in

Alasan Kontrak Habis Sering Jadi Penyebab Disband Sebuah Grup Kpop

INCHEON, SOUTH KOREA - SEPTEMBER 17: Girl group 4minute attends the 2014 Incheon K-Pop Concert on September 17, 2014 in Incheon, South Korea. (Photo by Han Myung-Gu/WireImage)

4Minute, 2NE1, Sistar, Wonder Girls, dan Gugudan telah memutuskan untuk bubar sejak beberapa tahun yang lalu. Tentu berita tersebut membuat penggemar mereka merasa terkejut sekaligus sedih. Apalagi penggemar yang sudah selama bertahun-tahun mengikuti perjalanan mereka pasti merasa tidak rela melihat idolanya harus berpisah. Terlebih apabila grup tersebut selama ini terlihat sangat kompak bahkan seolah tanpa masalah harus bubar di tengah jalan. Biasanya alasan yang menyebabkan disband sebuah grup Kpop adalah kontrak habis.

Salah satu grup yang telah bubar adalah 4Minute yang memulai debutnya pada 2009. Sebenarnya termasuk salah satu grup KPop terbesar tetapi grup asuhan Cube Entertainment telah bubar setelah tujuh tahun berkarir di industri hiburan Korea Selatan. Agensi menginformasikan pada Juni 2016 bahwa para anggota 4Minute memiliki pendapat berbeda satu sama lain. Pasalnya hanya HyunA yang memperbarui kontrak dengan manajemen, sedangkan Jihyun, Gayoon, Jiyoon, dan Sohyun memutuskan untuk keluar dari agensi.

2NE1 yang debut pada 2009 menjadi salah satu girl group terbesar dari generasi KPop angkatan kedua. Banyak penggemar merasa bahwa YG Entertainment selaku agensi tidak berlaku secara adil terhadap 2NE1, meskipun telah memberikan andil yang besar. Lantaran grup ini harus hiatus untuk waktu yang cukup lama setelah Park Bom terlibat sebuah skandal pada 2014. Hingga akhirnya Minzy memutuskan untuk meninggalkan grup pada April 2016 karena ingin melanjutkan karirnya sebagai solois. Kemudian pada bulan November masih di tahun yang sama, YG Entertainment kembali membagikan kabar yang mengejutkan bahwa 2NE1 telah dibubarkan. Tentu saja keputusan mendadak ini membuat semua Blackjacks yang merupakan sebutan untuk penggemar 2NE1 merasa sangat terpukul.

Alasan Kontrak Habis Sering Jadi Penyebab Disband Sebuah Grup Kpop K-Pop

Gambar: SNSD sempat memperpanjang kontrak pada 2014 waktu tiga tahun ke depan, kemudian beberapa anggota memilih melanjutkan kontrak pada 2017, tetapi ada yang memutuskan keluar dari SM Entertainment

Grup Kpop yang membuat penggemarnya merasa kaget karena memutuskan disband secara tiba-tiba adalah Sistar. Grup yang sangat ikonik karena comeback selalu dinantikan setiap musim panas. Sayangnya grup yang beranggotakan Soyu, Bora, Hyolyn, dan Dasom ini juga memutuskan untuk bubar setelah tujuh tahun bersama menghibur penggemar. Keputusan ini dinilai sangat mendadak karena mereka masih aktif merilis lagu. Sistar bahkan merilis lagu Lonely lagu Lonely pada 31 Mei 2017. Hingga akhirnya secara resmi mengakhiri promosi.

Sepanjang karier Wonder Girls telah mengalami banyak perubahan mulai dari anggota hingga konsep. Anggota grup asuhan JYP Entertainment saat awal debut berjumlah lima anggota yang terdiri dari Sohee, HyunA, Yeeun, Sunye, dan Sunmi. Sayangnya, HyunA meninggalkan grup masih di tahun 2007 lalu posisinya pun digantikan oleh Yubin. Kemudian, Sunmi juga memutuskan untuk mengambil istirahat pada 2010 lalu Hyerim ditambahkan ke grup untuk menggantikannya. Sunye dan Sohee juga meninggalkan Wonder Girls, tetapi grup ini masih tetap sukses dengan anggota yang tersisa. Hingga akhirnya mereka mengonfirmasi pembubaran mereka pada 2017 karena Yeeun dan Sunmi telah memutuskan untuk keluar dari JYP Entertainment. Tentu saja ini merupakan sebuah pengumuman yang sangat mengejutkan.

Gugudan yang merupakan grup asuhan Jellyfish Entertainment secara tiba-tiba bubar pada 31 Desember 2020. Nama grup ini sontak menjadi ramai diperbincangkan publik setelah pengumuman pembubaran terutama penggemar yang merasa kecewa dengan keputusan tersebut. Lantaran penggemar sebenarnya sudah lama menantikan kabar comeback yang telah dinantikan cukup lama sejak 2018. Namun, alih-alih menerima kabar bahagia, para penggemar justru mendapatkan pengumuman pembubaran yang sangat mengejutkan. Sehingga, apabila dihitung masa aktifnya, Gugudan hanya melakukan kegiatan bersama dalam kurun waktu dua tahun saja. Sementara, dua tahun lagi para anggota melakukan kegiatan masing-masing.

Berikut ini adalah alasan mengapa kontrak habis sering kali menjadi penyebab disband sebuah grup Kpop :

Alasan Kontrak Habis Sering Jadi Penyebab Disband Sebuah Grup Kpop K-Pop

Gambar: Wonder Girls memutuskan untuk bubar ketika kontrak mereka habis

1. Seven or Five Year Jinx

Mungkin bagi sebagian besar penggemar Kpop sudah tidak asing dengan istilah Seven Year Jinx atau Five Year Jinx. Istilah tersebut berkaitan dengan umur sebuah grup Kpop di Korea Selatan. Pasalnya kontrak awal antara artis dengan agensinya biasanya selama lima atau tujuh tahun. Sehingga, ada dua kemungkinan yang akan terjadi apabila kontrak tersebut berakhir. Pertama adalah memperpanjang kontrak atau memutuskan untuk bubar.

SNSD adalah salah satu grup sempat memperpanjang kontrak ketika kontrak pertama habis di tahun 2014. Grup legendaris generasi Kpop kedua ini menandatangani kontrak kedua tersebut untuk waktu tiga tahun yang berakhir pada 2017. Kemudian, beberapa anggota memilih melanjutkan kontrak ketiga, tetapi ada yang memutuskan keluar dari SM Entertainment. Sementara, Wonder Girls memutuskan untuk bubar ketika kontrak mereka habis. Memang permasalahan kontrak habis yang tidak diperpanjang sering menjadi alasan sebuah grup akhirnya memutuskan untuk bubar. Namun, tidak semua grup melakukan hal yang demikian seperti Beast yang hanya memutuskan keluar dari CUBE Entertainment ketika kontrak habis. Grup ini pun mengganti nama menjadi Highlight dengan tetap melanjutkan aktivitas mereka bersama dengan membuat agensi bernama Around Us Entertainment.

2. Hanya Beberapa Personel Yang Populer

Memang benar masalah kontrak dalam industri musik Kpop dinilai sangat krusial. Sehingga tidak heran apabila ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan perpanjang kontrak. Beberapa di antaranya seperti keadaan grup, penilaian publik, tingkat penjualan, dan grup dan agensi masih dalam satu visi yang sama. Salah satu contohnya adalah 4Minute yang angka penjualan album terakhirnya dilaporkan kurang memuaskan. Sehingga menjadi salah satu alasan yang mengakibatkan 4Minute harus dibubarkan ketika kontrak berakhir. Kendati begitu, CUBE Entertainment tetap memperpanjang kontrak Hyuna yang dianggap sebagai anggota 4Minute yang lebih menguntungkan ketimbang anggota lainnya. Agensi lain yang hanya memperpanjang kontrak per anggota saja adalah YG Entertainment yang hanya memperpanjang kontrak CL dan Dara.

Alasan Kontrak Habis Sering Jadi Penyebab Disband Sebuah Grup Kpop K-Pop

Gambar: Rainbow telah disband pada Oktober 2016 setelah kontrak mereka habis

Sebenarnya apa yang dilakukan CUBE Entertainment dan YG Entertainment bukan hal baru di industri musik Kpop. Lantaran jika melihat alasan diband beberapa grup Kpop generasi pertama ternyata kejadian tersebut pernah menjadi alasan disband H.O.T. Padahal grup ini sedang berada di masa-masa kejayaan mereka saat kontrak mereka akan berakhir. Namun, SM Entertainment selaku agensi H.O.T hanya memperpanjang kontrak Kangta dan Moon Hee Joon sehingga menyebabkan grup terpaksa bubar. Shinhwa juga pernah mengalami kejadian serupa. Hampir semua anggota kecuali Dong Wan mendapatkan tawaran kontrak pribadi ketika kontrak grup habis. Namun, Shinhwa tidak menyetujui hal tersebut sehingga mereka memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment di bawah pimpinan Eric selaku group leader.

3. Terlalu Lama Strugling

Faktanya ada banyak sekali grup Kpop yang debut setiap tahun. Namun, hanya beberapa dari sekian banyak yang berhasil menjadi populer. Pasalnya persaingan untuk mendapatkan sorotan publik memang sesuatu yang sangat berat. Sehingga tidak mengherankan jika ada banyak grup yang harus struggling untuk meraih popularitas. Sayangnya terkadang grup-grup tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan sampai masa kontrak akan habis. Sehingga ini juga menjadi penyebab mereka memutuskan bubar seperti Rainbow yang telah disband pada Oktober 2016 setelah kontrak mereka habis. Padahal grup ini belum sempat mencapai puncak popularitas mereka selama tujuh tahun beraktivitas di industri hiburan Korea Selatan. Ini adalah alasan mengapa kontrak habis sering kali menjadi penyebab disband sebuah grup Kpop.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Fakta Menarik Tokyo Revengers Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menonton

Pokemon Terpopuler Di Dunia: Mana Pokemon Favorit Kalian?