in

Acara Musik Mingguan Jadi Tempat Favorit Idol Comeback di Korea

Acara musik mingguan yang ada di Korea Selatan merupakan salah satu tontonan wajib bagi Kpopers. Seandainya diibaratkan agensi yang menaungi para idol Kpo sebagai rumah maka acara musik ini bagaikan kantor mereka. Lantaran mereka bisa saja berada pada enam acara musik yang berbeda dari stasiun televisi yang berbeda pula saat sedang promosi. Mereka biasanya memang melakukan live performance tetapi tidak jarang juga melakukan pre-recorded song. Lantaran ada beberapa program musik yang tidak menampilkan acara musik mereka secara langsung karena menerapkan sistem pre-recorded stage. Kendati begitu, para idola harus siap tampil kapanpun.

Program acara musik itu layaknya kompetisi yang sudah melekat kental dengan sistem industri di Korea Selatan. Tujuannya untuk mendapatkan tempat nomor satu yang akan lebih baik lagi apabila mendapatkannya selama tiga kali berturut-turut alias triple crown. Selain itu, para idola tidak hanya menunjukkan performa vokal dan koreografi tetapi juga outfit yang disesuaikan dengan tema comeback mereka. Dekorasi dan tata panggung saat live performance juga menjadi satu kesatuan yang menarik untuk ditonton.

Alasan paling penting untuk para penggemar menonton program musik adalah menyaksikan live performance dari para idola kesayangan. Namun, mereka juga ikut berkompetisi memberikan voting terbanyak agar dapat menunjukkan eksistensi idolanya di pasar musik Korea Selatan. Sayangnya, sistem votingnya tidak semudah mengirimkan pesan singkat dengan nama idola grup saja seperti ajang pencarian bakat di Indonesia. Setiap program musik memiliki sistem voting yang berbeda-beda. Untuk itu, mari mengenalnya satu per satu acara musik mingguan jadi tempat favorit idol comeback di Korea Selatan.

Berikut ini adalah 6 acara musik mingguan jadi tempat favorit idol comeback di Korea Selatan:

Acara Musik Mingguan Jadi Tempat Favorit Idol Comeback di Korea K-Pop

Gambar: Penampilan live performance idola K-Pop yang sedang comeback di program musik M! Countdown milik M-net

1. The Show

The Show adalah program musik yang tayang setiap hari Selasa di saluran televisi SBS MTV. Salah satu kriteria penilaian khusus untuk memenangkan peringkat teratas di program The Show adalah harus tampil di acara siaran langsung. Jadi, idola K-Pop yang tidak bisa hadir pada saat penayangan acara sudah dipastikan tidak bisa menjadi pemenang. Rincian presentase penilaian dalam The Show adalah 40 persen dari penilaian digital, 20 persen dari penayangan video musik di youtube. 15 persen dari penilaian para ahli di bidang industri musik KPop, 10 persen dari penjualan album fisik. 10 persen dari live voting penggemar secara menyeluruh melalui aplikasi Starpass tetapi hanya digunakan untuk para nominasi. 5 persen dari pre-voting penggemar yang dilakukan pada hari Jumat jam 20.00 KST sampai sehari sebelum acara jam 14.00 KST. Jumlah poin keseluruhan adalah 10.000 poin.

2. Show Champion

Show Champion adalah program musik yang tayang setiap hari Rabu di saluran televisi MBC Music. Ada dua syarat yang tidak diperbolehkan menjadi pemenang dalam program musik ini adalah lagu ost atau original soundtrack sebuah drama dan lagu yang telah meraih Triple Crown alias kemenangan tiga kali berturut-turut di Show Champion pada minggu-minggu sebelumnya. Rincian presentase penilaian dalam Show Champion adalah 40 persen dari pre-voting penggemar yang dilakukan pada Selasa sampai Minggu sebelum acara. 30 persen dari penilaian platform digital musik seperti Melon, Bug, Genie dan Soribada. 10 persen dari penjualan album fisik. 10 persen dari penilaian para ahli di bidang industri musik KPop. Dari penilaian saat siaran berlangsung dengan menghitung berapa banyak lagu tersebut diputar dalam program MBC Music sebanyak 10 persen.

3. M!Countdown

M!Countdown adalah program musik yang tayang setiap hari Kamis di saluran televisi Mnet. Adapun kriteria utama pemenang dalam program musik ini adalah idola baru saja memulai promosi di M!Countdwon untuk lagu tersebut. Ketidakhadiran sang idola untuk mempromosikan lagu barunya tidak menghalangi kemenangan mereka di program musik ini. Sedangkan untuk kriteria yang dilarang menjadi pemenang di acara milik Mnet ini sama dengan milik Music Champion. Rincian presentase penilaian dalam Show Champion adalah dari penilaian platform digital musik seperti Melon, Bug, Genie dan Soribada sebanyak 45 persen. 20 persen dari penayangan musik video di youtube dan M!Countdown. Dari penjualan album fisik, yaitu grafik album Hanteo sebanyak 15 persen. 10 persen dari pre-voting penggemar yang pada Jumat jam 02.00 KST lalu pada Senin jam 09.00 KST. 10 persen dari penilaian saat siaran berlangsung. Live voting penggemar sebanyak 10 persen.

4. Music Bank

Music Bank adalah program musik yang tayang setiap hari Jumat di saluran televisi KBS. Program musik ini memiliki kriteria yang dilarang menjadi pemenang yang sama dengan milik Music Champion dan M!Countdwon. Rincian penilaiannya adalah 130.000 poin dari penilaian platform digital musik, 40.000 poin dari jumlah diputar di program KBS. 20.000 poin dari survei panel penampil dan 10.000 poin dari penjualan album fisik.

Acara Musik Mingguan Jadi Tempat Favorit Idol Comeback di Korea K-Pop

Gambar: Blackpink menang dalam program musik Music Core

5. Music Core

Music Core adalah program musik yang tayang setiap hari Sabtu di saluran televisi MBC. Program musik ini memiliki kriteria utama untuk menentukan pemenangnya, yaitu hanya ada satu lagu dari idola tertentu yang akan masuk ke dalam chart. Sementara itu kriteria yang tidak diperbolehkan adalah lagu telah dirilis 3 bulan sebelum tanggal siaran, lagu pra-debut, lagu ost drama, lagu dirilis melalui program audisi atau variety, lagu yang dianggap tidak layak siar oleh MBC, dan lagu berating 15 tahun ke atas. Rincian presentase penilaian dalam Music Core adalah 50 persen dari penilaian digital, 10 persen dari penjualan album fisik. 10 persen dari penayangan video musik di youtube. Ketiga data ini pada Senin pukul 12.00 KST sampai Senin pukul 23.59 KST sebelum acara. 10 persen dari survei panel penampil, 5 persen dari jumlah diputar di radio MBC dan 15 persen dari voting penggemar melalui SMS. Jumlah total keseluruhannya adalah 10.000 poin.

6. Inkigayo

Inkigayo adalah program musik yang tayang setiap hari Minggu di saluran televisi SBS. Adapun syarat utamanya adalah lagu tersebut harus berada di 150 teratas tangga lagu mingguan Gon dan diperbolehkan ada dua lagu per album yang masuk ke dalam chart. Sementara kriteria yang tidak boleh hampir mirip dengan kriteria pada program Music Core. Rincian presentase penilaian dalam Inkigayo adalah 50 persen dari penilaian digital. Lalu 4,5 persen dari penjualan album fisik dari grafik tangga lagu Gaon, dan 10 persen dari penilaian media sosial. Ketiga data dikumpulakan pada Senin pukul 12.00 KST sampai Senin pukul 23.59 KST sebelum siaran. Lalu 31,8 persen dari survei panel penampil dan 4,5 persen dari penilaian pre-voting, dan 9 persen dari siaran on-air. Jumlah keseluruhannya adalah 11.000 poin. Itulah 6 acara musik mingguan jadi tempat favorit idol comeback di Korea Selatan.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Film Hantu Lucu Ala Indonesia Yang Cocok Temani Hari Liburmu

DAY6 Raih Kemenangan Pertama di Acara Musik setelah 4 Tahun Debut Lewat ' Time of Our Life' - Tribunjatim.com

11 Lagu Grup Kpop Dinilai Terbaik Karena Sukses Raih First Win