in

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan grup K-Pop untuk memiliki seorang leader yang akan memimpin grup mereka. Leader memiliki peran yang sangat vital di mana salah satunya adalah harus mampu menjaga kekompakkan para personel. Sehingga memilih seorang leader tidak sembarang dilakukan. Mereka biasanya dipilih dengan beberapa alasan seperti karena dia yang paling tua, paling berpengaruh, atau paling lama menjalani training. Namun memang pada umumnya anggota paling tua sering kali dipilih sebagai leader. Lantaran Ia dinilai lebih bijak terutama dalam memecahkan masalah dalam grup. Kendati begitu, sebenarnya adanya seorang leader dalam grup tidak diwajibkan. Ada juga grup K-Pop yang memutuskan untuk berjalan tanpa memiliki sosok leader. Grup-grup tersebut memiliki alasan yang cukup beragam. Ada yang merasa bahwa setiap anggota tim mempunyai jiwa kepemimpinannya masing-masing yang kuat. Ada juga yang dengan ditinggal oleh leadernya sendiri dan tidak berniatan menggantikan posisinya.

Salah satu contoh grup K-Pop populer yang berjalan tanpa sosok leader adalah BLACKPINK. Tentu saja BLINK yang merupakan sapaan penggemar grup ini sudah mengetahui bahwa idola mereka tersebut tidak memiliki leader dalam grup. Namun, mungkin saja masih banyak yang salah mengira Lisa adalah leader. Tidak bisa dipungkiri bahwa keempat personel BLACKPINK memang memiliki daya tarik masing-masing. Mereka sama-sama berhasil menampilkan sisi dominannya. Grup yang terdiri dari empat personel ini mengaku tidak memiliki leader dalam grup mereka. Ternyata mengapa tidak ada leader di BLACKPINK adalah beberapa alasan. Sebenarnya Jisoo bisa saja ditunjuk menjadi leader karena dirinya merupakan personel paling tua. Pendapat ini juga pernah dibenarkan oleh Jennie dalam laporan Allkpop pada 9 Juli 2017. Dia mengatakan bahwa karena mereka tidak memiliki seorang leader, jika terjadi sesuatu maka mereka hanya akan mencari kakak tertua. Jisoo pun membenarkan apa yang disampaikan oleh dongsaengnya.

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop
Gambar: Keempat personel BLACKPINK yang memutuskan tidak memiliki leader dalam grup (Sumber: https://mmc.tirto.id/image/otf/1024×535/2020/09/30/blackpink-light-up-the-sky_ratio-16×9.jpg)

Pemilik nama Kim Ji Soo ini menjelaskan alasan mereka memutuskan berjalan tanpa leader. Menurutnya karena hubungan mereka yang sudah sangat dekat satu sama lain. Sehingga mereka berpikir tidak membutuhkan posisi seperti itu dalam grup. Selain itu, Idola kelahiran tahun 1995 ini juga menjelaskan bahwa mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun bersama selama menjalani masa trainee. Hubungan mereka yang sangat akrab ini menjadi salah satu alasan mereka memutuskan akan lebih baik tanpa memiliki leader. Mereka kembali menjelaskan alasan keputusan tersebut saat menjadi bintang tamu di acara Ask Us Anything. Menurut Lisa, semua personel memiliki hal-hal yang mereka kuasai masing-masing. Sehingga mereka semua memiliki peran tertentu dalam grup.

Adapun peran-peran mereka dalam grup ternyata berbeda-beda berdasarkan kemampuan. Pertama adalah sang personel tertua alias Jisoo cenderung bertanggung jawab sebagai pembuat keputusan. Lalu, Jennie yang lahir 1996 ini bertanggung jawab dalam memulai sesuatu. Sedangkan, Rose yang lahir tahun 1997 bertanggung jawab atas semua detail kecil. Terakhir, sang maknae Lisa yang berperan sebagai penari utama ini bertanggung jawab atas segala hal yang berhubungan dengan tarian. Para personel pun merasa saling melengkapi dengan peran mereka masing-masing. Sehingga yang membuat tidak perlu ada leader di BLACKPINK adalah alasan-alasan tersebut.

Berikut ini adalah grup K-Pop yang memutuskan berjalan tanpa sosok leader selain BLACKPINK:

1. Miss A

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop

Jauh sebelum BLACKPINK, ternyata ada girl group yang lebih dulu memutuskan tidak memiliki sosok pemimpin, yaitu Miss A. Apabila kamu adalah penggemar sejati Bae Suzy, maka dapat dipastikan kamu tahu tentang grup ini. Lantaran dia debut sebagai seorang idola terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia seni peran. Namun, sayangnya grup ini sudah dibubarkan beberapa tahun lalu. Alasan mereka memutuskan untuk tidak menunjuk seorang leader sejak awal debut sama dengan alasan keempat personel BLACKPINK. Lantaran mereka merasa setiap anggota memiliki kedekatan satu sama lain.

2. Secret Number

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop
Gambar: Secret Number yang terdiri dari lima personel dengan berbeda negara asal ini juga berjalan tanpa memiliki sosok leader

Secret Number mendapatkan banyak perhatian para penggemar K-Pop di tanah air. Lantaran salah satu anggotanya merupakan seorang perempuan asal Indonesia, yaitu Dita Karang. Grup K-Pop yang terdiri dari lima personel dengan berbeda negara asal ini juga berjalan tanpa memiliki sosok leader. Sebenarnya pada awal debut mereka pada tahun 2020 lalu publik sempat mengira bahwa Lea yang merupakan personel tertua adalah pemimpin grup. Akan tetapi, pendapat tersebut langsung dibantah yang justru sempat sedikit mengejutkan publik.

3. 2 PM

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop

Setelah membahas tiga girl group yang memutuskan tidak memiliki sosok pemimpin dalam tim mereka, maka sekarang membahas tentang boy group. Mereka adalah grup 2 PM yang merupakan idola K-Pop generasi kedua. Para penggemar K-Pop sejak tahun 2000-an pasti tidak asing lagi dengan nama tersebut. Grup yang berisikan oppa-oppa ganteng ini pada awal masa debut mereka sebenarnya dipimpin oleh Jay Park. Namun, akhirnya dia harus keluar dari 2 PM karena ada kejadian kontroversi yang menimpa sang leader. Sehingga 2 PM pun kini tidak memiliki seorang leader lagi.

4. iKON

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop

Apa yang terjadi dengan iKON sebenarnya tidak jauh berbeda dengan senior mereka 2 PM. Grup K-Pop yang debut pada tahun 2015 ini sebelumnya juga memiliki seorang leader. Dia adalah Kim Han Bin atau yang akrab disapa B.I. Namun sayangnya sang leader terpaksa harus mundur dari iKON setelah kurang lebih 3 tahun berkarier. Para personel iKON secara resmi belum menunjukkan pengganti B.I. sebagai pemimpin grup setelah kejadian tersebut.

5. K.A.R.D.

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop
Gambar: Alasan K.A.R.D tidak ingin memiliki sosok leader adalah masing-masing anggota memiliki jiwa kepemimpinan yang sama-sama kuat

K.A.R.D tidak hanya unik karena para anggota K.A.R.D telah memutuskan untuk tidak memiliki leader sejak awal debut mereka. Namun, mereka juga termasuk grup yang unik karena personelnya terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki. Di mana formasi ini termasuk jarang dalam grup K-Pop. Adapun alasan mereka tidak ingin memiliki sosok leader adalah masing-masing anggota memiliki jiwa kepemimpinan yang sama-sama kuat. Hal tersebut membuat mereka berpikit tidak membutuhkan seorang leader lagi dalam K.A.R.D.

6. AKMU

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop

AKMU adalah duo grup yang terdiri dari dua saudara kandung yang debut pada tahun 2014. Mereka adalah Lee Chan Hyuk yang merupakan sang kakak dan Lee Su Hyun adiknya. Dua idola ini merupakan pemenang dari ajang pencarian bakat K-Pop Star Season 2. AKMU memang tidak menetapkan siapa diantara dua yang menjadi leader secara resmi. Namun, posisi Lee Chan Hyun yang lebih tua tiga tahun dari Lee Su Hyun membuat banyak penggemar berpikir dialah leader grup.

7. Wooseok X Kuanlin

7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader K-Pop

Wooseok X Kuanlin juga merupakan duo grup sama sepeti AKMU. Mereka juga tidak menunjuk secara resmi siapa leader dalam dua grup mereka. Keduanya justru memilih untuk berjalan beriringan tanpa ada sosok leader. Mungkin saja hanya karena terdiri dari dua orang sehingga tidak perlu formalitas untuk menunjuk siapa pemimpin di antara mereka.

Itulah artikel mengenai “7 Grup K-Pop Ini Memutuskan Berjalan Tanpa Sosok Leader”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kim Tae Ri Fans 🐥🍐 on Twitter: "Crowdfunding for 'Space Sweepers', which is scheduled to start in early August, can be invested from minimum of 500K won up to 5M won per

Perjalanan Karier Kim Tae Ri Lewat Film Yang Dibintanginya

Mengenal Kim Tae-ri, Lawan Main Joong-ki di Space Sweepers

Fakta Tentang Kim Tae Ri Sang Aktris Chungmuro Terkenal