in

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Bagi kamu penyuka genre film perang, kira-kira lebih suka yang mana, film perang dari kisah nyata atau fiksi? Biar kamu mudah untuk memutuskan, berikut daftar film perang yang terinspirasi dari kisah nyata:

1. The Great Escape (1963)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Gambar: Poster film The Great Escape

Film perang yang satu ini dibuat berdasarkan kisah nyata sekelompok tentara sekutu yang berencana menyelamatkan diri dari sekapan di kamp Jerman. Waktu itu sedang berlangsung Perang Dunia II, dimana mereka tidak hanya sekadar ingin kabur, tapi juga mempunyai misi untuk membantu pasukan sekutu dalam mengambil alih pertahanan musuh.

Meski berlatar dari kisah nyata, beberapa fakta sejarah dikompromikan untuk kepentingan komersil fim ini. Selain itu penambahan “drama” juga dilakukan agar penonton semakiin tertarik untuk menontonnya.

2. Schindler’s List (1993)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Gambar: Poster film Schindler’s List

Schindler’s List adalah salah satu film terbaik yang terinspirasi dari kisah nyata Perang Dunia II. Film dengan genre epik-sejarah ini berkisah tentang Oskar Schindler, seorang pengusaha yang berasal dari Jerman. Ia memiliki pabrik yang sebagian besar buruhnya adalah kaum Yahudi. Ketika Nazi mulai mempersekusi kaum Yahudi, ia tergerak untuk menolong para pekerjanya.

Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul Schindler’s Ark karya novelis Thomas Keneally. Sutradaranya Steven Spielberg mengambil gambarnya secara hitam putih untuk menekankan nuansa dokumenterya. Film ini sempat dicekal untuk tayang di Indoenesia. Itulah sebabnya kamu wajib menontonnya agar menjadi bagian dari sejarah film ini!

3. Saving Private Ryan (1998)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Saving Private Ryan digadang-gadang sebagai film perang terbaik karya Steven Spielberg, yang terinspirasi dari kisah nyata Perang Dunia II. Berkisah tentang prajurit bernama Ryan yang berjuang agar bisa selamat di hari H Perang Dunia II, setelah tiga orang kakaknya gugur di medan perang.

Dalam film ini digambarkan secara gamblang kekejaman perang apa adanya. Betapa perjuangan hidup dan mati digambarkan secara apik oleh sang sutradara. Sentuhan drama dalam film bergenre perang ini juga berhasil mengambil hati para penonton dan kritikus film.

4. Pearl Harbour (2001)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Gambar: Poster film Pearl Harbour, Sumber: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/714Clqc99ZL._AC_SY445_.jpg

Film Pearl Harbour sebenarnya adalah film tentang kisah cinta segitiga yang berlatar dari kisah nyata Perang Dunia II. Tentu saja adegan perang juga muncul dalam cerita sebagai latar dan penggambaran suasana menjelang pemboman di Pearl Harbour yang terasa sangat nyata. Sutradara Micahel Bay sangat mahir dalam visualisasi situasi saat itu

Rafe McCawley dan Danny Walker, dua orang sahabat yang sama-sama ditempatkan di garis depan sebagai pilot. Rafe jatuh cinta pada seorang perawat bernama Evelyn. Kedua mulai berkencan dan saling jatuh cinta.

Dalam suatu tugas Rafe mengalami kecelakaan dimana pesawat yang dipilotinya jatuh. Karena patah hati yang sangat dalam, Evelyn mencoba move on dan jatuh cinta pada Danny hingga ia mengandung anaknya. Tidak disangka-sangka, berbulan-bulan kemudian Rafe bisa pulang dengan selamat. Lalu bagaimana kelanjutan kisah mereka? Harus nonton filmnya biar tidak penasaran.

5. We Were Soldiers (2002)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Gambar: Poster film We Were Soldiers

Film We Were Soldiers menceritakan tentang kisah nyata pertempuran di perang Vietnam. Saat itu Vietnam masih terbagi menjadi dua bagian, yakni Utara dan Selatan. Vietnam Utara didukung oleh Uni Soviet (sekarang Rusia), dan Vietnam Selatan didukung oleh Amerika Serikat.

Film perang dari kisah nyata berjudul We Were Soldiers ini diklaim sebagai salah satu film perang modern yang terbaik sepanjang masa. Dibintangi oleh Mel Gibson, film ini mengangkat ksah heroik, persahabatan, dan loyalitas masing-masing prajurit yang merasa senasib sepenanggungan terhadap sesama.

6. Defiance (2008)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Gambar: Poster film Defiance

Berdasarkan kisah nyata dari masa pendudukan Nazi, film ini menceritakan tentang tiga orang bersaudara kaum Yahudi Polandia: Tuvia, Zus, dan Asael Bielski, yang berhasil melarikan diri dari kamp Jerman. Mereka kemudian bergabung dengan pengungsi lain yang selamat dan membuat gerakan untuk mempersiapkan pembalasan. Mereka berlindung di hutan dan mengatur siasat agar rencananya berjalan mulus.

7. Lincoln (2012)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Film ini berkisah tentang sejarah kelam negara adidaya Amerika Serikat di masa lalu. Pernah di suatu masa, Amerika Serikat masih mengenal isu perbudakan dan terlibat dalam Perang Sipil. Kisah nyata ini diangkat ke film yang juga berkisah tentang perjuangan Abraham Lincoln, salah satu presiden Amerika Serikat yang paling dikenal di sejarah dunia. Lincoln selama kariernya berjuang dalam menghapus perbudakan dan kebijakan pemeritahnya dapat mengakhiri Perang Sipil.

8. Lone Survivor (2013)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Film ini menggambarkan kisah nyata di medan perang jaman modern yang dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat yang berlangsung di Afganistan. Seperti yang kita ketahui bersama, banyak tentara dari Amerika Serikat, juga dari Afganistan, belum lagi warga sipil yang harus gugur dalam medan perang ini.

Film ini menggambarkan bagaimana perjuangan salah satu tim NAVY SEALS Amerika Serikat, yang beranggotakan empat orang prajurit yang ditugaskan untuk mencari salah satu tokoh Taliban yang bernama Ahmad Shah di Afghanistan, dan membunuhnya. Kejadian ini sungguh terjadi di tahun 2005.

Yang menarik dari film ini, adalah penggambaran cara kerja prajurit Navy SEALS yang bergitu cermat dan rapi. Mereka tidak diperkenankan untuk membunuh selain target, apalagi warga sipil. Perencanaan dan latihan yang keraslah yang membuat tim ini memiliki cara kerja yang begitu sempurna, bahkan seekor kambing pun tidak dibiarkan mati.

9. Letters from Iwo Jima (2006)

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film

Berbeda dengan film tentang Perang Dunia II lainnya yang mengambil sudut pandang dari pihak sekutu, film arahan Clint Eastwood ini menceritakan dari sisi yang berbeda. ia mengambil sudut pandang dari sisi tentara Jepang. Film Letters from Iwo Jima dibuat atas dasar kisah nyata, yang tidak hanya menampilkan adegan peperangan, tapi juga mengungkapkan kisah yang selama ini belum dibuka.

Diawali dengan kisah pendaratan tentara sekutu di Pulau Iwo Jima, tentara Jepang yang ditempatkan di sana segera mengerahkan berbagai upata untuk mempertahankan pulau penting tersebut. Para tentara Jepang terpaksa bertahan di gua-gua yang disulap menjadi markas pasukan Jepang.

Serangan pasukan sekutu yang memborbardir dan tiada henri membuat mereka terjebak. Belum lagi ada kesalahan strategi yang semakin membuat mereka terpojok. Kondisi sanitasi yang buruk dan kekurangan makanan semakin memperparah keadaan. Banyak di antara pasukan Jepang yang tewas karena sakit, kelaparan, serta bunuh diri karena keputusasaan.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Drama 'So I Married An Anti-Fan' Sooyoung SNSD dan Choi Tae Joon Terancam Dihapus

Fakta Drama Terbaru Yang Diperankan Choi Tae Joon Tahun 2021

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja!