in

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama

Menjalani hubungan cinta sejak lama bahkan sampai bertahun-tahun lamanya akan tetapi tidak kunjung menikah juga. Apa alasan sebenarnya pasangan belum mau menikah sama gadis atau pria yang dikencaninya? Berbagai spekulasi miring orang lain terhadap hubungan kalian. Alasan setiap pasangan belum juga mau menikah bisa dari berbagai faktor dan sebab. Pertimbangan yang cukup matang membuat mereka lebih memilih untuk menunda pernikahan. Karena inilah alasan pasangan belum mau terburu-buru dalam menikah, meski status mereka sudah lama terjalin.

Melihat hubungan anaknya tak kunjung menikah, keluarga besar merasa khawatir tentang kejelasanan komitmen hubungan anaknya. Seringkali muncul pertanyaan seperti kapan nikah? Mau sampai kapan kalian pacaran terus? Memang pertanyaan tersebut terdengar simple tetapi sebenarnya tidak sopan menanyakan hal pribadi seperti itu, apalagi jika yang bertanya adalah orang lain yang belum Anda kenal secara baik.

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Pertanyaan semacam itu, membuat beberapa pasangan akan merasa tersinggung, ada yang kesal atau bahkan ada juga yang merasa kebal dan memilih untuk tidak menanggapinya. Bahkan sebagian mereka merespon pertanyaan tersebut dengan memberikan pertanyaan balik dengan nada kalimat seperti “Emang mau bayarin biaya nikahnya?”. ini membuat orang yang bertanya diam seribu bahasa setelah mendengar jawaban mereka secara langsung.

Meskipun Anda penasaran dengannya tetapi usahakan untuk tidak menanyakan hal tersebut pada mereka. Jika mereka bagian dari orang terdekat Anda misal teman, sahabat ataupun keluarga. Doakan saja hubungan mereka agar segera bisa lanjut ke jenjang yang lebih serius atau jika mereka tidak berjodoh, cukup nasehati dia dengan sopan ya.

Artikel ini akan membahas tentang alasan yang sebenarnya pasangan menjalani kasih sudah cukup lama tetapi belum juga menikah. Berikut hal melatarbelakangi kenapa mereka masih nyaman berpacaran dan belum menikah juga, adalah:

Belum Siap Secara Finansial

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Faktor kemapanan finansial menjadi alasan pertama mereka belum juga menikah, kebanyakan dari pasangan menginginkan sebuah pesta pernikahan yang mewah dan dihadiri banyak tamu undangan. Karena mereka beranggapan pernikahan ini adalah momen sekali seumur hidup, jadi harus dibuat semenarik mungkin. Hal itu tentu membutuhkan biaya yang besar, sehingga mereka berfokus terus mencari uang sampai tak sadar usia mereka telah memasuki cukup untuk menikah.

Faktor kesiapan finansial juga berperan penting untuk menjalani kehidupan setelah menikah. Para orang tua sangat mewanti-wanti agar anaknya mempertimbangkan hal ini, jika anak-anak sudah menikah artinya tanggung jawab orang tua terhadap anak tersebut tidak berlaku lagi. Untuk itu, disarankan bagi kedua pihak sebelum menikah harus stabil masalah keuangan. Apalagi tanggung jawab setelah menikah bukan hanya diri saja akan tetapi kepada istri dan anaknya nanti.

Banyak pasangan yang mengabaikan masalah ini, dan lihat saja kehidupan mereka setelah menikah, kerepotan di tambah lagi sudah memiliki anak. Memang benar adanya rezeki pernikahan tersebut, alangkah baiknya untuk mulai dari sekarang menyiapkan dana pernikahan dan setelah menikah. Tahukan Anda, kebanyakan pasangan yang bercerai, karena masalah ekonomi. Apabila kita sudah membuat planning secara detail dan kematangan finansial dapat menghindari kasus tersebut.

Finansial membuat sebagai orang terlambat untuk menikah, hal ini wajar karena mereka lebih mementingan kehidupan di masa depan agar istri dan anaknya tidak kekurangan secara finansial. Tumbuh kembangnya anak juga berdasarkan hal ini.

Belum Siap Mental

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Faktor selanjutnya yang menjadi pertimbangan mereka yaitu kesiapan mental yang berkaitan dengan kemampuan diri seorang. Apakah setiap pribadi dari mereka bisa dan sudah menerima untuk menjalani kehidupan bersama, sanggup berbagi suka dukanya bersama, sanggup untuk selalu bisa melayani suami, membahagiakan istri dan masih banyak pertimbangan lainnya.

Pasangan yang sudah lama menjalin kasih, namun masih belum mau menikah ini, biasanya mereka pada dasarnya masih ingin bebas bermain tanpa adanya ikatan yang serius dapat membatasi ruang geraknya dan mereka masih ingin menikmati masa mudahnya dengan mengekplore hal yang menyenangkan.

Belum Yakin dengan Pasangannya

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Meskipun telah menjalin kasih sejak lama, belum tentu kedua belah pihak sudah memahami kepribadian masing-masing. Ini biasanya dikarenakan mereka memiliki kesibukan yang lain seperti pekerjaan. Memahami pasangan bukan hanya sekedar dari kehadiran tatap muka saja, kebanyakan dari mereka yang berpacaran belum menunjukkan semua sikap asli mereka, tentu dikarenakan masih tahap penjajakan harus menjaga image di depan pasangan. Tak baik memang, tapi nyatanya seperti itu. Hal ini membuat salah satu alasan mereka belum menikah dengan pasangan.

Orang Tua Tidak Setuju

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Restu orang tua memang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Namun, apa daya jika orang tua sudah tidak setuju dengan hubungan kalian, meskipun sudah terjalin sejak lama, hal ini tak akan berpengaruh ketika tekat bulat keputusan orang tua untuk tidak mengizinkannya. Meski Anda merengek-rengkek, memohon-mohon pada mereka, tetap hasilnya tak ada.

Untuk itu, kenali hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan orang tua tidak setuju pada hubungan kalian. Percayalah setiap keputusan orang tua pasti yang terbaik untuk anaknya, mana ada orang tua yang tega membiarkan anaknya menderita, tentu tidakan. Jangan paksakan cinta kalian tanpa restu orang tua, karena ridho orang tua adalah ridho sang pencipta.

Beda Agama

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Sumber Foto : binaswadaya.org

Salah satu alasan orang tua tidak merestui hubungan anaknya, dikarenakan beda Agama atau keyakinan. Meskipun banyak kasus yang sering terjadi pada mereka yang memiliki hubungan beda keyakinan, tetap memaksakan untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Padahal hubungan mereka dikekang oleh orang tua, namun cinta yang begitu besar kepada pasangan mengalahkan pendapat kedua orang tua sendiri. Tentu hal itu tidak boleh ditiru ya.

Belum Memiliki Karier Yang Baik

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Sebenarnya poin ini masih berkaitan dengan faktor finansial. Poin ini juga berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Sehingga jika salah satu belum memiliki karier yang bagus atau bisa dikatakan belum mapan, tentu menjadi alasan mereka belum siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Sebagai gambaran kebutuhan hidup sehari-hari memang harus diimbangi dengan karier yang baik, supaya mereka ke depannya bisa mengelola keuangan dengan baik . Jadi bisa meminimalisir besar pasak daripada tiang.

Tidak Memiliki Komitmen Yang Jelas

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Komitmen dalam menjalani sebuah hubungan sangat penting dan dibutuhkan agar tercapainya sebuah tujuan yang jelas. Dengan adanya komitmen ini membuat setiap pasangan merasa bahwa mereka saling terikat, terhubung satu sama lain. Selain itu, komitmen juga berkaitan dengan rasa kepercayaan yang diberikan pada orang lain untuk saling menjaga hubungan agar tetap kearah yang lebih baik, lebih jelas.

Bila dalam hubungan tidak memiliki komitmen diantara kedua pihak secara jelas, tentu hal ini akan berpengaruh pada kelanjutan hubungan itu sendiri ke depannya. Jika hubungan kalian tidak adanya komitmen yang lebih jelas, lebih baik kalian berpikir ulang untuk hidup bersamanya, karena sudah jelas dia tidak menganggap Anda sebagai prioritas utamanya, jadi untuk apa dipertahankan.

Rasa Cinta Yang Memudar

8 Alasan Pasangan Belum Mau Menikah Meski Berpacaran Lama Percintaan

Alasan terakhir yang paling berpengaruh dalam hubungan percintaan kalian yaitu rasa cinta yang memudar. Hubungan yang terlalu lama tanpa adanya kepastian yang jelas bisa membuat rasa cinta antar pasangan memudar atau bahkan hilang. Salah satu dari kalian akan merasa hubungan ini tidak sesuai harapan mereka, atau dia sudah tidak memiliki perasaan seperti dahulu lagi. Sisi lain pasangan kalian masih mengharapkan hubungan bisa tetap terjalin terus. Sehingga Anda merasa kasihan padanya, terlebih kalian sudah menjalin hubungan ini sejak lama atau bahkan sejak kalian masih belum mapan. Tentu akan berasa sangat kehilangan bila salah satunya memutuskan untuk pisah. Sebaiknya bicarakan dengannya dan bagaimana baiknya hubungan kalian agar bisa tetap saling menguntungkan satu sama lain.

Nah, setelah mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan hubungan cinta yang tak kunjung ke pelaminan meski sudah lama terjalin. Kunci utamanya tetap kalian harus menjaga komunikasi yang baik antar pasangan agar bisa tetap terkoneksi satu sama lain, sehingga hubungan kalian bisa dibicarakan dengan baik agar kalian bisa lanjut ke jenjang pernikahan.

Untuk tips dan informasi seputar hubungan percintaan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Cinta.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Cinta

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Tampil Buruk, 3 Mantan Pemain Manchester United Dimusuhi Fans

Foto Perdana CNBLUE Tanpa Lee Jong Hyun, Tampak Bahagia

CNBLUE Akhirnya Comeback Tahun 2020 Setelah Hiatus Hampir 4 Tahun