in

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul

Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar ketika memiliki seorang anak. Bukan hanya mendidik, tetapi juga merawat kecil hingga tumbuh dewasa dan juga berkembang tanpa kekurangan apapun. Namun masih banyak orang tua yang tidak tahu. Ada beberapa penyakit pada bayi atau balita yang seringkali menyerang, dan juga mengkhawatirkan banyak orang tua. Simak informasi lengkap berikut ini.

Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul

Penyakit pada bayi merupakan salah satu masalah ataupun kendala yang sering kali didapatkan oleh para orang tua. Pada dasarnya penyakit bisa menyerang siapa pun terutama bayi yang baru saja lahir. Karena memiliki sistem imun yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang dewasa. Namun sebagai orang tua, kamu harus mempelajari berbagai macam informasi termasuk salah satunya penyakit yang paling sering menyerang bayi.

Sulit Buang Air Besar

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/portrait-crying-newborn-baby-emotions-discontent-colic-bottle-feeding_10237521.htm)

Pertama penyakit pada bayi adalah sulit buang air besar. Hal ini terjadi karena pola makan baik yang masih berubah terutama jika mereka masih mengkonsumsi ASI saja. Namun bukan berarti bayi yang sudah mengkonsumsi makanan tambahan tidak bisa mengalami penyakit ini lho. Nyatanya ada beberapa bayi yang perlu adapatasi untuk bisa mengkonsumsi serta mengolah makanan padat yang mereka dapatkan.

Efeknya feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Sehingga bayi menjadi lebih sulit untuk buang air besar, dan menolak atau menangis ketika sakit perut. Menurut Ikatan Dokter Indonesia, kesulitan buang air besar dapat disebabkan karena kotoran yang keras dan menyebabkan trauma pada bayi tersebut sehingga enggan untuk buang air besar.

Infeksi Telinga

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/baby-boy-crying-his-father-shoulder_8377221.htm)

Penyakit kedua yang harus diwaspadai oleh bayi ataupun balita adalah infeksi telinga. Saat bayi mengalami kondisi seperti flu atau pilek, cairan lendir akan menumpuk dan akan lari ke bagian telinga tengah. Hal ini banyak yang tidak disadari oleh orang tua, karena banyak orang tua yang fokus untuk mengatasi pilek ataupun flu yang diderita.

Padahal pada bayi bagian telinga hidung dan tenggorokan bersinergi. Sehingga ketika satu bagian mengalami infeksi atau nyeri, maka akan menyerang bagian lainnya. Bayi akan menangis dan rewel karena merasakan sakit di bagian telinga nya. Bagi kamu yang mendapat si kecil seperti itu tidak perlu khawatir langsung bawa ke dokter secepatnya. Sehingga nantinya dokter akan menangani dengan berbagai solusi lebih cepat.

Penyakit Pada Bayi, Demam

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/mother-with-littler-son-sitting-home-quarantine_7368730.htm#page=1&query=baby%20fever&position=10)

Demam merupakan salah satu alarm ataupun penyakit yang sudah pasti dialami bayi mana pun. Sebenarnya demam merupakan gejala penyakit pada bayi, untuk mendapatkan penyakit tertentu. Sehingga sang ibu, bisa lebih waspada serta memahami apa yang terjadi pada bayi tersebut.

Demam menunjukkan suatu gangguan yang terjadi. Misalnya infeksi ataupun nyeri yang ada di dalam tubuh. Cobalah untuk mengambil termometer dan juga memastikan kondisi kecil. Pada bayi suhu 37 ° sudah cukup tinggi. Sehingga apabila terjadi, ada baiknya langsung membawanya ke dokter.

Dermatitis Seboroik atau Cradle Cap

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber https://pixabay.com/id/photos/bayi-tat-2000c-termometer-exergen-5103355/)

Dermatitis seboroik atau biasa disebut sebagai cradle cap, merupakan penyakit lainnya yang paling sering dialami oleh bayi. Penyakit yang terjadi pada bagian kepala ataupun kulit bayi sehingga menimbulkan kerak. Dermatitis ini sebenarnya bukan disebabkan oleh ibu yang jorok atau tidak bisa merawat.

Menurut riset produk ini bisa diatasi dengan menggunakan shampo khusus bayi, ataupun krim anti jamur. Namun bisa juga penyebab paling utama dari dermatitis adanya penggunaan bahan yang tidak cocok kulit bayi yang sensitive, atau area tempat tidur seperti bantal dan juga topi yang lembab. Sehingga menimbulkan jamur pada bagian kulit kepala. Cradle cap tidak terasa gatal namun terkadang menimbulkan kemerahan pada kulit baik. Cobalah untuk pergi ke dokter kulit atau dokter khusus anak, nantinya kamu akan mendapatkan salah khusus untuk mengobatinya.

Ruam Popok

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-orang-orang-wanita-keadaan-darurat-3993239/)

Kebiasaan menggunakan popok baik berpergian maupun di rumah. Nyatanya bisa berdampak buruk bagi si kecil. Penyakit pada bayi selanjutnya yaitu ruam popok. Terjadi kemerahan, iritasi bagian bokong dan selangkangannya. Hal ini ditandai dengan adanya kemerahan dan juga sisik. Umumnya pada bayi yang memiliki kulit sensitif akan menimbulkan lecet akibat bahan yang kasar.

Jika sudah seperti ini, si kecil akan rewel dan sering menangis. Ketika terkena air ataupun bahan yang kasar iritasi tersebut terasa perih dan panas. Ada baik nya untuk mengurangi penggunaan popok di rumah dan biarkan si kecil untuk menggunakan celana langsung tanpa popok. Agar kulit tersebut bisa sembuh dan tidak tambah parah. Selain itu rutin gunakan lotion serta salep khusus, untuk mengatasi Ruam popok.

Pilek

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/mother-with-littler-son-sitting-home-quarantine_7368715.htm)

Penyakit pada bayi selanjutnya yang paling sering terjadi yaitu pilek. Infeksi virus ini sebagai penyebab utama seorang bayi seringkali mengalami rewel atau tidak bisa tidur. Ketika malam hari bayangkan mengalami demam, disertai dengan sulit bernapas, batuk, hingga nafas tersengal. Selain itu pola makan juga akan terpengaruh, karena bayi sulit untuk menelan ataupun menghirup napas.

Beberapa bayi bahkan tidak bisa tidur, karena seringkali bersin pada malam hari dan disertai dengan batuk yang mengganggu. Apabila terjadi, jangan khawatir karena bisa langsung bawa ke dokter dan mengkonsultasikannya untuk mendapatkan obat yang tepat. Disisi lain apabila kamu masih menyusui kecil, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang hangat seperti jahe, ataupun beberapa rempah lainnya. Sehingga ketika si kecil minum ASI, maka dengan otomatis mendapatkan bahan rempah rempah tersebut yang bisa masuk ke dalam tubuhnya.

Penyakit Pada Bayi, RSV

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul Parenting
(sumber https://www.freepik.com/free-photo/mother-treats-her-daughter-home_3828021.htm#page=1&query=baby%20sick&position=45)

Terakhir penyakit yang tidak boleh disepelekan karena bisa saja menyerang bayi yaitu RSV, atau respiratori syncytial virus. Tidak semua bayi akan mendapatkan penyakit ini namun bisa jadi XP menyerang seorang bayi, karena RSV ini berasal dari virus yang dapat mengganggu saluran pernapasan bayi di tahun pertama kelahirannya.

Selain itu penyakit ini masuk ke dalam potensi yang cukup serius. Penyakit dari bayi ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Bahkan hingga si kecil harus dirawat ataupun harus menggunakan bantuan pernafasan seperti uap. Ditambah lagi RSV ini beresiko untuk menjangkit bayi yang terlahir premature.

Dengan mengetahui penyakit yang umumnya menyerang bayi, sebagai orang tua bisa mempersiapkan diri untuk merawat dan juga mengatasi penyakit tersebut. Sehingga tidak menyerang si kecil apabila terjadi sebagai orang tua kamu pasti panik. Namun hal yang paling penting adalah kamu harus tetap bisa berfikir dengan benar ketika si kecil sakit. Misalnya membawanya ke dokter serta mendapatkan makanan yang cukup, karena orang tua pasti harus merawat kecil setiap malam atau sepanjang hari.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Beautiful woman washing her face Premium Photo

Ketahui Mitos Face Wash yang Sering Beredar Ini!

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Meggoda Selera

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba