in ,

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10

Keberadaan youtube membuat para kaum milenial mulai menyukai pembuatan video. Setiap orang ingin sekali menjadi youtuber karena tren yang muncul bisa membuat mereka terkenal dan punya nama. Endorsement, fee atau bayaran dari youtube, dan keuntungan lain yang bisa diperoleh membuat banyak orang berlomba menjadi konten kreator. Tentu saja, aplikasi movie maker mulai banyak dicari terutama untuk windows 10. Ada banyak aplikasi movie maker yang dapat digunakan di OS windows 10 dan gratis. Modal yang dikeluarkan tidak banyak, plus bisa menghasilkan video yang mumpuni. Proses editing yang sifatnya mendasar masih bisa dilakukan di movie maker gratis. Untuk yang mau merogoh kocek lebih dalam, bisa menikmati berbagai fitur premium dengan kualitas gambar dan video lebih canggih. Buat kamu yang udah penasaran, ini dia 7 aplikasi atau software video untuk OS windows 10.

Filmora Video Editor

Filmora video editor menjadi movie creator yang banyak digunakan bahkan sebelum tren youtuber trending. Selain untuk OS windows, sebenarnya filmora juga bisa digunakan untuk Mac. Saat ini, filmora memiliki 2 jenis versi software yakni, Filmora X dan Filmora Pro. Keduanya bisa digunakan di kedua OS tadi. Fitur yang disediakan oleh filmora punya karakteristik sendiri baik untuk windows 10 dan mac. Untuk Windows 10, filmora memungkinankan proses keyframing, motion tracking, audio ducking, color match, dan punya keyboard shortcut juga untuk mempermudah. Jadi, hampir semua elemen yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah video berkualitas sudah disediakan oleh software movie maker satu ini. Video maker untuk windows 10 ini bisa diunduh dan dicoba secara gratis. Sedangkan untuk pemakaian advanced, kamu bisa daftar subscription plan dengan 3 kategori pilihan. Individual dengan harga hampir 600 ribu rupiah per tahun, Perpetual Pan dengan harga sekitar 1 juta rupiah per tahun, dan bundle plan seharga 1.4jutaan per tahun.

Filmora bisa banget diandalkan untuk kamu yang masih jadi youtuber pemula dengan laptop standar. Kamu hanya perlu mempersiapkan PC atau laptop dengan spesifikasi CPU i5 keatas, 4GB RAM, NVIDIA, dan 10GB free hardisk. Jika spesifikasi kamu lebih rendah, proses editing akan terhambat karena dikhawatirkan terjadi lag diantara proses. Spesifikasi tersebut bukanlah spek yang relatif mahal karena sudah menjadi standar laptop yang ingin dioperasikan untuk design.

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10 Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Gambar 1.1 Tampilan aplikasi Movie Maker Filmora untuk Windows 10 (Sumber: https://filmora.wondershare.com/video-editor/video-editor-download.html)

Adobe Premiere Pro CC

Selanjutnya, ada satu aplikasi premium yang sangat bagus membantu para youtuber pemula ke advanced untuk membantu proses pembuatan video mereka. Adobe Premiere Pro CC adalah aplikasi video maker yang bisa digunakan untuk OS Windows 10 juga. Aplikasi ini adalah serial Adobe Premiere yang baru. Fitur yang diberikan dan hasil video dari aplikasi ini sudah mengarah ke pengguna Advanced. Tetapi buat kamu yang sudah lama memulai video editing dan mau beranjak ke level yang lebih tinggi, bisa banget untuk coba software video satu ini untuk movie creator atau content creator lainnya.

Fitur terbaru dari seri – seri sebelumnya yang bisa kamu temukan di aplikasi ini diantaranya, kemampuan untuk mengatur warna menggunakan ARRI ProRes, Rec2100 PQ, import support untuk ProRes RAW, hingga beberapa performa yang jauh lebih advanced diaplikasi ini. Adobe memang dikenal sebagai salah satu brand eksklusif untuk hal berbau design. Tapi tenang saja, kamu masih bisa mencoba versi free trial untuk menyelami berbagai fitur terlebih dahulu. Untuk harga sendiri tentu lebih mahal dibanding Filmora. Tapi kami bisa mendapatkan fungsi yang fantastis dengan merogoh kocek sedikit lebih dalam sekitar 1.9 juta rupiah perbulan.

Windows Photo and Video Editor – Movie Maker & Creator Windows 10

Jika kamu benar – benar pemula sekali di dunia video dan tidak punya cukup budget untuk membeli software mahal, kamu bisa menggunakan windows photo. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak bawaan untuk movie maker di windows 10. Kamu tidak perlu install karena sudah tersedia langsung begitu komputer kamu di install OS Windows 10. Jika aplikasi ini tidak ada, kamu masih tetap bisa mengunduhnya dengan mudah di Microsoft Store dan tidak dipungut biaya alias gratis. Fitur yang dimiliki tentunya sangat standar tapi jangan sedih, kamu masih bisa menghasilkan video yang bagus, kok. Windows Photo memiliki fitur pemilihan tema, soundtrack, memotong video, efek, hingga melukis gambar tambahan di dalam video. Untuk menghasilkan video yang bagus, kamu bisa menggunakan ponsel canggih untuk mengambil video, kemudian melakukan editing sederhana melalui aplikasi ini.

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10 Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Gambar 3.1 Tampilan aplikasi Movie Maker Windows Photos and Video Editor (Sumber: https://support.microsoft.com/en-us/windows/create-films-with-video-editor-94e651f8-a5be-ae03-3c50-e49f013d47f6)

VSDC

Selanjutnya, buat kamu yang lagi mencari video maker untuk windows 10 yang lebih pro tapi gratis, kamu juga bisa mencoba VSDC. Aplikasi movie maker satu ini memiliki banyak fitur mumpuni dan menarik untuk menghasilkan kualitas video yang lebih baik. Apalagi buat kamu youtuber baru dan mau mencoba lebih pro dengan berbagai efek, bisa banget mencoba otak – atik video dengan VSDC. Apa aja sih fitur canggih miliknya?

VSDC punya fitur motion tracking, sinkronisasi efek video dengan beat musik yang digunakan, , video masking, dan real-time voice-overs. Selain itu, VSDC memungkinkan kamu untuk melakukan editing gelombang suara dengan lebih detail menggunakan fitur audio waveform dan menghilangkan background noise yang membuat video terkesan amatir. Tidak sampai disitu saja, VSDC ternyata juga bisa digunakan untuk video converter, audio converter, serta audio CD grabber. Jadi seperti punya satu tools untuk semua.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di situs resminya kemudian bisa juga berlangganan versi Pro untuk bisa menikmati fitur – fitur yang lebih canggih.

VideoPad Video Editor – Movie Maker & Creator Windows 10

VideoPad Video Editor merupakan keluaran dari NCH software, sebuah rumah produksi perangkat lunak. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh movie maker yang satu ini adalah VideoPad mendukung hamper semua jenis ekstensi file video. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengedit video dari sumber manapun dengan ekstensi apapun dengan aplikasi ini. VideoPad bisa mendukung diantaranya video dari DV camcorder, VHS, GoPro, webcam, dan masih banyak lagi. Untuk ekstensi sendiri, video maker yang bisa digunakan di Windows 10 ini menerima diantaranya avi, divx, mp4, apng, mpeg, dan masih banyak lagi. Sehingga, VideoPad dikenal sebagai salah satu aplikasi video editing yang fleksibel.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Videopad adalah efek video, pengaturan transisi, beberapa tools untuk edit suara, bahkan bisa mengedit video 3D maupun 360. Satu hal yang membuat video maker ini disukai adalah karena bisa digunakan secara gratis. Selain itu, untuk kamu yang ingin punya fitur lebih canggih, juga disediakan beberapa aplikasi VideoPad premium dengan harga relatif terjangkau. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam tentunya. Harganya hanya sekitar 500 ribu rupiah saja.

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10 Aplikasi & Software Komputer & Laptop

Gambar 5.1 Tampilan aplikasi Movie Maker VideoPad Video Editor (Sumber: https://www.nchsoftware.com/videopad/screenshots.html)

VideoLAN

Video maker satu ini mungkin hanya bisa digunakan oleh anak IT saja. VideoLAN merupakan sebuah project aplikasi video editing yang tidak menyediakan download aplikasi, melainkan hanya memberikan source code saja. Jadi, kamu harus mengerti programming dulu untuk bisa menjalankannya. Karena perangkat lunak ini bersifat projects, fiturnya bisa meningkat dan berkembang pesat. Selain itu, aplikasi ini juga sudah pasti gratis. Kamu bisa langsung masuk ke website, mendapatkan source code dan menjalankan aplikasinya.

VideoLAN merupakan satu diantara sedikit aplikasi yang tidak hanya bisa dijalankan di Windows dan Mac saja tetapi juga di Linux. Aplikasi ini bekerja sangat cepat, bebas virus atau malware, spyware, dan sejenisnya, serta bisa mendukung hamper semua jenis format. Jenisnya ada banyak, masing – masing jenis memiliki fitur yang berbeda – beda. Kamu tinggal masuk ke websitenya di videolan.org/vlmc/ kemudian masuk ke menu projects. Disana ada banyak jenis video maker yang bisa kamu gunakan.

Avidemux – Movie Maker & Creator Windows 10

Movie Maker untuk sistem operasi Windows 10 selanjutnya adalah Avidemux. Aplikasi ini juga bersifat gratis, bisa diunduh dengan mudah di websitenya. Meskipun gratis, video maker ini bisa melakukan setidaknya fungsi – fungsi editing video standar seperti pemotongan video, filter, menambah resolusi, dan encoding. Ukurannya sangat kecil, tampilan aplikasi juga simple dan sangat sederhana, sehingga buat kamu yang baru banget merintis hobi dibidang edit video, bisa menggunakan Avidemux. Tentunya, siapkan video yang sudah direkam menggunakan ponsel atau kamera canggih terlebih dahulu. Karena Avidemux tidak memiliki fitur canggih seperti efek dan pembersihan gambar atau noise.

Banyak sekali berbagai jenis aplikasi video maker atau video editing di luar sana yang cocok buat pemula hingga pengguna advanced. Tidak sedikit aplikasi yang punya fitur menarik dan gratis. Memang memiliki aplikasi yang canggih bisa membuat kualitas video lebih bagus, tetapi jika kamu masih belum bisa menjangkau yang advanced, aplikasi gratis juga sudah bagus, kok. Asalkan konsep videonya sudah bagus, poles sedikit juga bisa mendatangkan banyak viewer.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close up shot of attractive young female kissing gently forehead of her daughter who is lying awake in bed, feeling better while recovering from cold. people, care, health and sickness concept Free Photo

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil

Ingin Membeli Barang Online? Ini Tips Belanja Online Aman