in

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di Tahun 2021

Aespa merupakan K-Pop girl group yang berada di bawah naungan SM Entertainment baru saja melakukan comeback pada 17 Mei 2021. Single comeback yang berjudul Next Level ini menjadi ramai diperbincangkan sebelumnya karena disebut-sebut sebagai lagu daur ulang. Pihak SM Entertainment pun telah memberikan konfirmasi atas rumor tersebut. Memang benar bahwa Next Level merupakan remake original soundtrack dari film barat yang berjudul Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw. Sehingga tidak heran bahwa comeback ini membuat banyak penggemar menjadi sangat penasaran dengan konsep yang diusung.

Lagu terbaru Aespa disesuaikan dengan genre Aespa sehingga memerlukan aransemen ulang. Warna lagu tersebut memiliki genre dance hip hop dengan rap yang groovy dan riff dasar yang enerjik. Selain itu, liriknya pun menggambarkan perjalanan mencari Black Mamba di Kwangya. Lantaran keempat personel mengalami gangguan koneksi antara mereka dengan avatar Aespa masing-masing karena Black Mamba. Sekilas informasi bahwa Aespa sejak awal debut telah mengusung konsep yang berbeda dari grup K-Pop lainnya. Konsep tersebut sangat unik yang menggabungkan unsur manusia dengan avatar mereka yang saling terhubung.

Akhirnya Aespa melakukan comeback perdananya setelah enam bulan hiatus dengan minim kegiatan. Tanggal perilisan single Next Level menjadikan comeback ini menarik. Lantaran tanggal 17 juga merupakan tanggal debut Aespa. Mungkin saja ini hanya sebuah kebetulan atau mungkin saja memang disengaja. Kendati begitu, lagu Next Level mulai rilis di berbagai situs streaming pada pukul 18.00 KST begitu pula dengan musik videonya. Sebenarnya konsep kali ini cukup berbeda dengan lagu Black Mamba meskipun tetap memiliki kesinambungan.

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di  Tahun 2021 K-Pop

Gambar: Lagu terbaru Aespa yang berjudul Next Level merupakan remake original soundtrack dari film barat yang berjudul Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw

Adapun konsep mereka yang sukses menjadi sorotan warga net sebenarnya masih tentang dunia fantasi yang dipadukan dengan unsur futuristik. Sementara itu, perilisan foto teaser para member dirilis tidak berselang lama setelah SM Entertainment memberikan pengumuman tentang comeback grup rookie mereka. Terlihat keempat member Aespa tampil elegan dan mahal dalam konsep futuristik yang masih diusung. Karina, Giselle, Winter, dan Ningning tampak semakin keren dalam foto maupun video teaser yang dirilis.

Fakta menari dari comeback perdana ini adalah Bryan Huynh yang merancang visualnya. Dia adalah seniman yang sempat memprotes pihak tim visual SM Entertainment karena merasa karyanya dijiplak untuk konsep debut Aespa. Ini menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar K-Pop. Namun, keadaan pun kembali membaik setelah Bryan memberikan pengumuman bahwa SM Entertainment telah meminta dirinya bekerja sama mengerjakan comeback Aespa. Hal tersebut dipublikasikan di Instagram pribadi sang seniman.

Fakta menarik lainnya adalah SM Entertainment merilis episode perdana drama web tentang Aespa sebelum comeback pada 14 Mei 2021. Episode pertama yang bertajuk Black Mamba ini merupakan bagian rangkaian acara dari SM Culture Universe. Drama tersebut menampilkan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning saling berinteraksi dengan avatar mereka selama 10 menit. Namun, mereka pun kehilang kontak dengan avatar masing-masing karena kehadiran sosok Black Mamba yang merusak Kwangya. Video yang memiliki kualitas bak film tersebut langsung banjir pujian dari para warga net yang merasa takjub.

Berikut ini adalah fakta tentang Aespa yang baru saja lakukan comeback perdananya di pertengahan tahun 2021 :

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di  Tahun 2021 K-Pop

Gambar: Aespa kepanjangan dari Avatar x Exprerience (huruf a dan e saling bertautan) dan aspect yang memiliki makna sebagai pengalaman yang disajikan dalam dua aspek kehidupan, yaitu dunia nyata dan dunia avatar

1. Girl Group SM Entertainment yang Lama Dinantikan

Aespa resmi debut dengan merilis lagu Black Mamba tanggal 17 November 2020. Kehadiran grup K-Pop beranggotakan empat personel ini sangat dinantikan. Sebab, Aespa menjadi girl grup pertama yang didebutkan SM Entertainment setelah 6 tahun lamanya. Terakhir kali agensi pelopor halyu wave ini mendebutkan Red Velvet pada tahun 2014. Selain itu, grup baru ini juga mengusung sebuah konsep baru yang dinilai unik.

2. Makna Nama Aespa

Nama aespa merupakan kepanjangan dari Avatar x Exprerience (huruf a dan e saling bertautan) dan aspect. Maknanya adalah pengalaman yang disajikan dalam dua aspek kehidupan, yaitu dunia nyata dan dunia avatar. Sehingga setiap anggota dalam grup ini memiliki avatarnya masing-masing sebagai bentuk lain dari dirinya. Kata aspect juga dimaknai sebagai berbagai sisi berbeda yang dimiliki para personel.

3. Musik Video Menggunakan Konsep Avatar

Konsep ini dapat dirasakan penggemar dari video musik debut mereka. Sebenarnya Black Mamba adalah salah satu spesies ular yang sangat berbahaya karena apabila tergigit maka dipastikan akan langsung mati dalam waktu singkat. Sosok ular tersebut juga muncul dalam video musik lagu ini. Namun, Black Mamba sebenarnya dimaknai sebagai penjahat yang menghalangi hubungan antara anggota aespa di kehidupan nyata dan avatarnya di dunia maya. Sehingga dianggap sosok yang mengancam dunia.

Aespa Akhirnya Lakukan Comeback Perdananya di  Tahun 2021 K-Pop

Gambar: Potret Karina, Winter, Giselle dan Ningning dalam video klip lagu Next Level

4. Lagu Debut Yang Mencuri Perhatian Publik

Lagu debut Aespa langsung mencuri perhatian publik. Lantaran dinilai memiliki perpaduan ciamik antara suara synth yang khas, bass yang kuat, hook yang menarik, dengan gerakan dance yang powerful. Para personel menunjukkan kemampuan vokal mereka yang hebat dalam lagu ciptakan Yo Young Jin tersebut. Mereka langsung membukukan rekor sebagai lagu debut tercepat yang ditonton 20 juta kali penayangan di Youtube. Prestasi yang dicapai keempat personel Aespa membuat mereka mendapatkan banyak sorotan. Apalagi SM Entertaiment dikenal sebagai agensi dengan visual artisnya bak pangeran dan putri dari negeri dongeng. Tentu saja banyak mata yang mulai tertuju pada jebolan SM Rookies tersebut, yaitu Karina, Winter, Giselle dan Ningning.

5. Rumor Tentang Penambahan Personel Grup

sebuah kabar yang diduga berasal dari orang dalam SM Entertainment mengatakan personel Aespa akan bertambah dengan kedatangan tiga anggota baru. Sehingga jumlah keseluruhan adalah tujuh anggota. Awalnya banyak warga net yang percaya dengan rumor yang telah beredar sejak bulan Oktober tersebut. Namun, mereka mulai berubah pikiran teaser Black Mamba dirilis. Rumor tersebut kembali mendapat perhatian setelah beredar sebuah unggahan yang cukup panjang pada 29 Oktober 2020. Unggahan tersebut menuliskan detail lagu Black Mamba milik Aespa mulai dari awal hingga akhir lagu. Semua yang dikatakan dalam unggahan tersebut sama persis dengan musik video yang rilis 17 November 2020. Banyak warga net yang terkejut dengan hal tersebut. Namun, masih belum ada kejelasan. Itulah fakta tentang Aespa yang baru saja lakukan comeback perdananya di pertengahan tahun 2021.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bosan Film Korea Romantis? Ini 6 Film tentang Atlet dan Olahraga

8 Decluttering Lessons Learned from the Marie Kondo book

Review Buku Life Changing The Magic Of Tidying Up, Kekuatan Seni Berberes yang Wajib di Ketahui