in

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband

Grup Kpop terus mengalami regenerasi seiring berjalannya waktu. Regenerasi ini menyebabkan pergantian era karena ada grup yang hiatus sementara atau bahkan memutuskan untuk bubar. Sebenarnya ada banyak alasan yang menjadi latar belakang mengapa sebuah grup Kpop yang melakukan disband. Namun, tidak jarang beberapa alasan di antaranya malah terasa aneh karena tampak tidak masuk akal.

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband K-Pop

Gambar: Gugudan secara tiba-tiba bubar pada 31 Desember 2020 sehingga membuat penggemar merasa kecewa dengan keputusan tersebut karena mereka telah menantikan comeback grup asuhan Jellyfish Entertainment selama dua tahun

Setidaknya ada tiga grup Kpop yang alasan pembubarannya cukup aneh. Pertama adalah Triple H yang terdiri dari HyunA beserta Dawn dan Hui yang merupakan dua anggota Pentagon saat itu. Cube Entertainment selaku agensi yang menaungi grup memutuskan untuk membubarkan Triple H pada 2018. Lantaran HyunA dan Dawn menjalin hubungan asmara yang sebenarnya sudah disangkal dengan susah payah oleh agensi. Namun, keduanya malah kompak menunjukkan hal sebaliknya yang dianggap sebagai perlawanan dari pernyataan agensi. Sehingga Dawn dan HyunA pun dikeluarkan dari agensi yang menyebabkan Cube Entertainment membubarkan Triple H yang hanya menyisakan Hui. Adapun alasan pembubaran adalah hilangnya kepercayaan antara agensi dengan para artis asuhannya.

Kedua adalah K’pop yang memiliki masalah yang cukup rumit. Pasalnya alasan awal yang menyebabkan pembubaran grup adalah kedua anggota yang saling berpacaran. Namun, ternyata salah satunya berselingkuh dengan anggota laki-laki dari grup lain. Sehingga terjadilah perkelahian terus menerus antar kedua anggota yang menjalin hubungan romansa ini setelah perselingkuhan tersebut terungkap. Akhirnya K’Pop dibubarkan karena pertengkaran tersebut.

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband K-Pop

Gambar: Sistar merilis lagu Lonely lagu Lonely pada 31 Mei 2017 sebelum akhirnya secara resmi mengakhiri promosi

Ketiga adalah Swi.T yang pada tahun 2002 masih berada di bawah naungan YG Entertainment. Yang Hyeun Suk yang merupakan petinggi agensi tersebut jatuh cinta dengan salah satu anggota grup yang bernama Lee Eun Ju. Keanehan pun mulai terjadi karena perasaan tersebut justru membuat Swi.T tidak didukung. Lantaran Yang Hyun Suk tidak ingin perempuan yang dicintainya menjadi terlalu populer. Hingga akhirnya Swi.T pun bubar pada 2004 karena tidak adanya perkembangan grup sama sekali ataupun aktivitas yang mendukung. Kemudian, Yang Hyun Suk dan Lee Eun Ju pun mulai berkencan lalu menikah.

Berikut ini adalah 6 grup Kpop yang membuat penggemarnya merasa kaget karena memutuskan disband secara tiba-tiba :

1. 4Minute (2009–2016)

4Minute yang memulai debutnya pada 2009 ini sebenarnya termasuk salah satu grup KPop terbesar. Sayangnya, grup asuhan Cube Entertainment telah bubar setelah tujuh tahun berkarir di industri hiburan Korea Selatan. Agensi menginformasikan pada Juni 2016 bahwa para anggota 4Minute memiliki pendapat berbeda satu sama lain. Pasalnya hanya HyunA yang memperbarui kontrak dengan manajemen, sedangkan Jihyun, Gayoon, Jiyoon, dan Sohyun memutuskan untuk keluar dari agensi.

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband K-Pop

Gambar: Hanya HyunA yang memperbarui kontrak dengan Cube Entertainment, sedangkan Jihyun, Gayoon, Jiyoon, dan Sohyun memutuskan untuk keluar dari agensi

2. 2NE1 (2009–2016)

2NE1 yang debut pada 2009 menjadi salah satu girl group terbesar dari generasi KPop angkatan kedua. Banyak penggemar merasa bahwa YG Entertainment selaku agensi tidak berlaku secara adil terhadap 2NE1, meskipun telah memberikan andil yang besar. Lantaran grup ini harus hiatus untuk waktu yang cukup lama setelah Park Bom terlibat sebuah skandal pada 2014. Hingga akhirnya Minzy memutuskan untuk meninggalkan grup pada April 2016 karena ingin melanjutkan karirnya sebagai solois. Kemudian pada bulan November masih di tahun yang sama, YG Entertainment kembali membagikan kabar yang mengejutkan bahwa 2NE1 telah dibubarkan. Tentu saja keputusan mendadak ini membuat semua Blackjacks yang merupakan sebutan untuk penggemar 2NE1 merasa sangat terpukul.

3. Sistar (2010–2017)

Grup Kpop yang membuat penggemarnya merasa kaget karena memutuskan disband secara tiba-tiba adalah Sistar. Grup yang sangat ikonik karena comeback selalu dinantikan setiap musim panas. Sayangnya grup yang beranggotakan Soyu, Bora, Hyolyn, dan Dasom ini juga memutuskan untuk bubar setelah tujuh tahun bersama menghibur penggemar. Keputusan ini dinilai sangat mendadak karena mereka masih aktif merilis lagu. Sistar bahkan merilis lagu Lonely lagu Lonely pada 31 Mei 2017. Hingga akhirnya secara resmi mengakhiri promosi.

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband K-Pop

Gambar: Sepanjang karier Wonder Girls yang merupakan grup asuhan JYP Entertainment ini telah mengalami banyak perubahan mulai dari anggota hingga konsep

4. Wonder Girls (2007–2017)

Sepanjang karier Wonder Girls telah mengalami banyak perubahan mulai dari anggota hingga konsep. Anggota grup asuhan JYP Entertainment saat awal debut berjumlah lima anggota yang terdiri dari Sohee, HyunA, Yeeun, Sunye, dan Sunmi. Sayangnya, HyunA meninggalkan grup masih di tahun 2007 lalu posisinya pun digantikan oleh Yubin. Kemudian, Sunmi juga memutuskan untuk mengambil istirahat pada 2010 lalu Hyerim ditambahkan ke grup untuk menggantikannya. Sunye dan Sohee juga meninggalkan Wonder Girls, tetapi grup ini masih tetap sukses dengan anggota yang tersisa. Hingga akhirnya mereka mengonfirmasi pembubaran mereka pada 2017 karena Yeeun dan Sunmi telah memutuskan untuk keluar dari JYP Entertainment. Tentu saja ini merupakan sebuah pengumuman yang sangat mengejutkan.

5. Gugudan (2016–2020)

Gugudan yang merupakan grup asuhan Jellyfish Entertainment secara tiba-tiba bubar pada 31 Desember 2020. Nama grup ini sontak menjadi ramai diperbincangkan publik setelah pengumuman pembubaran terutama penggemar yang merasa kecewa dengan keputusan tersebut. Lantaran penggemar sebenarnya sudah lama menantikan kabar comeback yang telah dinantikan cukup lama sejak 2018. Namun, alih-alih menerima kabar bahagia, para penggemar justru mendapatkan pengumuman pembubaran yang sangat mengejutkan. Sehingga, apabila dihitung masa aktifnya, Gugudan hanya melakukan kegiatan bersama dalam kurun waktu dua tahun saja. Sementara, dua tahun lagi para anggota melakukan kegiatan masing-masing.

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband K-Pop

Gambar: PRISTIN sebenarnya sudah sangat dinantikan sejak sebelum resmi debut karena sebagian besar anggota grup ini merupakan kontestan Produce 101

6. PRISTIN (2017–2019)

PRISTIN merupakan girl group bentukan Pledis Entertainment yang sudah sangat dinantikan sejak sebelum resmi debut. Pasalnya sebagian besar anggota grup ini merupakan kontestan dari program survival bernama Produce 101. Sehingga tidak mengherankan apabila PRISTIN langsung meraih kesuksesan saat memulai debut pada 2017. Sayangnya, Pledis Entertainment mendadak membubarkan grup yang beranggotakan 10 orang ini pada 2019. Padahal, penggemarnya masih sangat menantikan PRISTIN kembali merilis album setelah dua mini album mereka sebelumnya. Itu adalah 6 grup Kpop yang membuat penggemarnya merasa kaget karena memutuskan disband secara tiba-tiba.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

List Opening Anime Terpopuler, Tidak Boleh Dilewatkan!

Fakta Menarik Tokyo Revengers Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menonton