in

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi!

Tak bisa dipungkiri berlibur adalah hal yang sangat menyenangkan, apa lagi jika dilakukan bersama orang tersayang seperti  teman, pacar, sahabat atau keluarga kamu. Jika kamu bingung ingin berlibur kemana? Kami ingin merekomendasikan destinasi wisata Jawa Tengah sebagai tempat liburan kamu.

Jawa Tengah layak menjadi tempat kamu liburan lantaran banyak sekali destinasi wisata provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini. Lantas, apa saja destinasi wisata yang ada di daerah Jawa Tengah? Berikut adalah informasinya.

1. Candi Borobudur

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Candi Borobudur (https://haloedukasi.com/sejarah-candi-borobudur)

Wisata Candi Borobudur  merupakan destinasi wisata Jawa Tengah pertama yang wajib kamu kunjungi. Candi ini terletak di Kota Magelang dengan memiliki bentuk bangunan yang sangat indah. Candi Borobudur merupakan wisata religi bagi mereka yang beragama Budha.

Ada banyak hal yang bisa kamu temui di Candi Borobudur. Salah satunya adalah relif yang menjelaskan tentang kehidupan manusia, saat hidup sampai sudah tiada. Kita perlu membayar tiket sebesar Rp50.000,00 agar bisa masuk ke Candi Borubudur.

2. Lawang Sewu

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata
Gambar: Lawang Sewu (https://macamtiket.com/harga-tiket-masuk-lawang-sewu/)

Lalu ada Lawang Semu sebagai destinasi Jawa Tengah yang juga wajib untuk kamu kunjungi.  Kita pasti sudah tidak asing dengan Lawang Sewu karena tempat ini terkenal cukup horor. Tapi sekarang, Lawang Sewu menjadi destinasi wisata yang terkenal di Jawa Tengah khususnya di kota Semarang.

Pengunjung harus membayar Rp10.000,00  untuk bisa masuk ke dalam Lawang Sewu. Dengan harga tiket yang terjangau, kamu bisa mengenal kereta api secara dekat. Setelah mengenal sejarah kereta api, kamu juga bisa berfoto didepan Lawang Sewu.

3. Kota Lama Semarang

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Kota Lama (https://www.ayosemarang.com/read/2019/08/12/42031/kota-lama-semarang-diminta-contoh-kota-lama-rusia)

Masih di daerah Semarang, ada wisata Kota Lama yang wajib kamu kunjungi. Dahulu, Semarang merupakan pusat Pemerintahan VOC. Karena dahulu menjadi tempat pemerintahan VOC, tidak mengherankan di Kota Lama banyak bangunan gaya Eropa.

Kota Lama  memiliki banyak bangunan khas Eropa yang mirip dengan Kota Tua. Gereja Blenduk adalah salah satu Bangunan khas Eripa yang bertahan sampai sekarang ini.  Selain Gereja Blenduk, ada juga Jembatan Mberok yang cantik.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Museum Kereta Api Ambarawa (https://travelspromo.com/htm-wisata/museum-kereta-api-ambarawa-tiket-5-aktivitas-wisata/)

Begerser sedikit dari Semarang, kini kita beralih ke Ambarawa. Ambarawa memiliki tempat wisata, yakni Museum Kereta Api Ambarawa. Museum kereta ini menyajikan informasi kereta secara lengkap, dan kereta kereta kuno ada di Museum ini.

Kita cuma perlu membayar Rp5.000,00 untuk masuk ke dalam Museum ini. Dengan harga yang terjangkau , kamu bisa melihat koleksi kereta api yang lengkap. Kamu bisa berkeliling museum dengan kereta wisata , dan kamu hanya membayar Rp10.000,00.

5. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Dataran Tinggi Dieng Wonosobo (https://phinemo.com/fakta-fakta-dieng-yang-bikin-merinding/)

Jika kamu suka dengan daerah pegunungan, kamu wajib mengunjungi Dataran Tinggi Dieng . Dataran Tinggi Dieng ini diapit dua pintu, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kita bisa menikmati salju saat berkunjung ke sini pada bulan Juli. Selain itu, kita juga bisa menjadikan Dataran Tinggi Wonosobo sebagai tempat untuk mendaki.

6. Pantai Karang Bolong Kebumen

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar : Pantai Karang Bolong Kebumen (https://jejakpiknik.com/pantai-karang-bolong-kebumen/)

Nah, bagi kamu yang suka berlibur ke pantai tak perlu khawatir sebab Jawa Tengah memiliki pantai Karang Bolong sebagai destinasi wisata Jawa Tengah yang patut untuk kamu kunjungi. Pantai ini terletak di Kebumen.

Karang Bolong memiliki pantai yang indah.  Kamu juga bisa melihat sarang wallet di sini. . Para petani sarang wallet, setiap 4 kali setahun akan mengambil air liur wallet. Air liur dari wallet ini biasanya diolah menjadi sebuah produk.

Kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000,00 ketika berkunjung ke pantai Karang Bolong. Dengan harga yang terjangkau, kamu akan menikmati indahnya Pantai didaerah Kebumen ini.

7. Goa Petruk Kebumen

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Gua Petruk Kebumen (https://www.inibaru.id/adventurial/mengisi-libur-lebaran-dengan-menjelajahi-goa-petruk-kebumen)

Masih didaerah Kebumen, Gua Petruk adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Goa Petuk berada di bukit kapur dengan ketinggian 75 meter. Selain itu, Goa ini dekat dengan Pantai Ayah.

Goa Petruk memiliki pahatan batu alam stalaktit dan stalagmit. Bentuk pahatan batu tersebut, yang membuat Goa Petruk menjadi indah pemandangannya. Selain pahatan batu, kamu juga akan disuguhkan dengan kolam pemandian.

Jika kamu ingin berkunjung ke Goa Petruk Kebumen , kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.500,00. Dengan harga yang tiket masuk yang terjangkau, kamu dapat menikmati indahnya alam di Goa Petruk Kebumen.

8. Baturraden Banyumas

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Baturraden Banyumas (https://www.homestayrose50.com/lokawisata-baturraden/)

Siapa yang tidak tahu Baturraden? Baturraden adalah tempat wisata di Banyumas, yang sangat terkenal. Banyak hal yang bisa kamu temui di Baturraden, salah satunya adalah Pemandian air Panas. Pemandian Air Panas di Baturraden dapat menyegarkan badan kamu, setelah berkeliling Kota Banyumas.

Selain pemandian air panas, Baturraden  juga menyediakan tempat kemah. Kamu bisa berkemah dengan teman atau keluarga, sambil menikmati indahnya Baturraden.  Ada juga kebun binateng Kaloka Widya Mandala, yang bisa kamu kunjungi.

Untuk berkunjung ke Baturraden, kamu hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp25.000,00. Dengan harga tiket yang terjangkau, kamu bisa menikmati fasilitas yang ada di Baturraden. Tempat wisata ini  sangat cocok, untuk kamu yang ingin mencari ketenangan.

9. Keraton Solo

9 Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi! Liburan & Wisata

Gambar: Keraton Solo (https://penginapan.net/tiket-masuk-keraton-solo-kasunanan-surakarta-hadiningrat/)

 Terakhir, ada Keraton Solo yang wajib kamu kunjungi.  Banyak hal yang bisa kamu dapatkan di Keraton Solo, seperti benda pusaka. Selain benda pusaka, ada  foto kerajaan serta peninggalan sejarah lainnya.

Untuk mengunjungi Keraton Solo, kamu hanya dikenai biaya Rp10.000,00.  Dengan harga yang terjangkau, kamu akan mengetahui sejarah dari Keraton Solo. Kamu juga bisa berfoto Keraton Solo, sebagai kenang kenangan.

Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Travel concept - close up portrait young beautiful attractive redhair girl wtih trendy hat and sunglass smiling. blue pastel background. copy space. Free Photo

7 Tips Awet Muda Dengan Cara Alami

Karakter Genshin Impact Terbaik dan Terkuat (Update 27/10/2020)