in

6 Aplikasi Terbaik Yang Bahas Informasi Soal Teknologi Otomotif

Manusia telah memasuki era digital yang memudahkan untuk mengakses segala informasi terbaru termasuk otomotif. Tulisan ini akan membahas tentang aplikasi terbaik untuk smartphone tipe android yang belajar dan membagikan informasi tentang teknologi otomotif. Semua aplikasi ini dapat diunggah di ponsel sehingga selalu mendapatkan infomasi yang terbaru. Tujuan mempelajari otomotif agar memaksimalkan performa mesin kendaraan sekaligus menghindari kerusakan yang fatal. Selain itu, kita dapat memastikan kinerja dari semua sistem pada komponen-komponen kendaraan setelah memahami cara kerja dari seluruh bagian kendaraan. Tentu sangat berguna untuk membantu kita melakukan perawatan secara rutin supaya kendaraan kita dapat tahan lama.

Sebenarnya ada banyak manfaat mempelajari otomotif baik untuk laki-laki atau perempuan karena kegiatan ini tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Setidaknya kita mampu memahami kondisi alat transportasi pribadi. Lagi pula mempelajari otomotif tidak sesulit yang dibayangkan. Kita cukup memahami hal sederhana mulai dari konsep dan komponen kendaraan seperti mesin, kerangka dan lain-lain. Selanjutnya, kita mempelajari tentang teknis-teknis dalam kendaraan hingga prinsip kerja mesin kendaraan empat tak.

Ada empat langkah pada setiap siklus kerja mesin empat tak mulai dari langkah hisap, kompresi, pembakaran, hingga buang. Langkah pertama adalah hisap yang dimulai dengan posisi piston bergerak dari atas ke bawah. Titik tertinggi piston disebut dengan top dead center (TDC) sedangkan titik terbawah piston disebut bottom dead center (BDC). Hal yang akan terjadi adalah volume di dalam blok silinder secara otomatis menjadi semakin besar saat piston bergerak ke BDC. Kemudian, katup hisap di kepala silinder pun akan terbuka yang menyebabkan campuran antara udara dan bahan bakar ke dalam silinder dengan perhitungan stoikometrik.

6 Aplikasi Terbaik Yang Bahas Informasi Soal Teknologi Otomotif Otomotif

Gambar: Tujuan mempelajari otomotif agar memaksimalkan performa mesin kendaraan sekaligus menghindari kerusakan yang fatal

Langkah kedua adalah kompresi. Hal yang terjadi adalah katup hisap akan mulai menutup sesuai mekanismenya saat piston sudah mencapai BDC. Selanjutnya, piston akan kembali bergerak ke TDC yang menyebabkan terjadinya penyempitan volume silinder. Sehingga udara dan bensin yang berada di dalam silinder akan mengalami kompresi yang meningkatkan tekanan dan suhu. Selain itu, terdapat coakan tepat di atas silinder yang memiliki fungsi sebagai ruang terjadinya pembakaran. Gas yang terkompresi tadi akan berkumpul di dalam raung yang memiliki volume 10 kali lebih kecil daripada volume total.

Langkah ketiga adalah pembakaran. Hal yang terjadi adalah suhu dan tekanan gas di dalam ruang bakar sudah sangat tinggi saat piston hampir menyentuh TDC. Selanjutnya, busi akan mengeluarkan percikan api kecil yang dapat memicu ledakan pada ruang bakar. Ledakan tersebut akan mendorong piston untuk bergerak ke bawah dengan kekuatan yang besar tetapi tidak akan merusak mesin. Pasalnya kekuatan tersebut justru membuat piston dapat terus menerus bergerak naik turun sehingga menghasilkan putaran secara berkelanjutan.

Langkah terakhir adalah buang. Hal yang terjadi adalah piston bergerak ke TDC setelah mengalami peningkatan yang besar dalam pembakaran. Selanjutnya, katup buang pun akan terbuka sesuai mekanismenya yang mendorong gas sisa pembakaran agar terbuang melewati katup buang. Kemudian, katup buang akan menutup dan katup hisap kembali terbuka saat piston mencapai TDC sehingga siklus berikutnya pun berlanjut.

Berikut ini adalah enam aplikasi terbaik untuk belajar informasi soal teknologi otomotif :

6 Aplikasi Terbaik Yang Bahas Informasi Soal Teknologi Otomotif Otomotif

Gambar: Sebenarnya ada banyak manfaat mempelajari otomotif baik untuk laki-laki atau perempuan karena kegiatan ini tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari

1. OTO.com

OTO.com adalah aplikasi yang membahas tentang harga mobil baru karena menawarkan cara yang tepercaya untuk membeli kendaraan roda empat tersebut. Selain itu, aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencari kendaraan yang paling tepat dengan cara cepat. Pengguna dapat menemukan banyak merek mobil terkemuka dalam OTO.com seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Datsun, Isuzu, Mitsubishi, Chervrolet, dan Nissan. Sebenarnya masih banyak merek yang mobil lainnya yang dalam aplikasi ini.

2. Autonetmagz

Autonetmagz menyediakan berita online tentang otomotif. Aplikasi ini juga memberikan informasi secara lengkap mulai berita Nasioal sampai Internasional dari sudut pandang pengguna kendaraan. Sehingga semakin membuka wawasan seputar dunia otomotif. Ada situs berbeda dari Autonetmagz berdasarkan penggunaan bahasanya. Apabila AutonetMagz.com menggunakan bahasa indonesia sedangkan Autonetmagz.net menggunakan bahasa inggris. Selain itu, hadir juga dalam bentuk video kendaraan melalui Youtube.

3. Otomotif

Otomotif hadir untuk mempermudah belajar tentang otomotif seperti mesin mobil. Ada penjelasan tentang Tune Up bermanfaat untuk memaksimalkan performa sekaligus menghidari kerusakan pada mesin. Sedangkan, fungsi Tune Up adalah memastikan semua sistem mesin berada pada kondisi yang baik dengan komponennya yang sesuai dengan spesifikasinya. Sebenarnya ada banyak penjelasan yang sangat lengkap di Otomotif sehingga dapat digunakan untuk belajar kapanpun dan dimanapun.

4. MotorPlus

Aplikasi terbaik selanjutnya yang bahas informasi soal teknologi otomotif adalah MotorPlus yang berfokus pada otomotif motor saja. Ada banyak kelebihan pada aplikasi ini seperti pembahasan yang sangat lengkap seputar mesin motor. Selain itu, ada beragam tips dan trik untuk memodifikasi motor yang dapat dipraktikan secara mudah dan murah.

6 Aplikasi Terbaik Yang Bahas Informasi Soal Teknologi Otomotif Otomotif

Gambar: Kita mampu memahami kondisi alat transportasi pribadi lewat aplikasi otomotif

5. Automobile Engineering

Automobile Engineering adalah aplikasi otomotiff untuk belajar teknik dan kosep mobil terbaik, klasifikasi mesin, studi komponen sistem bahan bakar dan lainnya. Kelebihan aplikasi ini tidak hanya mencakup semua konsep fungsional dan kontruksional yang disajikan dengan cara sederhana saja. Pasalnya semua topik penting dari teknik mobil tersedia lengkap dalam Automobile Engineering yang diindeks dari buku manual. Sehingga tidak perlu lagi merasa kawatir akan kebenaran dari pembahasan dalam aplikasi. Pengguna akan mendapatkan informasi tentang ilmu otomotif hanya dengan memasang aplikasi Automobile Engineering dalam smartphone android mereka.

6. 3D Engineering Animations +

3D Engineering Animatios + merupakan aplikasi yang sangat menarik karena informasi tentang otomotif ditampilkan dengan fiture tiga dimensi. Sehingga informasi yang disajikan memiliki visualisasi dengan animasi pada model 3D. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk belajar sistem-sistem mesin dan proses kerja mesin pada mobil. Sehingga kamu perlu memasang 3D Engineering Animation di ponselmu karena tidak hanya bagus tetapi juga berkualitas terbaik dalam Animations +.

7. Mechanical Engine Motor

Mechanical Engine Motor adalah aplikasi untuk mencari solusi tentang teknik mesin pada motor. Solusi yang diberikan pun sangat mudah untuk dipelajari seperti konsep tentang teknik mekanik yang sangat penting dalam sistem otomotif. Kehadiran Mechanical Engine Motor sebenarnya bertujuan untuk memotivasi para penggemar otomotif menjadi pelaku yang cerdas dan profesional. Itu adalah tujuh aplikasi terbaik yang bahas informasi soal teknologi otomotif.

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Park Seo Joon Blak-blakan soal Gosip Pacaran dengan Park Min Young

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat

Makna di Balik Bendera Negara Korea

Fakta Soal Aturan dan Larangan di Industri Hiburan Korea Selatan