in

9 Program Studi Kuliah Terlangka di Dunia yang Ada di Indonesia

Ada banyak jurusan kuliah atau program studi di berbagai perguruan tinggi di dunia. Sebagian besar jurusan seperti Kedokteran, Psikologi, Arsitekur, Ekonomi, Sastra Inggris mungkin sudah diketahui karena pasti ada di setiap negara. Namun, ada beberapa program program studi kuliah terlangka di dunia yang teryata hanya ada satu di Indonesia.

Hal yang perlu diketahui, program studi ini ternyata memiliki prospek karier yang bagus karena sangat jarang orang yang mendalaminya sehingga kesempatan untuk sukses terbuka lebih lebar. Yuk simak informasi tentang program studi kuliah terlangka berikut ini supaya kamu tidak penasaran.

1. Jamu

Program studi kuliah terlangka yang pertama adalah Jamu. Program studi yang unik ini hanya ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. Tujuan awal yang luhur dari terbentuknya program studi ini adalah melestarikan pengobatan tradisional di Indonesia yang menjadi warisan leluhur bangsa. Para mahasiswa di prodi ini mempelajari tentang seluk beluk jamu, jenis-jenis jamu, hingga cara meracik, menyediakan, dan melakukan terapi penyembuhan dengan jamu.

Jamu dan obat-obatan tradisional memang berasal dari Indonesia karena ada banyak tanaman herbal yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Bahkan, produk jamu sangat berpotensi untuk terkenal dan menjadi kesukaan masyarakat dunia. Sebagai informasi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta memiliki program studi Jamu dengan jenjang Diploma-III (D-III) yang sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT. Kamu tertarik untuk kuliah di sana?

2. Astronomi

Seperti yang kita ketahui, Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang matahari, bulan, bintang, dan planet-planet lainntya. Program studi ini bisa dipelajari hanya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Faktanya, ITB menyediakan program studi Astronomi dari jenjang sarjana (S1), magister, (S2) hingga doktor (S3). Benar-benar bisa mempelajari Astronomi secara mendalam.

9 Program Studi Kuliah Terlangka di Dunia yang Ada di Indonesia Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/teleskop-hitam-di-bawah-biru-dan-langit-hitam-2034892/

Para mahasiswa akan mempelajari beda-benda langit dengan berfokus pada penerapan ilmu fisika terhadap benda langit, kosmologi, beserta struktur dan sifat fisik evolusi alam semesta. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, program studi Astronomi di ITB sudah mendapatkan akreditasi A berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jadi, kualitasnya tidak usah dikhawatirkan lagi.

3. Manajemen Industri Katering

Program studi kuliah terlangka yang hanya ada satu di Indonesia adalah Manajemen Industri Katering. Para mahasiswanya belajar tentang pengetahuan dasar di bidang kuliner lokal, nasional, dan internasional, manajemen operasional usaha kuliner, hingga perencanaa, pengelolaan, dan pemasarannya. Seru ya? Tentu saja prodi sangat cocok untuk kalian yang memiliki jiwa entrepreneur. Program studi ini cuma tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk jenjang sarjana (S1) saja. Program studi Manajemen Industri Katering UPI sudah terakreditasi B oleh BAN-PT sejak tahun 2015

4. Sastra Belanda

Ada banyak pilihan bahasa jika kamu ingin kuliah di jurusan bahasa atau sastra. Pilihan bahasa atau sastra yang umum di berbagai universitas antara lain Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra China, dan Sastra Jepang. Namun, program studi Sastra Belanda hanya bisa kamu temui di Universitas Indonesia (UI). Di program studi Sastra Belanda kamu akan belajar tentang linguistic, sastra, sejarah, dan kebudayaan. Berdasarkan BAN-PT, program studi Sastra Belanda Universitas Indonesia sudah terakreditasi A.

5. Sastra Jawa

Program studi kuliah terlangka selanjutnya dan masih berada di Fakultas Bahasa dan Sastra adalah Sastra Jawa. Prodi ini mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan Jawa secara mendalam. Para mahasiswanya akan mendalami naskah-naskah jawa kuno dengan berbagai topik bahasan mulai dari filsafat, politik, hingga kesehatan.

Jika kamu benar-benar ingin memperdalam budaya Jawa maka prodi ini sangat cocok untukmu. Universitas-universitas di Indonesia yang menyediakan prodi Sastra Jawa antara lain Universitas Indonesia, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Negeri Semarang.

Para mahasiswa Sastra Jawa bukan berarti harus menjadi pelaku budaya, dalang, sinden, pemain gamelan, atau penembang. Adapun prospek kerja untuk para lulusan Sastra Jawa antara lain peneliti budaya Jawa, ahli bahasa, dosen dan guru Bahasa Jawa, atau penerjemah.

6. Teknik Nuklir

Nuklir mungkin menjadi salah satu hal yang masih asing di Indonesia. Pada kenyataannya, negara-negara lain sudah menggunakan nuklir sebagai sumber energi dan mulai dipelajari di banyak universitas. Namun, program studi Teknik Nuklir hanya bisa dipelajari di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan jenjang S1 saja. Program studi ini mempelajari tentang sains, terutama ilmu fisika dan matematika. Akreditasi prodi Teknik Nuklir di UGM adalah A sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

7. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

9 Program Studi Kuliah Terlangka di Dunia yang Ada di Indonesia Pendidikan
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-wanita-penelitian-ilmu-3913031/

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan adalah program studi kuliah terlangka yang hanya ada satu di Indonesia, yaitu di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Program studi ini mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Selain itu, para https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-wanita-penelitian-ilmu-3913031/ mahasiswa juga mempelajari konsep hingga menciptakan robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana yang memudahkan pekerjaan manusia. Berdasarkan data akreditasi BAN-PT, prodi ini tergolong baru yang masih dalam proses akreditasi. Kalau kamu tertarik boleh dicoba belajar di prodi. Soal akreditasi pasti akan diperoleh dalam waktu dekat.

8. Teknik Transportasi Laut

Indonesia adalah negara kepulauan sehingga negara ini harus memiliki pengelolaan dan pemanfaatan laut yang baik. Oleh sebab itu, kelautan sangat penting untuk dipelajari. Kabar baiknya, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya telah membuka prodi Teknik Transportasi Laut. Prodi ini cuma ada di ITS Surabaya yang memiliki tiga kompetensi sebagai tolok ukur, yaitu pelayaran, pelabuhan, dan logistik. Para mahasiswanya mempelajari tentang pelayaran, pelabuhan, dan logistik di dunia maritim yang berhubungan dengan aspek teknis, sosial, politik, keamanan, akreditasi dan budaya. Akreditasi prodii Teknik Transportasi Laut ITS berdasarkan BAN-PT adalah unggul. Prodi ini memang istimewa dan harus menjadi kebanggaan Indonesia. Kamu mau coba?

9. Teknologi Batik

Program studi ini mempelajari tentang sejarah dan filsafat batik serta teknik membatik dan dibuat untuk melestarikan budaya Indonesia. Program yang sudah berdiri sejak 2011 ini hanya ada jenjang Diploma (D3). Para mahasiswanya belajar materi atau teori sebesar 70% dan 30% adalah praktik. Jika kamu sangat mencintai batik, tidak ada salahnya kamu kuliah di Universitas Pekalongan sebagai satu-satunya universitas yang menyediakan program ini di Indonesia.

Sudah menyimak pembahasan tentang 9 program studi kuliah terlangka di dunia? Kira-kira kamu tertarik untuk mendalami salah satunya tidak? Jika iya, mungkin kamu akan menjadi seorang ahli di bidang yang unik dan langka. Kamu juga mungkin bisa mengukir sejarah prestasi karena menghasilkan sesuatu yang brilian. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu yang t masih bingung untuk memilih jurusan atau program studi kuliah. Semangat menuntut ilmu!. Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

.

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

6 Penyebab Miss V Bau, Wanita Wajib Tahu

Lenovo Legion Phone Duel Review | Ubergizmo

Lenovo Legion Duel, Handphone Yang Cocok Untuk Bermain Game