in

Anime Adaptasi Video Game Yang Wajib Kamu Tonton

Anime adaptasi video game telah ada hampir selama video game itu sendiri. Ada ratusan anime yang berbasis dari video game sejak akhir tahun 1980-an, banyak diantaranya telah mengumpulkan basis penggemar yang besar. Seperti sepupu dekat, anime dan video game berbagi ikatan yang sering membuat keduanya berkaitan satu sama lain. Terkadang anime menjadi video game dan terkadang video game menjadi anime. Dekade terakhir ini (2010-2021) terlihat cukup banyak adaptasi mencoba yang terbaik untuk menerjemahkan kolom terakhir menjadi seri yang sukses. Ada banyak penggemar anime yang tertarik dengan video game dan tak sedikit juga penggemar video game yang tertarik dengan anime. Untuk menarik lebih banyak penggemar, tak jarang studio animasi di Jepang memproduksi anime yang diadaptasi dari video game. Walaupun kebanyakan orang mengira anime adaptasi dari video game biasanya kurang baik, tetapi ada beberapa serial anime adaptasi video game yang benar-benar menarik untuk ditonton. Berikut merupakan beberapa diantaranya.

God Eater

Anime Adaptasi Video Game Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Berdasarkan seri video game populer dengan nama yang sama, God Eater pertama kali ditayangkan antara tahun 2015 dan 2016. Meskipun peringkat dan ulasan yang solid, bagaimanapun, musim kedua belum tiba. Itu tidak menghentikan penggemar untuk memintanya dan banyak yang tetap berharap Bandai Visual suatu hari nanti akan memenuhinya. Latar belakang musim pertama berada di dalam masa depan dystopian di mana umat manusia berada di ambang kepunahan. Penguasa baru planet ini, Aragami, hanya bisa dikalahkan dengan pedang yang dirancang khusus yang dikenal sebagai God Arcs dan, seperti gamenya, mereka yang menggunakannya dikenal sebagai God Eaters. Anime ini menceritakan tentang seorang remaja laki-laki bernama Lenka yang bertekad untuk menjadi God Eater setelah keluarganya dimakan oleh Aragami.

Persona

Anime Adaptasi Video Game Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Anime adaptasi video game selanjutnya adalah Persona series. Butuh waktu cukup lama bagi seri Persona untuk benar-benar mendapatkan daya tarik di Barat, tetapi, setelah hampir seperempat abad, seri ini akhirnya mendapatkan pengakuan yang layak. Selain sejumlah game hebat untuk dinikmati kembali oleh penggemar baru, ada banyak adaptasi anime yang layak untuk dicoba. Anime Persona dengan rating tertinggi adalah Persona 4 the Animation, yang saat ini memegang rating 7,54 setelah hampir 100.000 rating pengguna. Seri ini sangat setia pada permainan yang menjadi dasarnya, meskipun hal ini terkadang dapat merugikannya. Mengesampingkan masalah mondar-mandir, semua karakter utama ditulis dengan baik, dan beberapa episode terakhir memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Bertempat di kota pedesaan yang tenang bernama Inaba, protagonis utama dan teman-temannya terperangkap dalam misteri pembunuhan yang segera melibatkan saluran televisi tengah malam. Yang merupakan legenda urban populer yang menyatakan bahwa seseorang dapat melihat belahan jiwa mereka di tengah malam di saluran televisi tertentu saat hujan. Mereka diseret ke dunia paralel di mana ketidakamanan orang mengambil bentuk hantu berbahaya. Kelompok itu segera menghadapi kekuatan Persona, yang memungkinkan mereka melawan hantu di ruang bawah tanah yang mereka buat. Sementara karakter utama harus bekerja sihir sosialnya untuk membentuk dan memelihara hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Steins Gate

Banyak orang yang mungkin tidak menyadari kalau anime Steins Gate merupakan anime adaptasi video game. Steins gate mengangkat tema petualangan, sains, dan sebagian kisah peringatan; Steins;Gate didasarkan pada novel visual dengan nama yang sama yang memiliki karakter utama menjelajahi garis waktu yang berbeda. Berdasarkan seri novel visual pertama yang menampilkan anggota Lab Gadget Masa Depan dan penjelajahan perjalanan waktu mereka. Steins;Gate lucu, dramatis, dan menegangkan, tetapi di antara semuanya, ini adalah seri yang berfokus pada karakter dan masalah mereka dengan cara yang menarik dan mengasyikkan. Menarik hati penontonnya untuk menghadirkan kisah fiksi ilmiah yang penuh dengan petualangan supersains dan momen karakter yang indah.

Danganronpa: The Animation

Anime Adaptasi Video Game Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Diadaptasi dari game berjudul Danganronpa. Danganronpa adalah franchise video game Jepang yang dibuat oleh Kazutaka Kodaka dan dikembangkan dan dimiliki oleh Spike Chunsoft. Danganronpa: The Animation menampilkan pertarungan psikologi yang sangat menegangkan. Anime ini bercerita tentang sekelompok pelajar yang tiba-tiba terjebak di sebuah sekolah. Kemudian, mereka dipaksa untuk bermain permainan kematian oleh boneka beruang yang bernama Monokuma. Murid-murid tersebut dipaksa untuk saling membunuh satu sama lain. Ketika seseorang dapat membunuh tanpa diketahui oleh siapa pun, si pembunuh akan selamat dan sisanya akan dieksekusi dengan kejam. Serial ini menerima banyak ulasan positif dari para kritikus, memuji karakter, nada, dan suasana serial tersebut. Karya Kodaka juga menginspirasi anggota staf dari studio Pierrot dalam pembuatan anime berjudul Akudama Drive. Pada tahun 2020, seri Danganronpa mencapai 3,5 juta kopi terjual di seluruh dunia. Kesuksesan inilah yang membuat serial video game ini diadaptasi menjadi anime.

Inazuma Eleven

Anime adaptasi video game selanjutnya adalah Inazuma Eleven. Anime olahraga sangat populer di Jepang, dan Inazuma Eleven adalah salah satu contohnya. Berdasarkan seri video game dengan nama yang sama, ceritanya sangat dalam untuk seri yang terutama tentang sepak bola. Mamoru, Shuuya, dan Yuuto semuanya adalah karakter yang menarik, dan interaksi mereka dengan beberapa pemeran pendukung memberikan beberapa momen terbaik serial ini. Gaya seninya menawan, dan penggunaan warna-warna cerah benar-benar membantu memberikan gaya tersendiri pada seri ini. Di mana ia benar-benar unggul, bagaimanapun, adalah dalam penggambaran pertandingan sepak bola itu sendiri. Visual dan penggunaan potongan membantu memberikan adegan perasaan panik yang akan membuat penonton tetap berada di tepi kursi mereka hingga peluit akhir.

Pokemon

Anime Adaptasi Video Game Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Siapa yang tidak mengenal serial yang satu ini? Hampir semua orang mengetahui permainan game Pokemon dan banyak orang juga pernah memainkan serial game yang satu ini. Saking populernya Pokemon juga mendapatkan adaptasi anime dan serial manga. Tidak berhenti sampai situ, Pokemon juga berhasil mendapatkan adaptasi Hollywood dengan judul Detective Pikachu yang juga merupakan judul salah satu game Pokemon. Ketika pertama kali rilis tahun 1996, Pokemon mengejutkan penjuru Jepang, dan tidak butuh waktu lama untuk pengaruhnya menyebar ke seluruh dunia.

Tim di Game Freak tidak membuang waktu untuk mendapatkan adaptasi anime. Faktanya, seri pertama ditayangkan di Jepang jauh sebelum pertandingan bahkan sampai ke pantai Amerika Utara. Mengingat anime ini telah berjalan selama 23 tahun, ada banyak seri yang bisa dipilih. Mereka semua dinilai cukup baik, tetapi Pokemon XY&Z yang memegang mahkota sebagai seri Pokemon terbaik. Itu memperbaiki banyak masalah yang ditemukan di seri X&Y yang datang sebelumnya dan memperkenalkan banyak karakter dan Pokemon baru yang menyenangkan.

Air

Kebanyakan anime adaptasi video game mengambil video game dengan tipe visual novel. Game seperti ini memungkinkan para pemain untuk mendapatkan akhir yang berbeda-beda, tergantung dengan keputusan yang dipilih saat bermain game. Salah satu contoh adaptasi anime populer dari game ini adalah Air. Film anime ini berfokus pada seorang gadis bernama Yukito Kunisaki yang memulai petualangannya untuk mencari Gadis Bersayap. Namun, saat tengah melakukan pencarian, Yukito malah terjebak di sebuah kota kecil yang sama sekali tidak ia kenali.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otaku

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kontroversi SIM C, Biaya dan Perpanjangannya – Berita Indonesia Terbaru

Ini Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Bikin SIM C Bagi Kendaraan Motor

SIM C Kini Resmi Dibagi Jadi 3 Golongan, Termasuk untuk Motor Listrik

Polri Lakukan Pembagian SIM C Untuk Motor Menjadi Tiga Golongan