in ,

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi

Sources: https://i1.wp.com/kpopndrama.com/wp-content/uploads/2020/07/Go-Moon-youngSeo-Ye-ji-Fashion-and-Outfits-in-Its-Okay-to-Not-Be-Okay-episode-2.jpg?w=1200&ssl=1

Drama Korea menjadi salah satu primadona setelah banyak orang berbondong-bondong untuk mencari hiburan di kala pandemi. Tidak hanya menyajikan kisah cinta penuh romansa, banyak pengetahuan yang bisa kamu dapatkan seperti ilmu-ilmu psikologi yang bisa kamu ambil dari 8 drama korea terkenal ini. Yuk kita cari tahu drama tentang psikologi tersebut.

1. Kill Me Heal Me

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama Korea tentang Psikologi yang dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal seperti Park Seo-Joon, Ji sung, Hwang Jung Eum, dan Oh Minseok ini menceritakan tentang Cha Do Hyun yang merupakan seorang pebisnis sukses tetapi memiliki kelainan Dissociative Identity Disorder dimana kepribadiannya dapat berubah setiap saat karena trauma masa lalu. Ia pun mencoba menghilangkan kelainannya itu dengan bantuan Psikiater Oh Ji Rin. Cinta pun berkembang, tetapi perjalanan mereka harus dihalangi saudara kembar Oh Ji Rin yang berupaya mengungkapkan kepribadian Cha Do Hyun.

Drama dengan genre romantic comedy & medical drama ini memperoleh banyak peminat. Mereka rata – rata terpukau akan perubahan kepribadian ganda Cha Dohyun, antara lain : Ahn Yoona yang merupakan seorang siswi centil umur 17 tahun, Shin Segi dan kasar tapi kekanakan dan juga Ferry Park yang memiliki kepribadian yang menarik. Drama ini juga memperoleh beberapa nominasi Best Leading Artist, Best TV Script, TV Director, & TV Drama dari Baeksang Arts Awards. Bahkan liptint yang dipakai Ahn Yoona pun menjadi laris manis di pasaran setelah adegan ia mencoba mencium saudara kembar Oh Ji Rin rilis. Drama korea yang satu ini cukup mengajari kita tentang psikologi.

2. Hyde

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama Korea tentang Psikologi yang menceritakan bisnis taman hiburan ini dibintangi oleh Hyunbin yang berperan sebagai pebisnis taman bermain yang mencoba mendapatkan posisi CEO di Wonder Group. Di tengah persaingan mendapatkan posisi tertinggi, ia didiagnosis memiliki kepribadian ganda yang dapat muncul ketika tekanan darahnya naik. Masalah muncul ketika Han Jimin yang merupakan penerus dari sirkus dari taman bermain yang dipimpinnya datang dan mencoba menghentikan penutupan sirkus yang dianggapnya merugi. Berhasilkan Gu Seojin menyembuhkan penyakitnya? Atau malah benih-benih cinta muncul diantara mereka?

3. Its Okay Thats Love

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama debut dari idol D.O EXO ini menceritakan tentang seorang author dan DJ Radio bernama Jang Jaiyeol yang memiliki kepribadian ceria namun arogan. Ia didiagnosa memiliki penyakit Obsessive Compulsive Disorder yang diakibatkan trauma masa lalu akan kematian ibunya. Ia bertemu Ji Haeseo yang merupakan koass psikiater ambisius tahun pertama namun memiliki kepribadian buruk dalam kehidupan sosial. Mereka pun menjadi house mate yang terus bertengkar setiap hari karena perbedaan sifat. DO EXO sendiri berperan sebagai Han Geong Woo yang merupakan dari Song Jae Yeol di masa muda. Akting debut DO EXO yang memukai serta perpaduan kemistri dari Jang Jaiteol dan Ji Haeseo membuat drama ini layak ditonton untuk mengisi waktu luang.

4. Good Doctor

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Line Today

Drama Korea tentang Psikologi ini menceritakan tentang dokter bedah anak yang menderuta Autistic Servant namun bercita-cita menjadi dokter yang hebat. Park Shi On merupakan anak desa yang diangkat anak oleh seorang dokter yang melihat talentanya sejak kecil. Di awal masuk, ia sudah membuat sensasi dengan membantu seorang korban kecelakaan dan memulai keributan dengan mencoba mengoperasi pasien yang menyebabkan kemarahan semua dokter bedah anak. Disisi lain, ia juga mendapatkan pandangan sebelah mata dari para pasiennya. Kisah Park Shi On yang berusaha untuk mendapatkan pengakuan serta mencoba mengatasi trauma masa lalu membuat drama ini layak ditonton bersama keluarga. Drama korea yang satu ini cukup mengajari kita tentang psikologi.

5. Its Okay not to be Okay

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama Korea tentang Psikologi yang berhasil menarik minat penonton di era pandemi ini menceritakan tantang seorang pegawai rumah sakit jiwa yang bernama Moong Gang Tae.  Moong Gang Tae hidup berdua dengan kakaknya yang memiliki autism. Disaat mengalami kesulitan dalam merawat sang kakak, ia bertemu dengan Go Moon Young, seorang penulis buku anak-anak yang memiliki penyakit anti sosial. Kisah ini menarik perhatian banyak orang dimana Moon Kang Tae berusaha berhadapan dengan dua orang yang memiliki penyakit mental masing-masing. Menarik juga melihat bagaimana ia harus berjuang sendirian dalam menjalani kehidupan yang keras dan menjadi tumpuan sang kakak.

6. Pinocchio

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama Korea tentang psikologi selanjutnya memiliki judul yang sama dengan cerita anak-anak terkenal ini menceritakan seorang siswi SMA bernama In Ha yang memiliki sindrom pinokio dimana ia akan cegukan ketika berbohong. Ia memiliki seorang paman angkat bernama Choi Dalpo yang merupakan seorang anak yatim piatu setelah ayahnya meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan ibunya yang memilih bunuh diri. Disaat lulus SMA, In Ha berusaha untuk menjadi reporter namun gagal karena sindrom yang dimilikinya. Ia pun merasa kecewa disaat yang bersamaan Dalpo berhasil lolos menjadi reporter. Padahal Dalpo sendiri memiliki dendam terhadap reporter yang menerimanya karena dianggap menutupi kasus kematian ayahnya.

Adegan menarik di drama ini ialah saat Choi Dal Po yang merupakan ranking terakhir di sekolahnya mencoba melawan pemegang ranking satu di lomba cerdas cermat walaupun sempat dianggap remeh oleh In Ha yang menganggapnya bodoh. Salah  satu adegan lainnya saat ia dan In Ha bersaing menjadi reporter juga menarik perhatian penonton saat In Ha menemukan kejanggalan dari kematian seorang gadis. Adegan toast kiss mereka yang sensual juga menarik perhatian penonton.

7. A Girl Who Sees Smile

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Bangkit dari koma dengan kemampuan dan identitas baru menjadi konflik utama dari drama ini. Dikisahkan Cha Eun Sol yang pulang ke rumah mendapati kedua orang tuanya dibunuh. Pelaku yang melihatnya melarikan diri mencoba mengejarnya namun akhirnya ia tertabrak oleh mobil. Berbulan-bulan kemudian ia pun bangun dengan identitas baru dengan menjadi anak dari detektif yang menangani kematian orang tuanya serta kemampuan dalam melihat bau. Akankah ia mengingat masa lalunya dan berhasil mengetahui identitas pembunuh orang tuanya. Drama yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini memperoleh rating tertinggi selama satu bulan.

8. The K2

8 Drama Korea yang Bikin Kamu Belajar Psikologi Drama Korea Korea

Source : Google Gambar

Drama Korea tentang Psikologi selanjutnya dibintangi oleh Yoona SNSD ini menceritakan seorang mantan tentara bernama Kim Jeha yang dituduh membunuh kekasihnya saat ia berada di Irak. Ia pun memilih kabur ke Korea untuk mencari tahu orang yang menuduhnya. Setelah di Korea, ia menjadi bodyguard dari anak calon presiden yang diperankan oleh Yoona SNSD yang memiliki gangguan mental akibat trauma dari kekerasan yang dilakukan oleh ibu tirinya. Tak disangka, niatnya yang hanya menjadi bodyguard malah tumbuh benih cinta diantara keduanya. Drama ini meraih rating tinggi berkat peran apik Yoona SNSD dan Lee Seung gi yang bikin baper para penonton.

Itulah 8 drama Korea tentang psikologi yang bisa kamu tonton di kala pandemi. Selain bisa merasakan kemistri antar tokoh kamu juga bisa belajar tentang kesehatan mental yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa cek rekomendasi drama korea lainnya hanya di Tulizan DraKor!

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

C:\Users\PC USER\Downloads\rafki-altoberi-qt75uVM4BrA-unsplash.jpg

8 Tempat Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bisakah Codependent Relationship diselamatkan?