in

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan

Judul Buku: Chicken Soup for the Soul: Kekuatan Memaafkan

By: Amy Newmark & Anthony Anderson

Publisher: Chicken Soup for the Soul

Publication Date: December 16th, 2014

ISBN:9781611599428

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok.ebooks.gramedia.com

BlurB

Koleksi kisah di dalam buku ini akan menginspirasi kita untuk menggunakan kekuatan memaafkan demi bergerak maju dan melanjutkan hidup kita. Kita akan terbebas dari kemarahan kita dan memulai penyembuhan diri sendiri dengan melupakan kebencian dan memahami orang yang melukai kita. Justru dengan memaafkan seseoranglah hati kita menjadi lebih tenang dan bahagia.

Kisah-kisah antara lain tentang :

  1. memaafkan orangtua dan keluarga
  2. Memperbaiki relasi dengan keluarga dan teman
  3. Memahami hal-hal buruk yang terjadi di dalam cinta dan perkawinan
  4. Pentingnya memaafkan diri sendiri
  5. Memaafkan perbuatan yang tak termaafkan.

Review

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Ebooks.gramedia.com

Rangkaian Series dari buku Chicken Soup memang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menggugah perasaan pembacanya. Meskipun penulis sendiri belum membaca semua buku series dari chicken soup ini, tapi penulis yakin buku Chicken Soup memang selalu punya pesona sendiri.

Dalam review kali ini, Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan merupakan salah satu buku yang laris di pasaran. Diantara sekian banyak buku series keluaran chicken soup, seri kekuataan memaafkan ini termasuk yang menjadi favorit pembacanya.

Seri Kekuatan Memaafkan ini memiliki 101 kisah yang dibagikan tentang bagaimana penulis-penulis di buku ini bisa berdamai dengan dirinya sendiri, menghilangkan kepedihan, menyelesaikan pertengkarn dan ikhlas untuk memaafkan orang-orang di sekitarnya maupun dari masa lalunya. Hingga pada akhirnya mereka bisa menerima luka lama, dan menjalani hidupnya dengan lebih bahagia. Meskipun berhalaman cukup tebal, buku ini tetap menyenangkan untuk dibaca. Karena setiap kisah yang ada di buku ini ditulis ringkas. Sehingga pembaca disuguhi banyak cerita yang tidak monoton dan datang dari berbagai perspektif.

Secara keseluruhan, buku ini layak dibaca bagi orang-orang yang masih sulit memaafkan dirinya maupun orang lain.

Dari buku chicken soup : kekuaatan memaafkan terdapat 5 poin utama yang bisa kita ambil, dalam artikel ini penulis telah merangkumnya bagi para pembaca setia artikel ini.

1. Tidak memaafkan = membawa beban yang berat sendiri

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Rinogambar.blogspot.com

Memaafkan memang bukan perkara yang gampang. Dalam buku Chicken Soup : Kekuataan Memaafkan ini kita dapat belajar jika memaafkan juga bukan hal yang langsung dilakukan oleh penulis – penulis ceritanya. Mereka berproses untuk menerima kenyataan dan akhirnya melepaskan beban hatinya untuk memaafkan.

Mungkin kita pernah menyakiti dan dengan mudahnya untuk bilang “Maaf.” Tapi akan beda ceritanya jika ketika kita yang berada di posisi sebagai yang disakiti. apakah mudah untuk memaafkan? Jawabannya ada pada diri dan hati kita masing-masing. Maka untuk itulah buku ini hadir. Memberikan refernsi pada para pembacanya bahwa menyimpan dendam hanya akan menyakiti diri sendiri. Karena ketika kita tidak mau memaafkan, kita yang akan menanggung sakitnya.. Kita hidup dengan membawa beban yang berat. Beban yang kita ciptakan dan kita pikul sendiri. Tapi jika kita bisa memaafkan, maka hidup kita menjadi jauh lebih ringan.

2. Memaafkan sejatinya untuk diri kita sendiri

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Greatmind.id

buku ini memang sangat direkomendasikan khususnya bagi orang-orang yang masih punya luka lama dan belum siap menerima kenyataan. karena jika kita masih saja membawa luka itu, hidup kita akan terasa berat. Tapi jika kita mau membuka hati sedikit saja untuk memaafkan orang yang menyakiti kita, mengikhlaskan segala luka yang sudah kita terima, maka di saat itulah kita bisa memulai hidup yang lebih bahagia.

Buku chicken soup : kekuataan memaafkan ini memberikan gambaran jika memaafkan itu bukan untuk orang yang melukai kita. Ataupun bukan untuk mencintai orang yang telah melukai kita, bukan untuk bersahabat dengan orang yang melukai kita. Tapi memaafkan itu untuk diri kita sendiri. Agar dapat menikmati hidup yang lebih baik kedepannya. Tidak ada yang bisa bebas dari masa lalu, tapi semuanya bisa belajar dari masa lalu untuk menata kehidupan selanjutnya. Dan memaafkan itu jelas saja, untuk diri sendiri. Sebelum berpengaruh pada kehidupan kita dengan orang lain.

3. Memaafkan itu dimulai dari diri sendiri

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Sehatq.com

Buku ini menjelaskan bahwa proses memaafkan itu tidak dimulai dari orang lain. tetapi dimulai dari diri kita sendiri. Memaafkan itu tidaklah sesulit yang dibayangkan jika diri kita sendiri yang memulainya. Perjalanannya memang tidak instan, hasilnya juga tidak langsung terlihat. Tapi ketika kita mau berpikir lebih dalam, sesungguhnya tidak memaafkan justru membuat kita terjebak dalam suatu labirin yang terasa hanya akan menyesatkan kita. Kita terjebak dengan rasa marah, dendam yang tak padam Sedangkan orang yang kita anggap telah melukai kita, mereka justru menjalani hidupnya seperti biasa, tanpa beban, atau bahkan tidak memikirkan kita di sini yang pernah terluka karenanya.

Terdengar ironis tetapi memang begitulah kenyataan yang banyak terjadi dalam hidup ini. Kita susah payah menata hidup dengan memupuk rasa marah dan dendam pada seseorang sementara orang tersebut terlihat hidup baik-baik saja.

Kita manusia memang bisa terluka. Tapi kita juga nggak bisa selalu mengontrol orang lain harus bersikap seperti apa. Dan sekarang pilihannya ada pada diri kita sendiri. Mau melanjutkan hidup atau tidak. Kalau mau hidup tenang dan bahagia ya harus mulai merima apapun masa lalu kita. Karena bagaimana pun apa yang sudah terjadi di masa lalu itu tidak bisa dirubah sama sekali. Sebenaranya memaaafkan orang-orang yang pernah melukai hati kita Bukan juga supaya kita bisa mencintai mereka lagi. Tapi justru untuk kebaikan hidup kita sendiri. Maka memaafkan itu berdampak paling besar bagi diri kita sendiri.

4. Belajar memaafkan

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Kompasiana.com

Sebagai sejatinya judul buku ini, Kekuatan Memaafkan, buku ini mengajarkan untuk para pembacanya belajar memaafkan. Tidak harus langsung memaafkan semua hal tapi mulailah melepaskan satu – satu beban yang ada di pundak selama ini. Tidak mudah memang untuk memaafkan tapi juga tidak sulit jika kita mau belajar memaafkan. Lepaskan lah beban amarah itu satu persatu. Tidak sekaligus tapi perlahan. Dari hal – hal kecil yang selama ini terasa mengganggu di hidup ini. Belajar memaafkan diri sendiri, belajar memahami bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa berjalan sesuai keinginan kita. Belajar memaafkan ini sebenarnya memiliki cakupan luas, maka buku chicken soup : kekuataan memaafkan ini menghadirkan banyak referensi untuk para pembacanya. Tidak hanya mengenai konflik keluarga tetapi juga terdapat konflik dengan diri sendiri. Konflik batin dengan keadaan dan berbagai sudut pandang lainnya.

5. Mengenang Luka Masa Lalu Tidak Membawa Kebaikan

5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan Buku

Foto : Dok. Dribble.com

Poin terakhir yang menjadi highlight dari buku Chicken Soup : Kekuataan Memaafkan adalah mengenai Luka masa lalu. Luka masa lalu sering halnya menjadi sesuatu yang menjadi alasan kita sulit memaafkan seseorang atau menerima keadaan saat ini. Padahal tanpa kita sadari, mengenang luka masa lalu itu hanya akan merugikan diri kita sendiri. Ia tidak akan membawa kebaikan apapun bagi hidup kita. Time will heal, people said. Ya, benar sekali. Waktu akan menyembuhkan luka hati tapi luka itu tidak akan pernah benar-benar sembuh jika kita terus menggaruk luka tersebut. Dengan cara mengingatnya terus menerus dan tidak memaafkan orang yang melukai kita.

Jika kita mau belajar menyembuhkan luka masa lalu, maka cobalah untuk memaafkan. Menerima kenyataan dan melanjutkan hidup dengan lebih bahagia. Karena mengenang luka masa lalu tidak akan membawa setitik kebahagiaan pun bagi diri kita.

Itulah artikel mengenai “5 Poin Utama Dari Buku Chicken Soup : Kekuatan Memaafkan”. Untuk ulasan atau rekomendasi buku / novel lainnya, bisa kunjungi Tulizan Buku & Novel!

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
GFRIEND Bubarkan Grup Melalui Tulisan Tangan, Isi Suratnya Bikin Mewek! - About Semarang

Isi Surat Member Gfriend Sebagai Perpisahan Untuk Buddy

Gong Yoo And Park Bo Gum Embark On A Thrilling Journey In Upcoming Sci-Fi Film Poster | Soompi

4 Fakta Menarik Soal Film Seo Bok Yang Sudah Rilis Di Bioskop Indonesia