in

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Tahukah kamu perangkat perangkat keras apa saja yang bekerja dibalik jaringan komputer untuk internet? Sebagai pengguna internet kamu sebaiknya mengetahui perangkat keras dasar yang untuk jaringan komputer beserta masing – masing fungsinya. Ada banyak perangkat keras yang bekerja untuk menghubungkan komputer pribadi atau perangkat lainnya ke jaringan internet. Sebenarnya, internet terdiri dari banyaknya jaringan komputer yang terhubung satu sama lain. Bedanya, ada yang berperan sebagai client dan ada yang berperan sebagai server. Perangkat keras berfungsi untuk menghubungkan mereka sehingga komputer bisa mengakses informasi server (jaringan komputer) untuk memperoleh informasi. Berikut ini adalah 8 perangkat keras utama dan dasar beserta fungsinya yang harus kamu ketahui.

Router

Diantara semua perangkat keras, kamu pasti paling sering mendengar device yang satu ini. Sesuai dengan namanya Router adalah alat atau device yang menghubungkan antara internet dengan komputer kamu yang terhubung ke jaringan internet. Router mampu mempermudah koneksi jaringan internet kamu. Alat ini bisa membuatnya bekerja lebih cepat sehingga kamu bisa menerima jaringan internet yang lebih baik. Selain sebagai penghubung atau perantara komunikasi, router juga menjadi perangkat keras jaringan komputer yang mampu melindungi device dari ancaman dan kejahatan cyber.Kamu bisa saja menggunakan jaringan internet seperti Wifi tanpa menggunakan router. Tetapi router mampu memberikanmu fungsi yang fantastis. Router mampu mengatur keluar masuknya traffic internet ke perangkat kamu. Perangkat memiliki kemampuan yang berbeda – beda dalam menangkap traffic internet. Router bekerja untuk mengatur dan menerimanya secara efisien sehingga setiap device mampu bekerja dengan performa yang lebih baik.

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya Komputer & Laptop

NIC ( Network Interface Cards)

Network Internet Cards atau Network Internet Controller adalah perangkat keras yang menghubungkan komputer dengan jaringan komputer atau internet. Sebelumnya pengembang menanamkan NIC ke bus komputer. Namun, saat ini pengembang menanamkan NIC langsung ke motherboard. Tanpa NIC, komputer kamu tidak bisa terhubung dengan internet. Beberapa orang juga mengenal perangkat ini dengan sebutan Network Adapter atau LAN Adapter. Dari definisinya, kamu pasti sudah mengetahui fungsi utamanya. NIC mempunyai peranan untuk menerjemahkan atau mengkomunikasikan sejumlah layar physical dan data link seperti Ethernet dan Wifi. Dengan NIC, komputer bisa saling berkomunikasi dan tentu saja terhubung satu sama lain dalam ruang lingkup jaringan LAN (Local Area Network) yang sama maupun yang terhubung dengan router.

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya Komputer & Laptop

Sumber: Amazon.com

Bridges

Sesuai dengan pengertian jembatan yang sesungguhnya, Bridges merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan satu atau lebih jaringan. Bridges dapat menciptakan satu kelompok jaringan dari berbagai jaringan komunikasi atau segmen jaringan. Bridges dapat menghubungkan LAN yang satu dengan LAN lainnya sehingga terbentuk 1 komunitas LAN yang masing – masing komputernya terhubung satu sama lain. Contohnya jaringan LAN di kantor atau di kampus. Dengan Bridges, pihak yang bertugas dapat mengatur jaringan mereka sendiri meskipun terpisahkan oleh jarak. Misalnya berbeda lantai. Selain menghubungkan, bridge juga bisa mempermudah kontrol antar LAN dan mengurangi biaya perawatan karena bisa mengontrolnya langsung. Ada beberapa jenis bridge diantaranya lokal, remote, dan nirkabel.

Gateways

Gateway adalah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan dan mengkomunikasi jaringan internet satu sama lain. Ia merupakan sebuah node router yang berfungsi sebagai tempat berhenti data dari atau ke komputer lain sesuai dengan namanya. Gateway bisa berfungsi sebagai komputer yang mengarahkan traffic dari workstation ke jaringan internet luar yang bekerja untuk web. Gateway juga bisa berfungsi sebagai internet service provider yang membuat komputer dan perangkat lainnya mendapatkan akses ke seluruh jaringan internet. Ia adalah pintu gerbang. Jaringan bisa merupakan router atau server dan firewall. Hal yang membedakan hanya level gatewaynya saja. Firewall level yang lebih tinggi sedangkan router adalah level yang lebih rendah.

Switch

Dalam jaringan komputer kita juga mengenal istilah switch. Apa itu switch? Switch adalah perangkat yang dapat menghubungkan jaringan komputer dengan cara mengirimkan packets dari satu port ke port lainnya untuk sampai ke tujuan. Untuk melakukan fungsinya, switch menggunakan MAC address dari masing – masing komputer. Berbicara tentang switch identik dengan kabel. Switch menerima dan mengirimkan kembali data menggunakan kabel. Kamu akan membayangkan ethernet saat membicarakan switch, tetapi switch jauh lebih canggih dan efisien dari ethernet. Ibaratnya, switch berfungsi sebagai lalu lintas data yang lebih pintar. Selain berfungsi untuk mengurangi terjadinya tabrakan data, switch juga menghindari looping data melalui pencatatan alamat data yang dituju dan meneruskan paket data frame.

Hub

Hub adalah penghubung antara satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan, serta Hub terdiri dari beberapa port ethernet. Komputer – komputer yang terhubung melalui hub bisa berkomunikasi satu sama lain. Perangkat keras jaringan komputer ini lebih minimalis jika dibandingkan dengan switch. Switch dapat mempelajari kemana data akan dikirim sedangkan Hub sangat sederhana. Begitu menerima data ia akan mengirimkan ke semua perangkat yang terhubung ke semua port dalam hub tersebut. Jika data tersebut sebenarnya hanya ditujukan untuk satu port dan dalam hub terdapat 8 port, maka data yang terkirim ke 7 sisa port lainnya sia – sia. Selain kurang efisien, juga menghabiskan bandwidth.

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya Komputer & Laptop

Network Cables

Jika berbicara tentang jaringan, kamu pasti akan sangat mengenali kabel jaringan. Bentuknya sangat unik dan berbeda dengan kabel – kabel lainnya. Dirumah, di sekolah maupun di kantor yang menggunakan jaringan internet pasti menggunakan kabel yang satu ini. Jika kamu ingin terkoneksi satu sama lain termasuk mengakses jaringan internet luar, kamu menggunakan kabel jaringan. Untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain sehingga membentuk beberapa jaringan, kamu juga membutuhkan kabel jaringan. Banyak tipe kabel jaringan yang biasa digunakan seperti twisted pair, fiber optics, dan serta coaxial. Masing – masing memiliki cara yang berbeda – beda dalam mengirimkan data melalui gelombang elektromagnetik. Plus, setiap jenis kabel memiliki kelebihan dan kelemahannya masing – masing.

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya Komputer & Laptop

Dari informasi – informasi tersebut, kamu jadi mengetahui ternyata ada banyak perangkat yang biasa digunakan dibalik keseharian kamu mengakses internet. Baik itu di kantor, di kampus, maupun di rumah. Ada perangkat yang mengurusi hubungan antar komputer yang sifatnya sederhana sampai yang komplek. Antar satu perangkat keras jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya memiliki fungsi dan efisiensi berbeda. Misalnya antara hub dan switch. Kedua perangkat ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama tetapi setiap user bisa memutuskan untuk menggunakan salah satunya karena pertimbangan tertentu. Switch mampu bekerja lebih efisien untuk jaringan komputer yang lebih besar sedangkan hub digunakan untuk kebutuhan hubungan jaringan komputer yang lebih kecil meskipun tidak mampu mengidentifikasi alamat data. Penting untuk mengetahui fungsinya agar bisa menggunakan perangkat yang tepat untuk kebutuhan tertentu.

Untuk mengetahui informasi tips & trik seputar Laptop dan Komputer, silahkan kunjung Tulizan Laptop dan Komputer

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Desktop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia

Kim Jung Hyun Tulis Surat Permintaan Maaf terkait Masalah Kontroversinya, Sebut Nama Seohyun - Tribunnews.com Mobile

Isi Surat Permintaan Maaf Kim Jung Hyun Soal Berperilaku Buruk