuah buku dan tesis doktoral dapat dengan mudah ditulis tentang game yang menempati posisi kedua dalam peringkat kami, dan Anda tetap tidak akan kehabisan materi pelajaran. Heroes III bukan hanya sepotong sejarah kecil dari dunia game, tetapi juga fenomena yang berlanjut hingga hari ini.

Series ketiga Heroes menawarkan gameplay berbasis giliran terbaik yang pernah ada. Kombinasi fantastis dari manajemen kota dengan pertempuran taktis dan perkembangan karakter dapat membuat ketagihan. Meskipun hal yang sama dapat dikatakan tentang UFO yang disebutkan di atas: Musuh Tidak Diketahui, ini adalah game yang sama sekali berbeda.

Heroes III diatur dalam pengaturan fantasi (langsung dari seri klasik lainnya, Might and Magic), dan gameplay-nya adalah campuran dari game 4X dengan RPG klasik. Jadi kita memiliki kota tempat kita dapat merekrut pahlawan dan pasukan pendamping dari berbagai makhluk fantastis. Untuk mendapatkan makhluk yang lebih baik dan lebih baik, kita perlu mengembangkan kota kita, yang pada gilirannya kita membutuhkan sumber daya yang kita peroleh selama ekspansi yang dipimpin oleh para pahlawan kita.

Aturan gameplay sederhana yang dikombinasikan dengan berbagai macam kota dan karakter yang tersedia membuat game ini menawarkan kemungkinan strategis dan taktis yang hampir tak ada habisnya. Hal ini terlihat terutama pada multiplayer yang hampir selalu terlihat berbeda dan berkembang seiring dengan cara belajar para pemain itu sendiri. Mengunjungi daerah baru, mengumpulkan artefak yang kuat dan mendirikan bangunan baru juga disertai dengan sindrom “satu putaran lagi”. Mari kita hadapi itu, sangat sulit untuk melepaskan diri dari game ini.

Meskipun Heroes III adalah pencapaian puncak dari seri ini, itu juga merupakan seri terakhir untuk mencapai status legenda sejati. Terlepas dari formula gameplay yang brilian, tidak ada bagian berikutnya yang mengulangi kesuksesan spektakuler dari bagian ketiga.

Dalam kasus lain itu akan menjadi berita buruk, tetapi kali ini tidak masalah, karena itu adalah judul yang sangat bagus sehingga bahkan tanpa sekuel yang layak, itu akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. Pahlawan III masih hidup dan menendang. Komunitas yang setia dan cukup banyak berkumpul di sekitar permainan, dan bahkan ketika saya menulis teks ini, rekan-rekan saya sedang dalam proses menyelenggarakan turnamen kecil Heroes III.

1. Warcraft III

20 Game Strategi Klasik Terbaik Untuk PC Games
  • Genre: Real-time Strategy
  • Developer: Blizzard Entertainment
  • Platform: PC
  • Released: 2002

Game Strategi Klasik Terbaik nomor 1 kali ini kami jatuhkan kepada Warcraft III tahun 2002. Kami telah melihat performa puncak dalam permainan taktis dan permainan strategi berbasis giliran. Sekarang saatnya untuk menghadirkan orang nomor satu di peringkat kami, dan pada saat yang sama raja strategi real-time yang tak terbantahkan. Inilah Warcraft III.

Blizzard dan game RTS-nya telah muncul di daftar kami beberapa kali, yang menunjukkan seberapa besar pengaruh perusahaan terhadap pengembangan genre ini. Dengan dirilisnya bagian ketiga dari Warcraft, para pengembang ingin sedikit menyegarkan genre, memperkenalkan elemen RPG yang kuat dan lebih jauh memperluas latar belakang cerita.

Mereka mencapai tujuan itu pada tahun 2002 dengan memberikan salah satu permainan paling terkenal dalam sejarah. Warcraft terbaru menampilkan empat faksi yang dapat dimainkan, yang masing-masing sangat berbeda. Masing-masing juga menampilkan pahlawan kuat yang mendatangkan kehancuran dalam skala yang terus meningkat, berkat keterampilan baru yang mereka peroleh.

Cerita yang disajikan dalam game ini sangat epik, dan cut-scene sinematiknya sangat bagus, hingga masih membuat Anda merinding. Pada tahun 2002, Blizzard menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa game dapat menandingi dan bahkan melampaui produksi film besar. Lalu ada multipemain, yang bahkan saat ini merupakan disiplin esports khusus.

Warcraft III adalah ikon yang sebenarnya, tetapi juga merupakan langkah lain dalam pengembangan alam semesta yang luas. Dapat dikatakan bahwa kesuksesan game inilah yang mendorong Blizzard untuk terus berinvestasi di dunia yang diciptakannya, dan akibatnya pada penciptaan World of Warcraft, tonggak sejarah genre MMORPG. Genre esports lain yang sangat sukses, MOBA, berasal dari mod buatan penggemar untuk Warcraft ketiga. Tidak peduli bagaimana kita melihat game strategi terakhir dari seri ikonik Blizzard, kita harus mengakui bahwa itu adalah game inovatif yang tanpanya semua hiburan digital akan terlihat sangat berbeda saat ini.

Untuk daftar game terbaik dari berbagai genre lainnya, jangan lupa kunjungi : https://tulizan.com/games

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Game

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assassin’s Creed Odyssey Walkthrough, Tips, & F.A.Q – Bahasa Indonesia

C:\Users\PC USER\Downloads\rafki-altoberi-qt75uVM4BrA-unsplash.jpg

8 Tempat Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi