in

5 Rekomendasi Drama Bercerita Tentang Gumiho Makhluk Mitologi Korea

Para penggemar drakor tentu sudah tidak asing dengan istilah Gumiho yang merupakan makhluk mitologi Korea Selatan yang menjadi legenda. Namun, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu Gumiho. Dia adalah roh dari rubah yang memiliki ekor sembilan berasal dari mitologi China. Makhluk ini ditemukan pada tulisan-tulisan saat abad ke-4 hingga ke-1 SM atau pada masa Dinasti Han. Legenda ini pun menyebar di Asia Timur dengan nama yang berbeda-beda. Dogeng tentang guminho ini tumbuh dan berkembang di masyarakat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Penduduk Tiongkok mengenal sosok ini dengan nama Huli Jing, sedangkan warga negara Jepang menyebutnya Kitsune. Kedua nama tersebut merupakan makhluk yang sama dengan Gumiho yang digunakan masyarakat Korea Selatan.

Gumiho dapat menjelma menjadi manusia sama seperti yang diceritakan dalam drama. Namun, mereka akan memiliki wajah dan hidung yang lancip dengan bentuk mata yang sipit saat menjelma menjadi manusia. Beberapa menggambarkan Gumiho sebagai siluman rubah dengan ekor sembilan yang menjelma menjadi wanita dengan paras cantik dan energi yang kuat. Makhluk tersebut merupakan peliharaan seorang biksu tua berdasarkan legenda yang terkenal di tengah masyarakat. Sang biksu telah memelihara Gumiho sejak dia masih muda hingga berusia senja. Sehingga biksu tersebut memutuskan ingin menyegel Gumiho di dalam sebuah lukisan agar makhluk kesayangannya tersebut tidak di sakiti oleh orang lain.

5 Rekomendasi Drama Bercerita Tentang Gumiho Makhluk Mitologi Korea Drama Korea

Gambar: Sosok Gumiho dalam drama digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang mengenakan daster putih dan memiliki sembilan ekor berwarna putih yang memancarkan sinar biru

Gumiho menyetujui hal tersebut dengan sebuah syarat dia boleh keluar dari lukisan pada saat bulan purnama. Nantinya dia akan bertengger untuk menjelma menjadi sosok wanita cantik. Hal ini pun disetujui sang biksu dengan persyaratan pula, yaitu Gumiho tidak boleh menampakkan dirinya kepada manusia. Sayangnya, seorang petani mengetahui keberadaan gumiho yang sedang berjalan-jalan di sekitar kawasan kuil. Dia merasa aneh karena wanita cantik tersebut masuk ke dalam kuil seusai jalan-jalan. Kabar ini pun menyebar luas ke tengah masyarakat yang membuat mereka mempertanyakan dan memperotes kejadian ini kepada sang biksu. Menurut mereka menyembunyikan wanita di dalam kuil adalah suatu kejahatan. Akhirnya, sang biksu memutuskan untuk selamanya menyegel Gumiho dalam lukisan tersebut.

Datang seorang laki-laki bersama temannya pada suatu hari dengan tujuan ingin berdoa di kuil tersebut. Namun, mereka terjebak hujan ketika ingin pulang yang membuat mereka terpaksa bermalam di sana. Mereka diizinkan oleh sang biksu dengan syarat tidak masuk ke dalam ruangan yang terlarang, yaitu lokasi lukisan Gumiho. Sayangnya, malam itu sedang bulan purnama sehingga kekuatan Gumiho dapat menembus segel. Laki-laki tersebut melihat sebuah sinar yang memancar di balik sebuah pintu ruangan terlarang. Dia sangat penasaran hingga tidak memperdulikan ucapan sang biksu. Dia pun membuka pintu ruangan dan melihat seorang wanita cantik berambut panjang mengenakan daster putih. Wanita tersebut memiliki sembilan ekor yang memiliki warna putih dan memancarkan sinar biru. Laki-laki tersebut pingsan karena terlalu terkejut menyaksikan hal tersebut. Lalu, roh rubah ekor sembilan membawanya pergi untuk dimakan hati dan jantungnya supaya dapat menyempurnakan dirinya untuk menjadi sosok manusia.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi drama bercerita tentang Gumiho makhluk mitologi Korea :

1. Gu Family Book tayang tahun 2013

Gu Family Book merupakan drama yang menceritakan tentang makhluk setengah manusia setengah Gumiho bernama Choi Kang Ci. Karakter yang diperankan oleh Lee Seung Gi ini hidup layaknya manusia biasa tetapi dia memiliki kekuatan seperti siluman rubah. Choi Kang Ci bertemu dengan Dan Yeo Wool yang merupakan seorang gadis belia yang ahli bela diri. Karakter yang diperankan oleh Bae Suzy tersebut sebenarnya perempuan yang sedang menyamar sebagai seorang laki-laki. Choi Kang Ci dan Dan Yeo Wool ternyata saling jatuh cinta ketika penyamaran tersebut terbongkar.

2. The Thousandth Man tayang tahun 2012

Drakor selanjutnya yang bercerita tentang Gumiho sang makhluk mitologi di Korea Selatan adalah The Thousandth Man yang tayang tahun 2012. Drama ini menceritakan tentang seekor Gumiho bernama Mi Jin yang diperankan oleh Gang Ye Won. Dia memiliki ibu bernama Jeon Mi Sun dan adik perempuan bernama Mi Mo yang juga merupakan seekor Gumiho. Namun, mereka telah menjadi manusia setelah mengonsumsi 1000 hati laki-laki. Masalahnya adalah Mi Jin yang telah mengonsumsi 999 hati laki-laki ini hanya memiliki waktu 3 bulan saja untuk melengkapi misinya. Dia akan menghilang apabila tidak bisa menemukan hati yang ke 1000.

5 Rekomendasi Drama Bercerita Tentang Gumiho Makhluk Mitologi Korea Drama Korea

Gambar: Potret Lee Seung Gi dan Shin Min Ah dalam drama My Girlfriend is a Gumiho

3. My Girlfriend is a Gumiho tayang tahun 2010

My Girlfriend is a Gumiho menceritakan tentang pria yang bercita-cita menjadi aktor terkenal bernama Cha Dae Wong. Karakter yang diperankan oleh Lee Seung Gi tersebut pergi ke kuil karena bertengkar dengan kakeknya. Cha Dae Wong tidak sengaja membebaskan Gumiho yang terjebak dalam lukisan sekitar 500 tahun. Makhluk tersebut kemudian bertransformasi menjadi wanita cantik yang terus mengikuti Cha Dae Wong. Sehingga mereka pun saling terhubung hingga cinta keduanya bersemi dan memutuskan untuk hidup bersama. Drama ini menyuguhkan konflik-konflik komedi romantis yang seru untuk disaksikan.

4. Grudge: The Revolt of Gumiho yang tayang 2010

Drakor selanjutnya yang bercerita tentang Gumiho sang makhluk mitologi dengan berlatar pada Dinasti Joseon adalah Grudge: The Revolt of Gumiho. Drama ini menceritakan tentang Gu San Daek, seekor Gumiho cantik yang meninggalkan suaminya. Lantaran dia melanggar janji agar menikahinya setelah mereka bersama selama sepuluh tahun. Dia pun tidak dapat mendapatkan perubahan bentuk karena pengkhianatan tersebut. Padahal Gu San Daek memiliki seorang putri bernama Yeon Yi yang terlahir dari ayah manusia dan ibu siluman rubah. Anaknya tersebut belum mendapatkan kemampuan untuk menggunakan kekuatan Gumiho sehingga mereka pun mencari tempat yang aman untuk tinggal. Mereka bertemu Yoon Doo Soo sehingga mereka memutuskan untuk menetap di sana. Kemudian, konflik pun bermula dari rumah Yoon Doo Soo tersebut.

5. Forbidden Love tayang tahun 2004

Forbidden Love menceritakan tentang Gumiho bernama Yoon Shi Yeon yang hidup menyamar di dunia manusia. Dia merupakan sosok yatim piatu dengan masa lalu yang kelam karena seluruh keluarganya dibantai. Yoon Shi Yeon bekerja sebagai seorang karyawan di museum sejarah alam pada siang hari tetapi berbeda pada malam hari. Dia bertugas sebagai prajurit wanita peringkat atas klan Rubah Ekor Sembilan untuk menjaga keseimbangan yang lembut antara rubah dan pria. Namun, keadaan menjadi tidak terkendali karena pembunuhan berantai mengerikan yang terjadi di mana para korban telah dicungkil organ dalamnya. Pelaku adalah tokoh jahat yang diduga pernah membantai keluarga karakter yang diperankan Kim Tae Hee.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
EXO head to space in futuristic video for 'Don't Fight The Feeling'

EXO Rilis Lagu Don’t Fight The Feeling Sebagai Comeback di Tahun 2021

Rekomendasi Toko Furniture Untuk Menghias Rumah Anda