in

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa!

Nama Indonesia masih sangat eksis di kancah olahraga Bulutangkis dunia. Bukan tanpa alasan, skuad merah putih setidaknya menguasai 4 sektor saat ini dengan memiliki sejumlah pemain yang berada di ranking 10 besar dunia. Kekuataan Indonesia juga masih sangat menjadi perhitungan bagi negara-negara lainnya. Salah satu sektor yang menjadi kebanggaan pecinta bulutangkis Indonesia ialah sektor ganda campuran. Selain terus mencetak generasi terbaik di sektor ini, pasangan ganda campuran Indonesia terbaik masih bertengger di posisi 10 besar ranking BWF.

Tentu masih jelas dalam ingatan bagaimana wajah bulutangkis Indonesia terselamatkan di Olimpiade Rio 2016, dimana sektor ganda campuran lah yang berhasil menyumbangkan satu – satunya emas dari cabang bulutangkis kala itu. Pasangan ganda campuran kebanggaan masyarakat Indonesia, Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad berhasil mengalahkan ganda campuran terbaik China Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan dua gim saja, 21-16 dan 21-15.

Setelah Liliyana Natsir memutuskan pensiun, sempat menjadi kekhawatiran sendiri bagi para pecinta bulutangkis tanah air. Siapa yang akan melanjutkan tongkat estafet ganda campuran Indonesia untuk berlaga dan memberikan hasil terbaik di level internasional. Namun rasa kekhawatiran itu akhirnya terjawab sudah dengan peningkatan performa yang ditunjukan oleh Praven Jordan dan Melati Oktavia setelah meraih sederet gelar bergengsi seperti All England 2020 lalu.

Dalam artikel ini penulis telah merangkum sederet pasangan ganda campuran Indonesia terbaik yang sudah menyumbangkan sederet prestasi membanggakan bagi tanah air.

1. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa! Olahraga

Foto : Dok. Bola.Net

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir kini telah menjadi legenda bagi sektor ganda campuran Indonesia. Segala pencapaian tertinggi di dunia bulutangkis telah berhasil diraih oleh pasangan satu ini. Tentu saja medali emas di ajang Olimpiade Rio 2016 lalu menjadi yang tertinggi. Tidak hanya menjadi penyumbang medali emas bagi Indonesia, mereka juga berhasil mengakhiri masa paceklik medali emas di cabang bulutangkis Indonesia di kancah Olimpiade. Setelah olimpiade usai, pasangan yang dijuluki Owi dan Butet ini masih terus berprestasi di berbagai ajang yang dihelat BWF. Namun pada 2019 lalu, Liliyana Natsir atau yang kerap di sapa Butet itu memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis Indonesia. Butet memberikan kesempatan untuk sektor ganda campuran melalukan regenerasi. Sehingga tidak hanya bergantung padanya dan Owi saja yang akan mengalami penurunan performa karena usia yang semakin bertambah.

Owi sendiri pasca berpisah dari Butet sempat di pasangkan dengan Winny Oktavina Kandow. Sebelum akhirnya Owi mengikuti jejak Liliyana Natsir untuk pensiun dari dunia bulutangkis pada Mei 2020 lalu. Meski sudah sama-sama tidak lagi berkecimpung di dunia bulutangkis, nama keduanya tetap menjadi legenda bagi ganda campuran Indonesia dengan sederet prestasi terbaik yang berhasil dipersembahkan keduanya.

2. Flandy Limpele/Vita Marissa

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa! Olahraga

Foto : Dok. Twitter.com

Nama pasangan Flandy Limpele dan Vita Marissa mungkin memang tak setenar Owi/Butet di ganda campuran Indonesia. Flandy Limpele lebih dikenal dengan sederet prestasinya bersama Eng Hian di sektor ganda putra sementara Vita Marissa dikenal dengan permainan apiknya bersama Liliyana Natsir disektor ganda putri. Namun keputusan Richard Mainaky yang kala itu menukangi ganda campuran Indonesia untuk mempertemukan Vita dan Flandy sebagai pasangan baru ganda campuran berbuah manis. Pasangan ini berhasil menjadi salah satu kebanggaan bagi Indonesia di sektor ganda campuran. Di pasangkan sejak tahun 2005 hingga 2009, keduanya telah banyak menyumbangkan sederet prestasi terbaik bagi ibu pertiwi. Meski gagal meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008, pasangan ini tetap menjadi salah satu legenda bagi cabang bulutangkis Indonesia

Kini keduanya sudah tidak lagi bermain sebagai pemain bulutangkis melainkan sudah menjadi pelatih bulutangkis. Vita Marissa kini berada dalam jajaran pelatih di PBSI sementara Flandy Limpele sendiri sudah malang melintang ke berbagai negara sebagai pelatih. Sebut saja Jepang, India dan saat ini tengah melatih timnas Ganda putra Malaysia.

3. Praveen Jordan/Melati Oktavia

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa! Olahraga

Foto : Dok. Bola.kompas.com

Nama praveen Jordan dan Melati Oktavia kini tengah menjadi soroton bagi pecinta bulutangkis. Pasalnya pasangan ini berhasil meraih sederet prestasi membanggakan setelah sebelumnya selalu tampil mengecewakan di berbagai turnamen yang dihelat BWF. Setelah memenangkan tur eropa dengan menjuarai Denmark Open dan France Open 2019 lalu, pasangan yang dijuluki Honey Couple ini juga berhasil menyabet gelar All England 2020 lalu. Kini Praveen dan Melati menempati peringkat 4 dunia versi BWF dan teranyar baru saja memenangkan gelar Thailand Open 2021.

Sempat dianggap memiliki permainan yang tidak berkembang, Praveen dan Melati berhasil membuktikan bahwa mereka masih layak menjadi ganda campuran terbaik bagi Indonesia saat ini. Bahkan keduanya kini menjadi salah satu pasangan yang ditakuti oleh ganda campuran negara lain. Mereka juga disebut-sebut akan mampu mengakhiri dominasi pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di berbagai turnamen Internasional. Tak ayal kini Praveen dan Melati dijadikan salah satu harapan bagi Indonesia untuk terus meraih gelar bergengsi di kancah internasional.

4. Nova Widianto/Liliyana Natsir

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa! Olahraga

Foto : Dok. Viva.co.id

Sebelum dipasangkan dengan Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir sempat menjadi pasangan Nova Widianto di sektor ganda campuran Indonesia. Tak kalah membanggakan saat dipasangkan dengan Tontowi Ahmad, Nova dan Butet berhasil menyabet medali perak di ajang Olimpiade Beijing 2008 lalu dari cabang bulutangkis. Keduanya juga pernah menjadi juara dunia di sektor ganda campuran pada tahun 2006. Pasangan ini menjadi salah satu tumpuan bagi Indonesia di turnamen internasional yang dihelat BWF setiap tahunnya. Namun tahun 2010 menjadi tahun terakhir mereka sebagai pasangan mempersembahkan gelar bagi kontingen merah putih karena pada tahun selanjutnya, Liliyana Natsir melanjutkan karirnya di sektor ganda campuran bersama Tontowi Ahmad. Meski mencetak lebih banyak gelar bersama owi (sapaan akrab Tontowi Ahmad), prestasi Butet bersama Nova Widianto juga tak kalah hebatnya. Maka tak heran jika pasangan ini masuk dalam daftar pasangan ganda campuran terbaik Indonesia sepanjang masa.

Kini keduanya telah pensiun dari olahraga yang membesarkan nama mereka. Liliyana Natsir kini fokus mengembangkan bisnisnya sementara Nova Widianto kini masuk jajaran pelatih pelatnas PBSI.

5. Praveen Jordan/Debby Susanto

5 Pasangan Ganda Campuran Indonesia Terbaik Sepanjang Massa! Olahraga

Foto : Dok. Bola.Net

Bagi pecinta bulutangkis Indonesia yang baru mengikuti perkembangan cabang olahraga ini pasca Asian Games yang dihelat di Indonesia 2018 lalu, mungkin tidak mengetahui bahwa Praveen Jordan sebelumnya berpasangan dengan Debby Susanto. Tak jauh berbeda dengan Melati Oktavia, Praveen dan Debby juga sempat disebut-sebut sebagai pasangan penerus kejayaan ganda campuran Indonesia. Bukan tanpa alasan, keduanya sempat mencuri perhatian dengan berhasil meraih gelar juara All England 2016. Mereka juga pernah menjuarai Sea Games di Malaysia pada tahun 2017. Pasangan ini pernah bertengger di ranking 2 dunia. Dengan sederet prestasi tersebut keduanya menempel ketat pasangan Indonesia lainnya saat itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Namun akhirnya pasangan ini harus berpisah dan Praveen dipasangkan dengan Melati Oktavia hingga saat ini. Debby Susanto sendiri juga telah pensiun sebagai pemain bulutangkis pada tahun 2019 lalu. Meskipun sudah berpisah, nama keduanya tetap menjadi salah satu legenda bulutangkis Indonesia di sektor ganda campuran. Pastinya tetap menjadi kesayangan BL (Badminton Lovers) semuanya!

Untuk informasi seputar bola dan olahraga lainnya bisa mengunjungi Tulizan Olahraga disini.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Olahraga

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
God's Menu" Stray Kids Menjadi MV Pertama Mereka Yang Mencapai 100 Juta Views - todaykpop.com

Mengenal Stray Kids dari Biodata Masing-masing Member!

https://img.geek-consult.com/img/insurance/car-insurer-to-monitor-driving.jpg

Mengurangi Masalah Kecelakaan Lalu Lintas dengan Sistem Pemantauan Pengemudi