in

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak

Ada banyak sekali makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Khususnya batita dan juga balita, yang dapat membantu mendukung tumbuh kembang mereka. Namun nyatanya masih banyak orangtua yang merasa bingung, bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi anak bukan hanya memberikan makanan yang sehat.

Tetapi juga dapat memenuhi gizi serta memiliki rasa yang enak mengingat pola makan dan juga selera masing-masing anak berbeda. Jangan bingung karena dalam artikel berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa makanan sehat dan bergizi yang sudah pasti disukai oleh anak-anak.

Makanan Bergizi Bagi Anak-Anak

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Masalah anak sulit untuk makan merupakan masalah yang paling sering kali ditemui oleh para orangtua termasuk di indonesia. Kita harus memutar otak jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi oleh anak. Sehingga mereka dapat gizi dari makanan dengan baik. Tanpa perlu repot tidak suka rasanya. Selain itu banyak juga yang terbiasa untuk memilih makanan. Sehingga mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit. Padahal ada beberapa makanan yang rasanya tetap enak dan tetap bergizi.

Yoghurt

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Yoghurt merupakan makanan pertama yang sangat bergizi dan tentu saja rasanya enak. Rasa dari yoghurt sendiri asam sedikit manis dengan berbagai cita rasa yang disediakan. Bukan hanya sehat, yoghurt juga memiliki cita rasa yang tidak pahit. Sehingga sudah pasti disukai oleh anak-anak, khususnya batita dan balita. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu meningkatkan kandungan probiotik yang ada di dalam tubuh.

Sehingga pencernaan yang dimiliki oleh anak-anak menjadi lebih baik dan membantu meningkatkan nafsu makan. Menurut penelitian, yoghurt juga dapat memberikan kalsium pada tubuh, cocok untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Bagi orang tua yang ingin memberikan yoghurt anda bisa langsung memberikannya secara langsung dalam bentuk minuman, atau dicampur kan dengan beberapa buah dan juga sayuran yang bisa dikonsumsi seperti salad. Di indonesia sendiri mengkonsumsi yoghurt dingin ketika siang hari akan sangat menyegarkan bukan.

Dark Chocolate/Coklat Hitam

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Tidak mungkin rasanya apabila anak tidak menyukai coklat makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan juga enak. Namun tidak semua coklat bisa diberikan kepada si kecil ya ada beberapa coklat yang mengandung lemak dan juga kalori cukup tinggi. Sehingga jika dikonsumsi berlebihan maka akan menyebabkan obesitas. Misalnya saja coklat susu atau milk chocolate, dan juga beberapa coklat yang mengandung rasa.

Namun jika sebagai orang tua anda memberikan jenis dark chocolate atau cokelat hitam. Maka camilan tersebut dapat membantu menutrisi tubuh dengan flavonoid yang ada didalamnya. Efeknya coklat hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mulut, dan juga kulit. Selain itu cokelat juga dapat memberikan energi sehingga anak-anak dapat melakukan berbagai aktivitas dengan semangat.

Makanan Sarapan Sereal

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Makanan ketiga yang sudah pasti disukai oleh anak-anak dan tidak mungkin memiliki rasa yang tidak enak adalah sereal. Biasanya makanan yang satu ini dikonsumsi untuk pagi hari karena mengandung kalori yang cukup tinggi. Sereal jika dapat dikonsumsi dengan susu kesukaan si kecil, sehingga menambah cita rasa dan juga meningkatkan nafsu makan yang dimiliki.

Namun, sereal memang bukan makanan yang mengandung vitamin atau pun banyak nutrisi seperti halnya sayuran. Tetapi sereal masih termasuk makanan yang mengandung zat besi dan juga mineral, yang dapat menutrisi tubuh terutama bagi anak-anak yang memiliki aktivitas yang cukup padat. Ditambah lagi apabila orang tua memberikan sereal dengan bahan utama biji-bijian. Makanan ini masuk ke dalam salah satu jenis makanan enak yang bergizi. Anda bisa memberikan sereal saat pagi bersama dengan susu dan juga makanan pendamping lainnya seperti buah.

Makanan Bergizi Telur

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Telur seringkali disebut sebagai salah satu makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak padahal telur mengandung protein yang sangat tinggi. Rasanya hampir jarang anak-anak membenci makanan yang satu ini. Telur memang memiliki predikat kandungan kolesterol yang cukup tinggi terutama pada bagian kuningnya. Namun sebagian besar ahli gizi sepakat bahwa telur sebenarnya masuk ke dalam makanan yang sehat.

Bagi mereka yang baru saja menderita sakit, ataupun anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan telur bisa menjadi makanan yang sangat bergizi dan bisa dikonsumsi secara rutin. Telur masuk kedalam bahan makanan yang mengandung kolin, omega-3, asam folat, dan juga vitamin. Bagaimana dengan kolesterol yang ada? Didalamnya selama pengolahan telur tepat. Misalnya saja tidak digoreng maka 1 butir telur dianggap aman dan juga dapat menutrisi tubuh dengan baik.

Makanan Bergizi Tahu

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Tahu menjadi makanan selanjutnya yang sudah pasti bergizi dan memiliki rasa yang enak. Apabila sebagai orang tua anda bisa mengolah tahu dengan baik. Banyak anak-anak yang menyukai makanan yang satu ini teksturnya yang lembut dan juga rasanya yang gurih, menjadikan tahu sebagai salah satu alternatif makanan, selain yogurt dan juga telur.

Untuk bisa dikonsumsi setiap harinya selama pengolahan tahu. Tepat misalnya tidak hanya digoreng tetapi dikukus ataupun diolah dengan cara lain. Maka nutrisi yang ada di dalam kacang kedelai sebagai sumber protein dapat menutrisi tubuh si kecil. Selain itu tahu yang dikonsumsi secara rutin oleh remaja perempuan dapat membantu meningkatkan perkembangan jaringan payudara, dan juga mengurangi resiko kanker ataupun masalah lainnya.

Ikan Salmon

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Ikan salmon masuk ke dalam makanan bergizi selanjutnya yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Karena mengandung kadar omega-3, yang tinggi vitamin D dan juga selenium. Kombinasi zat gizi yang kompleks ini tidak bisa didapatkan oleh anak dari makanan lainnya.

Ikan salmon juga mengandung kalsium yang dapat membantu meningkatkan densitas serta kekuatan tulang. Jika dikonsumsi secara rutin ikan salmon dapat membantu meningkatkan fungsi otak daya ingat. Terutama bagi orang tua yang ingin anak-anaknya memiliki nilai akademik dengan cukup baik. Maka asupan seperti ikan salmon bisa mendukung tumbuh dan kembangnya.

Ikan Tuna

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak Parenting

Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/fresh-raw-tuna-steak-with-rosemary_7660050.htm#page=1&query=tuna&position=1

Selanjutnya makanan bergizi lain yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak yaitu ikan tuna. Banyak anak yang menyukai ikan yang satu ini karena rasanya lebih gurih dan juga enak, dibandingkan dengan beberapa ikan lain. Namun sayangnya masih banyak orangtua yang merasa takut untuk menyajikan ikan tuna karena adanya kontaminasi merkuri yang ada di laut.

Ikan tuna mengandung banyak sekali vitamin mineral dan juga sumber protein. Menurut beberapa penelitian, ahli gizi menganjurkan bahwa anak mengkonsumsi ikan setidaknya 2 kali seminggu. Karena setara dengan protein yang masuk dan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi ikan tuna dengan bahan lain yang rendah lemak seperti roti gandum. Ikan tuna juga dapat diolah dengan berbagai cara agar anak-anak lebih menyukainya.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kim Da Mi Raih Baeksang Arts Awards 2020 Nominasi Aktor Pendatang Baru | Indozone.id

Kim Da Mi Aktris Pendatang Baru Dengan Segudang Penghargaan

Perhatikan 7 Tips Penting Belajar Laptop Untuk Pemula