in

8 Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa

Magang menjadi program wajib dari sebagian besar universitas atau akademi yang harus diikuti oleh para mahasiswa pada semester 5 atau 6 sebagai salah satu syarat kelulusan. Program magang bisa menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk mengenal dunia kerja secara langsung. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan mental sebelum memasuki dunia kerja. Bagi para mahasiswa yang kuliah di universitas yang menerapkan magang sebagai syarat kelulusan, kamu harus rajin dan selektif ketika mencari informasi magang kuliah melalui internet. Mungkin bagi kamu yang memang tidak diwajibkan magang dari kuliah, akan bertanya alasan pentingnya magang bagi mahasiswa.

8 Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-catatan-laki-laki-taman-tidak-berwajah-5553936/

Para mahasiswa yang harus magang karena menjadi salah satu syarat kelulusan harus senang ketika magang karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Program magang ini bisa melatih mental dan kemampuan untuk terjun ke dunia kerja sehingga tidak kaget atau tertekan ketika mendapat banyak tekanan dalam pekerjaan. Yuk simak 8 alasan magang bagi mahasiswa.

1. Memahami Jenjang Karier yang Akan Ditempuh

Setiap orang pasti memiliki impian untuk bekerja dan berkarier gemilang setelah lulus kuliah. Adanya kegiatan magang membuat para mahasiswa mengenal dan memahami jenjang karier yang akan ditempuh nanti. Setelah merasakan lingkungan kerja, kamu bisa menggali dan membangun potensi yang dimiliki. Selain itu, alasan magang bagi mahasiswa ini juga bisa membantumu untuk menentukan posisi dan jenis pekerjaan yang paling cocok untukmu. Jangan ragu untuk banyak bertanya kepada para karyawan di perusahaan yang menjadi tempat magangmu sehingga kamu punya gambaran yang baik tentang pekerjaan yang akan kamu lamar setelah lulus kuliah.

2. Menambah Pengalaman untuk Memperkaya CV adalah Alasan Tepat Bagi Mahasiswa untuk Magang

Curriculum vitae (CV) adalah surat penting yang harus dibuat ketika melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, pengalaman magang bisa dicantumkan di dalam CV supaya menjadi bahan pertimbangan bagi pihak HRD di suatu perusahaan. Ingat, pengalaman magang itu penting karena setiap mahasiswa harus memilikinya untuk bekerja. Hanya belajar teori di kelas tanpa praktik secara langsung tentunya terasa kurang bermanfaat. Selain pengalaman, wawasanmu juga bertambah karena kamu bisa menemukan banyak hal baru yang menantang untuk diselesaikan. Jadi, kamu sudah punya kemampuan untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai kondisi (problem solving capability).

8 Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-catatan-laki-laki-taman-muda-5553932/

3. Membangun Relasi dan Jaringan Profesional Bisa Menjadi Alasan Bagi Mahasiswa Untuk Magang

Ketika magang, kamu akan menemui orang-orang dan lingkungan yang baru. Walaupun sebagian besar orang-orang yang kamu kenal ketika magang lebih tua darimu, kamu harus tetap menjalin hubungan baik dengan mereka. Kamu bisa belajar dari pengalaman kerja mereka sehingga kamu mungkin bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari mereka atau teman-teman mereka karena kamu sudah dipercaya berkat kinerjamu yang baik selama magang.

4. Bisa Langsung Kerja Setelah Lulus Kuliah Adalah Alasan Paling Menguntungkan Bagi Mahasiswa Untuk Magang

Banyak perusahaan yang merekrut karyawan magang karena dinilai kinerja dan kontribusinya baik terhadap perusahaan. Oleh sebab itu, kamu harus memanfaatkan waktu magang selama beberapa bulan untuk membuktikan kemampuan dan semangat kerja yang kamu miliki supaya kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Lakukan pekerjaan (job desc) semaksimal mungkin (do your best) supaya kamu mendapatkan penilaian bagus dari pihak perusahaan yang akan masuk ke transkrip nilaimu dan mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan tetap. Siapa sih tak senang mendapatkan pekerjaan saat teman-temanmu mungkin masih berjibaku untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah? Yuk optimalkan potensimu!

5. Memperoleh Penghasilan dari Upah Magang

Salah satu alasan magang bagi mahasiswa yang menguntungkan adalah mahasiswa magang bisa mendapatkan penghasilan berupa upah magang. Tak sedikit perusahaan yang rela memberikan upah magang, tetapi ada juga perusahaan-perusahaan yang tidak memberi bayaran kepada karyawan magang. Oleh sebab itu, kamu harus pintar mencari perusahaan yang mau membayar karyawan magang. Rasanya, tak ada yang akan menolak penghasilan tambahan. Namun, kamu juga tidak boleh berfokus pada uang karena tujuan utama magang adalah mempersiapkan dirimu untuk bekerja setelah lulus. Jadi, kamu harus fokus dalam pengembangan diri supaya kemampuan dan pengalaman bertambah sehingga kamu berkesempatan untuk menjadi sukses pada masa yang akan datang.

8 Alasan Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kelompok-orang-dalam-setelan-gaun-776615/

6. Belajar Menjadi Profesional

Salah satu alasan magang bagi mahasiswa yang penting adalah kamu harus belajar menjadi professional. Buang semua kebiasaan buruk dan kekanakan karena kamu harus berubah menjadi orang professional di bidang yang akan kamu geluti. Ingat, dunia kerja sangat berbeda dengan dunia sekolah dan kuliah. Dunia kerja itu bagaikan rimba yang sesungguhnya sehingga kamu harus bisa bertahan agar tidak menjadi mangsa empuk bagi para predator yang lebih unggul.

Ketika masih sekolah dan kuliah, kamu masih bisa mengandalkan orang lain terutama orangtua. Namun, kamu harus belajar mandiri dan hanya mengandalkan dirimu sendiri untuk melakukan berbagai hal agar bisa menjadi orang yang profesional. Hal utama yang harus dipelajari agar menjadi professional adalah manajemen waktu. Kamu harus bisa mengatur waktu untuk datang ke kantor lebih pagi dan menyelesaikan semua tugas sesuai deadline.

Untuk menjadi profesional, kamu juga harus belajar cara berhadapan dengan senior atau atasan. Mulailah untuk berlatih adaptasi dengan banyak orang dengan kepribadian yang berbeda-beda saat magang. Selain itu, kamu harus beradaptasi dengan jenis pekerjaan yang harus dihadapi setiap hari. Rasakan dan enjoy real work environment  ketika magang supaya kamu benar-benar siap dan mampu menjadi profesional.

7. Menambah Kemampuan (Skill) Baru

Kamu tidak boleh menutup diri terhadap hal-hal baru yang mungkin tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu. Faktanya, ada banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Mereka bisa bertahan dan justru malah bisa berhasil dalam karier yang menyimpang dari latar belakang pendidikannya tersebut. Misalnya, ada banyak orang yang bekerja di bank ternyata bukan lulusan dari fakultas ekonomi, tetapi malah lulusan dari jurusan pertanian. Fakta di lapangan memang seperti itu. Jadi, kamu harus mau belajar banyak hal ketika magang karena bisa jadi salah satu dari hal yang kamu pelajari itu bisa menjadi ladang rezekimu kelak.

8. Sarana Pembuktian Diri

Semua orang pasti ingin menguji dan membuktikan kemampuan dirinya sendiri. Dengan mengikuti program magang dan bekerja sesuai dengan ketentuan, kamu bisa mengetahui kemampuan dirimu. Jika sudah berhasil, kamu akan merasa bangga. Setelah magang, kamu bisa mengukur seberapa pantas kamu untuk diterima di suatu perusahaan, entah di tempatmu magang atau perusahaan baru. Jadi, kamu bisa yakin dan percaya diri untuk melamar pekerjaan. Tidak usah pedulikan orang lain yang mungkin sering mencela dan menganggap remeh terhadapmu. Buktikan kalau kamu bisa dan hebat! Semangat berjuang!

Itulah 8 alasan magang bagi mahasiswa yang harus membuat kalian sebagai mahasiswa lebih bersemangat dan antusias untuk melakukan magang di suatu perusahaan atau institusi tertentu sesuai dengan jurusan atau bidang kuliah yang kamu tekuni. Semangat dan terus berusaha karena pengalaman magangmu mungkin bisa menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan karier pada masa yang akan datang. Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
6 Best Lead-Free Lipsticks of 2020 - Safest, Non-Toxic Lipstick Brands

Mesir Kuno sampai Lambang Perselingkuhan, 8 Fakta Menarik Lipstick

Redmi 7 review: A suitable upgrade over the Redmi 6 - Android Authority

Spesifikasi Handphone Xiaomi Redmi 7 Yang Baterainya Tahan Lama