in

4 Cara Jitu Menemukan dan Mendapatkan Remote Job yang Tepat

Remote job merupakan definisi dari “menjalani impian” bagi kebanyakan orang. Jika Anda adalah salah satunya, Anda mesti mengetahui bagaimana cara menemukan remote job yang tepat. Menurut penelitian, sebanyak 73% dari beberapa scope pekerjaan akan dikerjakan dari jarak jauh di tahun 2028.

Lebih jauh lagi, penelitian tersebut juga membahas tentang mereka yang bekerja jarak jauh dapat meminimalisir tingkat stress. Selain itu, remote job juga akan membuat mereka lebih produktif dibandingkan bekerja di kantor.

Akan tetapi, Anda akan sedikit membutuhkan usaha dalam menemukan remote job. Mari pedomani cara berikut ini.

4 Cara Jitu Menemukan dan Mendapatkan Remote Job yang Tepat Karir
Source: rock-café.net

Cari Tahu Jenis Remote Job yang Tepat

Ingatlah bahwa remote job itu tidak semuanya sama. Ketika Anda berupaya untuk menemukannya, cobalah untuk melakukan hal ini.

Pertimbangkan Stabilitas Diri

Terdapat banyak cara berbeda untuk menemukan remote job. Anda dapat bekerja sebagai karyawan penuh waktu yang digaji dari satu perusahaan. Atau, bekerja berdasarkan kontrak selama beberapa bulan dalam satu waktu. Pilihan lainnya adalah menjadi freelance untuk beberapa perusahaan.

Penting untuk mempertimbangkan jenis peluang remote job yang berhasil untuk Anda. Jika Anda mencari peluang dan stabilitas untuk tumbuh, maka posisi penuh waktu mungkin menjadi taruhan terbaik. Namun, jika Anda mencari kebebasan dan fleksibilitas, pekerjaan kontrak atau freelance mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Tentukan Kapan Anda akan Bekerja

Jadwal kerja tradisional biasanya berlangsung pada pukul 9.00 hingga 17.00. Ini tentunya berbeda dengan jam kantor para remote worker. Biasanya, jadwal kerja remote job lebih fleksibel dan dapat berlangsung di mana saja.

Anda juga dapat mencocokkan jadwal ideal dengan zona waktu tertentu. Misalnya, Anda bisa saja memiliki pekerjaan di luar negeri, meskipun kini Anda tengah berada di Indonesia. Anda tinggal menyesuaikan waktu bekerja di sana dengan waktu Indonesia.

Pikirkan tentang Budaya Perusahaan

Anda harus selalu mempertimbangkan budaya perusahaan. Ini bertujuan untuk memastikan apakah Anda cocok dengan visi dan misi perusahaan hingga karyawan yang bekerja di sana. Saat Anda melamar remote job, ada hal lain yang mesti dipertimbangkan. Setiap perusahaan memberlakukan aturan remote job secara berbeda.

Sebagian perusahaan memberlakukan 50% remote job dengan tatap muka beberapa waktu. Bahkan ada yang memberlakukan 100% remote job. Ada juga perbedaan cara menemukan remote job berdasarkan lokasi kantor. Anda bisa bekerja jarak jauh dalam jarak yang ditentukan oleh kantor Anda.

4 Cara Jitu Menemukan dan Mendapatkan Remote Job yang Tepat Karir
Source: aroundtheworldin80jobs.com

Temukan Situs Remote Job Terpercaya

Cara utama agar berhasil menemukan remote job adalah mengidentifikasi pekerjaan yang diminati. Dibutuhkan situs dan tempat yang tepat untuk mencarinya. Terdapat ratusan grup Facebook yang mencantumkan posisi remote job yang tersedia.

Grup tersebut tidak hanya merupakan sumber daya yang baik agar terhubung dengan pekerja jarak jauh lainnya. Selain itu, Anda mendapatkan wawasan dari pengalaman mereka dan memperluas jangkauan seputar remote job terbaik.

Jaringan secara Langsung

Untuk mendapatkan remote job, Anda mesti merencanakan penempatan diri secara langsung. Banyak karyawan dan pemilik bisnis jarak jauh yang melakukan pekerjaan mereka di ruang kerja bersama. Ini akan memudahkan para pekerja untuk berkolaborasi. Mereka disatukan dari berbagai industri dan berkesempatan untuk terhubung dengan orang-orang baru.

Sayangnya, kesempatan tidak datang begitu saja. Anda disarankan untuk dapat memperkenalkan diri kepada orang lain. Hadirilah setiap acara yang diadakan oleh pihak kantor.

Jika ruang kerja bersama memiliki dewan pekerjaan anggota, pindai posisi terbuka. Lihat apakah ada yang sesuai, lalu temukan tim yang merekrut. Jika bisnis beroperasi di luar ruang kerja bersama, kemungkinan mereka akan baik-baik saja dengan pekerjaan jarak jauh. Jika ini adalah kesempatan freelance, hal tersebut menjadi pekerjaan yang lebih menantang.

LinkedIn

Jaringan pribadi selalu membantu. Namun jika Anda ingin menemukan remote job, Anda juga perlu membangun jaringan dari jarak jauh. Sebagian besar jaringan tersebut bisa dijumpai dengan mudah di LinkedIn.

LinkedIn adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk terhubung dengan manajer perekrutan. Ini juga merupakan upaya untuk menunjukkan keahlian serta pengalaman Anda. Tetapi jika Anda ingin dipekerjakan, buatlah profil yang menarik dengan resume berwawasan.

Perekrut menggunakan LinkedIn untuk menemukan kandidat di berbagai peran. Keberhasilan kerja jarak jauh sering kali bergantung pada keterampilan digital. Profil LinkedIn yang dioptimalkan dapat menunjukkannya.

Setelah merapikan profil, pastikan Anda mengubah preferensi pencarian kerja. Tunjukkan kepada perekrut bahwa Anda terbuka untuk peluang baru. Anda tidak perlu menunggu perusahaan datang kepada Anda. Cara menemukan remote job yang tepat cukup dengan mencari manajer perekrutan di perusahaan target. Minta untuk terhubung lalu kirim pesan kepada mereka.

Menghubungi secara langsung menunjukkan bahwa Anda proaktif. Ini sangat penting bagi karyawan jarak jauh yang tidak diawasi secara intens seperti karyawan internal.

4 Cara Jitu Menemukan dan Mendapatkan Remote Job yang Tepat Karir
Source: newszii.com

Pahami Apa yang Dibutuhkan Perekrut Remote Worker

Redaktur Pelaksana di DollarSprout, Megan Robinson, mengatakan bahwa penting untuk melihat posisi dari perspektif perusahaan ketika mencari remote job. Apa kualitas terbaik yang diinginkan manajer perekrutan untuk seseorang dalam peran ini. Di mana karyawan tidak hanya bekerja jarak jauh, namun mampu mengelola tim secara fleksibel.

Pemberi kerja jarak jauh menginginkan seseorang yang dapat dipercaya. Mampu memulai sendiri, komunikator yang baik, juga menikmati pekerjaan mereka. Pastikan Anda menyoroti atribut tersebut dalam resume dan wawancara.

Sebelum melamar pekerjaan jarak jauh, periksa kembali kenapa perekrut harus memilih Anda. Apakah Anda memiliki motivasi diri? Apakah Anda merupakan pribadi yang terorganisir? Serta Apakah Anda memiliki pengalaman remote job dalam beberapa waktu tertentu?

Intinya adalah, ketika Anda melamar pekerjaan remote job, Anda perlu memahami apa yang membuat Anda spesial. Cari tahu dengan tepat cara membingkai karakteristik tersebut kepada calon pemberi kerja.

Ketahui Sejauh Mana Anda Mampu Menguasai Teknologi

Menjadi ahli teknologi penting untuk pekerjaan apa pun. Terutama jika Anda memilih untuk melakoni remote work. Pastikan bahwa Anda memiliki alat dan perangkat lunak terbaru. Ini karena Anda akan melakukan semua pekerjaan secara online. Ketahui cara untuk melakukannya seefisien mungkin.

Menampilkan keterampilan teknologi yang relevan di resume dan surat lamaran Anda adalah suatu keharusan. Ini menunjukkan kepada atasan bahwa Anda dapat langsung bekerja dan menangani masalah apa pun terkait teknologi.

Anda juga perlu memanfaatkan teknologi untuk pencarian kerja yang sebenarnya. Ini karena hampir semua remote job ingin menjadwalkan wawancara video. Jadi, pastikan Anda tidak hanya memahami cara menggunakan teknologinya. Tetapi juga mengujinya sebelum wawancara. Hal terakhir yang diinginkan adalah mengikuti konferensi video dengan calon supervisor. Ini adalah upaya untuk mengetahui apakah perangkat Anda dapat bekerja dengan baik. Pastikan Anda menguasai kecepatan dengan teknologi yang diperlukan agar berhasil bekerja dari jarak jauh.

Bekerja dari jarak jauh menjadi hal yang biasa setiap hari. Setelah Anda mengetahui cara menemukan remote job impian Anda, yang perlu dilakukan hanyalah keluar dan mulai mencari!

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Parasite Star Song Kang-ho Discusses the Role of His Life | IndieWire

Ini 19 Bintang Film Chungmuro Alias Artis Korea Selatan Kelas A

Hati-Hati Hutang Juga Bisa Diwariskan