in

8 Alasan Pentingnya Kuliah pada Masa Sekarang

Pendidikan yang tinggi adalah modal yang kuat untuk menjadi sukses, terutama pada era modern seperti saat ini. Pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji yang tinggi biasanya memberikan syarat rekrutmen setidaknya lulusan S1. Sebagai generasi modern, kamu harus paham tentang pentingnya kuliah dan tidak boleh terpengaruh dengan tayangan, seminar, talkshow yang membahas tentang orang-orang sukses tanpa pendidikan formal yang tinggi.

8 Alasan Pentingnya Kuliah pada Masa Sekarang Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/bilik-komputer-kayu-abu-abu-di-dalam-kamar-267507/

Jika ada orang sukses tanpa kuliah, kamu harus ingat bahwa hal itu hanya terjadi pada sedikit orang dengan usaha yang sangat keras dibandingkan dengan orang lain pada umumnya. Selain itu, kesuksesan langka seperti itu didukung oleh kesesuaian antara usaha dengan passion yang dia miliki dan lingkungan yang mendukung.

Kisah orang sukses tanpa pendidikan tinggi tidak boleh disalahartikan. Hal yang perlu diketahui adalah pentingnya kuliah kuliah bagi diri sendiri, yaitu keterampilan, pengetahuan, dan wawasan akan bertambah sehingga karir yang gemilang bisa diraih pada masa yang akan datang. Kamu tidak boleh terpengaruh dengan perkataan orang-orang tua tentang kamu tidak perlu kuliah tinggi atau kuliah di luar negeri, terutama perempuan yang identiknya menjadi ibu rumah tangga.

Pada era modern ini, pernahkah kamu berpikir akan menjadi seperti apa hidupmu jika tidak kuliah? Masa depanmu menjadi suram karena bingung mau mencari uang dari mana, apalagi jika kamu tidak memiliki keahlian dalam berdagang. Generasi muda pada era globalisasi harus memiliki sudut pandang yang berbeda tentang pentingnya kuliah. Simak ulasan secara lengkapnya berikut ini.

8 Alasan Pentingnya Kuliah pada Masa Sekarang Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-kamar-lot-356065/

1. Kuliah Akan Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih relatif umum dari segi materi dan keterampilan yang didapatkan oleh lulusannya. Oleh sebab itu, kamu harus menambah keterampilan dan pengetahuan dengan kuliah. Selain itu, kesiapan untuk kerja juga bisa lebih matang ketika kamu sudah kuliah.

Jika ingin bekerja atau berwirausaha secara professional, para lulusan SMA/MA bisa mengambil jalur akademis strata 1 (S1) dengan gelar sarjana, sedangkan para lulusan sekolah kejuruan (SMK) sebaiknya kuliah di jalur vokasi (diploma) karena orientasinya lebih tepat pada keterampilan kerja yang biasanya telah didapatkan dari sekolah kejuruan sebelumnya. Sekolah menengah adalah fase awal dari pembentukan keterampilan dan kemampuan, tetapi kamu sebaiknya tidak berhenti di jenjang tersebut karena kamu akan lebih matang dan siap untuk terjun dunia kerja setelah lulus kuliah.

2. Bisa Bersaing dengan Sarjana Lainnya

Kuliah diploma sudah menjadi standar pendidikan terendah bagi para professional, bahkan tak jarang mereka harus mengambil kuliah S1 supaya bisa naik jabatan atau naik gaji. Ingat, zaman sudah banyak berubah. Pada masa lampau, sarjana adalah gelar yang luar biasa di mata masyarakat, tetapi sekarang jumlah sarjana sudah sangat banyak seperti kacang goreng.

Sebagian besar lowongan pekerjaan yang profesional menetapkan standar minimal diploma (D3), bahkan sarjana untuk mengisi bidang-bidang pekerjaan yang strategis. Fakta mirisnya, masih banyak lulusan S1 yang belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur. Jadi bisa disimpulkan, lulusan sarjana menganggur, bagaimana dengan lulusan SMA/SMK saja? Oleh sebab itu, pentingnya kuliah harus disadari oleh generasi muda zaman sekarang.

8 Alasan Pentingnya Kuliah pada Masa Sekarang Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tiga-orang-duduk-di-samping-meja-416405/

3. Peluang Kerja Semakin Besar Jika Pendidikan Tinggi

Tidak ada yang bisa memungkiri fakta bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang maka kesempatan karirnya semakin baik. Jika hanya lulus SMA, kesempatan emasnya juga terbatas. Taak jarang, lulusan sarjana dari jurusan apa saja bisa mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Misalnya, banyak pekerja bank (banker) yang berasal dari jurusan di luar fakultas ekonomi. Jadi, kuliah adalah salah satu jalan cepat untuk meraih sukses di dunia kerja.

4. Kuliah Membuka Wawasan dan Pola Pikir

Pergaulan di antara mahasiswa mampu mengembangkan kepribadian dan mengubah pola pikir terhadap berbagai hal dalam hidup. Misalnya, seseorang yang berasal dari keluarga kaya akan bergaul dengan teman-teman yang mungkin berasal dari keluarga menengah ke bawah maka mereka bisa saling belajar untuk memahami kondisi hidup manusia yang berbeda-beda. Ketika masuk dunia kerja, orang-orang yang kuliah lebih mampu menyelesaikan masalah dengan tenang, menyelesaikan masalah dengan baik karena memiliki sudut pandang yang tepat, dan hal-hal lainnya daripada orang-orang yang tidak kuliah.

5. Kuliah Membuat Orang Menjadi Lebih Dewasa

Pentingnya kuliah berikutnya adalah dalam banyak sekali kasus, membuat mahasiswa menjadi lebih dewasa. Para mahasiswa tidak hanya belajar tentang materi kuliah untuk memperoleh nilai dan ijazah di kampus, tetapi mereka juga belajar nilai-nilai kehidupan. Pada awalnya, seseorang yang belum mandiri bisa lebih mandiri karena keadaan yang mengharuskannya seperti itu. Tidak hanya kemandirian, ada banyak sikap positif lainnya yang menunjukkan kedewasaan. Perubahan sikap ini diperoleh karena adanya interaksi dengan orang-orang di kampus seperti dosen, teman, karyawan kampus, dan lainnya. Selain itu, kegiatan kampus seperti organisasi juga bisa mengubah sikap menjadi lebih dewasa karena ada banyak tugas yang diharus diselesaikan sehingga para mahasiswa dilatih untuk memiliki tanggung jawab.

6. Bisa Merintis Karir di Dunia Akademis

Jika kamu ingin berkarier di dunia akademis seperti menjadi guru, dosen, atau karyawan di universitas atau sekolah tinggi, kamu harus kuliah. Jika ingin menjadi guru harus mengambil kuliah S1 jurusan kependidikan. Dan jika ingin menjadi dosen, kamu harus kuliah setidaknya S2 dan lebih baik hingga S3. Jadi, kamu harus menikmati kuliah S1 terlebih dahulu, kemudian kamu bisa memikirkan untuk kuliah ke tingkat berikutnya.

8 Alasan Pentingnya Kuliah pada Masa Sekarang Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/bangku-bekerja-berbayang-berdiskusi-288477/

7. Kuliah Menjadikan Status Sosial Seseorang Lebih Tinggi

Orang yang kuliah dengan orang yang tidak kuliah tentunya memiliki status sosial yang berbeda dalam masyarakat. Pada hakikatnya, manusia memang tidak boleh membeda-bedakan, tetapi kenyataannya memang demikian. Orang yang berpendidikan tinggi akan lebih dihormati oleh semua orang daripada orang yang hanya sekolah sampai jenjang tertentu. Dalam kegiatan kemasyarakatan, seseorang yang berpendidikan tinggi akan disebutkan gelarnya dan biasanya memberikan sambutan atau memegang peran penting dalam setiap acara. Ilmu, keahlian, dan kecakapan dalam bidang tertentu membuat seseorang menjadi penting bagi banyak orang.

8. Bisa Mendidik Anak Lebih Baik

Orang-orang yang berpendidikan tentu saja bisa mendidik keturunannya dengan baik. Bahkan, sebagian besar orang yang berpendidikan ingin anaknya memiliki pendidikan yang lebih tinggi darinya. Misalnya, orangtuanya adalah lulusan S1 maka mereka ingin anak-anaknya kuliah hingga S2 dan S3. Setiap orangtua pasti ingin anaknya menjadi lebih baik darinya dalam segala hal sehingga pendidikan harus menjadi prioritas. Bandingkan dengan orang-orang yang tidak berpendidikan tinggi, mereka terima nasib saja tanpa mau berusaha lebih keras untuk sukses. Anak-anak mereka malah disuruh langsung bekerja setelah lulus SMA atau SMK supaya bisa langsung menghasilkan uang.

Sudah jelaskah pembahasan tentang pentingnya kuliah ini? Semoga bisa menyadarkan kalian yang masih ragu untuk kuliah atau malas kuliah padahal sudah dibiayai oleh orangtua. Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Jadi, berusaha keras dengan belajar yang baik supaya mendapatkan hasil yang baik. Semangat kuliah!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Manfaat Minyak Kelapa, Alami namun Hasilnya Luar Biasa

Nokia 8.3 5G review: Nokia's first 5G phone is an affordable tour de force | Expert Reviews

Review Handphone Nokia 8.3 5G Yang Sinyalnya Sudah 5G