in

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil

Seorang ibu mungkin pernah mengeluh atau menyampaikan bahwa ia mengalami kelelahan. Sayangnya hal ini banyak tidak didengar, dan menganggap bahwa ibu tersebut adalah ibu yang lemah. Padahal ibu merupakan seorang manusia bagaimanapun juga ia bisa mengalami kelelahan, bahkan menyebabkan hal-hal yang tidak terduga dan memberikan efek samping buruk pada dirinya. Keluarga ataupun si kecil lho. Kenali tanda ibu kelelahan karena mengurusi kecil yang bisa menjadi cara untuk menolong sang ibu.

Jangan Sepelekan Beberapa Tanda Ibu Kelelahan

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Mengurus anak bukanlah sesuatu yang mudah, terutama bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki si kecil. Mengurus anak bisa menjadi hal yang sangat menyulitkan mulai dari khawatir akan melakukan kesalahan. Sehingga si kecil rewel dan mungkin merasa tidak nyaman, karena banyak hal yang ibu atau ayah tidak ketahui.

Hal ini bukan hanya berdampak pada mental seorang ibu, yang merasa seringkali tidak berguna atau tidak dapat mengurus si kecil. Namun dapat menimbulkan kelelahan yang jelas membahayakan keluarga dan juga ibu itu sendiri. Ada beberapa tanda yang bisa dikenali dan bisa kita waspadai. Sehingga apabila melihat tanda tersebut kita dapat bertanya kepada ibu, terlebih lagi bisa menolongnya.

Kesehatan yang Mulai Menurun

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Tanda pertama yang seringkali muncul ketika ibu mengalami kelelahan tentu saja kesehatan yang menurun dan mudah sakit. Hal ini terjadi karena mereka kurang nutrisi, apalagi jika masih menyusui. Karena si kecil rewel dan mudah capek, menyebabkan banyak ibu menghabiskan waktu untuk begadang dan sulit makan dengan teratur.

Jika sudah seperti ini maka penyakit dapat mudah menyerang, dan nantinya akan memberikan efek buruk pada kesehatan si kecil. Mulai dari pusing, atau migraine, maag, demam dan lain sebagainya. Selain itu ibu yang masih menyusui juga terlalu riskan untuk mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Jika kesehatan sudah menurun tidak ada yang bisa dilakukan kecuali istirahat dengan cukup dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang cukup tinggi.

Munculnya Pikiran Negatif

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Selanjutnya tanda ibu kelelahan karena mengurus si kecil ataupun sudah melebihi batas yaitu munculnya pikiran negatif. Mungkin hal ini seringkali dirasakan oleh sang ayah ataupun suami, sebagai pasangan dan juga teman. Istri mudah marah, bahkan memikirkan hal buruk. Jika muncul tanda seperti pikiran ataupun hal-hal prasangka buruk, ada baiknya untuk membiarkan sang ibu istirahat.

Selain itu, selalu ingat hal positif yang jauh lebih baik. Bahkan tidak jarang loh beberapa ibu mengalami baby blues atau bahkan benci pada anaknya sendiri, akibat terlalu lelah mengurus nya. Pikiran negatif dapat membahayakan lebih dari gangguan fisik. Sediakan waktu untuk menenangkan diri hingga kamu dapat berpikir dengan jernih dan bisa kembali mengurus si kecil dengan perasaan senang.

Tanda Ibu Kelelahan, Menjadi Insomnia

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Selanjutnya apabila ibu sulit sekali untuk istirahat dengan tenang dan juga mengalami insomnia. Maka salah satu tanda dari kesulitan tidur tersebut merupakan tanda dari kelelahan pada tubuh. Terutama bagi beberapa orang saat tubuh mereka sangat lelah, biasanya sangat sulit untuk bisa tidur dengan tenang. Baik fisik maupun mental sangat kelelahan hingga tidak bisa istirahat dengan tenang. Ditambah lagi apabila si kecil memiliki kendala ataupun masalah yang sulit untuk diatasi, biasanya ibu juga akan mengalami tanda kelelahan ini.

Insomnia dapat menyerang siapa saja yang memiliki beban pikiran yang gelisah dan membuat tubuh menjadi lebih lelah. Menurut beberapa penelitian saat mengalami kesulitan untuk bisa beristirahat dengan tenang. Bisa jadi hal tersebut merupakan waktu dimana ibu memiliki beban kerja yang sangat menyita tubuh dan pikiran. Sehingga jangan mengkonsumsi obat tidur secara sembarang. Ada baiknya untuk menghubungi dokter terkait kendala ataupun masalah yang dihadapi ya.

Rambut Rontok dan Rusak

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Rambut rontok merupakan tanda ibu kelelahan selanjutnya yang mudah untuk dikenali. Apabila ibu merasa berpikir bahwa rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor usia dan juga hormonal, memang benar. Namun pada kenyataannya rambut rontok juga bisa terjadi akibat adanya stress. Apabila ibu mengalami rambut yang rontok terus menerus, bahkan hingga bertahun-tahun bisa jadi beban pikiran di kantor ataupun di rumah menyita kesehatan tanpa disadari.

Cara yang paling mudah tentu saja menikmati yang menyebabkan terjadinya tanda-tanda stress. Hal ini terjadi akibat tenaga dan juga pikiran terkuras. Karena sebuah pekerjaan ataupun waktu untuk merawat si kecil, menjadi salah satu masalah yang paling besar. Usahakan untuk memiliki waktu istirahat bersama dengan keluarga dan juga bergantian bersama sang suami untuk mengurus si kecil.

Mudah Lupa atau Daya Ingat Menurun

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Apakah ibu mudah lupa di mana meletakkan ponsel ataupun meletakkan benda-benda yang sedang dicari? Apabila daya ingat menurun, maka produktivitas juga ikut menurun hal ini bukan karena ibu sering Meletakkan barang sembarangan ataupun pikun tetapi daya ingat menurun akibat tanda kelelahan secara fisik, karena merawat kecil. Apabila merasa senang hormon yang berhubungan untuk akses memori akan bekerja dengan optimal.

Namun sebaliknya jika tubuh mengalami kelelahan maka konsentrasi sulit untuk dilakukan dan pada akhirnya daya ingat. Menurut penelitian, gabungan antara psikologi dan kesehatan fisik memang saling berkaitan. Sehingga ada banyak orang yang menganggap bahwa dengan beristirahat dan menenangkan diri, maka daya ingat yang ibu miliki bisa kembali. Ditambah lagi jangan sampai kelelahan karena kurang istirahat dan mengurus anak.

Menyendiri secara tiba-tiba

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Apabila menemukan seorang ibu yang ternyata tiba-tiba ingin menyendiri ataupun memisahkan diri dari teman-teman dan juga keluarga. Maka patut ditanyakan. Karena hal ini bisa menjadi tanda dari sang ibu yang mengalami kelelahan. Menyendiri juga menjadi jalan untuk menenangkan pikiran, biasanya ibu menghindari orang-orang di sekitarnya.

Namun hal ini juga bisa menjadikan salah satu tanda yang berbahaya. Bagaimanapun juga ketika ibu sedang ingin menyendiri dan ingin beristirahat, ada baiknya tetap memiliki perhatian terutama dari suami dan keluarga. Kamu juga bisa membantu dengan mengambil alih merawat kecil selama satu hingga dua hari. Sehingga ibu bisa menenangkan pikirannya. Menyendiri bisa menjadi cara yang paling efektif untuk beristirahat, namun di sisi lain ada banyak juga yang tidak tahu bahwa anda ketika seorang ibu menyendiri merupakan tanda depresi.

Berat Badan Tidak Stabil Tanda Ibu Kelelahan

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil Parenting

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/woman-feet-standing-weight-scale-wooden-background_3396982.htm#page=1&query=body%20weigh&position=3

Terakhir tanda ibu kelelahan yakni berat badan mengalami kondisi naik dan juga turun. Berat badan yang tidak stabil, merupakan tanda yang mengindikasikan adanya fisik yang tidak stabil. Akibat pola makan yang sembarang dan juga sesuai waktu istirahat yang berantakan. Jangan sampai karena mengurusi kecil, ibu mengabaikan pola makan yang seharusnya diikuti dengan baik.

Beberapa penelitian menyebutkan berat badan yang seringkali naik dan juga turun saat tidak melakukan diet, merupakan pertanda bahwa adanya kekhawatiran dan terlalu banyak beban kerja. Bisa juga karena aktivitas yang dilakukan ibu melebihi kapasitasnya. Jika kondisi seperti ini terjadi, baiknya untuk mengunjungi dokter agar bisa diberikan obat serta dilakukan pengecekan pada tubuh.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

9 Rahasia Tampil Chic dengan Atasan Tunik

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka!