in

6 Album Hits Selama 13 Tahun Perjalanan Karir SNSD Sang Ratu K-Pop

SNSD adalah girl group besutan SM Entertainment yang memulai debut pada tanggal 5 Agustus 2007 silam. Mereka debut dengan 9 personel, yaitu Taeyon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Soo Young, Yoona, dan Seohyun. Hanya saja Jessica harus hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya tersebut pada tahun 2014. Sehingga hanya tersisa 8 personel saja yang bertahan hingga 13 tahun perjalanan karir SNSD ini.

13 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah grup untuk bisa terus aktif. SNSD termasuk grup yang sukses bertahan di tengah meningkatnya persaingan dalam industri hiburan Korea Selatan. Apalagi usaha mereka untuk mencapai popularitas tidak mudah. Grup ini pernah mengalami insiden black ocean, keadaan di mana para penonton mematikan lightstick mereka saat sebuah grup tampil. Insiden tersebut biasanya terjadi untuk menunjukkan rasa tidak suka penggemar kepada sang idola. Bisa juga diartikan sebagai bentuk boikot dari penonton.

Untungnya, grup yang disebut juga Girls Generation ini tidak mudah menyerah. Mereka terus membuktikan kualitas dan talenta yang mereka miliki. Usaha mereka pun tidak sia-sia dengan sukses meraih ratusan penghargaan bergengsi di bidang musik. Sebut saja lagu Gee yang mendapatkan predikat sebagai Song of the Decade. Grup ini juga berhasil memecahkan deretan rekor, seperti girl group pertama yang meraih Daesang tiga kali berturut-turut di Golden Disc Award. Untuk itu setelah melalui 13 tahun perjalanan karir SNSD layak mendapatkan julukan sang ratu K-Pop. Eksistensi mereka tidak hanya memukau sebagai satu kesatuan grup, tetapi karirmasing-masing personel juga masih terus bersinar.

6 Album Hits Selama 13 Tahun Perjalanan Karir SNSD Sang Ratu K-Pop K-Pop
Gambar: SNSD atau Girls Generation dengan formasi 8 personel

Personel grup SNSD yang tinggal berdelapan sejak hengkangnya Jessica membuat formasi grup menjadi berubah. Belum lagi Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan SM Entertainment pada 2019 lalu. Hanya Taeyon, Sunny, Hyoyeon, Yuri, dan Yoona yang masih menetap di agensi yang telah menaungi mereka sejak awal karir. Kelima personel yang tersisa sempat membuat sub unit bernama Oh!GG!. Namun, hal ini tidak mengindikasikan formasi SNSD kehilangan 3 personel lainnya. Lagi pula hubungan antar personel tetap kuat, terbukti dari seringnya mereka menggelar pertemuan di hari-hari penting. Sebenarnya grup ini pernah membuat unit grup sebelumnya dengan nama TaeTiSeo yang terdiri dari Taeyon, Tiffany dan Seohyun.

SNSD telah merilis 6 album Korea yang laku keras di pasaran. Lagu-lagu mereka juga hits di kalangan K-Popers, seperti Genie, Oh!, The Boys, I Got a Boy, Mr. Mr., dan Party. Lagu Holiday yang dirilis beberapa waktu lalu juga tidak kalah hits dengan lagu-lagu terdahulu mereka. Selain itu, mereka juga merilis album Jepang sebanyak 3 kali.

6 album hits selama 13 tahun perjalanan karir SNSD sang ratu K-pop:

1. Album Girls’ Generation

Perjalanan Karir SNSD dimulai ketika SNSD debut dengan merilis lagu Into The New World pada tahun 2007 silam. Tidak lama berselang mereka melakukan comeback dengan merilis album studio Korea pertama yang berisikan 11 lagu. Album tersebut diberi nama dengan nama grup mereka sendiri, yaitu Girls’ Generation. Namun, album tersebut dirilis ulang pada tahun 2008. SNSD menambahkan 4 lagu baru dalam album yang diubah namanya menjadi Baby-baby tersebut. Oiya, lagu debut SNSD menjadi lagu kebangsaan para girl group loh! Sementara lagu kebangsaan para boy group adalah lagu Sorry Sorry milik Super Junior.

2. Album Oh!

6 Album Hits Selama 13 Tahun Perjalanan Karir SNSD Sang Ratu K-Pop K-Pop
Gambar: Penampilan SNSD dalam album kedua bertajuk Oh! yang rilis tahun 2010

SNSD merilis album studio Korea kedua dengan nama Oh! pada 28 Januari 2010. Sama seperti album sebelumnya, album Oh! Juga dirilis ulang kembali dengan nama Run Devil Run. Perilisan ulang ini menambahkan 3 lagu baru dalam album yang sebelumnya telah berisikan 12 lagu tersebut. Selain itu, SNSD melakukan kolaborasi dengan Key SHINee dalam lagu yang berjudul Boys & Girls. Ada juga lagu duet antar personel, seperti lagu Talk to Me yang dibawakan Jessica dan Tiffany. Sementara, lagu Day by Day dibawakan secara unit oleh Taeyon, Jessica, Tiffany, Seohyun dan Sunny.

3. Album The Boys

SNSD merilis album studio Korea ketiga dengan nama The Boys pada 29 Oktober 2011. Mereka membawakan 12 lagu baru dalam album tersebut di mana The Boys merupakan single utamanya. Lalu, grup ini merilis lagu The Boys di seluruh dunia pada 19 November 2011. Mereka berada dalam naungan label musik Amerika Serikat bernama Interscope Records. Sebenarnya SNSD sempat menunda perilisan album ini dikarenakan kecelakaan yang dialami oleh Soo Young.

4. Album I Got a Boy

Gambar: Penampilan SNSD atau Girls Generation dalam musik video untuk lagu I Got a Boy

Perjalanan Karir SNSD selanjutnya adalah ketika SNSD merilis album studio Korea keempat dengan nama I Got a Boy pada 1 Januari 2013. Mereka terlebih dahulu merilis lagu Dancing Queen sebagai pre-single dari album yang berisikan 10 lagu tersebut. Dancing Queen merupakan sebuah lagu remake dari lagu yang dibawakan Duffy, yaitu berjudul Mercy. Selain itu, lagu yang berjudul Baby Maybe merupakan demo lagu yang ditulis oleh penyanyi Pixie Lott. Namun, lagu tersebut diberikan kepada SNSD yang ditulis ulang oleh Seohyun, Yuri dan Soo Young.

5. Album Lion Heartudio

SNSD merilis album studio Korea kelima dengan nama Lion Heartudio pada 19 Agustus 2015. Ini menjadi album pertama mereka dengan formasi 8 orang setelah keluarnya Jessica dari grup. Album yang berisikan 12 lagu ini berhasil memuncaki chart Billboard. Selain itu, lagu yang berjudul Lion Heart juga sukses menjadi hits populer yang banyak didengarkan. Hingga SNSD memborong semua trofi pada minggu ke empat bulan Agustus 2015 silam berkat lagu Lion Heart tersebut. Mereka membawa trofi dari 6 program musik Korea pada minggu tersebut.

6. Album Holiday Night

6 Album Hits Selama 13 Tahun Perjalanan Karir SNSD Sang Ratu K-Pop K-Pop
Gambar: Salah satu gerakan dalam penampilan SNSD untuk lagu berjudul All Night yang tampil di sebuah acara program musik Korea Selatan

SNSD merilis album studio Korea keenam dengan nama Holiday Night pada 4 Agustus 2017 secara digital. 3 hari kemudian barulah dirilis secara fisik. Perilisan album ini bertepatan dengan ulang tahun SNSD yang ke sepuluh. Untuk itu, album ini dibuat sangat istimewa bahkan produser dari album ini adalah pendiri agensi SM Entertainment. Lee So Man secara ekslusif bekerja keras untuk album perayaan ini.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lee Jae Wook In Talks For A Leading Role In An Upcoming KBS Drama

2 Tahun Berkarier Lee Jae Wook Akhirnya Jadi Pemeran Utama Drama

7 Cara Tetap Positif di Lingkungan Kerja Toxic