in

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan!

Setelah melewati masa-masa sulit, Liverpool akhirnya berhasil finish diposisi 3 klasmen akhir EPL musim ini. Liverpool mengarungi musim kompetisi 2020/2021 dengan kondisi yang kurang menyenangkan. Pasalnya beberapa pemain intinya mengalami cedera panjang. Sebut saja seperti Van Dijk dan Joe Gomez dikabarkan akan cukup lama menepi untuk memulihkan cederanya. Absennya kedua bintang Liverpool ini disebut-sebut menjadi salah satu alasan Liverpool sulit juara musim ini. Sebelumnya Kedua pemain tersebut menjadi salah satu alasan dibalik kesuksesan Liverpool memenangkan gelar EPL musim 2019/2020 setelah ‘berpuasa’ selama 30 musim lamanya.

Skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut sebenarnya memulai musim dengan sangat meyakinkan dengan meraih sederet kemenangan beruntun. Di tiga laga awal, the reds sukses catatkan hasil positif. Namun dipartai keempat EPL musim 2020/2021 secara mengejutkan Liverpool kalah telak dari Aston Villa dengan skor 7-2. Semenjak kekalahan memalukan tersebut, penampilan Liverpool mulai angin-anginnan. Puncaknya setelah bek andalan mereka Virgin Van Dijk dan Joe Gomez harus menepi dikarenakan cedera yang dialaminya membuat permainan Liverpool semakin menurun tajam.

Tanpa pikir panjang, Liverpool pun segera putar otak untuk menangani permasalahan lini belakang mereka. Alhasil di bursa transfer musim dingin lalu, The Reds mendatangkan bek tengah anyar dari klub asal Jerman, Schalke 04 FC. Ozan Kabak menjadi angin segar bagi skuad Jurgen Klopp ditengah krisis bek yang mereka alami. Sayangnya di pertandingan perdananya berseragam The Reds, Kabak justru membuat blunder bersama Alisson yang membuat Liverpool harus menelan kekalahan 1-3 dari Leicester city dan mengirim mereka keposisi 6 klasmen sementara EPL kala itu.

Namun jika dilihat secara keseluruhan, tidak hanya krisis pemain belakang saja yang menjadi alasan Liverpool akan sulit juara musim depan. Dalam artikel ini penulis telah merangkum sederet alasannya!

1. Krisis Pemain Belakang

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan! Olahraga

Foto : Dok. Bola.net

Seperti yang telah disinggung diatas, Liverpool mengalami kesulitan musim ini akibat absennya dua bek andalan mereka. Tak bisa dipungkiri, Joe Gomez dan Virgil Van Dijk menjadi tombak kesuksesan skuad Jurgen Klopp dua musim belakangan. Absennya dua bintang tersebut membuat The reds seperti kehilangan jati diri permainannya mereka. Beberapa pemain yang dianggap mampu menggantikan posisi Gomez dan Van Dijk untuk sementara waktunya nyatanya tidak mampu memenuhi ekspetasi tersebut. Kedatangan Ozan Kabak pada pertengahan musim ini masih dianggap belum mampu mengatasi krisis pemain belakang Liverpool saat ini. Selain absennya dua pemain tersebut, performa kiper utama the reds, Alisson Becker kini juga menjadi sorotan. Setelah sempat digadang-gadangkan sebagai kiper terbaik di EPL, kini permainan Alisson tampak tidak konsisten. Blunder yang ia lakukan di pertandingan Liverpool melawan Leicester masih hangat dibicarkana. Sebagian pengamat menganggap Alisson Overrated dan belum pantas disebut sebagai kiper terbaik di EPL.

2. Trio Firmansah Tidak Garang Lagi

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan! Olahraga

Foto : Dok. Vivagoal.com

Selain lini belakang Liverpool yang menjadi sorotan, trio lini depan kebanggaan the Reds yang dijuluki sebagai trio Firmansah (Firmino,Mane dan Salah) tersebut kini ikut mendapat perhatian lebih dari pecinta sepakbola. Setelah tampil ‘perkasa’ dua musim berturut-turut, kini ketiganya mulai melempem. Terbukti di beberapa pertandingan Liverpool musim ini, ketiga-tiganya sulit menciptakan sebijik gol pun. Dimana sebelumnya mereka bertiga berganti-gantian membobol gawang lawan. Mengenai hal ini tampaknya Jurgen Klopp harus segera menemukan solusi terbaik untuk kembali membawa trio Firmansah ke performa terbaik mereka. Karena jika tidak, maka hal ini semakin memperkuat prediksi bahwa Liverpool akan sulit Juara lagi musim depan.

3. Kedalaman Skuad yang buruk

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan! Olahraga

Foto : Dok. Bola.Net

Saat menjuarai Liga Inggris musim 2019/2020, Liverpool dielu-elukan sebagai salah satu klub yang memiliki kedalamaan skuad terbaik di Dunia. Namun tampaknya istilah tersebut tidak dapat disematkan lagi pada kubu the reds. Pasalnya pasca absennnnya sejumlah pemain penting mereka musim lalu, peraih 5 gelar liga Champions tersebut mulai kehilangan keseimbangan tim. Beberapa pemain baru yang diorbitkan ternyata gagal mengangkat performa tim saat ini. Klopp tidak punya banyak pilihan dibangku cadangan, alhasil Liverpool kesulitan melakukan rotasi pemain. Meskipun gagal di Liga Champions dan punya waktu recovery pemain yang lebih lama, Liverpool tidak juga menunjukan perkembangan yang signifikan.

Pilihan terbatas yang Klopp miliki saat ini akhirnya memaksanya memainkan beberapa pemain tidak pada tempat sebenarnya. Seperti Henderson yang dipaksa bermain sebagai bek tengah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Van Dijk. Sayangnya keputusan tersebut tidak berbuah manis. Henderson yang bermain luar biasa musim lalu dilini tengah Liverpool kini harus menerima banyak kritikan tajam akibat performanya yang buruk sebagai seorang bek tengah. Hal ini menunjukan bahwa Jurgen Klopp telah kehabisan stok pemain berkualitas untuk mengisi posisi – posisi yang ditinggalkan pemain intinya.

4. Rival Semakin Bagus

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan! Olahraga

Foto : Dok. Suara.com

Selain faktor internal yang menjadi alasan Liverpool sulit juara musim depan, faktor eksternal juga ikut berperan. Salah satu diantaranya tim – tim rival yang menunjukan peningkatan performa. Seperti dua klub asal Manchester saat ini, Manchester United dan Manchester City yang bercokol diperingkat 1 dan 2 klasmen akhir EPL musim ini. Performa MU dan City musim ini menjadi sorotan, pasalnya kedua tim ini sempat terseok-seok diawal musim dan terlempar ke papan bawah klasmen EPL kala itu. Namun secara mengejutkan, kedua tim asal Manchester ini seakan kompak bermain konsisten dengan terus meraih kemenangan demi kemenangan. Selain MU dan City, Leicester City,Chelsea dan yang mengejutkan West Ham juga menjadi pesaing yang patut diperhitungkan musim depan. Jika tidak segera berbenah, Liverpool dipastikan akan ketinggalan jauh dari para rivalnya mendatang.

5. Taktik Klopp Mulai Usang

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan! Olahraga

Foto : Dok. Bola.Okezone.com

Jurgen Klopp butuh waktu bertahun – tahun untuk meracik skuad terbaik bagi Liverpool. Buah kesabarannya itu mengantarkan the reds meraih tropi Liga Champions dua musim lalu dan berhasil menyudahi puasa gelar EPL mereka selama 30 tahun dengan berhasil meraih juara EPL musim 2019/2020. Klopp terkenal dengan taktik ‘gegenpressingnya. Taktik ini khas sekali milik pelatih – pelatih asal Jerman. Awalnya banyak yang meragukan Klopp mampu berhasil menerapkan taktik ini di Liga Inggris, tapi sekali lagi klopp membuktikan taktik gegenpressing miliknya berhasil mengantarkan Liverpool kembali sebagai tim yang ditakuti lawan-lawannya.

Namun seiring berjalannya waktu dan melihat betapa dinamisnya sepakbola modern saat ini, taktik Klopp dianggap mulai usang. Sudah banyak pelatih lawan yang bisa menemukan celah untuk menghentikan anak asuh Klopp di lapangan. Mungkin Klopp bisa mulai mencoba merubah taktiknya jika ingin tetap bertahan di Anfield. Tetap dengan gegenpressing yang khas darinya namun dengan sedikit polesan terbaru. Karena jika tidak, tidak menutup kemungkinan pria berkebangsaan Jerman tersebut akan segera angkat kaki dari Anfield.

Untuk informasi seputar bola dan olahraga lainnya bisa mengunjungi Tulizan Olahraga disini.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Olahraga

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Enhypen dan Deretan Artis K-Pop Rilis Karya di November 2020

Mengenal ENHYPEN, Hasil Kerja Sama Agensi CJ ENM dan HIBE

Lagi, Park Shin Hye & Choi Tae Jun Dirumorkan Pacaran : Okezone Celebrity

Mengenal Pacar Park Shin Hye Yang Sekarang Makin Go Public