in

8 Tips Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Meeting online menjadi hal yang umum dan lumrah di era teknologi canggih seperti sekarang ini. Tak ada batasan bahwa sebuah perusahaan harus memiliki kantor dan karyawan yang datang setiap hari bertatap muka. Banyak startup yang muncul dan kebanyakan dari mereka bahkan tidak memiliki kantor dan bekerja secara remote. Karyawannya tersebar di berbagai kota dan tidak ada kewajiban untuk bertatap muka secara langsung. Bagaimana mereka dapat tetap berbisnis seperti biasa? Mulai dari aplikasi nya seperti Google Meet dan cara menggunakannya di laptop akan dibahas disini.

Pertemuan secara daring menjadi solusi yang tepat untuk dapat membicarakan bisnis. Berbagai cloud storage tersedia untuk mengumpulkan hasil pekerjaan. Mereka dapat menggunakan aplikasi chat untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Mereka dapat memanfaatkan berbagai jenis aplikasi task tracker untuk memonitoring pekerjaan harian. Tidak perlu papan tulis, tidak perlu kertas, dan tidak perlu ruangan mahal di gedung tinggi. Poin terpenting bagi mereka adalah mengembangkan perusahaan.

Banyak aplikasi dipasaran untuk meeting online. Semua orang mencari one stop solution, namun diantara banyaknya tipe subscription yang mereka tawarkan, tentu kita harus memiliki yang terjangkau, termurah, dengan optimasi fungsi yang sesuai dengan kebutuhan. Google Meet adalah salah satunya. Kita dapat melakukan pertemuan online dengan mudah dan yang terpenting gratis. Setiap karyawan tetap dapat melakukan presentasi progress pekerjaan. Lalu bagaimana menggunakannya? Berikut tips cara menggunakan google meet di laptop untuk Anda yang masih pemula.

Cara Memulai Google Meet

Cara memulai google meet di laptop pertama kali adalah mempersiapkan requirements. Apakah yang harus aku persiapkan untuk memulai google meet? Pertama adalah kamu membutuhkan google account. Jika ingin mulai menggunakan google meet untuk organisasi, kelompok, atau perusahaan, Anda harus membuat akun untuk organisasi, kelompok, atau perusahaan tersebut.

Jika Anda bagian dari organisasi, kelompok, atau perusahaan, Anda bisa mencoba menghubungi pihak Admin untuk memberitahu akun yang bisa Anda gunakan.

Anda harus masuk ke workspace google dengan cara sign in untuk bisa berpartisipasi dalam meeting baik menjadi peserta maupun penyelenggara meeting. Jika Anda hanya peserta dan tidak termasuk bagian dari organisasi, kelompok, atau perusahaan, Anda bisa menggunakan link Google Meet dari admin atau penyelenggara acara. Owner (pemilik meeting) perlu mengizinkan anda masuk.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Meet di laptop untuk Video Call?

Jika Anda perlu melakukan conference call dengan mengaktifkan video, ada beberapa persyaratan kompatibilitas yang harus Anda pastikan tersedia untuk PC dan akun Anda.

  1. Anda menggunakan web browser yang mendukung panggilan video baik di PC Anda.
  2. Anda menggunakan laptop yang menyediakan webcam/camera.
  3. Anda memiliki OS yang mendukung baik aplikasi google meet maupun video.
  4. Koneksi internet berada pada rentang yang memungkinkan transmisi pengiriman video.
  5. Anda juga bisa menggunakan built-in camera atau external USB camera.
8 Tips Cara Menggunakan Google Meet di Laptop Aplikasi & Software
Sumber: https://apps.google.com/intl/en/meet/how-it-works/

Jika semua requirements sudah sesuai, Anda hanya perlu mengaktifkan video dengan cara mengklik bagian ikon video baik sebelum maupun setelah berhasil masuk ke dalam meeting.

Fitur Penting saat Meeting Skala Kecil

8 Tips Cara Menggunakan Google Meet di Laptop Aplikasi & Software
Sumber: https://apps.google.com/meet/

Untuk pertemuan skala kecil, ada beberapa fitur yang harus anda kenali untuk mengetahui cara menggunakan google meet di laptop. Beberapa fitur yang harus Anda ingat dan mungkin akan Anda perlukan saat melakukan meeting kecil adalah sebagai berikut.

  1. Mikrofon adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa berbicara di dalam meeting online. Mikrofon ditunjukkan pada ikon berbentuk mic. Warna merah dan tanda garis miring menandakan mikrofon mute. Jika peserta tidak dapat mendengarkan Anda. Jika ingin berbicara, Anda harus ‘unmute’ yang ditandai dengan warna bening ikon tanpa garis miring.
  2. Camera adalah fitur untuk menunjukkan wajah Anda saat meeting. Pastikan sudah siap sebelum menghidupkan kamera. Notifikasi aktif dan tidak aktif mirip dengan mikrofon. Kedua ikon ini berada di bagian tengah bersebelahan sebelum Anda join meeting. Kemudian terpisah dengan ikon hang up atau keluar dari meeting saat Anda sudah berhasil join.
  3. Virtual Background merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengatur background saat video call. Google Meet menyediakan beberapa pilihan gambar. Anda juga bisa memasukkan gambar dari data komputer pribadi atau memblur background. Untuk memilih ini Anda hanya perlu mengklik ikon ‘bergambar orang di sebelah kanan.
  4. Meeting Details memberitahu Anda informasi meeting. Biasanya informasi berupa judul meeting, URL, dan unggahan. File unggahan adalah file yang terdapat pada meeting appointment. Fitur ini hanya ada saat Anda join meeting
  5. Turn on captions merupakan fungsi untuk melihat caption berupa translasi ‘Google Translate’. Anda akan melihat cc (subtitle) dari siapapun peserta yang berbicara aktif selama meeting.
  6. Present Now adalah fitur untuk memperlihatkan presentasi Anda saat meeting. Anda bisa membagi seluruh screen, hanya jendela, dan bahkan tab. Your entire screen membuat peserta dapat melihat apapun yang aktif di laptop Anda. A Window akan membagikan jendela aplikasi aktif yang Anda tunjuk. A tab membagikan tab yang Anda tunjuk.
  7. Fitur lain yang bisa Anda pilih berada di bagian ikon bulatan 3 vertikal sebelah kanan bawah. Fitur tersebut adalah whiteboard, change layout, full screen, change background, dan setting.

Cara Merencanakan dan Membuat Meeting

Cara menggunakan google meet di laptop untuk para pekerja remote bisa memperhatikan petunjuk meeting kecil ini. Biasanya skala perusahaan untuk pekerja remote berkisar 10 – 50 karyawan. Siapa saja yang memiliki Google Account dapat membuat video meeting dan mengundang hingga 100 peserta dengan lama pertemuan sekitar 1 jam. Anda bahkan bisa membuat webinar singkat dengan fitur ini.

Pertama, membuat meeting langsung maupun akan datang dan menjadwalkan meeting untuk tanggal tertentu dan mengirimkan undangannya ke para peserta meeting. Anda hanya perlu masuk ke google meet melalui meet.google.com atau melalui menu tile di samping akun Anda pada aplikasi Google Chrome.

Begitu masuk ke halaman Google Meet, Anda bisa mengklik ‘New Meeting’ dan pilih jenis meeting yang ingin Anda inisiasi.

‘Create a meeting for later’ akan memberikan Anda url yang bisa Anda kirimkan kepada para peserta. Anda bisa mengatur jadwal di email manapun yang Anda miliki setelahnya. Peserta akan join menggunakan URL tersebut.

8 Tips Cara Menggunakan Google Meet di Laptop Aplikasi & Software
Sumber: https://apps.google.com/meet/

‘Start an instant meeting’ akan langsung membuat meeting baru. Anda bisa mengundang peserta masuk dengan cara menyalin URL atau melalui fungsi ‘Add people’. Untuk fungsi ‘Add People’, Anda hanya bisa mengundang peserta yang memiliki akun email.

‘Schedule in Google Calendar’ memberikan Anda ruang untuk menjadwalkan meeting untuk tanggal tertentu. Link meeting akan terkirim ke email peserta yang Anda daftarkan dan otomatis memblok kalender mereka. Anda perlu menambahkan judul meeting, waktu, tempat, detail informasi, dan notifikasi.

Jika Anda adalah peserta meeting dan ingin masuk melalui Google Meet, Anda juga memiliki pilihan untuk memasukkan kode atau link meeting ke field yang tersedia di sebelah kanan button ‘New Meeting’.

Bagaimana cara menggunakan google meet di laptop? Sangat mudah bukan? Selain itu, untuk keperluan startup dengan pekerja remote, Anda masih bisa menggunakan Google Meet untuk pertemuan daring. Selain gratis, Google juga sudah menyediakan fitur yang biasanya hanya ada pada akun premium sudah tersedia untuk Anda.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hasil gambar untuk enampilan haruto

Skandal Tentang Haruto Sebelum Debut Bersama Treasure

10 Tren Otomotif Terkini Versi CES 2021