in

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah

Pernahkah kamu merakit PC sendiri di rumah? Atau sekedar membersihkan elemen bagian dalam yang terkena debu agar performa lebih bagus? Alasan beberapa orang mencoba merakit PC di rumah adalah karena mereka selesai membongkar dan membersihkan bagian dalam yang biasanya sering berdebu. Debu yang masuk ke dalam PC menyebabkan PC cepat panas karena kinerja kipas terhambat. Banyak yang sudah membongkar PC ternyata kesulitan memasang kembali atau tidak tepat pemasangannya. Bukannya PC bekerja semakin optimal tetapi malah sebaliknya. Ibarat kata memanjat pohon lebih mudah daripada menuruninya. Membongkar PC bisa jadi lebih mudah daripada memasangnya kembali. Cara merakit PC sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan oleh mayoritas pengguna. Cukup perhatikan tips dan triknya saat melepas bagian PC dan merakitnya kembali. Buat kamu yang penasaran bagaimana tips cara merakit PC sendiri dirumah, simak tips dan triknya berikut ini.

Lakukan di tempat yang bersih dan bebas dari benda – benda lain

Saat merakit PC di rumah, pilih suasana yang sepi, lakukan di tempat yang bersih, lapang, dan bebas dari benda – benda lain. Keberadaan benda – benda lain membuat kamu jadi semakin pusing. Tempat yang berantakan membuat bagian – bagian PC yang sudah kamu lepaskan berpotensi untuk hilang. Kamu juga bisa menyediakan mangkuk atau kotak kecil untuk meletakkan baut dan onderdil yang ukurannya kecil. Lebih bagus lagi jika tempatnya memiliki tutup sehingga saat kamu tak sengaja menyenggol, bagiannya tidak tumpah dan menggelinding lalu hilang. Kesalahan terbesar mayoritas orang yang melepaskan PC merasa kesulitan untuk merakit kembali karena ada bagian PC yang hilang.

Dengan melepaskan PC ditempat yang lapang, kamu juga memperkecil kemungkinan ada bagian PC yang terinjak. Jika bagian yang dilepas tidak disimpan dengan rapi, maka kamu bisa saja tak sengaja menginjak bagian – bagiannya. Apalagi penutup berukuran kecil yang berbahan dasar plastik. Mudah sekali retak.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Siapkan alat dan bagian PC jika ada yang ingin ditambahkan

Tips cara merakit PC yang benar berawal dari persiapan yang benar juga. Kumpulkan semua peralatan yang diperlukan dan taruh di tempat yang terjangkau. Ini mempermudah kamu untuk mengambil dan meletakkan barang tanpa berantakan. Kamu juga bisa memisahkan tempat peralatan dengan bagian PC yang dibongkar. Kamu bisa menaruh salah satu di dua sisi berbeda, misalnya kiri dan kanan. Dengan begini, kamu bisa menghindari barang tercampur.

Jika kamu ingin mengganti beberapa bagian PC dengan yang baru misalnya RAM, atau hardisk, persiapkan dahulu barangnya. Misalnya kamu sudah membukanya dari segel plastik atau sudah mengeluarkan dari kota. Langkah ini bisa membuat proses merakit bisa lebih cepat dan efisien. Adanya jeda memungkinkan kamu lupa apa langkah yang selanjutnya harus kamu lakukan.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Siapkan Petunjuk Cara Merakit PC untuk Berjaga – jaga

Jika kamu masih newbie atau baru belajar cara merakit PC, kamu bisa mempersiapkan petunjuk cara merakit PC bersama kamu. Bentuknya bisa berupa video, dokumen digital, atau bentuk cetak agar kamu tidak perlu mengulang – ngulang bagian yang kamu tidak mengerti. Tidak perlu malu atau merasa ribet mempersiapkan petunjuk merakit PC. Langkah ini hanya untuk jaga – jaga jika ada bagian yang kamu tidak yakin atau lupa. Melihat video tutorial merakit PC bisa lebih mudah daripada melakukannya langsung. Jadi, jangan ragu mempersiapkan caranya disamping kamu.

Lakukan Pengecekan untuk Bagian PC yang baru

Untuk menghindari kemungkinan DOA (Death on Arrival), kamu bisa melakukan proses testing untuk beberapa bagian PC baru yang sudah kamu pasang. Kamu bisa menyambungkan PSU (Power Supply Unit) untuk sementara dan mulai motherboard dengan obeng yang kamu miliki. Kamu juga bisa melakukan instalasi sementara dulu untuk GPU. Jika sudah selesai, kamu bisa melepasnya kembali agar kamu bisa memasang motherboard. Selain itu, lakukan juga pengecekan pada CPU misalnya CPU temperatur melalui BIOS jika kamu sudah memasuki tahap tersebut. Langkah ini untuk memastikan bahwa kamu sudah menginstal CPU, Cooler, dan paste dengan benar.

Langkah pengecekan untuk bagian PC yang baru saat setelah proses pemasangan selesai sangat penting. Jika semua sudah terpasang dan ada error, sulit untuk memastikan bagian mana yang rusak. Troubleshooting membutuhkan waktu dan kamu bisa mengidentifikasi error yang lain yang sebenarnya bukan root cause-nya.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Hindari Penggunaan Listrik Statis dan bahayanya

Menurut beberapa pakar, penggunaan listrik statis bisa merusak komponen PC kamu. Selain itu, listrik statis juga berbahaya untuk keselamatan kamu selama merakit PC. Tips cara merakit PC juga meliputi keamanan kamu selama proses. Gunakan pakaian yang lengkap dan hindari penggunaan aksesoris atau detail pakaian yang bisa menghantarkan listrik seperti wol, atau sintetis. Kamu bisa menggunakan pakaian berbahan dasar katun untuk keamanan. Kamu juga bisa melengkapi diri dengan gelang anti statis apalagi untuk yang baru – baru belajar cara merakit PC. Seperti poin sebelumnya, usahakan untuk merakit PC di meja. Kemudian, hindari merakit PC di suhu ruangan yang kering serta sentuh bagian metal dari PC sebelum menyentuh komponen lainnya.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Mulai Merakit PC yang paling simpel apalagi untuk newbie

Kamu mungkin mulai belajar merakit PC karena ingin menambahkan komponen keren ke dalam PC kamu. Cooler canggih, RGB lighting memang sangat keren, tapi jika kamu masih pemula, jangan langsung mencoba merakit PC yang kompleks seperti itu dulu. Mulai dari yang paling sederhana, yang penting setelah kamu berhasil merakit PC, semua bisa berfungsi dengan baik. Jika kamu sudah dapat melakukannya dengan baik berkali – kali, kamu bisa menambahkan satu persatu komponen keren ke dalam PC kamu. Ingat, satu persatu dan jangan sekaligus. Merangkai komponen tambahan ke dalam PC secara bersamaan bisa menyebabkan kebingungan saat PC tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jangan lupakan perangkat yang DOA (Death on Arrival). Kamu belum memasangnya, jadi tidak bisa memastikan bahwa komponen bekerja dengan baik. Percayalah, troubleshooting adalah hal yang melelahkan.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Management Kabel

Tips cara merakit PC yang satu ini bisa kamu temukan dimanapun di internet. Manajemen kabel adalah hal yang dianggap remeh tapi sebenarnya penting dan memiliki dampak langsung bagi keberlangsungan PC kamu. Selain PC bisa lebih awet, tata letak, dan penampilan PC menjadi lebih rapi. Ini juga memudahkan kamu membersihkan bagian – bagian PC yang penuh dengan debu. Ide yang paling mudah untuk kamu pahami adalah bagaimana mendedikasikan kabel ke portnya yang bentar di area yang tepat.

7 Tips Cara Merakit PC sendiri di Rumah Komputer & Laptop

Cara merakit PC yang benar tidak selalu bagaimana merakit PC yang keren, kompleks, dan bercahaya – cahaya. Meskipun itu juga menjadi tujuan utama. Tetapi untuk pemula, kamu harus memahami bagaimana cara merakit PC yang rapi, bersih, terstruktur, sesuai budget, dan efisien. Bagaimana cara mengurangi langkah yang tidak penting dan troubleshooting.

Untuk mengetahui informasi tips & trik seputar Laptop dan Komputer, silahkan kunjung Tulizan Laptop dan Komputer

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Desktop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buah Iblis Terkuat Dalam Serial One Piece

Kisah Cinta Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun Akan Berlanjut di Drama Baru - Kwikku

Kim Jung Hyun Dikabarkan Memiliki Pacar Rekan Sesama Artis