in

3 Grup Rookie Yang Terpopuler Sejak Debut Pertama Mereka

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan di industri musik K-Pop cukup ketat. Sehingga bukan hal mudah bagi para grup rookie untuk segera dikenal atau menjadi terpopuler dalam waktu yang singkat. Kendati begitu ada beberapa grup yang berhasil mencapai prestasi tersebut. Mereka langsung mencuri perhatian bahkan sebelum debut resmi mereka.

Berikut ini adalah 3 grup rookie yang terpopuler sejak debut pertama mereka :

1. Aespa

Grup rookie terpopuler pertama ada Aespa yang resmi debut dengan merilis lagu Black Mamba tanggal 17 November 2020. Kehadiran grup K-Pop beranggotakan empat personel ini sangat dinantikan. Sebab, Aespa menjadi girl grup pertama yang didebutkan SM Entertainment setelah 6 tahun lamanya. Terakhir kali agensi pelopor halyu wave ini mendebutkan Red Velvet pada tahun 2014. Selain itu, grup baru ini juga mengusung sebuah konsep baru yang dinilai unik. Nama aespa merupakan kepanjangan dari Avatar x Exprerience (huruf a dan e saling bertautan) dan aspect. Maknanya adalah pengalaman yang disajikan dalam dua aspek kehidupan, yaitu dunia nyata dan dunia avatar. Sehingga setiap anggota dalam grup ini memiliki avatarnya masing-masing sebagai bentuk lain dari dirinya. Kata aspect juga dimaknai sebagai berbagai sisi berbeda yang dimiliki para personel.

Sebenarnya Black Mamba adalah salah satu spesies ular yang sangat berbahaya karena apabila tergigit maka dipastikan akan langsung mati dalam waktu singkat. Sosok ular tersebut juga muncul dalam video musik lagu ini. Namun, Black Mamba sebenarnya dimaknai sebagai penjahat yang menghalangi hubungan antara anggota aespa di kehidupan nyata dan avatarnya di dunia maya. Sehingga dianggap sosok yang mengancam dunia. Lagu baru Aespa langsung mencuri perhatian publik. Lantaran dinilai memiliki perpaduan ciamik antara suara synth yang khas, bass yang kuat, hook yang menarik, dengan gerakan dance yang powerful. Para personel menunjukkan kemampuan vokal mereka yang hebat. Mereka langsung membukukan rekor sebagai lagu debut tercepat yang ditonton 20 juta kali penayangan di Youtube. Prestasi yang dicapai keempat personel Aespa membuat mereka mendapatkan banyak sorotan. Apalagi SM Entertaiment dikenal sebagai agensi dengan visual artisnya bak pangeran dan putri dari negeri dongeng. Banyak mata yang mulai tertuju pada Karina, Winter, Giselle dan Ningning.

2. Weekly

Group rookie terpopuler berikutnya adalah Weekly. Weekly resmi debut dengan merilis album yang bertajuk We Are dirilis pada 30 Juni 2020. Tag Me yang merupakan lagu utama album debut mereka cukup menarik perhatian netizen meskipun terhitung belum sampai sebulan setelah dirilis. Lagu tersebut meraih pencapaian sebagai lagu dengan musik video debut tercepat dengan 10 juta penonton dalam waktu seminggu saja. Tidak hanya itu saja, album debut mereka yang bertajuk We Are juga meraih pencapaian menakjubkan lainnya karena terjual dengan total penjualan hampir 10 ribu kopi. Tentu saja ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan untuk awal karier mereka.

3 Grup Rookie Yang Terpopuler Sejak Debut Pertama Mereka K-Pop

Gambar: Potret kebersamaan ketujuh member Weekly

Weeekly semakin meningkat popularitas mereka di dunia musik K-Pop setelah mereka sukses meraih penghargaan di berbagai acara bergengsi. Mereka berhasil masuk nominasi sampai memenangkan penghargaan dengan kategori girl group rookie terbaik tahun 2020. Asia Model Awards, Brand of the Year Awards, Melon Music Awards, Korea First Brand Awards, Mnet Asian Music Awards. The Fact Music Awards menjadi berbagai acara yang mereka hadiri.

Weekly tidak hanya berprestasi di Korea Selatan saja, tetapi juga diakui di kancah internasional. Kritikus Billboard mengatakan bahwa lagu debut mereka yang berjudul Tag Me menjadi salah satu lagu K-Pop terbaik tahun 2020. Kemudian, media Metro di United Kingdom mengatakan bahwa lagu Zig Zag sukses berada di urutan ke 16 dengan kategori lagu comeback K-Pop terbaik tahun 2020. Lagu Top Secret yang merupakan b-side track mereka juga sukses meraih prestasi menjadi salah satu lagu b-side terbaik tahun 2020 berdasarkan penilaian MTV.

Majalah TIME membuat deretan grup rookie yang diprediksi akan sukses tahun ini pada awal Januari 2021. Weeekly masuk dalam prediksi yang dibuat majalah terkenal tersebut. Mengejutkannya artikel tersebut benar-benar terbukti nyata lewat album comeback terbaru mereka yang bertajuk We Play. Album tersebut sukses terjual sebanyak 30 ribu kopi hanya dalam hitungan waktu 30 hari saja. Fakta lainnya tentang member Weekly adalah berhasil puncaki Chart Viral 50 Global Spotify pada 18 April 2021 lewat lagu After School. Pencapaian tersebut menjadikan mereka sebagai grup debutan tahun 2020-2021 pertama yang berhasil meraih pencapaian membanggakan tersebut. Selain itu, lagu After School sudah melampaui 10 juta streaming dan Weekly berhasil meraih sekitar 1,7 pendengar bulanan di Spotify.

3. Purple Kiss

Grup rookie selanjutnya yang juga terpopuler adalah Purple Kiss. Mungkin saja bagi sebagian publik banyak yang sudah mengenal grup rookie bernama Purple Kiss. Lantaran memang beberapa personel merupakan veteran dari acara survival show di Korea Selatan. Selain itu, mereka juga sudah mengeluarkan teaser besar-besaran yang luar biasa sebelum debut mereka. Mereka pernah membuat dance cover yang merupakan gabungan penampilan dance dari berbagai grup sebelum Purple Kiss resmi debut saja. Sehingga, penampilan mereka saat ini tidak asing lagi bagi penggemar K-Pop yang sudah mengikuti kegiatan mereka di masa promosi pre-debut. Kabar Purple Kiss tanggal debut pada awalnya sudah tersiar sejak 20 Juli 2020.

3 Grup Rookie Yang Terpopuler Sejak Debut Pertama Mereka K-Pop

Gambar: Potret kebersamaan ketujuh member Purple Kiss

Purple Kiss debut dengan merilis lagu debut berjudul Ponzona di mana memiliki cerita tentang seseorang yang menggoda. Orang tersebut mengatakan bahwa dirinya tidak tertandingi oleh siapa pun. Lagu ini memiliki kesan yang kuat meskipun hanya sebuah lagu debut. Ponzona yang telah dirilis pada tanggal 15 Maret ini merupakan judul lagu utama sekaligus mini album pertama mereka. Adapun arti dari kata Ponzona adalah bermakna racun yang diambil dalam bahasa Spanyol. Ketiga personel Purple Kiss terlibat dalam proses penulisan dan produksi lagu Ponzona, yaitu Na Go Eun, Yuki, dan Swan.

Purple Kiss bukan lah sebuah projek mendadak karena sudah disiapkan sebagai girl group dari RBW Entertainment senjak tahun 2018 lalu. Girl group kedua RBW Entertainment ini merupakan junior dari Mamamoo yang resmi debut pada tahun 2014 lalu. Para personel Purple Kiss resmi debut saat usia mereka masih cukup muda. Adapun sang personel yang paling tua dalam grup kelahiran 1999. Dia adalah Park Ji Eun yang baru berusia 21 tahun. Sedangkan, maknae grup mereka bernama Swan baru berusia 17 tahun. Dia merupakan idola kelahiran tahun 2003. Sementara itu, rata-rata umur personel Purple Kiss adalah berusia 18 tahun.

Itulah artikel mengenai “3 Grup Rookie Yang Terpopuler Sejak Debut Pertama Mereka”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

20 Game PC Ringan Terbaik Untuk Laptop dan Komputer Spek Rendah

Inspirasi Master Bedroom Untuk Pasangan Muda