in

7 Cara Agar Bisa Mendapat IP Tinggi Saat Kuliah

Menempuh jenjang pendidikan tentunyai ingin memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman. Ketika menjadi murid di sekolah, kita pasti ingin mendapatkan nilai yang bagus di rapor dan mendapat predikat juara kelas. Sama halnya dengan kuliah, setiap mahasiswa juga pasti ingin mendapatkan nilai yang bagus berupa Indeks Prestasi (IP) yang tinggi pada setiap semester hingga meraih predikat cumlaude pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ketika lulus kuliah. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara mendapat IP tinggi.

Apa itu Indeks Prestasi (IP)?

Indeks Prestasi (IP) adalah tolok ukur keberhasilan secara kuantitatif seorang mahasiswa dalam perkuliahan. IP dihitung dari rata-rata tertimbang seluruh mata kuliah yang ditempuh dalam satu semester yang dinyatakan dalam bilangan dengan dua angka di belakang koma. IP berupa skala dari 1 hingga 4 yang dikonversikan dari huruf, yaitu A sebagai nilai terbaik hingga E sebagai nilai terburuk atau tidak lulus. Nilai E hanya diberikan kepada mahasiswa yang tidak pernah masuk kuliah, sedangkan nilai D diberikan kepada mahasiswa yang jarang masuk kuliah dan tidak pernah mengerjakan tugas.

Cara Mendapat IP Tinggi

Jika sudah berusaha, tetapi belum pernah memperoleh IP yang bagus maka kamu tidak boleh bersedih karena kamu masih bisa berjuang hingga akhir semester. Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan ip tinggi dalam perkuliahan? Simak ulasan tentang cara mendapat IP tinggi berikut ini.

1. Masuk Kelas untuk Kuliah dengan Rajin

Setiap mahasiswa memiliki kewajiban untuk kuliah dengan rajin tanpa bolos jika dimungkinkan. Mahasiswa yang rajin hadir di kelas untuk kuliah pasti berbeda dengan mahasiswa yang malas sehingga tidak mau menghadiri kelas. Mahasiswa yang tetap datang kuliah dengan malas pasti tetap mendapatkan ilmu atau pengetahuan dari dosen atau sesama teman saat perkuliahan. Ingat, kuliah harus dijadikan prioritas karena kamu sudah memilih untuk menjadi mahasiswa, apalagi jika kuliahmu dibiayai oleh orangtua. Jangan kecewakan orangtuamu!

2. Rajin Belajar

7 Cara Agar Bisa Mendapat IP Tinggi Saat Kuliah Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-putih-di-meja-putih-dekat-dinding-kuning-3760323/

Semua orang pasti tahu cara mendapat IP tinggi, yaitu harus rajin belajar. Oleh sebab itu, kamu harus sering membaca catatan dari dosen, buku referensi, dan jurnal untuk memperkuat pemahamanmu tentang suatu mata kuliah. Pada era digital seperti sekarang, kamu juga sebaiknya mencari referensi dari berbagai situs terpercaya yang membahas tentang hal-hal terkait mata kuliah tertentu. Gunakan waktu luang untuk membaca referensi daripada melakukan hal-hal yang tidak penting. Buang rasa malasmu!

3. Senantiasa Mengerjakan dan Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Semua tugas yang diberikan dari dosen berupa soal dan praktikum harus dikerjakan dan dikumpulkan tepat waktu. Belajar untuk mengatur waktu sehingga tugas yang sangat sulit atau sangat banyak bisa dikerjakan dengan baik sesuai batas waktu yang ditentukan. Berusaha untuk mengerjakan tugas dengan serius dan maksimal sebagai cara mendapat IP tinggi.

Jika kamu tidak bisa mengerjakan secara maksimal dan tetap mengumpulkan tugas, setidaknya kamu tetap mempunyai nilai tugas sebagai nilai tambahan. Sebagai informasi, nilai tugas itu biasanya berpengaruh 15% hingga 25% terhadap nilai akhir semester. Jadi, para mahasiswa baru dan lama tidak boleh terlalu bersantai karena tugas bisa diberikan secara mendadak dan waktu pengumpulannya sangat pendek.

4. Ikuti Semua Ujian/Tes Sesuai Jadwal

Jenis-jenis ujian atau tes dalam perkuliahan antara lain kuis, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Setiap mahasiswa harus mengikuti ketiga ujian tersebut untuk mendapatkan IP dan IPK yang tinggi. Ingat, kegagalan dalam satu mata kuliah akan menganggu durasi atau masa perkuliahanmu. Jangan sampai kamu menjadi mahasiswa abadi karena tidak lulus kuliah hingga lebih dari 5 tahun!

Kuis adalah tes yang diberikan secara mendadak dan durasi pengerjaannya cukup singkat. Ada sebagian dosen yang menginformasikan kuis secara terjadwal, tetapi banyak dosen yang suka memberi kuis secara mendadak. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti setiap mata kuliah. Ujian Tengah Semester biasanya dijadwalkan pada pertengahan semester, sedangkan UAS biasanya pada akhir semester. Kamu harus ikut UTS dan UAS karena bobot penilaian keduanya sangat besar. Jika tidak mengikuti salah satunya, kamu bisa gagal dalam mata kuliah tersebut. Ada sebagian perguruan tinggi yang menerapkan ujian susulan, tetapi ada juga yang tidak. Jadi, kosongkan waktu sebelum dan pada saat UTS serta UAS supaya hasilnya maksimal.

5. Aktif Bertanya dan Menjawab di Kelas

Keaktifan mahasiswa di kelas bisa menjadi nilai plus, terutama jika kamu merasa tidak maksimal saat mengerjakan kuis atau ujian lainnya. Aktif di kelas antara lain menjelaskan dengan baik ketika presentasi atau ditanya oleh dosen, bertanya jika ada hal yang belum dipahami, dan menjawab ketika ada teman atau dosen yang bertanya. Keaktifan di kelas menandakan kamu memang tertarik dan mendengarkan mata kuliah dengan serius.

Keaktifan harus dimulai dari pertemuan pertama. Bertanyalah tentang materi perkuliahan, ujian, cara penilaian dosen, dan lainnya supaya dosen mengenalimu. Jika dosen ingat denganmu berarti kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan nilai yang bagus. Tunjukkan prestasi dan kemampuanmu supaya dosen semakin mengingatmu. Dengan demikian, dosen tidak akan ragu untuk memberikan nilai A kepadamu.

6. Pilih Teman yang Rajin dan Berprestasi

7 Cara Agar Bisa Mendapat IP Tinggi Saat Kuliah Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-buku-penulisan-catatan-sekolah-4778621/

Setiap orang berhak memilih teman yang baik dan memengaruhi untuk menjadi baik. Kamu bisa berteman dengan siapa saja untuk memperluas pergaulan dan koneksi. Namun, kamu harus selektif ketika memilih teman dekat. Pilihlah teman dekat yang rajin, cerdas, dan memiliki sikap baik lainnya supaya bisa menular ke kamu. Pasalnya, teman itu memberikan pengaruh terbesar kepada diri kita. Jika kita bertemu dengan teman-teman yang bernilai positif maka kita akan menjadi positif. Temanmu yang berprestasi pasti akan membuatmu ingin seperti dia sehingga kamu juga berusaha keras dalam perkuliahan. Akibatnya, kamu akan menjadi mahasiswa teladan dengan nilai IP yang tinggi.

7. Cari Tahu Tipe Dosen

Amati setiap dosen dalam setiap mata kuliah untuk mencari tahu tipe dosen tersebut. Gaya dosen bisa diketahui dari gerak gerik dan pembicaraannya ketika di kelas. Tak jarang dosen yang mengemukakan keinginannya kepada mahasiswa di kelas. Oleh sebab itu, kamu harus sigap untuk mencari tahu tipe dosenmu. Setelah mengetahuinya, kamu bisa menyesuaikan diri dengan baik sehingga kamu bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Itulah beberapa cara mendapat IP tinggi yang harus diaplikasikan dalam perkuliahan. Namun, kamu tidak boleh berpatokan pada IP saja ketika kuliah karena ada banyak hal yang harus kamu miliki dan pelajari untuk menjadi sukses. IPK yang tinggi (cumlaude atau summacumlaude) tidak menjamin masa depan tanpa disertai dengan kemampuan. Kuasai ilmu pengetahuan dan kemampuan lainnya supaya bisa sukses dalam berkarir pada masa yang akan datang. Semangat kuliah dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik!. Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
How to Get Rid of Oily Skin: What Not to Do - L'Oréal Paris

7 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

LG Q92 Ponselnya Pehobi Foto - MBtech

Mengenal Handphone LG Q92 Dengan Kualitas Fotografi Yang Mempuni