in

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih!

Film serial kini menjadi favorit baru para penonton, apalagi semenjak corona merebak di dunia. Banyak hiburan yang bisa kita dapatkan dari film serial selama #dirumahaja, apalagi hanya sejauh klik di genggaman smatrphone. Nah, biar kamu nggak bosan dengan film serial yang baru saja, ada baiknya kamu punya rekomendasi untuk film serial jadul yang masih layak ditonton:

1. Knight Rider (1982-1986)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Tokoh utama Knight Rider yang ikonik

Film serial jadul ini begitu populer dimasanya, dan yang menjadi ikonnya adalah KITT, mobil pintar yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi di jamannya. Berkisah tentang seorang polisi yang hampir mati saat bertugas, Michael Long, yang akhirnya dapat diselamatkan dengan wajah dan tubuh yang baru. Dengan identitas baru ini, dan dengan nama baru Michael Knight, kemudian direkrut oleh seorang miliuner untuk menjadi superhero ala James Bond, termasuk rekan kerjanya si mobil pintar KITT.

Karena kepopuleran film serial jadul ini, dibuat spin-off nya dengan judul Code of Vengeance. Tidak ketinggalan dibuat juga serial sekuelnya yakni Knight Rider 2000 dan Knight Rider 2010.

2. The A Team (1983-1987)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Personil The A Team, Sumber: https://tvline.com/wp-content/uploads/2015/09/the-a-team-tv-series-remake.jpg?w=619

The A Team adalah film serial jadul bergenre petualangan aksi yang juga diselipkan aneka komedi di dalamnya. Tim ini adalah sekumpulan mantan anggota khusus Angkatan Darat Amerika, yang sempat dituduh melakukan kejahatan yang tidak mereka lakukan, yang sedang dalam pelarian dan ingin membersihkan namanya. Dalam perjalanannya mereka sering menjadi superhero dengan membantu orang-orang yang kesulitan.

Film serial jadul ini tidak diharapkan menjadi sebuah hit, namun dalam pemutaran perdananya bisa menempati 10 acara rating tertinggi dalam sejarah. Tokoh Mr.T juga menjadi sangat terkenal di semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ceritanya yang kocak dan minim kekerasan membuat film serial jadul ini juga sangat populer di mata anak-anak.

Di musim keempat, rating film serial jadul ini mulai mengalami penurunan karena plot tidak banyak berubah dan cerita jadi mudah ditebak. Sampai akhirnya serial ini harus diselesaikan di musim kelima dengan penyelesaian akhir mereka dapat “membersihkan” nama masing-masing.

3. Dr. Quinn Medicine Woman (1993-1998)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Salah satu adegan dalam film serial jadul Dr. Quinn Medicine Woman

Film serial jadul berjudul Dr. Quinn Medicine Woman ditayangkan selama 8 musim, dari tahun 1993 hingga 1998. Berlatar belakang tahun 1867 dimana seorang dokter perempuan, Michaela Quinn, dianggap kurang berkompeten, disinilah daya tarik film serial jadul ini.

Film serial ini diperankan oleh Jane Seymour, Joe Lando, Chad Allen, Shawn Toovey, Erika Flores, dan Jessica Bowman. Banyak kejadian unik dalam hal meyakinkan penduduk sekitar tentang pengobatan medis, juga tentunya diselipkan drama romantic si dokter dengan gebetannya.

4. Buku Harian (1994-1996)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Keluarga dari Buku Harian

Film serial jadul buatan dalam negeri ini sempat menjadi hits di masanya. Diperankan oleh bintang-bintang yang sedang naik daun kala itu, seperti Desy Ratnasari, Moudy Wilhelmina, Adjie Massaid, Nia Daniati sebagai anak-anaknya, serta Didi Petet dan Ully Artha sebagai kedua orang tuanya.

Sempat diputar sebanyak lebih dari 70 episode, film serial jadul ini berkisah tentang sebuah keluarga harmonis yang tinggal di kota Surabaya. Dengan empat orang putra putrinya yang beranjak dewasa, film serial jadul ini banyak menceritakan tentang segala permasalahan antara remaja dan orang tua. Plot cerita berjalan dengan menarik dan tidak membosankan, meski banyak pesan-pesan moral yang disampaikan tanpa bermaksud menggurui.

5. Endless Love (2000)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Poster Film Endless Love

Endless Love atau Autumn in My Heart merupakan film serial drama dari Korea Selatan dengan genre romantis. Diputar sebanyak 16 episode sukses membuat film serial jadul ini menjadi hit di Korea Selatan, dan akhinya mendunia. Diklaim bahwa film serial jadul ini adalah gelombang pertama Korean Wave yang kini kita nikmati.

Film serial jadul ini berkisah tentang kisah cinta yang terjadi antara kakak beradik bernama Yoon Joon Suh dan Eun Suh. Tentu saja awalnya mereka tidak tahu bahwa di masa lalu adiknya pernah tertukar dengan bayi lain di rumah sakit. Konflik drama berawal dari sini, dan akhirnya sedikit tragis yang semakin membuat para penonton susah move on.

6. Winter Sonata (2002)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Film serial jadul Winter Sonata

Film serial Winter Sonata juga sangat dirindukan oleh para penggemarnya. Hingga kini, film serial jadul ini masih sering diputar dan dibahas di grup-grup pecinta fanatiknya di seluruh dunia. Bahkan lokasi syutingnya masih menjadi jujugan para wisatawan yang sedang ke Nami Island di Korea Selatan.

Drama serial jadul ini diperankan oleh Bae Yong Joon, Choi Ji Woo, dan Park Yong Ha, yang bercerita tentang kisah cinta dua manusia yang terpisahkan oleh waktu dan memori. Banyak kejadian sedih dan tragis di film ini, namun kekuatan cinta mereka tetap teruji.

Diawali dengan persahabatan di sekolah, kisah cinta kedua insan ini akhirnya bersatu dalam hubungan pacaran. Namun karena kecelakaan yang dialami oon Sang, mengakibatkannya mengalami amnesia akibat kerusakan otak. Untuk pengobatannya, ibundanya memutuskan untuk memberikan pengobatan hipnotis untuk menghapus memori masa kecilnya yang menyakitkan. Kemudian mereka pindah ke Amerika dan mengganti namanya menjadi Lee Min Hyung.

Sepuluh tahun kemudian, Lee Min Hyung yang sudah menjadi arsitek ternama kembali ke Korea Selatan. Tanpa sengaja bertemu dengan Yoo-jin, mantan pacarnya, dan mereka jatuh cinta lagi. Meski tidak mengetahui masa lalu Min Hyung, disinilah mulai tercipta drama dan konflik yang membuat para penonton gemas.

7. Full House (2004)

7 Rekomendasi Film Serial Jadul untuk Nostalgia, Layak Ditonton Nih! Film

Gambar: Deretan pemeran Full House

Siapa yang tidak mengenal film serial ini? Full House merupakan film serial jadul dari Korea Selatan yang memiliki genre komedi romantis yang diperankan oleh Rain dan Song Hye Kyo, dua bintang besar dari Korea Selatan.

Film serial jadul ini menceritakan tentang pernikahan kontrak antara wanita dan pria bernama Han Ji Eun dan Lee Young Jae. Han Ji Eun seorang penulis naskah yang tinggal di sebuah rumah oantai bernama Full House. Rumah ini dibangun oleh ayahnya sehingga rumah ini sangat penting buat dirinya.

Suatu hari karena tertipu, rumah itu terlepas kepemilikannya dan dibeli oleh Lee Young Jae yang merupakan seorang aktor tampan dan terkenal. Pertemuan tanpa sengaja mereka di pesawat membawa mereka menjadi lebih dekat dan akhirnya memutuskan untuk melakukan kawin kontrak atas dasar saling membutuhkan.

Setelah perkawinan kontrak inilah drama percintaan mulai muncul karena salah satu (atau keduanya) mulai baper. Super kocak dan menghibur sekali saat menontonnya!

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jawaban Cerdas Sooyoung SNSD Saat Ditanya Tentang Jessica Kembali Jadi Bahasan

Sooyoung SNSD Punya Wajah Lokal Dikira Keturunan Indonesia

Almira Bastari: Dulu Dicitakan, Sekarang Dinyatakan

3 Rekomendasi Novel Almira Bastari Yang Wajib Di Baca Di Tahun 2021