in

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea

Para idola K-Pop yang akan debut atau comeback biasanya akan tampil dalam program acara musik di Korea Selatan. Hal tersebut dilakukan untuk mempromosikan lagu mereka kepada publik. Selain itu, nantinya akan diumumkan lagu mana yang berhasil meraih peringkat teratas dalam program musik tersebut. Kemenangan ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi para idola karena menandakan bahwa lagu milik mereka diapresiasi sangat baik oleh penggemar. Tidak jarang para penggemar saling berlomba-lomba untuk membantu idola mereka memenangkan piala mingguan dari program tersebut. Yap, maksudnya piala mingguan adalah kemenangan hanya diumumkan pada saat penayangan acara program musik.

Diketahui Korea Selatan memiliki 6 program musik yang tayang setiap minggunya. Setiap program musik tersebut tayang di hari yang berbeda. Keenam program musik tersebut adalah The Show, Show Campion, M!Countdown, Music Bank, Music Core, dan Inkigayo. Keenamnya tayang dari Selasa sampai Minggu. Hanya pada hari Senin saja tidak ada jadwal program musik di televisi Korea Selatan. Setiap program musik memiliki kriteria penilaian yang berbeda-beda. Sehingga tidak jarang hasil kemenangannya akan berbeda meskipun masih dalam minggu yang sama. Kendati begitu, secara umum kemenangan suatu lagu mempunyai beberapa kriteria yang sama dalam setiap program musik. Hanya saja rinciannya dan aturannya tetap memiliki beberapa perbedaan. Namun, hal paling mendasar yang bisa dilakukan penggemar untuk sang idola adalah melakukan voting di situs resmi program musik tersebut, streaming video musik di youtube, dan membeli album baru sang idola.

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea K-Pop

Gambar: Penampilan BTS saat comeback dengan lagu DNA di M!Countdown milik M-net (Sumber: https://i0.wp.com/anakrantau.id/wp-content/uploads/2019/12/maxresdefault.jpg?fit=1280%2C720&ssl=1)

Kalau perusahaan yang menaungi para idol group dapat dikatakan sebagai rumah mereka maka acara musik dapat dikatakan sebagai kantor para idol dari negeri gingseng ini. Ketika sebuah group idol mengeluarkan album baru atau melakukan comeback, pastinya para fans tidak sabar untuk menantikan live performance mereka karena biasanya live performance akan berbeda dengan yang ditampilkan dalam music video. Keenam program acara musik di Korea Selatan tersebut sudah menjadi tontonan wajib para K-Popers ketika para idolanya melakukan comeback. Namun, ada fakta dibalik semua kehebohan para penggemar dalam berusaha menempatkan idola di tempat pertama demi menyabet gelar weekly winner. Ada beberapa fakta menarik tentang acara musik korea yang mungkin saja belum banyak diketahui.

Berikut 4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea:

1. Jadwal yang padat

Setidaknya para idola harus melakukan live performance di tiap program musik ketika para idol melakukan comeback. Program-program tersebut mulai dari senin hingga minggu berada pada enam acara musik yang berbeda dari stasiun televisi yang berbeda pula. Mulai dari The Show adalah program musik yang tayang setiap hari Selasa di saluran televisi SBS MTV. Show Champion adalah program musik yang tayang setiap hari Rabu di saluran televisi MBC Music. M!Countdown adalah program musik yang tayang setiap hari Kamis di saluran televisi Mnet.

Music Bank adalah program musik yang tayang setiap hari Jumat di saluran televisi KBS. Music Core adalah program musik yang tayang setiap hari Sabtu di saluran televisi MBC. Hingga, Inkigayo adalah program musik yang tayang setiap hari Minggu di saluran televisi SBS. Tentu saja hal ini membuat jadwal para idola menjadi sangat padat. Sehingga biasanya mereka akan menjatahkan live performance di beberapa music show dan lainnya dengan pre-recorded song. Lantaran ada beberapa program musik yang menerapkan sistem pre-recorded stage tidak menampilkan acara musik mereka secara langsung. Inilah yang mengharuskan para idola harus sudah siap tampil kapanpun, bahkan dari pukul 1 pagi waktu setempat.

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea K-Pop
Gambar: Keenam program musik di Korea yang hadir setiap harinya (Sumber: https://inikpop.com/wp-content/uploads/2019/03/Program-musik-korea.jpg)

2. Deretan pemenang tercepat

Program acara musik itu layaknya kompetisi yang sudah melekat kental dengan sistem industri di Korea Selatan. Sehingga menuntut para idol untuk bertanding menunjukkan live performance mereka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tempat nomor satu, akan lebih baik lagi apabila mendapatkannya selama tiga kali berturut-turut alias triple crown. Adapun deretan pemenang tercepat baik dari boy group maupun girl group disabet langsung oelh artis YG Entertainment. Agensi ini seakan memiliki lucky charm ketika membicarakan first win kemenangan pertama. Keduanya idola grup yang berasal dari YGE tersebut adalah Winner dan Blackpink. Boy group Winner menyabet piala pertama mereka hanya dalam 6 hari setelah debut. Sementara girl group Blackpink membawa pulang piala pertama mereka setelah 13 hari setelah debut resmi di tahun 2016.

3. Sistem Voting

Yang menjadi hal paling penting saat para penggemar menonton program musik memang untuk menyaksikan live performance dari para idola kesayangan. Namun, ada hal yang juga perlu menjadi perhatian, yaitu sistem voting. Penggemar akan ikut berkompetisi memberikan voting terbanyak agar dapat menunjukkan eksistensi idolanya di pasar musik Korea. Sayangnya, sistem votingnya tidak semudah mengirimkan pesan singkat dengan nama idola grup saja seperti ajang pencarian bakat di Indonesia. Setiap program musik memiliki sistem voting yang berbeda-beda. Contohnya saja Music Bank memberlakukan sistem voting dengan cara perhitungan 65 % digital music charts, 5 % penjualan album, dan 20 % jumlah broadcast pada KBS TV. Sistem ini berbeda dengan Show Champion yang 45 % mengandalkan penjualan album digital Melon, 10 % penjualan album fisik, 15 % ranking dari netizen, 15 % penilaian dari para professional, dan 15 % broadcast point dari MBC. Tentu 4 program musik lainnya juga punya cara sistem yang berbeda pula.

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Acara Musik di Korea K-Pop

Gambar: Outfit dan dekorasi panggung Blackpink saat comeback lagu DduDuDduDu (Sumber: https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1532589092/Screenshot_2-2_pygy6t.png)

4. Fashion Statement dan Dekorasi Panggung

Para idola tidak hanya menunjukkan performa vokal dan koreografi mereka saja, tetapi juga menampilkan pakaian yang dikenakan. Hal ini juga menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh para K-Popers. Sehingga ini juga menjadi kesempatan para brand-brand ternama untuk mempromosikan koleksi pakaian mereka. Biasanya brand-brand tersebut membiarkan dengan sengaja para idola menggunakan koleksi mereka. Para idola juga tidak ketinggalan dalam menunjukkan kreatifitas mereka saat penampilan di program musik ini. Mereka menggenakan outfit yang disesuaikan dengan tema comeback mereka. Namun, tidak jarang juga mereka menggunakan outfit panggung yang tidak biasa. Penggemar tidak hanya memperhatian fashion dari para idolonya, tetapi juga dekorasi dan tata panggung menjadi pusat perhatian mereka. Sama seperti outfit, dekorasi dan tata panggung juga akan mengikuti konsep comeback dari para idola saat live performance.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.co/deafolzen

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Film Anime Dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang Masa

Kim Sejeong Jadi Waitress yang Bisa Lihat Hantu di Drama Korea 'Amazing Rumor' - kumparan.com

6 Perjalanan Karir Kim Sejeong Yang Baru Klarifikasi Di Instagram