in

Alasan Jangan Spoiler Ramai Di Medsos Karena Artinya Pembajakan

Joko Anwar yang merupakan seorang penulis skenario sekaligus sutradara pernah mengatakan jangan spoiler karena artinya termasuk kategori pembajakan karya. Pernyataan tersebut dia tulis dalam sebuah cuitan di Twitter pribadinya yang diunggah pada tahun 2017. Dia menuliskan bahwa merekam film di bioskop dengan ponsel yang ditayangkan di Instagram Story, BigoLive, dan Facebook Live, adalah tindakan pidana. guys. Intinya spoiler itu buruk karena dapat mengurangi kesenangan orang lain, baik yang ingin menonton film ataupun yang membuatnya. Jangan sampai jadi tukang spoiler ya! Sebenarnya dalam dunia perfilman ada banya istilah selain spoiler yang juga sering digunakan. Mungkin istilah-istilah tersebut sangat familiar karena cukup sering didengar atau minimal sudah pernah mendengarnya sekali.

Sayangnya masih ada orang yang tidak mengetahui maksud dari istilah-istilah tersebut. Sebenarnya memang tidak ada kewajiban tertulis untuk memahaminya tetapi sebagai penggemar film tentu hal ini sangat penting. Tujuannya agar tidak bingung saat mengobrol dengan sesama pecinta film untuk membahas tentang film terbaru. Seperti reboot merupakan istilah untuk menjelaskan film yang memiliki judul yang sama tetapi jalan ceritanya berbeda dari film aslinya. Contoh reboot adalah fil Batman The Dark Knight dan film The Amazing Spider-Man. Kedua adalah istilah blockbuster yang digunakan untuk menyebut film yang meraih kesuksesan besar seperti Titanic. Lantaran penjualan tiketnya membludak berkat animo masyarakat begitu tinggi sehingga pendapatan film pun fantastis.

Alasan Jangan Spoiler Ramai Di Medsos Karena Artinya Pembajakan Film

Gambar: Jangan spoiler selalu ramai di media sosial saat peluncuran film terbaru

Ketiga adalah prekuel yang menceritakan semua kejadian sebelum film utamanya. Contohnya adalah film The Hobbit menjelaskan film The Lord of The Rings. Selanjutnya adalah sekuel yang secara sederhana adalah kebalikan dari prekuel. Pasalnya istilah ini digunakan untuk film yang menceritakan kisah lanjutan dari film utama yang sudah tayang sebelumnya. Contohnya adalah Toy Story 2, Toy Story 3, dan Toy Story 4 merupakan sekuel dari film Toy Story. Kelima adalah remake yang mungkin paling familiar didengar. Pengertiannya adalah film yang dibuat ulang tanpa mengubah apapun dari film sebelumnya seperti alur cerita dan tokoh. Ada byang banyak film remake yang lebih sukses dari film sebelumnya seperti King Kong. Keenam adalah spin off yang menceritakan sebuah kejadian atau karakter yang melekat kuat dari film utamanya. Alasan film spin off sengaja dibuat karena kejadian atau karakter tersebut sangat menonjol atau memiliki sangat banyak penggemar seperti Minions.

Istilah cross over merupakan istilah saat beberapa karakter dari beberapa filmyang terkenal dipertemukan dalam satu film. Contohnya adalah film The Avengers yang mempertemukan karakter Thor dan Iron Man, Alien vs Predator, Freddy vs Jason, dan lainnya. Daftar istilah penting selanjutnya yang sering digunakan dalam film adalah Sidekick. Istilah ini digunakan untuk karakter pendamping dari si tokoh utama dalam film seperti karakter Robin yang merupakan pendamping setia Batman. Twist yang sering juga disebut plot twist digunakan untuk menyebutkan alur cerita yang sengaja dibelokkan dalam film. Terkadang twist membuat sebuah film memiliki alur maju-mundur untuk membahas cerita di masa lalu dan masa depan. Twist juga membuat akhir cerita menjadi tidak terduga seperti film Fight Club dan The Others.

Alasan Jangan Spoiler Ramai Di Medsos Karena Artinya Pembajakan Film

Gambar: Kata spoiler memiliki konotasi negatif yang sukses membuat siapapun akan merasa kesal ketika mendengarnya

Istilah box office hampir mirip dengan blockbuster. Pasalnya sama-sama digunakan untuk menyebut film yang menghasilkan pendapatan lebih dari biaya pembuatan. Penilaian film layak disebut box office adalah pencapaian dari pendapatan yang fantastis hanya beberapa hari sejak pertama rilis secara global. Istilah ini awalnya merujuk kepada penjualan tiket yang memiiki bentuk kotak tetapi sekarang menjadi gelar khusus untuk film-film yang diminati. Selain itu, ada juga istilah jangan spoiler yang ramai di media sosial karena artinya pembajakan karya.

Berikut ini adalah alasan jangan spoiler ramai di medsos karena artinya pembajakan :

1. Memiliki konotasi negatif

Salah satu istilah yang paling sering digunakan adalah SPOILER. Kata ini selalu ramai di berbagai lini masa di media sosial terutama saat peluncuran film terbaru yang sangat publik nanti-nantikan. Sayangnya kata spoiler memiliki konotasi negatif yang sukses membuat siapapun akan merasa kesal ketika mendengarnya. Spoiler yang merupakan bahasa Inggris ini memiliki arti bocoran atau beberan dalam bahasa Indonesia. Sehingga sebenarnya spoiler merupakan sebuah tindakan membocorkan jalan cerita dari sebuah karya naratif termasuk film, buku, musik, dan serial televisi. Lantaran tindakan tersebut dapat mengurangi nilai dan esensi dari jalan cerita. Sehingga sangat wajar orang-orang paling merasa kesal dengan bocoran pada inti atau akhir dari cerita film. Seperti saat film Avengers: Infinity Wars rilis di bioskop tetapi ada netizen yang menyebarkan twist dan ending di media sosial.

Alasan Jangan Spoiler Ramai Di Medsos Karena Artinya Pembajakan Film

Gambar: Kita perlu memahami tiga tipe spoiler agar dapat menghindarinya

2. Tiga tipe dalam spoiler

Spoiler juga memiliki tiga tipe yang perlu diketahui agar dapat menghindarinya. Tipe pertama adalah yang paling jahat karena mereka sengaja memberikan spoiler untuk kepuasan pribadi. Tukang spoiler tipe ini akan berusaha menjadi paling pertama untuk menonton film terbaru agar dia dapat mengumpulkan informasi secara detail. Tujuannya sebagai amunisi diri sendiri untuk menunjukkan bahwa dia selalu menjadi yang terdepan di media sosial. Selanjutnya adalah tipe kedua yang tidak sengaja menjadi spoiler karena terlalu antusias. Sebenarnya dia hanya ingin mempromosikan film tersebut kepada orang-orang dekatnya tetapi dia malah kelepasan menceritakan alur cerita film secara detail. Tipe terakhir adalah kritikus film yang harus memberikan spoiler di media massa sebagai tuntutan profesi. Namun, mereka menyadari bahwa tindakan tersebut dapat mengganggu kesenangan orang lain yang belum menonton. Sehingga mereka akan memberikan peringatan di unggahan mereka dengan menyertakan tulisan SPOILER ALERT! agar orang-orang tidak merasa dijebak.

3. Dampak yang merugikan

Sebenarnya dampak dari tindakan spoiler tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya efeknya menyebabkan kerugian yang berbeda-beda tergantung dari sejauh mana tindakannya tersebut. Salah satu dampak yang paling merugikan adalah potensi mengurangi pendapatan dari film dan tidak menghargai karya orang lain. Sehingga memicu orang-orang menjadi malas menonton film tersebut karena sudah mengetahui alur ceritanya. Selain itu, tindakan spoiler juga membuat film menjadi kurang berkesan untuk ditonton. Sementara, dampak untuk pelaku tindakan spoiler adalah stigma negatif sebagai orang yang menyebalkan dari khalayak. Dampak lainnya berupa sanksi sosial seperti banyak teman-teman yang menjauhinya dengan unfollow media sosial atau menerima komentar negatif dari warganet. Itu adalah alasan jangan spoiler ramai di medsos karena artinya pembajakan.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
SM Entertainment Ungkap Kemungkinan Adanya Idol Kpop dari Indonesia

Apa Kamu Penasaran Cara Jadi Idol Korea? Ini Penjelasannya!

TEASER] Acara Spesial Perayaan 300K Subscribers Bagian 2/3 - YouTube

Idol Kpop Dari Indonesia Yang Berkarir Di Korea Selatan