in

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya!

Pandemi Covid-19 berdampak pada setiap aspek kehidupan. Hal tersebut juga mempengaruhi tren pencarian kerja dan cara kerja individu. Sehingga, awal tahun ini masih sulit memprediksi langkah apa yang mesti diambil ke depannya. Namun, inilah yang mesti Anda pedomani ketika mencari pekerjaan baru.

Tren Pencarian Kerja – Pola Perekrutan yang Berubah

Di tahun sebelumnya, banyak perusahaan yang membuka perekrutan karyawan secara besar-besaran. Namun ini berbeda setelah datangnya pandemi covid-19. Bahkan, perekrutan di perusahaan berlangsung lambat hingga sama sekali tidak menerima kandidat baru.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Di tahun-tahun sebelumnya, kami biasanya melihat lonjakan perekrutan di awal tahun baru dan lagi di musim gugur, sementara musim panas dan liburan cenderung lebih lambat. Tetapi ini mungkin tidak terjadi pada tahun 2021.

Beradaptasi adalah jawabannya!

Mengikuti Alur Tren Pencarian Kerja

Anda mesti mengetahui tentang siapa yang sedang atau tidak membuka perekrutan. Proaktif melihat situs industri, berita bisnis, dan tren industri terkini. Cek di LinkedIn dan perhatikan perusahaan dan pekerjaan apa yang sedang available. Jika Anda bingung harus mulai dari mana, cobalah hubungi jaringan Anda yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Apa yang dapat dilakukan untuk mencapai “target” agar sesuai dengan tren pencarian kerja itu.

Menyelaraskan Pencarian

Cobalah pertimbangkan kembali pekerjaan yang dihindari di masa lalu. Leih lagi untuk industri yang sedang booming saat ini. Anda bisa memulainya dengan menemukan pekerjaan kontrak, freelance, hingga magang. Selain mampu memanfaatkan peluang yang ada, Anda juga bisa mengembangkan skill baru.

Terhubung dengan Jaringan

Manajer Layanan Karir di Springboard, Neepa Parikh, mengatakan bahwa menjaga kontak merupakan hal penting untuk mendapatkan dukungan di musim perekrutan selanjutnya. Sembari menunggu, Anda bisa mengikuti tren pencarian kerja. Pelajarilah ilmu data, rekayasa perangkat lunak, atau aktif di platform pembelajaran online.

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya! Karir
Source: fasttracklenders.com

Tren Pencarian Kerja – Peluang Besar besaran oleh Industri Terkemuka

Tren perekrutan berkemungkinan akan bervariasi. Hal tersebut tergantung pada industri dan ukuran perusahaan. Perusahaan besar seperti industri perawatan kesehatan dan teknologi berpeluang mengalami lonjakan perekrutan di tahun ini. Sementara itu, bisnis kecil mungkin melewati langkah ini. Jika dua industri tersebut bukanlah keahlian Anda, itu berarti bahwa Anda mesti keluar dari zona nyaman.

Inilah yang mesti diperhatikan sebelumnya.

1. Teknisi

2020 merupakan tahun yang besar bagi perusahaan teknologi. Umumnya, mereka tidak bergantung pada etalase fisik dalam menjalankan bisnis. Seringkali mereka beroperasi secara online dan karyawan mereka dapat bekerja dari rumah.

2. Teknologi Perawatan Kesehatan

Industri perawatan kesehatan dan teknologi akan terus berkembang. Ini karena pandemi terus membuat masyarakat bergantung pada teknologi dan lebih sadar kesehatan. Carilah perekrutan di berbagai organisasi yang berfokus pada perawatan kesehatan, termasuk perawatan medis virtual.

3. E-Commerce

Perusahaan yang sudah online atau dapat menavigasi transisi ke penjualan hampir secara eksklusif melalui web, berkemungkinan akan terus menambah jumlah karyawan untuk memenuhi permintaan di tahun ini.

4. Fintech

Industri jasa keuangan cenderung mengarah ke perbankan online, bahkan sebelum pandemi. COVID mempercepat transisi yang memungkinkan perekrutan lebih banyak di sektor perbankan dan pinjaman online.

5. Layanan Pelanggan

CEO Integrity Staffing Solutions, Todd Bavol, mengatakan bahwa akan ada banyak permintaan yang melibatkan layanan pelanggan dalam berbagai hal. Ini harus diterjemahkan ke dalam peningkatan permintaan di berbagai industri. Terutama di bidang perangkat lunak dan ritel karena konsumen terus berbelanja online untuk kebutuhan ini.

Bagaimana Cara Beradaptasi?

Fokus

Fokuslah untuk menjadikan diri sebagai kandidat terkuat untuk terus tumbuh. Tangani proyek untuk mengasah dan menjaga keterampilan. Evaluasi resume dan perkuat jaringan Anda. Pertimbangkan juga untuk menambah keterampilan dan mempelajari hal baru.

Mengalihkan Keahlian

Perhatikan keterampilan yang dimiliki sebelumnya. Setelah itu, tentukan keterampilan mana yang paling relevan untuk ditransfer. Bangun, tingkatkan, dan bermitra dengan pelatih karir untuk membantu Anda beradaptasi ke depannya.

Riset

Pelajari sebanyak mungkin peran atau industri yang ingin dijelajahi ketika membuat poros karir. Hubungkan pekerjaan, keterampilan, dan riwayat pekerjaan sebelumnya.

Antusias

Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang rendah hati dan ringan tangan. Ini karena manajer perekrutan lebih suka mempekerjakan pelamar setelah melakukan penelitian, memiliki keterampilan dasar, dan bersedia untuk dilatih.

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya! Karir
Source: Bloomberg.com

Tren Pencarian Kerja – Peningkatan Pekerja Lepas, Tenaga Kontrak, dan Pekerjaan Sementara

Selama keadaan ekonomi tidak menentu, perusahaan sering kali lebih mengandalkan tenaga kontrak. Mereka mungkin merasa berhati-hati dalam merekrut. Namun, pada saat yang sama mereka tidak ingin kekurangan staf karena memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan.” Ini berarti bahwa Anda akan melihat lebih banyak postingan pekerjaan dalam kategori sementara, kontrak untuk dipekerjakan, atau freelance.

Meskipun tren pencarian kerja yang satu ini menuai pro dan kontra, setidaknya ini menjadi cara yang tepat untuk memperkuat keahlian, persiapan dalam memasuki industri baru, dan membangun resume.

Pelajarilah hal berikut ini untuk beradaptasi!

Positif Thinking

Jika mengalami kesulitan menemukan pekerjaan, pekerjaan sementara bisa menjadi solusi jangka pendek yang dapat diterapkan.

Realistis

Beberapa pencari kerja mungkin dapat menerima pekerjaan sementara sebagai solusi jangka panjang. Sebagian yang lain juga melihatnya sebagai eksperimen atau cara untuk menambah penghasilan. Apa pun keadaan Anda, perhatikan keadaan keuangan saat ini untuk menentukan apa yang mungkin dilakukan.

Tren Pencarian Kerja – Remote Job

Ini merupakan tren baru pencarian kerja setelah pandemi. Beberapa perusahaan berkemungkinan besar akan merangkul pekerjaan jarak jauh. Selain itu, banyak organisasi yang terus melakukan proses perekrutan dari jarak jauh. Terlepas dari SOP yang diterapkan dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Apa yang harus disiapkan?

Perluas Pencarian Pekerjaan

Tren kerja jarak jauh telah membuka banyak peluang bagi siapapun. Ini berarti bahwa siapapun dapat melamar kerja apa saja dan di mana saja.

Keterampilan Wawancara Video

Dengan begitu banyak perusahaan yang merekrut kandidat jarak jauh, maka wawancara akan terus dilakukan secara daring. Jadi bersiaplah untuk menjawab pertanyaan wawancara umum. Renungkan sebelumnya kenapa Anda ingin bekerja jarak jauh.

7 Tren Pencarian Kerja di Tahun 2021; Siapkan Diri untuk Menghadapinya! Karir
Source: 635.gtbank.com

Tren Pencarian Kerja – Para Pekerja yang Beragam

Salah satu titik terang pasar kerja tahun ini adalah tren keberagaman, inklusi, dan kesetaraan di tempat kerja. Lakukan hal berikut ini untuk dapat beradaptasi dengan tren pencarian kerja tersebut.

No Rasis

Kabar baiknya adalah akan ada lebih banyak peluang di pasar kerja untuk wanita, orang kulit berwarna, dan mereka yang tidak terwakili. Ini juga termasuk peningkatan magang dan pekerjaan level pemula. Posisikan diri secara proaktif. Bergabung dengan kelompok minoritas akan memberi akses ke organisasi lebih efektif.

Tidak Peduli Siapa Anda

Pengusaha menerima karyawan yang selaras dengan tujuan mereka, bukan sekedar mengisi ruang kosong. Jadi, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan wawancara tentang keragaman, inklusi, dan kesetaraan. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa Anda memiliki komitmen yang sama dengan perusahaan. Lakukan penelitian dan ajukan pertanyaan secara bijaksana tentang program perusahaan dan susunan staf. Ini menjadi indikator apakah mereka sejalan dengan nilai-nilai Anda atau tidak.

Tren Pencarian Kerja – Perekrutan Otomatis

Tim perekrutan beralih ke sistem otomatis untuk membantu mengelola masuknya aplikasi. Itu berarti lebih banyak sistem pelacakan pelamar dan chatbot untuk menjawab FAQ aplikasi, mengajukan pertanyaan dasar, bahkan menjadwalkan wawancara.

Perusahaan semakin banyak menggunakan wawancara yang direkam sebelumnya untuk menyaring kandidat. Beberapa bahkan mengembangkan kecerdasan buatan untuk meninjau wawancara tersebut. Mendengarkan kata kunci dan melihat ekspresi wajah.

Beberapa dari teknologi baru tersebut juga memindai surat lamaran dan obrolan untuk kata kunci yang relevan. Itu bertujuan untuk menentukan apakah seorang kandidat cocok untuk pekerjaan yang dilamar atau tidak.

Apa yang harus dilakukan?

Menyesuaikan Resume

Inti dari resume adalah membuat perekrut tertarik sehingga mereka mengambil langkah berikutnya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan resume untuk menjelaskan mengapa Anda sangat cocok untuk peran yang dilamar.

Otomatisasi

Ketika Anda melakukan wawancara dengan AI, pertanyaan yang akan ditanyakan adalah deskripsi diri dan kenapa perusahaan harus memilih Anda. Jadi, persiapkan pertanyaan semacam ini sebelumnya sebagai format wawancara digital.

Sentuhan Manusia

Setelah melakukan wawancara, hubungi manajer perekrutan atau orang yang bekerja di perusahaan yang dilamar jika memungkinkan.

Persaingan Global

Dengan meningkatnya pengangguran dan pekerjaan jarak jauh, jumlah pelamar yang dulunya dangkal kini semakin dalam. Itu bisa membuat Anda lebih sulit untuk menonjol dari yang lainnya. atau, proses pencarian kerja akan memakan waktu yang lebih lama.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tren pencarian kerja seperti ini?

Perbarui Resume

Dalam pasar kerja yang kompetitif, menginvestasikan waktu untuk menyempurnakan resume, surat lamaran, dan profil LinkedIn akan menjadi hal yang penting. Pastikan akun media sosial Anda ramah pencarian pekerjaan. Perbarui portofolio atau situs pribadi Anda.

Strategis

Jangan mengirimkan resume ke mana-mana. Cari tahu tentang lowongan pekerjaan yang tepat, lalu sesuaikan resume untuk postingan khusus tersebut. Lebih baik mengirimkan beberapa lamaran dengan cermat daripada melamar untuk setiap pekerjaan yang terlihat.

Kreatif

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan atau membangun resume, pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan freelance. Pengusaha menghargai kandidat yang bekerja ekstra demi mengikuti perkembangan industri.

Upskilling

Pastikan Anda berada selangkah lebih maju dari tren terkini. Ikuti kelas online gratis atau ikutin kegiatan sukarela.

Fleksibel

Pencari kerja harus fleksibel dan pastikan resume Anda mencerminkan hal tersebut. Ini mungkin berarti Anda perlu memiliki beberapa versi resume dasar atau bahwa mengambil pekerjaan sementara smpai menemukan peluang yang tepat.

Tahun lalu adalah tahun yang berbeda dari tahun lainnya. Mungkin, tahun ini juga sedikit mengguncang keadaan Anda. Tapi ada alasan untuk berharap selagi Anda terus memperjuangkan yang terbaik bagi karir Anda.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

All about Chungmuro actors or film - VANBUN

Apa Maksud Chungmuro Aktor Adalah Bintang Film Kelas A?

Ciri-Ciri Orang Boros Dalam Keuangan Pribadi