in

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik

Sebagian siswa yang sudah lulus SMA atau SMK biasanya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, mereka sering bingung untuk menentukan jurusan yang akan dipelajari. Ada banyak pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah. Pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat atau pilihlah jurusan kuliah unik yang mungkin tidak banyak diminati. Namun, kamu harus melakukan riset tentang jenjang karir setelah lulus dari jurusan tersebut sebelum memutuskan untuk memilihnya. Pilihan jurusan yang tepat bisa menentukan limitasi seseorang sehingga mampu memiliki karir yang gemilang. 

Faktanya, ada banyak calon mahasiswa yang tidak tahu cita-cita dan kemampuan yang dimiliki. Akibatnya, mereka sering merasa hampa dan tidak bersemangat, terutama ketika kuliah sudah lebih dari satu tahun. Oleh sebab itu, hal ini harus menjadi pelajaran sehingga kamu tidak jatuh ke lubang yang sama. Kenali dirimu sehingga kamu bisa mengetahui minat dan bakatmu. Kamu tidak boleh menga mbil jurusan sesuai saran orang lain atau hanya mengikuti arus. Selain itu, kamu juga harus melakukan riset tentang informasi kampus dan hal-hal lain yang terkait dengan perkuliahan seperti seluk beluk kampus dan biaya perkuliahan secara rinci.

Jika kamu masih belum bisa menentukan jurusan kuliah yang akan diambil dan ingin mendapatkan pengalaman yang seru maka keluarlah dari zona nyaman dengan memilih jurusan kuliah unik. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Ilmu Atmosfer (Atmospheric Science)

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik Pendidikan

Ilmu Atmosfer atau meteorology adalah ilmu terapan ilmiah yang membutuhkan ketekunan dan daya pikir abstrak yang kuat, terutama kemampuan matematika. Hal-hal yang dipelajari antara lain atmosfer bumi yang terdiri dari komposisi, struktur, proses dan sistem cuaca. Ilmu ini bukan hanya mempelajari tentang peta cuaca dan penyiaran ramalan cuaca di televisi, tetapi juga mempelajari tentang polusi udara, agrikultur, transportasi laut dan udara, pertahanan dan penelitian akan iklim bumi, pemanasan global, kekeringan serta penipisan lapisan ozon.

Sebagian besar mata kuliah yang diajarkan berhubungan dengan praktikum di laboratorium sehingga kamu harus mau menghabiskan banyak waktu di lab. Pilihan karir yang bisa dijalani setelah lulus kuliah di jurusan ini antara lain staf hingga manajer operasional meteorologi, konsultan meteorologi yang memiliki lisensi, penyiar televisi tentang prakiraan cuaca, ahli forensik meteorologi, peneliti di BMKG, dan bagian lainnya di BMKG.

2. Ilmu Pembelajaran tentang Taman, Rekreasi dan Hiburan (Park, Recreation and Leisure studies)

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik Pendidikan

Jurusan kuliah unik ini mempelajari tentang lingkungan, sikap, dan pengalaman manusia selama berekreasi. Kalian akan mencari tahu tentang motivasi yang membuat seseorang ingin berkunjung ke tempat hiburan, meneliti pengaruh tempat hiburan terhadap sikap mereka, dan membangun kemampuan untuk mengatur berbagai macam wisata dan hiburan untuk acara kantor maupun perusahaan.

Mata kuliah dalam jurusan ini akan berhubungan dengan ilmu pengetahuan tentang sikap manusia seperti pertumbuhan dan perkembangan manusia, psikologi normal dan abnormal, adat dan sosial budaya di lingkungan, pembelajaran dan teori kepemimpinan, serta motivasi dan sikap konsumen. Lulusan dari jurusan ini bisa memperoleh pengalaman kerja sebagai pembawa acara seperti olahraga, kelautan, penjelajahan alam, layanan masyarakat untuk anak muda di berbagai tempat seperti taman hiburan, kasino, kapal pesiar, dan masih banyak lagi.

3. Sumber Daya Alam dan Pelestariannya (Natural Resources and Conservation)

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik Pendidikan

Sumber Daya Alam dan Pelestariannya (Natural Resources and Conservation) adalah jurusan kuliah yang membahas tentang manajemen, proteksi, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya alam. Mata kuliah dalam jurusan ini menggabungkan seluruh ilmu pengetahuan seperti kehutanan, perikanan, satwa liar, kimia, biologi, hingga ilmu politik. Bahkan, para mahasiswanya akan diberikan kelas tambahan tentang kepenulisan (writing) dan berbicara di depan umum (public speaking).

4. Ilmu Zaman Pertengahan dan Pencerahan (Medieval and Renaissance Studies)

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik Pendidikan

Masa Renaisans adalah masa peralihan dari masa pertengahan menuju zaman modern yang dimulai dari abad 14 hingga 17 pada. Bahkan, masa ini juga dinamakan masa kelahiran kembali bagi bidang ekonomi, politik, budaya dan sosial. Pada masa ini, ada banyak pemikir yang menjadi dasar ilmu pendidikan modern seperti Michaelangelo (perancang patung Daud setinggi 4.5m yang terbuat dari batu pualam putih), Donatello (perancang patung Markus yang selesai dibangun pada tahun 1413 dan masih ada sampai sekarang), Raphael dengan mahakarya School of Athens, atau Leonardo Da Vinci yang membuat mahakarya bernama Monalisa dan The Last Supper, serta banyak maestro lainnya.

Jurusan kuliah ini juga menganalisis tentang peninggalan budaya Eropa, mempelajari salah satu bahasa dari program studi yang dipilih, serta harus bisa merasakan budaya, pemikiran, dan nilai artistik dari masa tersebut. Bahkan, para mahasiswa diwajibkan untuk menghadiri banyak mata kuliah seperti arsitektur, sejarah, klasik, agama, bahasa inggris, bahasa modern, musik, filosofi, hingga teater. 

Hal menarik dari jurusan ini adalah para mahasiswanya akan mendapat banyak pengalaman dan pengetahua dari pertemuan antarmurid atau antaruniversitas karena ada banyak pertunjukan seni, konferensi, maupun pameran yang harus didatangi. Bahkan, setelah menyelesaikan studi ini, para mahasiswa bisa mencoba jenjang karir di berbagai bidang seperti hukum, obat-obatan, bisnis, seni, jurnalisme, ilmu museum ataupun sebagai guru.

5. Ilmu Perdamaian dan Konflik (Peace and Conflict Studies)

5 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik Pendidikan
Sumber: https://www.masterstudies.com/article/six-careers-for-peace-and-conflict-studies-graduates/

Jurusan kuliah unik ini mempelajari tentang cara menciptakan perdamaian dan keamanan dunia. Para mahasiswanya akan diajak untuk mendalami masalah peperangan, perbedaan gender, rasisme, kemiskinan, perubahan sosial tanpa kekerasan, dan penyelesaian konflik. Jurusan ini juga lebih banyak mempelajari tentang proses sebab akibat daripada materi pengetahuan.

Para mahasiswa akan menghabiskan waktu di dalam kelas yang membahas mata kuliah te teori tentang sejarah peperangan dan perdamaian. Selain itu, para mahasiswa juga akan berkecimpung dalam situasi lab/praktik untuk membangun kemampuan negosiasi, menciptakan perdamaian, dan menerapkan keadaan yang menyenangkan bagi semua orang. Para lulusan dari jurusan ini bisa memperoleh pengalaman kerja sebagai pekerja organisasi publik, pengacara, pegawai pemerintahan, manajer hubungan publik, manajer HRD, dan masih banyak lagi.

Setelah mendapatkan informasi tentang jurusan kuliah unik yang akan dipilih, kamu juga harus mencari tahu tentang universitas atau perguruan tinggi yang akan dituju. Ingat, setiap perguruan tinggi mempunyai fokus mata kuliah masing-masing. Ada yang berfokus pada pertanian, perikanan, kehutanan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ada juga yang berfokus pada ilmu sosial seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Pelajari dengan teliti tentang universitas, sekolah tinggi, atau akademi yang akan dipilih. Jurusan dan perguruan tinggi harus sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Setelah menyelesaikan kuliah, kamu tidak akan bingung untuk menentukan profesi karena kuliah yang ditempuh selama ini sudah sesuai dengan hati nurani. Alhasil, kamu akan semangat kuliah sehingga hasilnya menjadi maksimal. Semangat belajar! Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
5 Ways to Apply Foundation | BeBEAUTIFUL

Tips Memilih Foundation untuk Pemula

Vivo V20 Spesifikasi Dan Harga : Sedangkan Kamera Depannya Menggunakan Resolusi 20 Mp.

Mengenal Vivo V20, Smartphone Dengan Desain Kekinian